10 Gambar Pulau Untung Jawa, Wisata Backpacker, Review Lokasi 2017, Sejarah, Peta & Keindahan

Posted on
Pulau untung jawa 2017 dari tanjung pasir jakarta pulau seribu biaya ke via tangerang terletak di terbaru terdekat tumbuhan tidung tour muara angke ancol daerah mana dimana kepulauan dermaga deskripsi dekat denah download dokter rute jalur jepara jerawat jelek jumlah penduduk jual tanah jin jogja jodoh penginapan murah pramuka 2014 bidadari adalah nama qatar quetiapine wikipedia wisata wiki water sport wahana watersport werkudara weton wuyung wulan wonosobo wonogiri wok estimasi review resort rambut dan rekreasi menuju rincian roti romantis tempat youtube tiket masuk harga tips trip yang dengan asal usul angkutan umum umpan mancing island info image informasi objek ongkos one day lokasi letak luas lurah latar belakang lama perjalanan legenda alamat lengkap geografis liburan losmen kep kabupaten khusus ibukota dki part 2 kuno kisah kotor kondisi koordinat kode pos hotel homestay paket 3 hari 2 malam hemat hutan mangrove hitam hilang bagus gak gambar giru foto goreng gokil fasilitas sewa sampah sekarang sejarah suasana sunset singkat solo soekarno map marina akses misteri mitos mistis cerita modern motor motivasi nyebrang nginep nama negara net nusantara nugget ningrat nikah no telp nomor telepon backpacker blog banten banana boat berita berwisata berlibur budget 2015 bogor villa video cerita cottage cuaca com cara camping bagaimana horor cumi cirebon cinta contact person xenia zakat bahari selatan transportasi
Pulau Untung Jawa di Kepulauan Seribu, Jakarta (foto: blogdegul.wordpress.com)

Lokasi: Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kep Seribu, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia
Koordinat:
Klik Di Sini
Tarif:
Rp 50.000 – Rp 250.000 / Kapal Boat
Jam Operasional:
24 jam
No Telp:

Siapa bilang di DKI Jakarta tak ada destinasi wisata yang indah. Kamu hanya perlu pergi ke arah utara Jakarta maka akan menemukan objek wisata yang menjadi unggulan ini. Ya, Kepulauan Seribu namanya, sudah tak asing dari namanya saja tempat ini memiliki banyak pulau indah yang wajib untuk didatangi. Tetapi meski namanya pulau seribu bukan berarti tempat ini memiliki jumlah pulau sebanyak seribu buah. Sebut saja Pulau Tidung, Bidadari, Pramuka dan masih banyak yang lainnya.

Berenang di pinggir pantai Pulau Untung Jawa (foto: ancol-pulauseribu.com)

Secara administrasi menurut wiki Wikipedia pulau ini masuk di dalam wilayah Kota Jakarta Utara. Pulau Untung Jawa juga masih dalam kawasan gugusan Kepulauan Seribu. Banyak sekali pengunjung yang datang ke Pulau Untung Jawa ini berasal dari luar kota, bahkan tak jarang turis asing banyak yang datang ke sini. Selain rasa penasaran, tentu saja tujuan para pengunjung yang datang ke sini adalah berlibur, berwisata  dan menghilangkan kepenatan yang dirasakan setiap hari.

Pulau Untung Jawa juga memiliki cerita singkat dengan asal usul yang ada. Usia pulau ini sudah cukup tua yaitu sekitar 6 generasi, tentu saja menyimpang banyak sekali sejarah tentang pemerintahan Hindia Belanda dan Jepang pada saat zaman penjajahan. Pada tahun 1920an daerah Untung Jawa ini dipimpin oleh seorang Bek dimana artinya adalah Lurah.  Sebelum memiliki nama Pulau Untung Jawa dulunya bernama Pulau Amiterdam yang merupakan nama asli penduduk disana saat itu. Jumlah penduduk saat itu cukup banyak.

Bermain olahraga air di Pulau Untung Jawa (foto: media-cdn.tripadvisor.com)

Di Pulau Untung Jawa juga terdapat sebuah legenda yaitu monyet putih. Hingga sekarang masyarakat masih belum tahu asal mula adanya monyet putih dulu di waktu zaman penjajahan Hindia Belanda. Menurut cerita monyet-monyet putih ini menjadi penghuni di Pulau Untung Jawa yang saat itu masih bernama Amiterdam sekitar kurang lebih 2,5 tahun. Pulau ini saat itu dikuasai monyet hingga membentuk kerajaan dan memiliki pemimpin seekor monyet putih. Cerita ini bukanlah cerita horo, mistis atau misteri atau bahkan memliki mitos yang ramai dibicarakan hanya saja menjadi cerita sejarah yang bisa diturunkan kepada anak cucu kita saat berlibur ke pulau ini.

Keindahan dan Potensi yang ada di Pulau Untung Jawa

Wisatawan yang menikmati Pulau Untung Jawa (foto: picture.triptrus.com)

Terlepas dari cerita legenda yang dimiliki, Pulau Untung Jawa ini tetap menjadi destinasi wisata favorit bagi pecinta alam terutama laut. Banyak sekali yang bisa dilakukan di Pulau Untung Jawa, selain bisa melakukan water sport, kamu juga bisa menyalurkan hobi mancing kamu di sini. Tak jarang banyak wisatawan yang mencari ikan dengan cara memancing di Pulau Untung Jawa. Tetapi di pulau ini tidak disediakan peralatan memancing, jadi kamu harus menyiapkannya dari rumah. Banyak jenis ikan yang ada di pulau ini, jadi dijamin kamu tidak akan menyesal jika memancing di sini.

Bermain Banana Boat (foto: picture.triptrus.com)

Setelah kapal yang kamu tumpangi menepi di pelabuhan Pulau Untung Jawa maka kamu akan disambut dengan hamparan pantai berwarna putih dan bersih, serta pemandangan yang sangat indah. Air laut yang ditawarkan jua jernih serta berwarna hijau agak toska. Ombak yang ada di Pulau Untung Jawa juga menggulung tidak terlalu besar sehingga membuat keindahan di tempat ini bertambah. Tak jarang banyak pengunjung yang bermain air dan bahkan berenang di laut lepas.

Di Pulau Untung Jawa banyak sekali permainan air yang bisa kamu lakukan. Wahana watersport juga banyak ditawarkan di sini dan salah satunya banana boat. Cocok sekali bagi kamu pecinta olahraga air yang ingin rekreasi dan merasakan romantis serta suasana pantai yang sangat memukai di Indonesia. Tempat ini juga sangat cocok bagi para backpacker yang ingin berwisata bahari di Untung Jawa Island. Tips dari kami, bawalah bekal jika ingin lama di pulau ini seperti roti dan air minum karena di pulau ini tidak ada rumah makan untuk kamu.

Suasana sunset yang begitu mempesoan (foto: pulauuntungjawa.com)

Di Pulau Untung Jawa sudah disediakan penginapan untuk kamu yang ingin bermalam dan menghabiskan banyak waktu. Beberapa jenis pun ditawarkan seperti losmen, cottage, villa, hotel dan homestay. Masing-masing jenis penginapan tentu saja memiliki fasilitas yang berbeda mulai dari jenis makanan nusantara yang ditawarkan seperti roti goreng, olahan cumi, nugget dan lainnya. Kamu bisa nginep dan menikmati pemandangan malam di Pulau Untung Jawa. Lokasi dan letak penginapan ini tentu saja tidak jauh dari pulau ini, kamu bisa mengaksesnya dengan mudah.

Hamparan pasir putih yang luas (foto: djukarna.wordpress.com)

Selain di penginapan, kamu juga bisa bermalam dengan mendirikan tenda di Pulau Untung Jawa. Camping adalah keputusan yang tidak salah saat berlibur. Cuaca di pulau ini sangat mendukung sekali untuk dilakukan dengan cara berkemah bersama orang-orang terdekat. Bagaimana tidak, kamu bisa merasakan keseruan dengan membuat api unggun di malam hari dengan mengumpulkan ranting-ranting dari tumbuhan di sekitar pulau. Di sekitar pulau Untung Jawa juga terdapat hutan mangrove yang juga sayang untuk di lewatkan.

Permainan air yang sangat mengasikkan (foto: traveloista.com)

Tetapi tak sedikit juga pengunjung yang tidak menginap di pulau ini atau one day. Ketika pagi hari mereka datang dan saat malam hari pulang kembali. Untuk ongkos liburan seperti ini akan menjadi lebih hemat tanpa menggunakan budget penginapan. Semua kembali pada tujuan masing-masing para pengunjung. Suasana sunset di pulau ini sungguh saat indah, jadi wisatawan tak pernah meninggalkan waktu sore hari. Tentu saja mereka tidak lupa membawa kamera untuk mengambil gambar atau foto di sini.

Pulau ini juga beberapa kali dijadikan tempat yang sakral bagi para pasangan. Ada yang pernah melakukan nikah di pulau ini. Karena keindahan yang sungguh eksotis membuat pasangan penganten menjadikan Pulau Untung Jawa sebagai saksi cinta mereka. Bahkan acara pernikahannya juga banyak dikunjungi tamu undangan. Hal ini adalah salah satu yang membuat daya tarik sendiri bagi para wisatawan untuk terus datang sehingga rasa penasaran yang ada bisa terobati.

Berenang di Pulau Untung Jawa (foto: pranaapsarawijaya.weebly.com)

Banyak sekali yang memberikan review di beberapa blog sangat bagus di Kep Seribu terutama Pulau Untung Jawa ini. Kamu juga bisa melihat atau juga download di www.youtube.com tentang komentar dari para wisatawan tentang Pulau Untung Jawa. Komentar ini tentang suasana, kondisi serta memberikan motivasi kamu untuk berangkat ke berlibur ke pulau ini. Para wisatawan berkomentar bahwa Pulau Untung Jawa ini tidak kotor dan sangat terawat serta bersih dari sampah-sampah berserakan.

Rute dan Jalan Menuju Pulau Untung Jawa

Para pengunjung yang datang (foto: buruan.co)

Jalur atau rute perjalanan untuk dapat sampai di Pulau Untung Jawa ini sangat mudah dijangkau. Banyak cara agar kamu bisa sampai ke Pulau Untung Jawa. Kamu bisa berangkat dari arah pusat kota Jakarta, Bogor, Bandung atau Tangerang. Kebanyakan para wisatawan berangkat ke Pulau Untung Jawa ini dari Tanjung Pasir di Tangerang, Banten karena paling terdekat. Jika kamu berangkat dari Tangerang Selatan maka rute yang harus dilalui adalah dari Ciledug – Cipondoh – Neglasari – Teluk Naga – Tanjung Pasir. Jarak tersebut dapat kamu tempuh kurang lebih sekitar 1.5 hingga 2 jam perjalanan tetapi tergantung kondisi jalan lalu lintas juga.

Jembatan di dermaga kedatangan (foto: pranaapsarawijaya.weebly.com)

Sesampai di Pelabuhan Tanjung Pasir selain kamu langsung berangkat untuk menyeberang ke Pulau Untung Jawa, bisa sebentar merasakan keindahan dermaga ini. Tak jarang banyak orang yang juga menghabiskan waktunya untuk bermain di pelabuhan ini. Banyak anak-anak kecil yang berlarian di pinggir dermaga. Serta melihat aktivitas kapal yang lalu lalang menjadi salah satu transportasi utama wisatawan yang akan berlibur.

Di Dermaga Tanjung Pasir kamu bisa menitipkan kendaraan yang kamu tumpangi. Untuk biaya parkir motor kamu perlu membayar 10 ribu rupiah. Sedangkan untuk kendaraan roda empat membayar 15 ribu rupiah. Harga tersebut tidak tergantung berapa lama kamu parkir, meski menginap tetap dengan biaya sebesar itu.

Bermain Pasir (foto: sangnanang.wordpress.com)

Nah, sesampai di Dermaga Tanjung Pasir kamu bisa menyewa kapal boat jika datang dengan rombongan atau banyak orang. Untuk harga menyewa kapal saat ini di tahun 2017 sekitar 250 rupiah. Tetapi jika hanya dengan satu atau dua orang kamu bisa mengikuti kapal yang biasa menyeberang dengan penduduk setempat. Untuk biaya kapal ini kamu perlu membayar sekitar 25 ribu rupiah per orang. Harga yang cukup terjangkau jika dibandingkan dengan pemandangan yang akan kamu nikmati.

Estimasi lama perjalanan untuk menyeberang ke Pulau Untung Jawa ini kurang lebih sekitar 30 menit. Di perjalanan tengah laut kamu akan disuguhkan banyaknya pemandangan yang apik. Salah satunya melihat segerombolan burung laut yang terbang melintas di atas kapal boat yang kamu tumpangi. Setelah lepas dari pinggir dermaga dermaga Tanjung Pasir kamu akan melihat air laut yang bersih dan jernih.

Kapal kayu penyeberangan (foto: primsjalanjalan.blogspot.com)

Pilihan lain adalah kamu bisa berangkat ke Pulau Untuk Jawa via Marina Ancol. Tentu saja ini berbeda dengan yang sebelumnya yaitu dari Tanjung Pasir. Dari sini kamu menyewa kapal boat untuk menyeberang. Nah yang berbeda adalah jika kamu berangkat dari Marina Ancol maka harus di weekday karena setiap sabtu dan minggu tidak ada jadwal untuk menyeberang ke Pulau Untung Jawa. Waktu yang ditempuh dalam perjalanan sekitar 1 jam.

Nah, pilihan terakhir adalah menyeberang via Dermaga Muara Angke. Memang biasanya banyak sekali wisatawan yang akan pergi ke Pulau Seribu berangkat dari pelabuhan Muara Angke. Tetapi kembali lagi semua kepada keinginan para pengunjung. Meski dari pelabuhan Muara Angke cukup memakan waktu cukup lama, wisatawan tetap menikmati perjalanan laut dengan melihat sekeliling pulau.

Papan utama di Pulau Untung Jawa (foto: tangerangnews.com)

Untuk dapat sampai di masing-masing dermaga diatas, kamu bisa menggunakan banyak transportasi. Angkutan umum juga banyak yang sudah menuju masing-masing pelabuhan ini. Tetapi jika masih merasa kesulitan kami akan memebekali kamu dengan titik koordinat yang bisa di akses di denah atau peta online google map. Kamu juga bisa menggunakan transportasi umum online seperti uber, gojek atau grab. Para driver ini sudah pasti tau jalan menuju dermaga ini dan kamu tidak perlu khawatir.

Harga Tiket Masuk ke Pulau Untung Jawa

Untuk tiket menuju Pulau Untung Jawa sendiri tidak dikenakan biaya. Tetapi kamu perlu membayar biaya kapal yang akan digunakan untuk menyeberang. Harga dan biaya untuk kapal sendiri berbeda-beda. Untuk informasi terbaru bahwa biaya kapal saat ini sekitar antara 50 hingga 250 ribu rupiah. Bahkan banyak sekali tour and travel yang menawarkan paket liburan untuk kamu. Banyak paket yang ditawarkan misalnya saja paket 3 hari 2 malam, tentu saja semua include dengan makan dan penginapan. Tentu saja paket ini lebih murah dibandingkan dengan biaya sendiri.

Untuk rincian contact person dari beberapa agen tour travel bisa kamu dapatkan di dekat pelabuhan penyeberangan. Nomor telepon yang diberikan harus kamu simpan agar bisa dilakukan booking dari jauh-jauh hari. Dari nomor telepon yang didapat kamu bisa bertanya berbagai info seperti jadwal nyebrang kapal serta penginapan yang masih ada. Jadi sudah ditentukan gak kapan kamu akan pergi ke Pulau Untung Jawa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *