10 Gambar Pulau Barrang Lompo Makassar, Lokasi Alamat, Keindahan Wisata, Luar Area + Akses Jalan Menuju ke Sana

Diposting pada

Lokasi: Barang Lompo, Ujung Tanah, Kota Makassar, Sulawesi Selatan
Map: KlikDisini
HTM:
Buka/Tutup:
Telepon:

foto by youtube.com

JejakPiknik.com. Kota Makassar adalah surga destinasi wisata bahari di Indonesia. Di kota ini banyak sekali pantai serta pulau-pulau kecil dengan panorama yang tidak perlu diragukan lagi keindahannya. Bagi pecinta wisata bahari, Makassar bisa jadi pilihan tepat untuk Anda.

Pulau-pulau kecil di kota Makassar menawarkan potensi wisata luar biasa karena sudah banyak yang dikelola dengan baik sehingga sudah dilengkapi beberapa fasilitas. Transportasi menuju lokasi pulau juga sangat mudah. Salah satu pulau yang harus coba Anda kunjungi adalah Pulau Barrang Lompo.

Potensi Wisata

foto by instagram.com/pejalan_sulawesi/

Ketika Anda sampai disini, pemandangan yang terlihat adalah aktiwitas warga yang ada di Pulau ini, luas pulau yang tidak seberapa dengan penduduk lumayan banyak membuat pulau ini cukup padat penduduk. Namun, meskipun padat masyarakat yang mendiami pulau ini memiliki kehidupan yang layak bahkan sebagian rumah nampak cukup mewah.

Selain itu, disini terdapat sebuah Laboratorium Penelitian Marine Field dari Fak. Perikanan dan Kelautan Universitas Hasanuddin dan terdapat juga Sekretariat Fisheries Diving Club. Oleh sebab itu, tidak hanya pemandangan aktivitas penduduk, Anda juga akan melihat lalu lalang para mahasiswa dengan membawa perlengkapan snorkling.

foto by instagram.com/apa_kareba_news/

Disini telah tersedia fasilitas umum yang cukup lengkap dibandingkan dengan beberapa pulau lain di Makassar, Sulsel. Terdapat fasilitas pendidikan berupa 2 SD (Sekolah Dasar) dan 1 TK (Taman Kanak-kanak). Kemudian juga ada fasilitas kesehatan yaitu sebuah Puskesmas dan satu lagi terdapat puskesmas pembantu yang juga di lengkapi beberapa tenaga medis.

Tidak hanya fasilitas umum yang cukup memadai, sanitasi disini juga baik. Transportasi yang digunakan adalah kapal dengan biaya 10 ribu/ orang per jalan. Trnasportasi ini adalah transportasi reguler Makassaryang mengantar Anda baik dari maupun ke Makassar. Pulau ini mempunyai dua 2 dermaga berupa dermaga tradisional dan semi permanen.

BacaJuga:  Selain Losari, Ini Daftar Pantai di Makassar Yang Akan Bikin Kamu Pengen Balik Lagi
foto by instagram.com/fadhliyahmyusuf/

Disini Anda dapat menikmati keindahan terumbu karang di beberapa titik lokasi. Anda juga dapat bersantai sepuasnya. Membiarkan tubuh terkena terpaan semilir angin dan udara pantai. Melepas segala penat karen rutinitas harian, bersefi ria, mngambil gambar dan foto mumpung mendapat view bagus.

foto by instagram.com/putrasnjy/

Anda juga dapat melakukan diving di spot-spot diving ang telah disediakan seperti Spot Karang Tepi, lokasinya dibagian timur. Ada hamparan terumbu karang yang indah dengan sejumlah spesies ikan warna-warni. Kedalamannya antara 3 hingga 6 m. Spot diving selanjutnya bernama Spot Karang Tengah, dengan kedalaman mencapai 10 m.

foto by travelingyuk.com

Selain sebagai objek wisata, pulau ini juga terkenal dengan kerajinan perak. Anda dapat berbelanja sebagai oleh-oleh. Terdapat juga kerajinan miniatur kuda, kapal pinisi, mobil, kuda, gantungan kunci, kaligrafi berbahan kulit kerang. Souvenir ini berkisar dari Rp. 10 ribu sampai Rp. 1 juta.

Profil

foto by instagram.com/echapanritalopi/

Pulau Barrang Lompo terletak di sisi barat Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Jarak yang ditempuh untuk sampai ke pulau ini adalah 13 kilometer. Pulau Barrang Lompo merupakan sebuah kelurahan di Kec. Ujung Tanah.

Ada 4 RW di Kelurahan Barrang Lompo secara administratif dengan luas mencapai 20,38 hektar. Menurut TIPP, luas wilayah dari tiap-tiap RW adalah 3,73 hektar untuk RW I, 5,33 hektar untuk RW II, RW III seluas 6,5 hektar dan RW IV seluas 20,38 hektar. Pada 2010, jumlah penduudk pulau ini adalah 4.209 jiwa menurut data dari BPS.

Pulau Barrang Lompo adalah bagian dari kep. Spermonde yang mempunyai ciri terumbu karang terhampar luas. Jenis terumbu karang yang ada disini adalah karang tepi (fringing reef). Menurut penelitian pada tahun 2010 lalu, terumbu karang di pulau ini mencapai kurang lebih 71.72 hektar.

BacaJuga:  Tana Toraja, Tempat yang Pas untuk Mengenal Salah Satu Kekayaan Budaya Indonesia
foto by instagram.com/lazuarirr/

Morfologi terumbu karang disini serupa dengan yang ada P.Barrang Caddi. Meskipun mirip, ada juga beberapa perbedaan seperti panjang dan lebar dari reef flat. Di bagian timur tidak ada keberadaan terumbu karang tepatnya depan dermaga publik. Keberadaan terumbu karang dimulai dari sebelah timur menuju arah tenggara dengan lebar sekitar 100 meter.

Lokasi tepatnya di sebelah dermaga Unhas. Di bagian tenggara hingga selatan ukuran reef flat berkisar dari 200 sampai 500 meter. Reef flat ini mempunyai lebar yang cukup konstan sampai ke arah barat. Akan tetapi, ketika menuju sisi barat ukuranya menyempit sampai ke utara sekitar 200 meter.

foto by travelingyuk.com

Letak Geografis

Pulau Barrang Lompo terletak di sebelah utara P. Barrang Caddi. Jarak tempuh kesini dari Makassar kurang lebih 11 kilometer. Secara Geografis, posisi pulau berada di 119˚19˚48” Bujur Timur dan 05˚02˚ 48” Lintang Selatan. Peta lokasi P. Barrang Lompo dapat klik map dibagian atas.

Pulau ini selain destinasi tepat untuk melepas penat juga baik untuk Anda yang ingin belajar kehidupan masyarakat pesisir atau yang mendiami sebuah pulau. Tidak hanya mengeetahui gambaran kehidupan dari membaca makalah, buku sejarah, atau menonton video, Anda dapat langsung berinteraksi dengan masyarakat yang ada disini.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.