10 Gambar Pulau Sepa Kepulauan Seribu Jakarta + Review Resort Wisata Paket Murah Besar

Posted on
Pulau sepa resort review dimana di kepulauan seribu harga booking rate rundown river riau rombongan diving dive center dari muara angke daerah mana day trip one double quresi wikipedia wisata wijayatama paket walk walker website wut wutau wok ella tour tripadvisor tour package ke tarif tanpa travel tentang berbentuk sepatu tiket tidung sheila youtube island image indonesia outbound odt murah penginapan penyu permai peta pari picture polri lokasi letak liburan luas lampung kecil kaskus kamar kep kontak koordinat komentar jakarta jarak juni jobs hotel honeymoon 2 hari 1 malam hemat hujan homestay gurita gamabar gosong generator gila flipper foursquare foto fasilitas festival futures film salafi sunset singapura snorkeling adalah agoda ancol accomodation map marina mancing menuju modifikasi napoleon number no telp telepon backpacker besar blog bagus bulan madu biaya video villa vs camping cottage contact com cerita cupang cirebon cilacap
pulau sepa (foto: pulausepa.blogspot.co.id)

Lokasi: Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta
Map: KlikDisini
HTM: Rp.75.000
Buka/Tutup: 24 Jam

Sebanyak 342 pulau yang ada di gugusan pulau di Kepulauan Seribu, salah satu yang memiliki daya tarik istimewa dan menjadi magnet bagi para wisatawan adalah Pulau Sepa. Wajah dari pulau yang dikelola PT Pulau Sepa Permai ini dapat dengan mudah ditemui di sejumlah blog dan website pariwisata seperti tripadvisor, foursquare, dan agoda, baik dalam bentuk review, foto maupun video, atau disejumlah situs sosial media, seperti facebook, instagram dan youtube. Bahkan beberapa situs forum seperti Kaskus mengupas pulau ini secara khusus.

Resort yang memiliki pantai berpasir putih ini menurut menurut informasi yang dikutip dari Wikipedia, masih menyuguhkan nuansa yang alami, karena di sepanjang bibir pantainya yang menjorok langsung ke laut masih belum diblok dan dipasangi tanggul untuk mencegah dari abrasi.

Pulau Sepa yang Indah (foto: blog.jelaja.com)

Keindahan dari Pulau Sepa ini bisa dilihat dari julukannya yaitu “Litle Bali Island”. Julukan tersebut diberikan para turis dari berbagai negara seperti Singapura, Amerika, Inggris, Jepang, Korea serta negara-negara lain yang tidak memiliki waktu cukup banyak untuk berkunjung ke Bali, sehingga mengalihkan liburan mereka ke Pulau Sepa dan mengagumi keindahan pulau ini.

Julukan lainnya bagi Pulau Sepa adalah  “The Paradise for Diver in Jakarta”. Julukan ini melekat karena kawasan perairan di Pulau Sepa dijadikan sebagai tempat untuk latihan menyelam sekaligus ujian bagi penyelam scuba pemula agar bisa memperoleh sertifikat Open Water dari PADI (Proffesional Association of Diving Instructors).

Mengenal Sekilas Pulau Sepa

Pulau dengan luas sekitar 7 hektar ini dikenal juga dengan nama Pulau Sepa Barat dan Pulau Sepa Besar. Diantara pulau-pulau lain yang ada di kawasan Kep Seribu, letak pulau ini terbilang paling jauh dan masuk ke dalam kategori pulau resort yang tidak berpenghuni. Karena itu tidak ada fasilitas transportasi dari Pelabuhan Muara Angke dan satu-satunya akses penyeberangan hanya bisa dilakukan di Dermaga Marina dengan menggunakan speed boat yang membutuhkan waktu sekiar 1,5 – 2 jam untuk menyeberang.

Salah Satu Sudut Pulau Sepa (foto: tidungeksotis.com)

Karena alasan transportasi itulah membuat rombongan wisatawan yang berkunjung ke sini sebagian besar melalui jasa tour & travel atau organizer yang menyelenggarakan open trip, meski ada juga backpacker yang datang berkunjung tanpa jasa perantara. Paket wisata yang ditawarkan biro travel pun berbagai macam, mulai dari one day trip, paket 2 hari 1 malam, paket honeymoon serta yang lain.

Bagi wisatawan yang ingin menginap, tidak bisa dengan melakukan camping atau menyewa homestay, karena tidak ada satupun penduduk di pulau ini. Satu-satunya cara untuk dapat menginap adalah dengan membeli paket menginap kepada pengelola Pulau Sepa yaitu PT Pulau Sepa Permai, tentunya dengan biaya yang tidak murah.

Satu lagi kekurangan dari Pulau Sepa yang cukup mengganggu bagi sebagian wisatawan adalah tidak adanya sumber air tawar. Sehingga meski secara keseluruhan fasilitas yang tersedia di pulau ini cukup memuaskan, termasuk fasilitas akomodasi, namun tidak demikian dengan ketersediaan air tawar.

Dermaga Pulau Sepa (foto: blog.jelaja.com)

Mereka yang menginap di pulau ini harus rela mandi dengan menggunakan air payau yang agak lengket dengan rasa sedikit asin, begitu juga dengan air minum. Itu sebabnya, sebelum berangkat ke Pulau Sepa disarankan untuk membawa persediaan air mineral dalam jumlah yang cukup, terlebih jika membawa anak-anak.

Daya Tarik dan Keindahan Pulau Sepa

Daya tarik Pulau Sepa sudah langsung dapat dinikmati begitu menginjakkan kaki di hamparan pasirnya yang putih bersih. Area perairan di tepi pantai yang jernih dengan warna biru toscha dan ombak yang tenang, tidak saja memancarkan keindahan yang berbeda tapi juga menyuguhkan pengalaman yang menarik lewat ikan-ikan kecil berwarna-warni yang berenang di pinggir pantai.

Ikan-ikan tersebut terlihat jinak dan tidak merasa takut saat ada tangan atau kaki manusia yang bergerak di dekat mereka. Bahkan, jika ada yang menebarkan serpihan roti tawar di dalam air, mereka akan datang mengerubuti, tidak jarang menyenggol telapak tangan yang meremas remah-remah roti.

Pepohonan yang Rindang di Pinggir Pantai Pulau Sepa (foto: pulausepa.blogspot.co.id)

Saat mata memandang sekeliling, pemandangan memukau akan langsung tertangkap, dan membuat siapapun akan tertarik untuk mengelilingi seluruh kawasan di pulau ini. Dengan luas sekitar 7 hektar, hanya butuh waktu sekitar 15 menit untuk dapat mengelilingi pulau dan di setiap sudutnya akan Anda dapatkan spot-spot cantik yang sangat menarik untuk dijadikan latar belakang foto.

Jika merasa lelah usai berkeliling kawasan pulau, di pinggir pantai sudah tersedia gazebo dan kursi jemur yang bisa dipakai untuk beristirahat sambil menikmati pemandangan pantai yang eksotis. Gazebo dan kursi jemur tersebut juga menjadi tempat yang nyaman untuk digunakan melihat terbit dan terbenamnya matahari yang sangat memukau saat dilihat dari kawasan Pulau Sepa.

Tidak hanya keindahan pemandangan pantai saja yang bakal menghibur para wisatawan, tapi juga berbagai macam wahana permainan dan watersport yang dapat disewa dan dimainkan bersama pasangan, teman atau keluarga, baik pada saat di darat maupun di laut.

Kursi Berjemur di Bibir Pantai Pulau Sepa (foto: parah1ta.jalanjalanyuk.com)

Mandi dan berenang di lautnya yang jernih menjadi salah satu aktifitas yang menyenangkan di pulau ini. Namun, kalau hanya sekedar berenang saja rasanya masih belum cukup, karena kecantikan terumbu karang yang masih alami, beraneka bentuk dan warna batu coral yeng bertebaran di sana-sini serta berbagai jenis ikan dan makhluk laut lainnya yang terdapat di perairan Pulau Sepa sangat sayang untuk dilewatkan.

Ada tiga cara yang dapat dipakai untuk menikmati keindahan taman bawah laut sekaligus  menjadikannya sebagai background foto bawah air dengan menggunakan Underwater Camera, yaitu dengan cara Marine Walker, snorkeling dan diving.

Marine walker adalah berjalan di dasar laut tanpa menggunakan peralatan selam dan hanya memakai penutup kepala semacam helm yang dapat dipakai untuk melihat bagian bawah permukaan air. Meski hanya melewati area perairan paling dangkal, Anda akan tetap dapat menikmati keindahan taman bawah laut, karena terumbu karang dan berbagai jenis ikan serta habitat laut lainnya tersebar merata di perairan Pulau Sepa hingga di bagian yang paling dangkal.

Jernihnya Air Laut di Pulau Sepa (foto: telusurindonesia.com)

Keindahan taman bawah laut tersebut akan semakin mempesona dengan melakukan penyelaman di perairan dangkal lewat aktifitas snorkeling, apalagi jika melakukan diving di area laut yang dalam. Hanya saja untuk menuju ke spot yang menarik untuk dipakai snorkeling serta diving, Anda harus mengeluarkan biaya tambahan untuk menyewa kapal.

Kapal-kapal yang parkir di dermaga Pulau Sepa tersebut tidak hanya dapat disewa untuk mereka yang ingin menikmati keindahan taman bawah laut, tapi juga untuk mereka yang memiliki hobby memancing, karena kawasan pulau ini juga dikenal kaya dengan berbagai jenis ikan berukuran besar. Bisa dibayangkan, jika di pinggir dermaga saja sudah begitu banyak ikan-ikan kecil apalagi di laut lepas.

Satu lagi aktifitas menarik di Pulau Sepa adalah melihat tempat penangkaran Penyu Sisik (Eretmochelys Imbricata). Di tempat penangkaran yang tidak begitu besar ini, pengunjung akan dapat melihat tukik atau anak-anak penyu yang dipelihara di beberapa kolam. Anak-anak penyu tersebut didapat dari telur-telur penyu yang ditinggalkan oleh induknya dan terkubur di kedalaman pasir. Telur-telur penyu yang diambil dari dalam pasir tersebut selanjutnya  ditetaskan, setelah menetas anak-anak penyu dipelihara di dalam kolam hingga usia tertentu, baru kemudian dilepas di lautan.

Fasilitas di Pulau Sepa

 

Marine Walker di Pulau Sepa (foto: kaskus.co.id)

Sebagai resort yang dikelola dengan profesional, masalah fasilitas tidak perlu diragukan, meski setiap fasilitas yang tersedia sudah barang tentu ada harganya. Beberapa fasilitas yang dapat dinikmati di Pulau Sepa diantaranya adalah:

– Gazebo dan Kursi Jemur

Untuk dapat menikmati indahnya pemandangan pantai tanpa takut terpapar sinar matahari, pengunjung dapat memanfaatkan pepohonan yang rindang di pinggiran pantai, atau berteduh di bawah gazebo serta kursi jemur yang diberi penutup semacam payung. Untuk dapat memanfaatkan gazebo dan kursi jemur ini Anda tidak perlu menyewa alias gratis, karena sudah termasuk bagian dari tiket masuk sebesar Rp.75.000 yang telah Anda bayarkan.

– Wahana Permainan dan Watersport

Sejumlah wahana permainan dan watersport bakal melengkapi kegembiraan Anda bersama pasangan, teman atau keluarga yang dapat disewa dengan harga terjangkau. Beberapa wahana permainan dan watersport tersebut diantaranya adalah billyard hall, Play Ground, Outbond Area, Marine Walk, Snorkeling, Diving, Banana boat, Fishing, Knee Board, Cannoe dan Jetsky.

Speed Boat yang Siap Mengantar Wisatawan Pulang – Pergi dari Dermaga Marina ke Pulau

– Meeting Room dan Karaoke Room

Bagi rombongan besar yang ingin menggelar kegiatan semacam rapat, pelatihan atau gathering, tersedia meeting room yang dapat dimanfaatkan. Begitu juga untuk mereka yang hobby menyanyi atau ingin melepas penat dengan bernyanyi, tersedia karaoke room.

– Restoran

Karena pulau ini tidak berpenghuni dan dikelola oleh PT Pulau Sepa Permai, maka jangan berharap dapat menemukan warung atau rumah makan yang berjajar sebagaimana di tempat-tempat wisata lain. Satu-satunya tempat untuk mengisi perut dan menghilangkan dahaga adalah sebuah restoran yang memiliki kapasitas 150 orang. Restauran yang ada di sini, selain memiliki ruang utama juga menyediakan ruang tambahan untuk makan yang berlokasi di pinggir pantai dengan ukuran 25 meter2.

Berbagai menu tersedia di restoran ini, mulai dari aneka makanan Nusantara, oriental food sampai dengan masakan Eropa. Namun yang menjadi menu favorit pengunjung biasanya adalah berbagai olahan seafood seperti ikan bakar, udang, cumi-cumi, serta yang lain. Untuk menambah kenikmatan pengunjung saat bersantap, pihak pengelola restoran menghadirkan live music yang menerima request lagu dari para pengunjung.

– Penginapan

Senja di Pulau Sepa (foto: pulausepa.blogspot.co.id)

Sama halnya dengan restoran, untuk fasilitas akomodasi tidak ada satupun hotel, villa maupun homestay yang ada di sini, karena urusan akomodasi sepenuhnya berada dalam kewenangan  PT Pulau Sepa Permai. Untuk itu, bagi pengunjung yang ingin menginap di Pulau Sepa, pihak pengelola menyediakan cottage atau bungalow.

Cottage yang ada di Pulau Sepa ini terdiri atas 38 kamar yang kesemuanya dibuat dengan bentuk yang alami berupa rumah panggung beratap sirap dengan dinding terbuat dari anyaman bambu yang dilengkapi teras atau beranda berikut meja kursi dari rotan.

Cottage tersebut terdiri atas beberapa tipe yaitu tipe Cottage Penyu A dan B, Cottage Penyu 1 – 10, Cottage Kakap, Flipper dan Gurita. Setiap tipe cottage memiliki fasilitas yang berbeda dengan tipe lainnya, karena harga sewanyapun juga tidak sama.

Jika dibandingkan dengan tempat-tempat wisata lainnya yang ada di Kepulauan Seribu, wisata di Pula Sepa memang relatif lebih mahal. Namun keindahan kawasan pantai dan taman bawah lautnya dijamin bakal memberikan kepuasan bagi siapa saja. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *