10 Gambar Pulau Petong Batam, Harga Snorkeling, Cara Ke Lokasi + Paket Wisata Mancing

Posted on
Pulau batam petong paket wisata cara ke reef adventure indonesia snorkeling kepri lokasi tour mancing peta letak alamat gambar harga sejarah hantu
Pulau Petong Batam, foto: wisatasenibudaya.com

Lokasi: Abang Island Galang Batam City Riau Islands
Map: KlikDisini
HTM: Rp.350.000/Orang
Buka/Tutup: 24jam
Telepon: –

Kota Batam telah menjadi kota terbesar di provinsi kepulauan riau memang dikelilingi oleh gugusan pulau kecil dengan jumlahnya sangat banyak. Nah untuk pengunjung yang memiliki hobi snorkeling, Batam punya spot dengan pemandangan alam laut cantik dan tak kalah dengan Bali atau Lombok.

Sudah sejak dulu, jika kota batam dikenal memiliki keindahan bawah laut masih alami. Dimana selain pualu abang dan bintan, kini Batam juga memiliki destinasi wisata baru tak kalah menarik untuk dikunjungi yakni petong island.

pemandangan bawah laut sekitar pulau, foto: pulauabang.com

Memang keberadaan dari pulau tersebut baru saja dikenal selama beberpa tahun belakangan ini. Maka tak heran jika petong dikatakan sebagai surga baru tersembunyi di kota batam. Hal ini karena keindahan pemandangan alam dan bawah laut di sana memang jadi daya tarik utama yang membuat wisatawan ingin mampir ke sana dan betah berlama-lama.

Pulau petong sendiri memiliki pantai berpasir putih dengan pepohonan yang rindang, dan jajaran batu karang juga berair jernih sehingga tidak kalah keindahannya dengan Abang. Lalu seperti apakah keindahan yang dimiliki oleh  petong ini ? Untuk lebih jelasnya mari perhatikan ulasannya di bawah ini.

Daya Tarik

keindahan pulau petong, foto: tipswisata.com

Untuk pengunjung ingin berwisata ke kota batam dan ingin mencari tempat bersnokeling, maka petong dapat menjadi alternatif pengisi liburan Anda kali ini. Dimana tempat wisata ini memiliki kontur air yang tenang dan akan menawarkan pemandangan bawah laut yang cukup indah bagi penikmati snorkeling atau diving.

Pada saat snorkeling atau menyelam mata para pengunjung akan dimanjakan dengan jajaran ribuan karang yang indah untuk di lihat.  Selain itu biota laut yang masih banyak berkeliaran di sekitar karang indah tadi. Meskipun kawasan petong ini baru dikenal, namun sudah banyak pengunjung yang datang ke tempat wisata tersebut.

BacaJuga:  Alamat Nagoya Hill Shopping Mall Batam, Hotel Dekat Ace Hardware Studio 21 Massage Gramedia Inul Vizta Grapari Telkomsel Salon
Wisata Snorkeling di batam, foto: pulauabang.com

Hal ini karena keindahan pemandangan alam dengan pasir putih dipadukan dengan deretan pohon hijau membuat petong memiliki daya tarik tersendiri dan membuat para wisatawan penasaran untuk datang.

Lokasi dan Akses Menuju Tempat Wisata

Untuk pengunjung yang sudah penasaran mengenai keindahan di miliki oleh pulau petong ini, maka langsung saja datang ke alamarnya di Abang Island, Galang, Batam City, Riau Islands.

jernihnya air laut di sekitar pulau, foto: ksmtour.com

Sedangkan untuk akses menuju petong dari pusat kota batam membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam. Dimana rutenya menuju jembatan 6 barelang harus ditempuh selama 2 jam. Setelah itu perjalanan dilanjutkan dengan menyeberang selama 45 hingga 60 menit menggunakan boat.

Tenang saja di sana nanti pengunjung pasti menemukan banyak jasa yang menawarkan paket wisata laut di island petong. Mulai dari paket akomodasi penjemputan, penyeberangan, snorkeling, diving, hingga menginap di resort dibangun dengan konsep minimalis dan berdiri tepat di atas air laut. pengunjung tinggal memilih sesuai dengan keinginan.

Kegiatan Yang Bisa di Lakukan

rumah yang ada di sekitar dermaga pulau, foto: liputan6.com

Ada banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan di sekitar petong, dimana salah satunya dapat menyaksikan langsung taman laut dan ikan berwarna di pulau ini. Pada saat menyelam atau snorkeling mata para pengunjung dimanjakan dengan jajaran ribuan karang indah berwarna-warni untuk dinikmati. Selain itu terdapat pula banyak sekali biota laut masih berkeliaran di sekitar terumbu karang.

Hingga saat ini di pulau petong masih memiliki pemandangan pasir putih lembuh dengan pepohonan yang rindang dan jajaran patu karang. Dari kombinasi ketiga pemandangan tersebut membuat pulau petong menjadi surga tersembunyi. Indahnya taman bawah laut di Petong dikelola dengan konsep pelestarian lingkungan.

serunya berwisata di pulau petong, foto: travelingyuk.com

Untuk itulah kesempatan seperti itu tak boleh sampai anda lewatkan untuk mengabdikan keindahan pemandangan sekitar dengan kamera atau ponsel masing-masing. Dengan adanya pemandangan cukup indah, membuat hasil bidikan gambar foto akan semakin sempurna.

BacaJuga:  Sejarah Misteri Pantai Trikora 3 4 Tanjung Pinang Pulau Bintan Island Kepri

Setelah puas berfoto-foto, ada hal wajib di lakukan di petong yakni diving atau snorkeling. Dimana pulau ini memang telah lama dikenal sebagai salah satu spot diving atau snorkeling terbaik di batam.

Dimana para pengunjung disuguhi oleh pemandagan bawah laut cukup cantik, membuat mata ini semakin dimanjakan. Selain itu di dalam air pengunjung  juga bisa befoto, hal ni karena terdapat beberapa spot selfie yang sangat bagus untuk dijadikan latar belakang foto.

Kumpulan terumbu karang yang bermacam-macam dan ikan lucu hadir di sekitar pulau petong. Meskipun tanpa melakukan snorkeling, para pengunjung sudah bisa melihat pemandangan indah bawah laut di petong sudah dapat terlihat dengan mata karena jernihnya air. Namun tetap saja tak lengkap rasanya jika ke tempat ini peting tanpa ber-snorkeling.

Cara Menuju ke Lokasi

keindahan bawah laut yang ada di sekitar pulau, foto: cloudfront.net

Karena terhitung masih baru, maka akses atau cara untuk bisa ke pulau cantik ini yakni dengan ikut dalam rombongan tur. Hal ini karena masih belum ada kendaraan umum dapat langsung mengakses tempat wisata.

Namun pengunjung tenang saja, karena sudah ada beberapa jasa menawarkan paket wisata lengkap ke Pulau Petong. Mulai dari penyebarangan, akomodasi, hingga penyewaan alat snorkeling. Selain itu di tengah wilayah petong juga terdapat sebuh resort bernama Reefs Adventure yang mengelola seluruh keperluan snorkeling dan diving.

Dengan adanya pihak pengelola maka sebelum melakukan snorkeling dan diving, para pengunjung akan diberikan briefing mengenai lokasi mana saja yang memiliki kedalaman ideal dan memiliki pemandangan indah. Tujuannya dilakukan briefing selain untuk menjaga keamanan peserta, juga untuk melindungi terumbu karang agar tak terinjak.

keseruan yang didapatkan di sekitar pulau, foto: kenz-tours.com

Selain itu untuk anda yang tidak bisa berenang, tidak perlu khawatir. Sebab selain tersedia live fest, para pengunjung juga akan didampingi ketat oleh para pemandu selalu sigap. Alhasil bakal aman dan nyaman menikmati indahnya surga bawah laut petong.

BacaJuga:  10 Gambar Wisata Pelabuhan Harbour Bay Batam: Cafe Restoran Kuliner

Tiket Masuk ke Pulau Petong

Berbicara mengenai harga tiket masuk ke pulau petong ini bisa dibilang cukup murah. Hal ini karena tersedia paket wisata snorkeling dan diving dikelola oleh resort Reefs Adventure. Dimana dengan harga paket 350 ribu anda akan mendapatkan transportasi pergi-pulang dari Jembatan 6 Barelang (Batam Rempang Galang) menuju Petong serta peminjaman peralatan snorkeling dan diving.

Tiket Masuk ke Pulau Petong, foto: kompas.com

Selain itu Anda juga akan mendapatkan makan pagi dan siang secara prasmanan. Untuk menuju makannya cukup menarik, yakni berbagai hidangan laut diracik oleh ibu-ibu warga asli Kepulauan Riau. Selain itu selama perjalanan akan disediakan snack beserta kopi maupun teh. Tentu saja hal tersebut sangat pas dinikmati sambil bersantai melihat indahnya pulau sejauh mata memandang.

Pada saat menyelam tentu saja wajib narsis ataupun selfie. Untuk anda tidak memiliki kamera underwater tidak perlu khawatir, karena pihak pengelola petong sudah menyediakan kamera ditujukan untuk memotret aktivitas anda di bawah air.

Untuk itulah silakan bergaya sesukanya, namun tetap harus tetap memikirkan keselamatan. Seluruh foto di hasilkan dapat diminta secara gratis. Setelah puas menyelam dan ingin petualangan lebih lagi, bisa sambangi perkampungan asli masyarakat pesisir Kepulauan rau di sekitar island petong. Kemudian para pengunjung juga bisa bermain banana boat, mengelilingi pulau.

Ada yang salah? Punya kritik dan saran? Sampaikan di kolom komentar dibawah ini ya kakak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *