10 Foto Pulau Onrust Kepulauan Seribu, Sejarah Misteri Hantu Angker + Keindahan Wisata Jakarta

Posted on
Pulau onrust kepulauan seribu jakarta haji dimana misteri taman arkeologi kelor cipir kep harta karun korea komputer je 17 juara jinak jin jogja jodoh hantu harta huawei hidayat hidayah horor dan dari muara angke download quotes wiki wikipedia wisata wardah ward wegnemen website werkkleding weather wun word escober example angker adalah di mistis maria van de velde peta keindahan rahasia review rumah rincia tour tentang travel terowongan transportasi trip tlp tlr sejarah cerita utama uttaran uap uang update urat uber ubi indonesia informasi oekraine online olx fungsi pada abad 17 penginapan prewed promo pemandangan paket murah polisi letak luas legenda lakupon lipstick lokasi lkp lkpm kisah keangkeran kelebihan kuala lumpur korea jerman jerawat juara jinak jin jogja jodoh harga huawei hidayat hidayah hot homeophatie hornhuizen gambar gelap gerak gulang lagu gitar gold foto fakta fasilitas festival surabaya singapore singapura song solar alamat arti artikel asli museum mitos menuju mancing makam map camera motor modifikasi +misteri negara backpacker benteng batu burghsluis boat boot bool video camping cup com xi karantina romantis open peninggalan gugusan kabupaten kolonial
Pulau Onrust di Kepulauan Seribu Jakarta (foto: beritamisterialamgaib.blogspot.com)

Lokasi: Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, Indonesia
Koordinat:
Klik Disini
Tarif:
Rp 50.000 – Rp 250.000 per kapal boat
Jam Operasional:
06.30 – 13.00 WIB
Nomer Telepon: –

Pulau Onrust adalah pulau yang berada di kawasan Kep Seribu serta letaknya yang bisa dibilang terpencil. Pulau Onrust memiliki cerita yang cukup bersejarah untuk Indonesia sendiri sehingga membuat tempat ini menjadi favorit objek wisata yang sering didatangi oleh wisatawan lokal maupun asing. Tidak hanya ramai ketika hari libur saja, Pulau Onrust juga sering dipadati wisatawan dihari-hari biasa

Bekas makan di masa penjajahan (foto: catatanhariankeong.com)

Pulau Onrust ini berasal dari kata Bahasa Inggris yaitu “Unrest” yang memiliki arti tanpa istirahat. Tempat ini menjadi pusat pemerintahan pada masa penjajahan Belanda jaman dahulu. Pulau ini memang sebuah tempat yang sangat sibuk dengan berbagai kegiatan yang ada sehingga menyimpan berbagai macam cerita utama yaitu angker dan mistis.

Tempat bekas karantina haji di Pulau Onrust (foto: klimg.com)

Kepulauan Seribu ini adalah satu gugusan kepulauan yang terletak di sebelah utara Kota Jakarta dan berhadapan dengan teluk Jakarta yang cukup ramai. Tetapi bukan berarti memiliki pulau berjumlah seribu namun hanya sekitar 345 pulau. Termasuk dengan pulau pasir dan terumbu karang yang tumbuh banyak dengan jumlah kurang lebih 158. Tersedia juga penginapan di sekitar Kepulauan Seribu, jadi kamu tidak perlu khawatir jika ingin menginap.

Sisa-sisa bangunan di Pulau Onrust (foto: indonesia-heritage.net)

Tidak semua pulau yang berada di gugusan Kep Seribu ini dihuni oleh manusia. Sebagian pulau di Kepulauan Seribu tidak berpenghuni selayaknya pulau lain yang ada di Indonesia. Banyak sekali titik 19 selam-selam di kawasan Kepulauan Seribu. Bagi kamu yang memiliki hoby fotografi jangan lupa membawa camera untuk melakukan pengambilan gambar atau video. Karena di tempat ini sudah banyak sekali video yang ada di youtube. Kamu juga bisa download dan melihat review yang yang sudah ada.

Cerita Sejarah dan Mitos di Pulau Onrust

Terlihat dari kejauhan Pulau Onrust yang indah (foto: metawisata.com)

Pada masa pendudukan VOC dahulu Pulau Onrust ini merupakan suatu tempat galangan kapal-kapal untuk transit sebelum masuk Batavia. Pulau ini juga dijuluki sebagai Pulau Kapal pada masa kolonial Belanda. Terdapat juga banyak peninggalan arkeologi dan juga ada sebuah rumah yang utuh dan saat ini menjadi Museum Pulau Onrust yang cukup terkenal. Wisatawan juga sangat menyukai tempat ini dengan berbagai macam cerita sejarah yang bermanfaat untuk generasi anak muda.

Bekas bangunan ruang pemeriksaan di Pulau Onrust (foto: travel.grivy.com)

Pulau Onrust juga dikenal dengan berbagai cerita misteri yang pernah ada disini. Konon katanya pulau ini sedikit angker, bahkan tak jarang orang yang datang merasakan keanehan di Pulau Onrust ini. Meski pulau seindah ini memiliki cerita dan kisah mistis tidak membuat wisatawan takut dan enggan datang, bahkan banyak orang datang ingin menjawab rasa penasaran yang dimilikinya. Pulau ini memiliki keangkeran disaat masa penjajahan di zaman dahulu. Mulai dari zaman penjajahan Belanda hingga masa pengalihan militer di Jepang.

Kapal penyeberangan yang akan berangkat ke Pulau Onrust (foto: tripadvisor.com)

Dalam cerita sejarah lainnya sebenarnya dulu Pulau Onrust adalah tempat sebuah karantina bagi jemaah haji berasal dari Indonesia yang datang dari Mekkah. Dimana pada saat itu masih dalam pemerintahan Hindia Belanda yang khawatir para jamaah haji ini saat kembali ke tanah air membawa virus TBC. Tetapi sebenarnya dibalik alasan itu Belanda takut kalau para jamaah haji tersebut membawa dampak yang buruk untuk pemerintahan Hindia Belanda.

Sisa bangunan yang ada di Pulau Onrust (foto: kompasiana.com)

Kisah dan cerita ini sudah banyak sekali dari berbagai sumber berita. Banyak artikel yang menceritakan kisah kelam dan mistis yang ada di Pulau Onrust. Sperti website yang sudah sangat terkenal yaitu Wikipedia dan beberapa halaman web wisata seperti taman arkeologi. Di website tersebut menjelaskan review singkat adanya beberapa makam tanpa nama. Ada pula terowongan di pulau ini yang katanya ada harta karun peninggalan Belanda.

Benteng yang terbangun masih kokoh di Pulau Onrust (foto: calyawisata.com)

Di Pulau Onrust juga memiliki cerita legenda hantu noni Belanda yang cukup angker. Noni Belanda tersebut bernama Maria Van de Velde dan juga sering menampakkan diri memakai busana pengantin dari Belanda. Kisahnya menceritakan bahwa Maria meninggal dengan cara bunuh diri karena pada saat hari pernikahannya sang kekasih tidak kunjung datang. Di guga pernikahan Maria tersebut tidak mendapat restu dan sang kekasih sengaja diikutkan ke dalam pasukan perang.

Keindahan dan Potensi yang ada di Pulau Onrust

Salah satu sudut yang ada di Pulau Onrust (foto: calyawisata.com)

Terlepas dari banyaknya cerita horor yang ada di Pulau Onrust, tempat wisata ini menjadi destinasi favorit wisatawan. Perairan di pulau ini sangat jernih dan bening. Selain itu kamu juga dapat melihat situs sejarah asli seperti layaknya di museum. Maka sangat cocok jika membawa anak-anak saat mengunjungi Pulau Onrust. Mereka akan mendapat berbagai informasi penting tentang sejarah tentang kolonial Belanda. Di pulau ini kamu juga dapat mengunjungi benteng peninggalan Belanda saat bertempur Portugis pada abad 17.

Tampak depan Pulau Onrust yang bersih (foto: kanal.web.id)

Pemandangan alam yang disuguhkan sungguh mempesona. Kamu dapat melihat kapal berlalu laang di sekitar laut Pulau Onrust. Serta burung-burung yang yang terbang mengeluarkan suara merdunya. Namun sayang tidak ada penginapan tersedia di pulau ini. Hanya saja kamu bisa melakukan camping jika membawa peralatannya karena disini tidak disediakan.

Pulau Onrust juga terdapat sebuah sumber mata ait tawar yang memiliki usia berabad-abad. Tetapi tidak dianjurkan untuk langsung diminum meskipun sebuah sumber mata air yang dikhawatirkan masih belum bersih. Tetapi jika ingin menyegarkan diri dengan cara membasuh muka tentu saja bisa dilakukan. Ini juga merupakan salah satu fasilitas yang ada selain disediakan toilet bersih.

Mancing adalah salah satu kegiatan favorit bagi wisatawan (foto: jakartapulauseribu.blogspot.com)

Tempat yang memiliki keindahan pemandangan dan bangunan-bangunan sejarah menjadi lokasi favorit bagi pecinta fotografi. Bahkan selain sering didatangi beberapa komunitas foto, ditempat ini sering dilakukan pengambilan foto prewed.

Selain dapat menikmati keindahan alam yang ada di Pulau Onrust, kamu juga bisa menyalurkan hoby mancing. Biasanya ada pengunjung yang berniat mencari ikan di pulau ini, dengan menggunakan perahu boat kamu bisa pergi ke tengah laut untuk mencari ikan. Bahkan juga bisa mendirikan tenda dengan camping di Pulau Onrust.

Pulau Onrust juga menjadi tempat favorit bagi pasangan muda saat ini. Menurut mereka pulau Onrust memiliki sisi romantis tersendiri. Tak jarang pasangan muda-mudi ini menghabiskan waktu di Pulau Onrust hingga sore hari sambil menunggu suasana matahari tenggelam.

Rute dan Jalan Menuju Pulau Onrust

Banyak sekali jalan menuju Pulau Onrust, ternyata mudah dan murah loh tentu saja cocok bagi kamu para backpacker. Letak Pulau Onrust juga tidak terlalu jauh dari pusat Kota Jakarta dan juga banyak sekali transportasi yang menawarkan dengan berbagai macam cara. Seperti misalnya transportasi online yaitu uber, gojek, grab dan masih banyak yang lainnya. Bahkan menggunakan kendaraan pribadi seperti motor dan mobil akan lebih memudahkan kita.

Selain itu transportasi umum juga banyak sekali tersedia seperti Transjakarta, Bis umum serta Taksi. Jika kamu berangkat dari arah Tangerang bisa menggunakan kendaraan apa pun dan turun di daerah Grogol kemudian turun di perempatan Cengkareng. Setelah itu kamu naik angkot carry yang berwarna hitam untuk menuju Muara Kamal dan mentok sampai di Tempat Pelelangan Ikan. Setelah itu kamu bisa berjalan kaki menuju dermaga Muara Kamal. Kami juga membantu dengan koordinat yang tersambung dengan map atau peta online.

Banyak juga penawaran jasa paket tour untuk menuju Pulau Onrust. Biasanya penawaran ini menjadi satu paket dengan pulau lainnya yang ada di Kep Seribu, misalnya Pulau Kelor dan Cipir. Untuk tempat pemberangkatannya dimulai dari Pelabuhan Muara Angke. Kamu akan menggunakan kapal motor untuk menyeberangi pulau tersebut. Waktu menyeberang kurang lebih membutuhkan waktu sekitar 45 menit dengan kapasitas maksimal 20 orang setiap kapal. Ditengah perjalanan di laut kamu juga bisa menikmati keindahan pemandangan alam yang begitu mempesona.

Harga Tiket Masuk ke Pulau Onrust

Harga tiket untuk menuju ke Pulau Onrust ini biasanya sudah tergabung dengan biaya menyewa kapal boat saat di penyeberangan. Cukup murah, setiap jasa penawaran paket terkadang memiliki harga yang berbeda-beda, ada yang menawarkan antara 50 ribu hingga 250 ribu rupiah. Bahkan di waktu-waktu tertentu jasa penyeberangan ini memberikan harga promo bagi wisatawan yang datang. Jika kamu baru pertama kali datang di Kepulauan Seribu jangan khawatir karena ada pusat informasi dan juga pos polisi yang akan membatu kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *