Pesona Puncak Becici Dlingo Bantul Yogyakarta

Diposting pada
Puncak becici mangunan jogja dlingo bantul yogyakarta gunung kidul rute wisata gambar alamat peta sunrise letak imogiri harga tiket masuk obama malam hari becici
Sejarah #Repost @masmeya

Lokasi: Gunungcilik RT. 07 RW. 02, Muntuk, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783
Maps: Klik Disini
Buka Tutup: 05.00 – 19.00 WIB
Telepon: 0896-6697-4733

Harga Tiket Masuk

Kawasan Hutan = Rp.2.000 per Orang
Panggung Sekolah Hutan = Rp.2.500 per Orang
Studio Alam = Rp.2.000 per Orang
Jelajah Alam = Rp.10.000 per Orang

Parkir Motor = Rp.2.000
Parkir Mobil = Rp.5.000
Parkir Bus = Rp.20.000

Sewa Tempat = Rp.200.000 per Kegiatan
Hammock = Rp.10.000 per Orang
Aula = Rp.250.000 per 4 Jam
Camping Ground = Rp.15.000 per Orang per Hari

Foto Prewedding = Rp.200.000 per Kegiatan
Video Clip = Rp.250.000 per Kegiatan
Film Komersial = Rp.1.000.000 per Hari

Pesona, foto by @devitaikaa

Yogyakarta terkenal dengan suasana alam dan juga budaya yang cukup kental. Tentu saja hal ini menjadi salah satu daya tarik dari kota gudeg ini. Tidak heran jika para wisatawan terutama wisatawan domestik dan juga mancanegara tertarik untuk berlibur ke kota pelajar tersebut.

Pasalnya di sini para wisatawan bisa menemukan banyak kawasan wisata yang menarik. Mulai dari kawasan wisata seni, budaya, historis dan juga keindahan alam yang bisa memanjakan siapa saja yang berlibur ke kota ini.

Selain pantai yang bisa ditemukan di Gunung Kidul, Jogja memiliki banyak kawasan wisata hutan pinus yang cukup populer di kalangan para backpacker atau traveller.

Tentu sudah banyak yang mengetahui keindahan Hutan Pinus Mangunan yang sudah sangat sering dikunjungi oleh para wisatawan. Kawasan wisata yang terletak di Imogiri, Bantul ini memang sangat terkenal dengan keindahan alamnya.

Ternyata bukan hanya ini saja yang bisa dinikmati para wisatawan kala berlibur ke Jogja terutama ke daerah Mangunan. Pasalnya tidak jauh dari Hutan Pinus Mangunan ini, para wisatawan juga bisa mengunjungi kawasan hutan pinus yang tidak kalah cantik dan indah.

Yaitu Puncak Becici yang menyajikan keindahan alam yang romantis dan juga eksotis. Apalagi beberapa waktu lalu mantan Presiden Amerika Serikat yaitu Obama juga mengunjungi kawasan wisata ini.

Wikipedia gambar by @joeylicious_126

Sejarah Puncak Becici

Kawasan wisata Puncak Becici ini letaknya tidak jauh dari Hutan Pinus Imogiri atau hutan pinus Mangunan ini.

Hutan pinus yang terkenal dengan nama Hutan Sudimoro I atau nama lain dari Becici Asri ini adalah salah satu daerah yang dikelola oleh RPH Mangunan. Tidak heran jika letaknya tidak jauh dari kawasan hutan pinus Mangunan ini.

Rata-rata pohon pinus yang banyak tersebar di sekitar hutan ini biasanya diambil getahnya guna dijadikan terpentin. Meski masih menjadi komoditi untuk pembuatan terpentin, hutan ini memiliki pesona lain yang membuat Puncak Becici memiliki fungsi ganda.

Keindahan alam dan juga pemandangan yang bisa dilihat dari puncak bukit ini merupakan komoditi wisata yang mampu mengundang banyak para wisatawan untuk datang. Oleh sebab itu masyarakat setempat mengelola hutan pinus ini menjadi salah satu lokasi wisata yang menarik.

Sunset, photo by @pesonaimogiri

Jalan Menuju Lokasi

Alamat Puncak Becici ini sama dengan Hutan Pinus Mangunan di Dlingo Bantul. Para wisatawan bisa melihat peta atau map di aplikasi Google Map yang memudahkan akses ke sana.

Jika para wisatawan tertarik untuk mengunjungi kawasan wisata alam ini, ada 2 rute yang bisa di lalui guna melihat keindahan Puncak Becici yang terletak di Dlingo Bantul ini. Kedua akses jalur ini tentu saja sudah cukup rapi dan bagus serta nyaman untuk dilalui.

Rute pertama yang bisa digunakan adalah jalan ke arah Imogiri Timur. Dari pusat kota Jogja ini perjalanan bisa dimulai dengan menuju ke arah Terminal Giwangan Jogja.

Dari arah perempatan yang dekat terminal, lanjutkan perjalanan ke arah Selatan menuju ke kawasan wisata pemakaman raja-raja Imogiri. Dari sini perjalanan dilanjutkan menuju ke atas ke arah Mangunan.

Para wisatawan nanti akan melewati kawasan wisata Hutan Pinus Mangunan. Lurus terus menuju ke atas dan ikuti papan petunjuk ke arah Puncak Becici.

Sementara akses yang kedua bisa dilalui dari pusat kota Jogja ke arah Jl. Wonosari . Perjalanan dilanjutkan hingga menemui Perempatan Patuk Gunungkidul yang diteruskan dengan belok ke kanan.

Setelah itu ikuti petunjuk jalan yang menuju ke arah Dlingo. Kemudian akan bertemu dengan Hutan Pinus Sudimoro 1. Dari sini para pengunjung hanya mengikuti papan petunjuk menuju ke Puncak Becici.

Di sepanjang perjalanan menuju ke kawasan wisata Puncak Becici ini para wisatawan bisa melihat keindahan panorama alam yang sangat luar biasa. Dari sini para wisatawan sudah bisa melihat pemandangan kota Jogja dari ketinggian dan juga hutan pinus yang rindang dan lebat.

Sementara jalan menuju ke Puncak Becici ini sudah sangat mulus dan juga rapi. Tidak perlu takut adanya bebatuan yang tersebar di sekitar jalan. Pasalnya jalur utama sudah diaspal dengan rapi. Hanya ada beberapa lubang saja di sepanjang jalan.

Tiket Masuk, foto by @alinalina.lina

Pesona Puncak Becici

Bagi yang menggunakan kendaraan roda dua, tentu saja perjalanan menuju ke kawasan wisata Puncak Becici akan semakin nikmat. Pasalnya para wisatawan akan merasakan langsung semilir angin sepanjang perjalan.

Belum lagi dengan adanya deretan pohon yang berdiri di sepanjang perjalanan yang membuat pemandangan menjadi lebih indah.

foto by @princessredblack

Desiran angin juga bisa membuat perjalanan akan semakin nikmat. Ditambah lagi dengan rindang dan rimbunnya pohon pinus di sekitar Puncak Becici membuat perjalanan para pengunjung menuju ke kawasan wisata ini menjadi lebih menarik.

Di sekitar hutan ini para wisatawan bisa menemukan dereta kursi-kursi panjang yang terbuat dari kayu dan bisa digunakan untuk bersantai sembari memandang keindahan hutan pinus. Sementara di area gardu pandang juga bisa digunakan para wisatawan untuk melihat pesona yang ditawarkan hutan pinus ini.

gambar by @js_silvi22

Kawasan wisata Puncak Becici ini memang sangat terkenal dengan pemandangan dan panorama yang sangat indah. Para wisatawan bisa melihat keindahan pepohonan hijau yang tumbuh di sekitar hutan dengan latar belakang Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang memberikan tampilan sangat romantis.

Sementara garis pantai selatan juga bisa terlihat dari area hutan ini. Apalagi jika cuaca cerah. Keindahan alam ciptaan Tuhan ini benar-benar mampu membius para wisatawan yang berlibur ke sini.

Ternyata bukan hanya ini saja. Ketika sore hari menjelang senja, Puncak Becici menyajikan keindahan alam lainnya. Di sini para wisatawan bisa melihat sinar keemasan ketika matahari hendak terbenam yang mampu memberikan momen yang pas.

Dan area gardu pandang sudah tersedia untuk para wisatawan yang tertarik guna melihat eksotisme dan romantisnya pemandangan di kala senja tersebut. Bagi para wisatawan yang datang bersama pasangan, tentu saja Puncak Becici bisa menjadi pilihan yang pas.

gambar by @lila_eyelash_extension

Aktifitas Menarik

Ada banyak kegiatan atau aktifitas yang bisa dilakukan di Puncak Becici. Salah satunya adalah Sunset Seeing. Bagi para wisatawan yang ingin berburu senja dan menikmati pergantian hari dari siang menuju malam, bisa bergabung ke Puncak Becici.

Di sini para wisatawan akan mendapatkan spot terbaik guna menikmati sinar matahari senja yang berpadu dengan keindahan kota Jogja dari ketinggian. Selain sunset, para wisatawan juga bisa melihat sunrise walaupun tidak seindah ketika senja.

Di sini sudah tersedia gardu pandang yang terbuat dari bambu. Dari gardu pandang ini para wisatawan bisa melihat sekeliling Puncak Becici.

Tentu saja dari sini para pengunjung sudah bisa menyaksikan kemegahan gunung Merapi dan Merbabu. Ditambah lagi dengan suasana kota Jogja dari ketinggian yang sangat indah.

Area gardu pandang ini memang menjadi salah satu fasilitas yang menyenangkan. Gardu pandang ini dibangun oleh masyarakat setempat untuk memudahkan para wisatawna guna melihat keindahan alam di sekitar Puncak Becici ini.

Para pengunjung bisa bersantai dan juga menikmati pemandangan sekitar serta berfoto. Akan tetapi harap berhati-hati ketika menaiki gardu pandang tersebut.

Pasalnya tidak adanya alat pengaman seperti sit harnest dan tali sling yang biasa digunakan di sekitar gardu pandang di kawasan wisata alam lainnya.

Jeep, foto by Sindonews.com

Aktifitas lain yang bisa dilakukan di sini adalah hammocking serta bermain ayunan. Para pengunjung bisa tiduran atau bersantai diatas hammock di sekitar hutan pinus ini.

Tentu saja menjadi ajang relaksasi dan juga terapi dengan bersantai di hammock dan menikmati pemandangan alam di sekitar hutan pinus yang rindang tersebut.

Sayangnya fasilitas hammock tidak tersedia di sekitar hutan pinus tersebut. Praktis para wisatawan harus membawanya sendiri dari rumah.

Pilih pohon-pohon pinus yang cukup aman dan besar sehingga memudahkan untuk hammocking. Kegiatan lain yang bisa dilakukan di sini adalah bermain ayunan. Sudah tersedia ayunan yang dibuat oleh masyarakat sekitar untuk digunakan para wisatawan.

Bagi yang gemar berkemah atau camping, Puncak Becici menjadi tempat yang pas. Mendengar suara serangga dan juga jangkrik di waktu malam tentu saja menjadi salah satu fenomena tersendiri yang jarang ditemukan di kota.

Di Puncak Becici ini sudah tersedia area camping ground yang bisa digunakan oleh para wisatawan. Cukup membayar sewa sebesar 5 ribu per orang, para wisatawan bisa menikmati keindahan alam di Puncak Becici tersebut.

Tidak perlu takut dengan hewan liar. Pasalnya tidak ada hewan liar di sekitar hutan pinus tersebut.

Kegiatan lain yang bisa dilakukan di sini adalah photo hunting. Keindahan alam di sekitar hutan pinus Puncak Becici ini memang sangat eksotis. Apalagi dengan pemandangan alam di sekitar gardu pandang.

Oleh sebab itu tidak heran jika banyak para wisatawan yang mengabadikan keindahan momen dan pemandangan di sekitar hutan pinus ini.

Camping, foto by ryantourjogja.com

Wisata di Sekitar

Ketika mengunjungi kawasan wisata Puncak Becici, tidak ada salahnya mengunjungi kawasan wisata lainnya yang letaknya tidak jauh dari lokasi wisata alam ini. Salah satunya adalah Kebun Buah Mangunan.

Di sini para wisatawan akan dimanjakan dengan keindahan pemandangan alam kala pagi. Jika Puncak Becici terkenal dengan sunsetnya, di Kebun Buah Mangunan ini para wisatawan bisa melihat keindahan kabut dan juga Sungai Oyo yang mengalir indah di pegunungan Sewu.

Tidak heran kawasan wisata ini disebut sebagai hutan Amazon Jogja.

Tidak jauh dari sini para wisatawan bisa mengunjungi salah satu hutan pinus yang terkenal yaitu hutan pinus Mangunan. Keindahan hutan pinus Mangunan ini hampir sama seperti hutan-hutan pinus di luar negeri seperti Eropa dan Jepang.

Hanya saja di sini para wisatawan tidak akan menemukan salju. Tidak heran jika banyak para wisatawan yang berfoto di sepanjang hutan pinus tersebut.

Kawasan wisata Gua Cerme menjadi salah satu lokasi wisata alam yang tidak boleh terlewatkan. Di sini para wisatawan bisa melihat keindahan gua yang menyajikan stalagtit, stalakmit dan juga pilar, sodastraw serta flowstone.

Gua yang terletak di Selopamioro ini memiliki panjang sekitar 1,2 km dengan keindahan negeri bawah tanah yang sangat eksotis dan terkesan misterius.

Tempat prewedding di jogja, gambar by @puncakbecici

Di sini para wisatawan bisa melihat sungai yang mengalir di dalamnya. Tentu saja para pengunjung harus membawa baju ganti dan juga mengisi perut terlebih dahulu guna melihat keindahan alam di sekitar kawasan wisata tersebut.

Ditambah lagi pemandangan air terjun yang bernama Grojogan Sewu yang siap memanjakan para wisatawan di sini.

Kawasan wisata alam lainnya yang cukup menarik adalah Air Terjun Lepo. Di sini para wisatawan bisa melihat air terjun yang terbagi menjadi beberapa tingkatan.

Di tingkat pertama para pengunjung bisa melihat kolam air alami yang letaknya berada di tengah-tengah sungai. Air ini memiliki warna biru dan jernih.

Sementara di tingkat kedua terdapat air terjun dengan ukuran sedang yang langsung terhubung dengan kolam. Tingkat teratas terdapat air terjung dengan letaknya yang lebih tinggi. Dan rasakan sensasi mandi di sekitar kolam tersebut.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

3 thoughts on “Pesona Puncak Becici Dlingo Bantul Yogyakarta

  1. Salam Bossku… Dapatkan Promo Rental Mobil dan Paket Wisata Jogja Murah hanya di 25Transwisata – Yogyakarta Tour & Travel Agency. Kunjungi Link Kami Berikut ini:

    rental-mobiljogja.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.