10 Gambar Pulau Siladen Manado, Letak Lokasi, Penginapan Hotel + Keindahan di Sekitar Wisata

Posted on

Alamat: Sulawesi Utara (SULUT), Indonesia
Peta/Map Online: Klik DiSini
Harga Tiket Masuk (HTM):
Jam Buka-Tutup: 24 jam

foto by instagram.com/mariaemanuela19/

Rekan-rekan wisata, Indonesia adalah negara kepulauan terbesar yang ada di dunia. Negara kita memiliki beribu-ribu pulau besar dan kecil. Masing-masing pulaunya memiliki sejarah serta keunikan tersendiri dan tentu sangat menarik hati wisatawan.

Beragam lagu sudah dan terus diciptakan untuk menggambarkan keindahan alam negeri kita tercinta ini. Bila rekan-rekan sudah pernah berkunjung ke salah satu pulau kecil milik Indonesia, pasti kalian akan tergoda untuk mengunjuki wilayah lainnya.

Lokasi

foto by instagram.com/mariaemanuela19/

Hal yang sama berlaku pula bagi pulau satu ini. Letaknya ada di wilayah administrasi Provinsi Sulawesi Utara yang beribukotakan di Manado. Destinasi wisata kita kali ini adalah suatu pulau yang ada di timur laut Bunaken.

Pulau Siladen namanya. Salah satu dari beragam pulau yang menjadi andalan pariwisata di kawasan Sulawesi Utara. Lokasinya tidak begitu jauh dari Ibukota Manado dan biasanya menjadi salah satu destinasi wisata dalam paket tour Manado.

Rute Akses Perjalanan

foto by instagram.com/hansdekraker/

Rekan-rekan yang ingin menikmati keindahan Pulau Siladen bisa berkunjung dengan beragam cara. Rekan-rekan bisa secara pribadi menikmati keindahan pulau ini, yaitu dengan menggunakan pesawat dan mendarat di Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi, Manado.

Dari pusat Kota Manado, jarak Pulau Siladen adalah sekitar 8 mil sehingga membutuhkan waktu perjalanan selama kurang lebih 45 menit. Perjalanan ini bisa kalian tempuh dengan menggunakan kapal motor ataupun juga speed boat.

Bila rekan-rekan memilih menggunakan transportasi umum, biasanya kalian hanya akan bisa berangkat dalam waktu-waktu tertentu, sekitar pukul 1 sampai denagn 3 sore. Penyeberangan ini biasanya juga memperhitungkan kondisi pasang surut air laut.

BacaJuga:  5 Tempat Tahun Baru di Medan, Perayaan Acara Malam + Suasana Pusat Pesta Kembang Api

Biaya untuk sekali penyeberangan tidak begitu mahal, yaitu sekitar Rp25.000 sampai dengan Rp50.000 untuk setiap orangnya. Sementara itu, rekan-rekan juga bisa menyewa speed boat, kalian bisa berangkat dan pulang kapanpun.

foto by instagram.com/paketwisatamanado/

Biayanya memang sedikit lebih mahal dibandingkan bila menggunakan transportasi umum, yaitu antara Rp350.000 hingga Rp500.000 untuk sekali perjalanan. Bila sobat berniat untuk menyewa dua kali jalan, maka biayanya adalah sekitar Rp700.000 hingga Rp900.000.

Salah satu cara termudah bagi kalian yang tinggal di luar kawasan Sulawesi adalah dengan bergabung atau memesan paket wisata yang ditawarkan beragam vendor tour and travel bersama dengan Pulau Nain.

Daya Tarik

foto by instagram.com/vanymanumpil/

Letak Pulau Siladen cukup dekat dengan Taman Laut Bunaken yang terkenal dengan keindahannya. Luas Siladen Island kira-kira sekitar 31,25 hektar. Sekeliling pulau terdapat pasir putih dengan bermacam-macam pohon tumbuh di sekitar pantai.

Di lautan sekeliling Pulau Siladen, mirip dengan keindahan biota laut di Bunaken, juga terdapat hamparan terumbu karang yang indah. Beragam bentuk serta warna terumbu ini menciptakan ekosistem laut yang menawan hati siapapun.

Siladen dikenal sebagai rumah bagi beragam biota laut. Kalian masih akan bisa menikmati keindahan ekosistem ini dari kedalaman 20 hingga 50 meter. Rekan-rekan yang menyelam bisa juga bertemu dengan Ikan Kuda Gusumi, Lolosi Ekor Kuning, Oci Putih, Ila Gasi, dan sebagainya.

foto by instagram.com/tourbunaken/

Rekan-rekan juga akan menemui beragam spesies molusca di sini, mulai dari Ascidian, Kima raksasa, Kepala Kambing, Nautilus Berongga, dan lain-lain. Beragam jenis terumbu karang mulai dari Galaxea sp., Fungia sp., Herpolitha sp., dan lain-lain, berada di wilayah pulau ini.

Beragam jenis satwa darat juga bisa ditemukan, terutama fauna khas daerah Sulawesi seperti kuskus. Sobat traveler akan sangat betah menikmati waktu kalian di tempat ini, ditemani dengan keindahan alam, serta melodi deburan ombak beserta kicauan burung camar.

BacaJuga:  10 Gambar Manado Tua Sulawesi Utara, Lokasi Alamat + Hotel di Sekitar Wisata

Pulau Siladen juga memiliki taman laut, sering disebut dengan nama Siladen 1 dan 2. Lokasi ini adalah salah satu tempat terbaik untuk melakukan diving. Banyak penyelam professional yang sengaja datang untuk menikmati keindahan biota laut.

foto by instagram.com/tourbunaken/

Rekan-rekan pecinta snorkeling juga dipersilakan menuju ke Pulau Siladen. Tempat ini sangat recommended bagi siapapun. Selain memiliki pasir putih yang bersih, perairan sekitar Siladen juga sangat jernih dan merupakan lokasi aman untuk berenang.

Hal ini karena sekalipun terdapat hamparan terumbu karang di sekitar, namun terumbu karang ini tidak terlalu banyak sehingga keamanan kita tetap terjaga. Rekan-rekan yang datang dari luar wilayah Sulawesi, bisa juga lho menikmati keindahan tempat ini lebih lama.

foto by instagram.com/harintoanggoro/

Di pulau sudah didirikan beragam jenis penginapan (accommodation), mulau dari homestay, resort, hotel serta guest house. Kalian bisa menikmati keindahan hamparan pantai sambil menginap.

Rekan-rekan juga bisa melihat sunset ataupun sunrise melalui Pulau Siladen. Membawa peralatan fotografi ke tempat ini jelas tidak sia-sia kawan. Dijamin banyak sekali foto serta gambar yang akan kalian dapatkan dan bawa pulang sebagai kenangan.

foto by instagram.com/kawanuacantik/

Rekan-rekan bisa mendapatkan beragam informasi mengenai penginapan, baik dari pemilik secara langsung, tour guide, ataupun situs internet seperi pegi-pegi, agoda, Wikipedia, dan lain-lain. Contohnya melalui Tante Martha Homestay dengan beragam picturesnya di internet.

Sobat traveler juga bisa mengelilingi pulau dengan menggunakan katamaran, yaitu sebuah perahu dengan kaca yang disewakan untuk wisatawan. Opsi wisata berikutnya yang tidak kalah menarik adalah menikmati fotografi di bawah laut.

foto by instagram.com/magdalenammk/

Banyak juga lho wisatawan luar negeri yang menikmati tanning di pantai. Tentu dengan bonus keindahan pemandangannya. Selain itu, bisa juga mencicipi aneka kuliner khas Manado seperti Labu Kuning, Sayuran Bayam, Suraung, Ayam Rica-rica, Singkong Rebus, dan lain-lain.

BacaJuga:  Harga Paket Pulau Lihaga Likupang Manado, Perjalanan Menuju Lokasi + Keindahan Keunikan di Sekitar Wisata

Tunggu apa lagi kawan? Yuk segera jadwalkan liburah kalian menuju Pulau Siladen. Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan ya. Salam traveler.

Ada yang salah? Punya kritik dan saran? Sampaikan di kolom komentar dibawah ini ya kakak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.