10 Pulau Eksotis di Jawa Timur Ini Jangan Sampai Kamu Lewatkan

Diposting pada

Jawa Timur adalah salah satu provinsi terbesar di Nusantara Indonesia. Banyak wisatawan baik dari lokal maupun berbagai mancanegara kerap menjadikan wilayah tersebut sebagai destinasi wisata di kala liburan.

Selain penghasil garam terbesar di Indonesia, Jawa Timur juga dikenal sebagai salah satu wilayah yang memiliki destinasi wisata lengkap.

Bukan hanya sederet bukit, gunung, danau, pantai, sungai, laut, dataran rendah, lembah dan gua saja, bahkan pulau eksotis pun ada di provinsi ini.

Secara umum, hampir setiap kota atau kabupaten di provinsi Jawa Timur memiliki sederet destinasi wisata unggulan masing-masing.

Namun pada kesempatan kali ini kita akan mengulik tentang 10 daftar pulau terindah di Jawa Timur yang bagus untuk dikunjungi.

Apakah diantara Sahabat JejakPiknik sudah tau apa saja nama pulau indah yang ada di provinsi tersebut? Nah, ini dia kami kasih info lengkapnya.

1. Gili Ketapang (Probolinggo)

Foto By ngetripyuk.id
  • Alamat: Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur
  • No.Telp:  0812 3283 071
  • Jam Buka: 08.00-16.00
  • Harga  Tiket Masuk: Rp.90.000 (Weekeday), Rp.100.000 (Weekend)

Gili Ketapang adalah sebuah desa sekaligus pulau kecil yang letaknya berjarak sekitar 8 Km dari lepas pantai utara Probolinggo.

Secara administratif, spot tersebut masuk dalam wilayah kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Sebagian besar penduduknya adalah suku Madura yang setiap harinya bekerja sebagai nelayan.

Pulau berpasir putih dengan pemandangan air berwarna biru ini memiliki kekayaan bawah laut yang begitu menawan sehingga akan sangat cocok dijadikan sebagai spot snorkeling.

Tercatat ada 3 jumlah tempat snorkeling bagus yang bisa dinikmati di spot ini diantaranya di 1 sisi selatan dan 2 di sebelah barat daya.

2. Pulau Kangean (Sumenep)

Foto By id.wikipedia.org
  • Alamat: Dusun Sitembang, Desa Buddi, Kec.Arjasa, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur
  • No.Telp: (0328) 667 148
  • Jam Buka: 24 Jam
  • Harga Tiket Masuk: Gratis
BacaJuga:  10 Air Terjun di Jawa Timur Yang Paling Recommended

Kepulauan Kangean yang terletak di sebelah utara Bali dan berdekatan dengan Lombok ini sebenarnya adalah gugusan 60 pulau kecil.

Dan pulau Kangean sendiri adalah salah satu dari gugusan tersebut yang memiliki luas sekitar 500 km persegi.

Wilayah eksotis ini sangat terkenal karena mempunyai sederet spot wisata menarik mulai dari Jembatan Ajaib, Pemandian Olbek, Goa Kuning serta lainnya.

Wilayah eksotis satu ini bahkan memiliki 1 spot yang sangat cocok untuk dijadikan tempat diving maupun snorkeling, namanya yaitu Pulau Mamburit.

3. Pulau Nusa Barong (Jember)

Foto By travelingyuk.com
  • Alamat: Ds.Puger Wetan, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember, Jawa Timur
  • Jam Buka: 24 Jam
  • Harga Tiket Masuk: Gratis

Nusa Barong adalah sebuah pulau kecil yang berada di kecamatan Puger, kabupaten Jember dan kawasan ini dikenal sebagai salah satu cagar alam di provinsi Jawa Timur.

Meski tidak berpenghuni dan terkenal angker juga keramat, namun surga tersembunyi satu ini menawarkan keindahan sangat asri yang belum terjamah tangan-tangan jahil.

Nusa Barong sendiri dijuluki sebagai Phi-phi island-nya provinsi Jawa Timur yang menyimpan seribu ragam flora dan fauna. Keindahan air laut dan keeksotisan pasir putihnya dijamin akan membuat semua mata pengunjung terpesona.

4. Pulau Mandangin (Madura)

Foto By madura.tribunnews.com
  • Alamat: Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur
  • Jam Buka: 24 Jam
  • Harga Tiket Masuk: Rp.10.000/orang

Jika ada soal TTS berisi pertanyaan tentang pulau apa yang berawalan huruf M di provinsi Jawa Timur, kunci jawabannya pasti Mandangin.

Yup, pulau yang awalan nama depannya M ini memang salah satu spot eksotis di Madura. Keindahan pasir dan juga terumbu karangnya adalah ciri khas dari daerah wisata tersebut.

Dan di kawasan Mandangin tersebut terdapat batu yang sangat besar, Sahabat JejakPiknik dapat menaikinya untuk melihat keindahan pantai dari atasnya.

5. Gili Genting (Sumenep)

Foto By wisataid.com
  • Alamat: Desa Bringsang, Kecamatan Gili Genting, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur
  • Jam Buka: 06.0-16.00
  • Harga Tiket Masuk: Rp.10.000/orang
BacaJuga:  5 Rental Sewa Kamera Mojokerto, Harga Mulai Rp.25.000

Pulau indah yang merupakan hasil pemekaran dari kecamatan Bluto Kab.Sumenep ini bisa dibilang salah satu spot wisata eksotis dengan pasir putih bersih.

Keindahan pulau tersebut semakin sangat dikenal karena kehadiran panorama eksotis pantai Sembilan. Diberi nama demikian ya karena bentuknya memang menyerupai angka 9.

Menikmati panorama eksotis sembari menyantap ikan bakar adalah salah satu daya tarik yang ditawarkan oleh pantai sembilan di Pulau Gili Genting tersebut.

6. Gili Iyang (Sumenep)

Foto By jatim.tribunnews.com
  • Alamat: Ds.Bancamara, Dungkek, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur
  • Jam Buka: 24 Jam
  • Harga Tiket Masuk: Rp.40.000/orang

Gili Iyang yang terletak di desa Bancamara Sumenep ini sering dijuluki sebagai “Pulau Awet Muda, Sahabat JejakPiknik mau tau kenapa disebut demikian?

Karena di wilayah tersebut kita akan menemukan penduduk berusia satu abad bahkan lebih. Penasaran?

Alasan kenapa banyak penduduknya berusia panjang adalah karena Gili Iyang memiliki kandungan oksigen tertinggi kedua di dunia setelah Jordania.

Menurut situs Brainly, tingginya kadar oksigen bukan tanpa sebab, hal tersebut dikarenakan Gili Iyang mempunyai sebuah pulau yang masih sangat alami dan perawan. Gimana, Sahabat JejakPiknik tertarik?

Nah, untuk ke area ini tidak sulit kok. Jika Sahabat JejakPiknik ingin mendapatkan petunjuk arah, bisa menggunakan aplikasi OK Google dari smartphone.

7. Gili Labak (Sumenep)

Foto By kumparan.com
  • Alamat: Ds.Kombang, Talango, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur
  • No.Telp: (0328) 667 148
  • Jam Buka: 07.00-18.00
  • Harga Tiket Masuk: Gratis

Ketika mendengar nama spot wisata satu ini, pasti banyak orang mengira kalau letaknya ada di Lombok, padahal sebenarnya kawasan pantai tersebut berada di Pulau Madura.

Gili Labak memang salah satu destinasi wisata hits saat ini. Selain menawarkan akan keeksotisan pantainya, kawasan tersebut juga menyimpan keindahan alam bawah laut. Cocok buat mereka pecinta snorkeling atau diving.

8. Pulau Merah

Foto By jejakpiknik.com
  • Alamat: Ds.Sumberagung, Kecamatan Pesanggrahan, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur
  • Jam Buka: 07.00-17.00
  • Harga Tiket Masuk: Rp.8.000/orang

Nah, untuk spot wisata satu ini dinamakan demikian karena di tengah pulau tersebut terdapat sebuah bukit berukuran kecil yang tanahnya berwarna merah.

BacaJuga:  10 Gambar Bendungan Karangkates Malang + Sejarah Misteri Waduk Ir Sutami

Pulau Merah banyak diminati wisatawan karena menawarkan spot bagus untuk menikmati keindahan sunrise dan juga sunset di sore hari.

Selain itu, kondisi ombak Pulau Merah juga sangat pas buat Sahabat JejakPiknik yang punya hobi berselancar atau surfing.

9. Pulau Sempu

Foto By travel.tribunnews.com
  • Alamat: Desa Tambakrejo, Kec.Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur
  • Jam Buka: 24 Jam
  • Harga Tiket Masuk: Rp.20.000/orang

Meskipun kecil dan letaknya terpencil namun Pulau Sempu di kota Malang ini pesonanya sangat luar biasa indah.

Kawasan yang merupakan cagar alam tersebut memiliki sebuah laguna cantik di tengah-tengahnya dan dikenal dengan nama Segara Anakan.

Pemandangan lagunanya sangat menakjubkan karena dihiasi dengan air jernih dan hamparan pasir putih serta batu karang juga tumbuhan hijau disekitarnya.

Selain cocok sebagai spot foto, kawasan tersebut juga pas untuk mereka yang punya hobi camping dan juga hunting kuliner aneka seafood enak.

10. Pulau Bawean

Foto By jawapos.com
  • Alamat: Laut Jawa, Kabupaten Gresik, Jawa Timur
  • Jam Buka: 24 Jam
  • Harga Tiket Masuk: Gratis

Disamping keramah-tamahan penduduknya, Pulau Bawean juga cukup dikenal karena spot tersebut memiliki segudang destinasi menarik mulai dari keindahan alam baharinya hingga kekayaan faunanya.

Tak cukup hanya sampai disitu, Pulau Bawean juga menyuguhkan keindahan panorama alam bawah laut dengan ribuan ikan dan terumbu karang cantik.

Kalau Sahabat JejakPiknik ngaku pecinta snorkeling, jangan sampai lewatkan berkunjung ke tempat eksotis satu ini ya!

Nah, sudah pada tau kan apa saja daftar pulau cantik nan eksotis di Jawa Timur. Jadi kapan nih Sahabat JejakPiknik mau ajak kita kesana?

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.