10 Gambar Pantai Puncak Guha Garut Selatan + Penginapan Camping Dimana?

Posted on
Pesona Puncak Guha (foto: kesiniaja.com)
Pesona Puncak Guha (foto: kesiniaja.com)

Lokasi: Sinarjaya, Bungbulang, Purbayani, Caringin, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44165
Map: KlikDisini
HTM: Rp. 5.000/ orang
Buka/Tutup: 24 jam
Telepon:

Garut selalu memiliki hal yang membuat orang penasaran. Memang salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Barat ini sangat terkenal dengan dombanya, namun ternyata pesona alamnya juga tidak kalah cantik dengan tanduk domba asli Garut.

Masih banyak potensi wisata alam yang ada di sini dan yang diketahui hanya tertentu saja. Bukan hal yang mengherankan, mengingat pasti ada juga tempat wisata alam di Indonesia yang masih belum diketahui oleh publik.

Pintu Masuk ke Pantai Puncah Guha (foto: fajarnurani79.blogspot.co.id)
Pintu Masuk ke Pantai Puncah Guha (foto: fajarnurani79.blogspot.co.id)

Seperti yang diketahui, memberikan informasi mengenai tempat wisata alam baru dengan pemandangan yang sangat indah bagaikan pisau bermata dua. Di sisi pertama menginginkan menjadi pendapatan tambahan bagi warga sekitar dan mengenalkannya ke dunia luar, di sisi lainnya ada potensi tempat indah tersebut rusak, karena orang-orang yang masih belum sadar bahwa menjaga alam merupaka hal yang harus benar-benar dilakukan.

Namun, kali ini tidak akan membahas tempat wisata alam yang baru, melainkan memang sudah ada di Garut dan dapat dibilang sangat terkenal. Tempat tersebut adalah di Pantai Puncak Guha Garut yang berada di sebelah Selatan Kabupaten Garut.

Pantai atau Tebing?

Mungkin Tebing? (foto: indonesiana.co.id)
Mungkin Tebing? (foto: indonesiana.co.id)

Tidak seperti pantai pada umumnya yang dihiasi pasir dan pantai serta dilengkapi dengan gulungan ombak. Pantai Puncak Guha sangat berbeda dengan pantai pada umumnya. Pantai ini sebenarnya berupa tebing yang berdiri tinggi menjulang yang berbatasan langsung dengan lautan lepas.

Namun itulah kelebihan yang dimiliki pantai ini, karena para wisatawan dapat menikmati pemandangan laut lepas dengan jangkauan pandang yang luas dan tentunya ditemani dengan suara gemuruh ombak yang silih berganti dan benturan ombak dengan batuan tebing membuat suasana menjadi lebih nyaman.

Cocok dikunjungi Pagi dan Sore Hari

Salah Satu Pintu Masuk Goa Kelelawar (foto:sius0909.blogspot.co.id)
Salah Satu Pintu Masuk Goa Kelelawar (foto: sius0909.blogspot.co.id)

Pantai Puncak Guha lebih cocok dikunjungi saat pagi atau sore hari. Sinar matahari akan memberikan cahaya dengan komposisi yang pas dan membuat pemandangan alam di sekitar pantai ini jauh lebih indah. Tidak hanya itu saja, di pantai ini juga terdapat Gua Kelelawar yang dapat dilihat secara langsung salah satu pintu masukknya.

BacaJuga:  10 Foto Tebing Keraton Bandung Ditutup? Rute Dari Dago Lembang Jawa Barat + Gambar Sunrise

Bau dari kotoran kelelawar akan langsung menyapa indra penciuman kita saat berada di jarak 20 meter. Jadi yang tidak kuat dengan bau kotoran kelelawar disarnkan membawa masker atau tidak ke lokasi pintu masuk Goa Kelelawar ini.

Fasilitas Masih Minim

Gazebo di Puncak Guha (foto: panoramio.com)
Gazebo di Puncak Guha (foto: panoramio.com)

Pantai Puncak Guha masih dikelola oleh oleh warga sekitar. Tak heran jika harga tiket masuk sangat terjangkau. Cukup sisihkan Rp. 5.000 maka wisatawan sudah bebas memasuki area pantai ini. Namun, fasilitas tempat wisata alam ini terbilang minim, karena hanya ada dua gazebo.

Keperluan ibadah seperti Musholla dan keperluan belakang seperti kamar mandi masih belum ada di pantai ini. Walaupun demikian, kurang lebih berjarak 2 km dari pantai ini terdapat penginapan. Lokasi penginapan tersebut ada di Pantai Rancabuaya. Pantai ini mulai terekspos berkat novel yang berjudul Perahu Kertas.

Lokasi Puncak Guha

Sunrisenya...Lembut....(foto: backpackerindonesia.com)
Sunrisenya…Lembut….(foto: backpackerindonesia.com)

Jika ingin mengunjungi Pantai Puncak Guha maka cukup ikuti jalur kearah Pantai Rancabuaya. Lokasi pantai ini juga hanya sejauh 2 km dari Pantai Rancabuaya dan terbilang mudah untuk dijangkau. Lokasinya ditandai dengan gapura atau gerbang sederhana.

Lebih tepatnya, alamat Pantai Puncak Guha terletak di Desa Sinarjaya, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat. Pantai ini juga dekat dengan Santolo Beach. Peta menuju ke pantai ini juga dapat diakses di Google Map dimana juga ada GPS sebagai penunjuk arah serta ada koordinatnya.

Menyiapkan dengan Matang

Persiapan yang matang harus dilakukan jika ingin berwisata di Pantai Puncak Guha. Perbekalan seperti makanan dan minuman adalah hal yang terpenting dan tidak boleh terlewatkan, karena yang telah disebutkan sebelumnya jika di lokasi pantai ini belum ada tempat menjual kebutuhan utama tersebut.

BacaJuga:  10 Foto Kebun Begonia di Lembang Bandung, Tiket Masuk 2017 + Jalan Menuju Taman

Namun yang harus diingat adalah setiap bungkus maupun sampah harus dibuang pada tempatnya dan sangat disarankan untuk membawa kantong plastik sebagai wadah sampah agar sampah tidak tercecer atau terbawa angin dan barulah buang pada tempat sampah yang sudah disediakan.

Segar Sekali Pemandangannya (foto:wisatadipantaikarangparanje.blogspot.co.id)
Segar Sekali Pemandangannya (foto: wisatadipantaikarangparanje.blogspot.co.id)

Rute yang dapat ditempuh untuk ke Pantai Puncak Guha jika dari Bandung adalah mulai dari Pangalengan, lalu Rancabuaya dan sampailah ke Pantai Puncak Guha. Jalur ini juga terbilang bagus, sehingga perjalanan akan berlangsung dengan nyaman. Jika dimulai dari Garut maka menuju ke Cikajang, lalu Pameungpeuk, lalu Rancabuaya dan sampailah di pantai ini.

Sering jadi Tujuan Touring

Rombongna Touring (foto: youtube.com)
Rombongan Touring (foto: youtube.com)

Kegiatan touring menuju ke Pantai Puncak Guha juga sering dilakukan. Banyak dari kelompok touring dari beragam daerah menargetkan pantai ini sebagai salah satu tempat singgah. Melewati beragam wilayah seperti Pangalengan, Cidaun, Rancabuaya, Pamempeuk, Kaligua, Hira dan lain sebagainya merupakan pengalaman touring yang berkesan.

Aktivitas Minim, Namun Mengesankan

Aktivitas yang dapat dilakukan di Pantai Puncak Guha terbilang sedikit, karena lokasinya yang berada di ketinggian. Aktivitas yang dapat dilakukan tentunya adalah melihat keindahan pemandangan yang seakan menyimpan misteri. Selain itu, di pantai ini juga dapat digunakan untuk camping.

Jadi ini adalah lokasi camping yang dapat dibilang sangat unik. Angin berhembus khas pantai akan menemani jika melakukan kegiatan perkemahan disini. Melihat matahari terbit dari pantai ini juga merupakan pengalaman yang pantas untuk didapatkan. Pemadangan sunset di pantai ini juga sangat cantik. Jadi bagi yang menyukai pemandangan laut disaat sunrise dan sunset, Pantai Puncak Guha dapat menjadi lokasi yang cocok untuk melihat kecantikan alam tersebut.

Sunsenya Kalem Banget (foto:kabarwisata.com)
Sunsenya Kalem Banget (foto: kabarwisata.com)

Bagi yang gemar memancing, Pantai Puncak Guha juga memiliki spot untuk melakukan kegiatan tersebut. Namun untuk menuju ke spot tersebut memang membutuhkan usaha lebih. Lokasinya yang berada di bawah tebing adalah spot yang harus dijangkau jika memang ingin merasakan pengalaman mancingi di pantai ini.

BacaJuga:  10 Foto Kebun Begonia di Lembang Bandung, Alamat Lokasi + Tiket Masuk

Harga Penginapan yang Bervariasi

Penginapan paling dekat telah disebutkan berada di Pantai Rancabuaya. Harga per malam dari penginapan di area tersebut terbilang cukup bervariasi, tergantung kelasnya. Dari hotel kelas melati hingga berbintang tiga sudah siap menampung para wisatawan yang ingin segera merebahkan punggungnya di empuknya kasur.

Harga per malamnya di tahun 2017 mulai dari Rp. 100.000 hingga Rp. 300.000. Namun harga ini bisa jadi berubah sewaktu-waktu. Dapat dibilang ini adalah referensi harga guna menghitung biaya selama perjalanan wisata.

Hati-Hati dengan Ombaknya

Sunrisenya Ituloh.... (foto:spekology.com)
Sunrisenya Ituloh…. (foto: spekology.com)

Pantai di sebelah Selatan Garut terkenal dengan ombaknya yang kurang bersahabat. Tak heran jika ombak ini kerap kali menelan korban. Tragedy selalu ada pantai-pantai Selatan Garut. Sejarah mencatat sudah terdapat lebih dari satu kali kejadian di pantai-pantai Selatan. Oleh karena itu, selalu berhati-hati merupakan solusi yang tepat.

Di Pantai Puncak Guha juga pernah ada kejadian dua orang yang sedang asik berpoto dan tanpa sadar ombak besar dating kemudian menggulung mereka. Selain itu, bagi yang ingin memancing di pantai ini sangat disarankan untuk melihat kondisi ombaknya terlebih dahulu. Mencari hiburan untuk melepas penat sangat diperbolehkan, tetapi keselamatan adalah nomor satu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *