Surga Pecinta Surfing di Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Diposting pada
Gambar pantai pulau merah banyuwangi harga tiket masuk lokasi wisata jawa timur beach bwi google map homestay penginapan hotel dekat sejarah foto asal usul jalan menuju letak peta rute alamat dari jember sunset tempat surfing paket accommodation komodo malang sekarang hari ini 2019 dimana terletak di tercemar jatim kabupaten 68488" src="https://airebobichon.files.wordpress.com/2017/05/1-dbestsurabaya-com.jpg" alt="Gambar pantai pulau merah banyuwangi harga tiket masuk lokasi wisata jawa timur beach bwi google map homestay penginapan hotel dekat sejarah foto asal usul jalan menuju letak peta rute alamat dari jember sunset tempat surfing paket accommodation komodo malang sekarang hari ini 2019 dimana terletak di tercemar jatim kabupaten 68488
gambar by instagram.com/eric_longhurst

Lokasi: Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jatim 68488
Koordinat: Klik Disini

Tarif:
Rp.8.000 / Orang
Jam Operasional:
07.00 – 17.00 WIB
Nomer Telepon: –

Deskripsi

Wisata pantai kini tak hanya dikenal Pantai Kuta di Pulau Bali atau Pulau Komodo di NTT, tetapi Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur juga saat ini menjadi destinasi wisata yang sangat diminati oleh wisatawan, baik itu dari turis mancanegara atau lokal.

Salah satu tempat wisata favorit di tahun 2019 hingga sekarang ini adalah Pulau Merah. Hal ini dikarenakan Pulau Merah sangat bersih dan indah, pemandangan yang ditawarkan serta ombak yang cukup dikenal sebagai salah satu tempat surfing terbaik di Banyuwangi.

Spot Foto di depan bukit (foto: tripadvisor.com)

Bwi adalah sebutan akrab untuk Banyuwangi sebenarnya memiliki banyak sekali tempat wisata, seperti  Teluk Ijo, Pantai Plengkung atau G-Land, Pulau Tabuhan dan masih banyak lagi yang lainnya. Kabupaten Banyuwangi terletak di sebelah ujung timur di Pulau Jawa.

Secara garis administrasi, Banyuwangi ini berbatasan dengan Kabupaten Situbondo di sebelah utara, Kabupaten Jember dan Kabupaten Bondowoso di sebelah barat, Samudera Hindia di sebelah selatan dan Selat Bali di sebelah timur.

Payung – payung di pinggir lokasi (foto: alampriangan.com)

Karena Banyuwangi terkenal dengan banyaknya tempat wisata, maka disini juga banyak sekali paket tour dan travel yang menyediakan jasa untuk membantu dan menemani perjalanan wisata kamu ketika ke Pulau Merah.

Simak: 40 Objek Wisata Terbaru di Banyuwangi, Sudah ke Sini Belum?

Banyaknya wisatawan asing yang datang membuat beberapa akomodasi di sekitar Pulau Merah sudah menggunakan bahasa inggris. Kamu akan melihat papan petunjuk dengan tulisan “Accommodation Near Pulau Merah Beach”.

Asal Usul Sejarah

Tentu saja tempat wisata ini memiliki cerita tersendiri, karena Banyuwangi juga terkenal dengan beberapa kejadian dan kegiatan mistis. Dahulu nama sebelum memiliki nama Pulau Merah, tempat ini bernama Pantai Ringin Pintu.

Nama tersebut dikenal oleh masyarakat sekitar saja. Nah, sejak mulai terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan maka pemerintah daerah merubah nama menjadi Pulau Merah. Hal itu tentunya juga memiliki sebuah alasan.

Di sekitar pantai ini ada sebuah bukit berukuran kecil dan berada di tengah laut yang memiliki tanah berwarna merah. Maka dari itu nama Pulau Merah akhirnya muncul. Tetapi warna merah ini tidak begitu Nampak Nampak karena ada pohon yang menutupinya.

Selain adanya tanah merah di bukit tersebut, nama merah berasal dari pasir di sekitar pinggir pantai ketika sore hari. Warna ini disebabkan oleh pasir yang basah dan terkena sinar matahari yang akan tenggelam. Warna ini akan sangat tampak ketika musim kemarau datang.

Bahkan banyak sekali yang beredar tentang cerita mistis yang ada kaitannya dengan Pulau Merah. Meski kadang kejadian ini sering dialami oeh pendudu sekitar di Pulau Merah.

Beberapa cerita mistis tersebuat adalah, terlihatnya kilatan cahaya berwarna merah di pantai dan mengakibatkan antai itu memiliki nama Pulau Merah.

BacaJuga:  10 Gambar Taman Hijau Slg Kediri, Harga Tiket Masuk, Lokasi Alamat, Rute Jalan Menuju Wisata + Jam Buka

Ada pula cerita lain seperti adanya sebuah Pura yang tidak bias hancur ketika dilanda Tsunami saat tahun 1990 silam padahal ketinggian ombak hamper setinggi 13 meter.

Di sekitar Pulau Merah terdapat sebuah pabrik tambang emas. Ditempat ini para pencari emas sering berkumpul. Bahkan di Pulau Merah ini terancam mendapat polusi akibat pabrik tersebut.

Pasir dan air laut di Pulau Merah juga terancam tercemar oleh lumpur. Tetapi pemerintah daerah Banyuwangi sudah melakukan upaya yang cukup baik agar Pulau Merah tetap terjaga kebersihannya.

Keindahan dan Potensi

Pemandangan (foto: tripadvisor.com)

Apalagi yang ditunggu oleh para pecinta wisata alam laut jika bukan pemandangan matahari di pantai. Sunrise atau matahari terbit serta sunset atau matahari tenggelam adalah hal yang paling indah dilakukan di pantai.

Sayangnya di Pulau Merah kamu tidak bisa merasakan suasana matahari terbit karena pantai ini baru dibuka pada jam 7 pagi. Meski demikian tak membuat para wisatawan ramai untu datang kesini.

Pemandangan sunset juga tak kalah bagusnya, kamu bisa merasakan suasana itu sekitar jam 16.30. nah disitulah saat yang pas untuk diambil gambar atau foto di Pulau Merah. Dengan background matahari tenggelam akan membuat tampilan foto kamu semakin bagus.

Para peselancar (foto: banyuwangibahagia.com)

Kondisi ombak yang ada di Pulau Merah sangat pas untuk kamu memiliki hoby berselancar atau surfing. Disini bisa dilakukan oleh berbagai tingkat mulai dari pemula hingga professional.

Berbeda dengan Pantai Plengkung, pantai ini tidak begitu banyak bebatuan sehingga dirasa aman untuk bermain selancar. Angina di laut ini terbilang sangat kencang sehingga menyebabkan ombak hingga ketinggian hamper 5 meter.

Bagi kamu yang ingin berselancar di Pulau Merah tetapi tidak memiliki alatnya, jangan kawatir, disini sudah disediakan tempat persewaan alat surfing lengkap.

Memancing (foto: katalogwisata.com)

Berbeda lagi dengan kamu yang memiliki hoby memancing, di Pulau Merah ini kamu bisa melakukannya. Ada beberapa perahu tradisional miliki nelayan disana. Kamu bisa memanfaatkan perahu itu dan menyewanya untuk memancing.

Tetapi kamu perlu membawa alat pancing sendiri karena di Pulau Merah tidak disediakn tempat menyewa peralatan pancing.

Kegiatan memancing yang kamu lakukan akan terasa menyenangkan, selain hoby kamu tersalurkan, kamu juga dapat merasakan suasana angin di tengah laut serta membawa pulang ikan yang sudah kamu peroleh.

Sebuah bukit di tengah laut (foto: initempatwisata.com)

Di saat sore hari menjelang matahari tenggelam, Pulau Merah kadang laut mengalami surut. Jadi disaat ini lah para wisatawan memanfaatkannya. Para pengunjung diijinkan untuk berjalan menuju bukit yang ada ditengah laut.

Bahkan jika keadaan mendukung kamu bisa mendaki bukit ini, bukit ini berada tak jauh di bibir pantai. Melalui bukit ini kamu bisa melihat banyaknya makhluh laut yang terdampat karena surutnya ombak, seperti bintang laut, ikan laut bisa kamu mainkan.

BacaJuga:  10 Gambar Pelabuhan Tanjung Perak, Hotel Dekat Lokasi + Letak Alamat Peta Fasilitas

Di bukit ini kamu juga bisa melihat pemandangan yang begitu indah dan eksotis yang mengelilingi sekitar pantai Pulau Merah. Jika kamu mau menunggu matahari terbenam di bukit ini, kamu bisa menunggu saat sore hari sekitar pukul 4 sore.

Para wisatawan menikmati indahnya lokasi (foto: matajatim.com)

Ketika cuaca sedang bagus, para wisatawan diperbolehkan mandi di pantai. Saat ombak memiliki ketinggian hanya 2 meter. Tetapi jika ombak sudah diatas 2 meter, hanya boleh dilakukan berselnacar untuk para professional.

Kamu dapat bermain – main dengan gulungan ombak di pantai Pulau Merah ini bersama kerabat dan keluarga. Air lautnya cukup bersih dan jernih membuat para pengunjung nyaman dan senang ketika bermain dan mandi di laut.

Setelah berpuas diri main dengan air laut, kamu diharuskna untuk membersihkan diri. Sudah ada fasilitas kamar mandi umum yang tersedia. Jadi kamu bisa mandi dan membilas agar pasir yang menempel di tubuh kamu bisa hilang.

Ketika kamu berenang, kamu akan diawasi oleh petugas jika terjadi sesuatu. Ini adalah salah keamanan yang ada di Pulau Merah, tedapat sebuah menara pandang yang memiliki tinggi sekitar lebih 5 meter yang ada di pinggir pantai.

Menara tersebut digunakan untuk melihat situasi yang terjadi di sekitar panta Pulau Merah.

Pasir berwana putih dan halus (foto: banyuwangi.club)

Nah, ketika cuaca sedang tidak memperbolehkan kamu mandi di air laut. Mungkin ada hal lain yang bisa kamu lakukan, yaitu bermain pasir. Ya, bermain pasir di laut memang salah satu yang wajib dilakukan.

Apalagi di pantai Pulau Merah ini memiliki pasir yang sangat halus dan lembut. Hal ini juga menjadi menjadi kelebihan yang dimiliki oleh Pulau Merah.

Sembari bermain pasir, kamu bisa menikmati makanan dan minuman yang disajikan di beberapa tempat makan di sekitar Pulau Merah.

Pura Segara yang ada di lokasi (foto: tempatberwisatamurah.com)

Selain dapat menikmati panorama laut, kamu juga bisa mengunjungi tempat wisata lain yang ada di Pulau Merah, yaitu Pura Segara Tawang Alun. Pura ini digunakan umat Hindu yang ada di sekitar Desa Sumberagung untuk melakukan ibadah.

Pura ini dibangun pada tahun 1980, dan sering dikunjungi umat Hindu dari Bali dan Bromo. Yang cukup unik dari cerita pura ini adalah, saat terjadi tsunami di tahun 1994, bangunan dalan pura ini tidak mengalami kerusakan yang parah.

Salah satu penginapan (foto: rumahmertuacottage.com)

Setiap hari Pulau Merah ini selalu ramai dengan pengunjung. Jika kamu ingin menghabiskan banyak waktu di Pulau Merah, tenang saja banyak penginapan atau homestay yang dekat dengan Pulau Merah dan yang bisa kamu sewa disini.

Bahkan kamu bisa menghabiskan waktu di malam hari untuk melihat – lihat sekitar dan sekeliling yang ada di Pulau Merah. Masyarakat setempat menggunakan rumah mereka sebagai homestay untuk para wisatawan yang datang dari luar kota dan ingin menginap.

Bahkan pemerintah daerah juga membangun beberapa hotel dan penginapan agar para pengunjung bisa menghabiskan waktu hingga sore hari untuk melihat sunset di Pulau Merah. Letak penginapan tersebut hanya berjarak beberap meter sajan dari pintu masuk Pulau Merah.

BacaJuga:  10 Barbershop Paling Banyak Diminati Oleh Warga Kediri

Beberapa penginapan dan homestay juga sudah dilengkapi dengan fasilitas masing. Berikut kami dari tim JejakPiknik.com akan merekomendasikan beberapa penginapan yang ada.

Yang pertama ada Homestay Tirtoarum yang terletak di dekat dengan pantai, ada juga Red Island Bungalows  dengan tarif 400 ribu yang memiliki fasilitas seperti 2 kamar tidur yang include dengan sarapan, dan tentunya masih banyak sekali penginapan yang ada.

Rute Menuju Lokasi

Alamat dari Pulau Merah ini tepatnya berada di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran. Jarak dari kota sendiri sekitar 60 km. Jadi kamu harus rela menghabiskan waktu di perjalanan sekitar 1 jam 50 menit jika berangkat dari pusat kota.

Banyak sekali sarana transportasi yang mendukung untuk menuju ke Pulau Merah. Bahkan jika kamu ingin lebih mudah, bisa menggunakan jasa tour dan travel yang sudah mengerti lokasi dan rute ke Pulau Merah.

Peta akses jalan menuju ke lokasi (foto: tempatwisatadipulaujawa.com)

Jika menggunakan kendaraan pribadi, rute yang dilalui memang lebih mudah meski daerah menuju selatan Banyuwangi ini merupakan jalan perdesaan dan bukit. Jalannya mudah dijangkau karena di setiap persimpangan kamu akan menemukan petunjuk jalan.

Infrastruktur jalan yang ada sudah bagus dan cukup memadai bagi kenyamanan para pengunjung yang datang ke Pulau Merah.

Bahkan kami juga sudah memberikan titik koordinat untuk memudahkan kamu menemukan Pulau Merah dengan mudah. Kamu bisa mengakses peta online dimana peta ini langsung tersambung dengan google map yang bisa kamu akses dengan smartphone miliki kamu.

Nah jika kamu menggunakan transportasi umum, maka kamu harus memanfaatkan angkutan dari terminal Banyuwangi dan menggunakan bis jurusan Desa Pesanggaran.

Kemudian kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan naik ojek. Berbeda jika kamu berangkat dari arah barat seperti Kota Malang atau Kabupaten Jember, kamu bisa turun langsung di terminal Jajag dan melanjutkan dengan bisa lain yang menuju Desa Pesanggaran.

Harga Tiket Masuk

Harga Tiket masuk (photo: berduakelilingindonesia.com)

Untuk harga tiket masuk di Pulau Merah ini terbilang cukup murah. Bagaimana tidak, kamu hanya perlu membayar kontribusi 8 ribu rupiah saja setiao orangnya, sedangkan untuk parker kendaraan tidak perlu membayar alias gratis.

Area parker kendaraan juga sangat luas serta cukup rindang karena berada dibawah beberapa pohon disana.

Loket dibuka pada jam 7 pagi hingga jam 5 sore. Kamu bisa berpuas-puas menghabiskan suasana pantai di Pulau Merah, bahkan meski jam 5 sore sudah ditutup tetapi kamu masih bisa merasakan indahnya sunset atau matahari terbenam disini.

Suasana inilah yang sangat dinantikan oleh pengunjung setiap datang ke Pulau Merah.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

One thought on “Surga Pecinta Surfing di Pantai Pulau Merah Banyuwangi

  1. Maaf min koreksi di beberapa tulisan dkataa. Harga tiket 8rb itu saat high season aja stlah itu kembali normal. Lalu bukit yang ada di pulau merah itu tidak boleh di daki. Dan tidak boleh dibawah bukit setwlah jam 4-5 sore karena ombak pasang. Klo telat bisa kejebak nggk bisa balik ke pantai. Bisa cek di artikel https://www.carrierstory.com/2019/06/wisata-pantai-pulau-merah-banyuwangi.html yang nulis opegiat pariwisata Banyuwangi disitu udh detail dan uptodate sesuai fakta lapangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.