Harga Rafting Kaliwatu Batu Malang Jawa Timur : Biaya Tarif di Sungai Bumiaji

Posted on
Rafting kaliwatu malang kecamatan batu di sungai atau kasembon bumiaji harga biaya tarif kota wisata anak jawa timur lokasi paket
Rafting Kaliwatu, Foto: kaliwaturafting.blogspot.com

Lokasi: Jalan Raya Pandanrejo No.19, Bumiaji, Kecamatan Batu, Jawa Timur 65332
Map:
Klik Disini
HTM:
Rp.180.000/Orang
Buka/Tutup: 08.00-17.00
Telepon:
0823-0144-3033

Liburan di kota Batu, Malang memang sangat mengasyikkan karena salah satu kota di Jawa Timur ini memiliki banyak tempat wisata yang masih alami dengan udara yang sejuk. Tidak hanya wisata Taman dan kebun saja di kota Malang, namun ada juga wisata ekstrem yang siap menantang adrenalin para pengunjung, yaitu Rafting Kaliwatu atau arung jeram.

Memacu Adrenalin, Foto: kaliwaturafting.blogspot.com

Lokasi Rafting Kaliwatu berada di Jalan Raya Pandanrejo No.19, Bumiaji, Kecamatan Batu, Jawa Timur. Wisata sungai ini letaknya sekitar 2 km dari alun-alun kota wisata Batu dan berada di daerah persawahan kurang lebih 500 meter dari Jalan Pandanrejo. Biasanya wisata arung jeram khusus bagi para pencinta olahraga ekstrem saja yang memiliki mental dan keberanian dalam bertarung melawan derasnya arus sungai.

Namun hal ini berbeda dengan wisata Rafting Kaliwatu yang mengijinkan bagi siapa saja untuk mencoba olahraga yang satu ini karena dipandu oleh staf ahli dari pihak pengelola wisata. Setiap perahu ditemani oleh seorang guide untuk menghalau arus sungai agar kapal tidak sampai terbalik. Seorang guide akan berada di belakang perahu untuk mengatur keseimbangan kapal yang berjalan mengikuti arus sungai yang penuh dengan batu-batuan besar yang ada di tengah dan pinggir sungai.

Tempat Wisata Rafting Kaliwatu, Foto: bromotravelindo.com

Tentu saja setiap wisatawan bisa lebih tenang dan aman ketika bertarung dengan arus sungai yang deras karena ditemani guide yang telah mengenal seluk beluk titik-titik rawan sungai tersebut. Selain itu, di setiap titik lokasi sungai yang berbahaya , ada tim penyelamat yang sudah siap untuk melakukan pertolongan jika para wisatawan ada yang terjatuh ke sungai. Hal ini adalah fasilitas yang diberikan pihak pengelola demi keamanan sehingga para pengunjung bisa menikmati arung jeram dengan nyaman.

Para wisatawan akan diuji mentalnya selama mengarungi sungai yang deras dan merasakan hal yang seru ketika perahu karet dihempaskan ombak ke kanan dan ke kiri seperti naik roller coaster. Selain itu, akan dikagetkan ketika perahu menabrak batu dan hilang keseimbangan sehingga bisa terbalik jika semua penumpang tidak bisa mengembalikan keseimbangan perahu. Setiap penumpang dilengkapi dengan fasilitas baju pelampung, helm keamanan dan satu dayung untuk menghindari tabrakan dengan batu-batuan.

Rafting Kaliwatu, Foto: kaliwaturafting.com

Sebelum menikmati wisata arung jeram,  para pengunjung akan diberikan pelatihan atau training tentang teori dalam menaklukkan derasnya arus sungai. Selain itu, ada pula pelatihan praktek saat mendayung dalam segala situasi, baik ketika menghadapi batu-batuan besar ataupun air terjun. Pelatihan lainnya adalah bagaimana caranya agar kekompakan tim bisa solid sehingga bisa saling bahu membahu demi keamanan bersama.

Dengan adanya pelatihan ini, maka semua pengunjung bisa merasakan wisata arung jeram Rafting Kaliwatu, bahkan bagi para pemula juga diperbolehkan. Semua wisatawan bisa mencoba sensasi berpetualang menyusuri derasnya arus sungai  Brantas dan menikmati serunya dalam kebersamaan berlayar diatas perahu karet.

Menegangkan, Foto: tempatwisatadipulaujawa.blogspot.com

Selain wisata arung jeram, pihak pengelola juga menyediakan wisata out bound yang cocok untuk arena melatih mental wisatawan. Wisata ini juga sangat baik untuk wahana bermain dan melatih mental anak agar bisa lebih akrab dengan alam. Out bound merupakan salah satu wisata yang paling cocok untuk menguji mental dan spiritual para wisatawan dan sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang anak kecil.

Ternyata di kota Malang masih ada wisata arung jeram lagi selain Rafting Kaliwatu, yaitu wisata arung Jeram Kasembon. Lokasi wisata Arung Jeram Kasembon letaknya agak jauh dari kota Batu, setidaknya membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk bisa mencapai wisata tersebut. Hal ini membuat wisatawan lebih senang memilih wisata Rafting Kaliwatu karena lebih dekat.

Cocok Dinikmati Bersama, Foto: kaliwaturafting.com

Biaya Tarif di Sungai Bumiaji

Menikmati wisata Rafting Kaliwatu memang sangat murah, karena pihak pengelola hanya memasang tarif sekitar Rp.180 ribu per orang. Harga tersebut sudah termasuk semua fasilitas dan akomodasi selama berada dalam camp pengelola. Harga ini hanya berlaku bagi para pengunjung dengan jumlah minimal 4 orang dan maksimal 20 orang. Sedangkan untuk pengunjung rombongan diatas 20 orang, perlu menghubungi pihak pengelola untuk menetapkan harga paket wisata.

Fasilitas yang diberikan kepada pengunjung antara lain, welcome drink sebagai minuman sambutan kepada para pengunjung  ketika pertama kali tiba di lokasi wisata. Selain itu, diberikan pula peralatan arung jeram seperti baju pelampung, helm pengaman serta dayung sebagai pengendali perahu boat.

Melepas Penat, Foto: kaliwaturafting.com

Sebelum wisata arung jeram dimulai, pihak pengelola akan mengadakan briefing  untuk memberikan  pengarahan dan pelatihan tata cara dalam mengarungi sungai. Para pengunjung akan dibagi ke dalam beberapa kelompok dan setiap kelompok terdiri adari 4 atau 5 orang serta akan didampingi oleh seorang guide yang akan memandu wisata sampai berakhir.

Panjang rute perjalanan arung jeram melewati sungai sepanjang 7 km dan waktu yang dibutuhkan sekitar 2 jam. Di tengah perjalanan, ada sebuah tempat yang digunakan sebagai istirahat sebelum melanjutkan wisata arung jeram. Para pengunjung akan diberikan minuman hangat dan snack ketika berada di rest area.

Tempat Wisata Rafting Kaliwatu Batu Malang, Foto: tourbromomurah.info

Walaupun wisata mengarungi sungai yang penuh dengan batu-batuan ditempuh dalam waktu 2 jam, namun sudah cukup untuk membuat badan terasa capek dan pegal-pegal, namun sungguh mengasyikkan. Setelah sampai di tempat finish wisata arung jeram, para pengunjung akan dijemput kendaraan panitia untuk kembali ke base camp.

Setelah sampai di base camp dan beristirahat serta mandi, para pengunjung akan disuguhi makan siang dengan aneka masakan khas pedesaan.  Para pengunjung bisa merasakan makanan yang jarang ditemui di kota serta bisa tahu apa saja jenis makanan yang ada di desa serta bisa mencoba kelezatannya.

Sedang Briefing, Foto: kaliwaturafting.com

Setiap pengunjung juga diberikan fasilitas asuransi untuk berjaga-jaga apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Tentu saja biaya yang dikeluarkan para pengunjung sangatlah murah mengingat banyak sekali fasilitas yang diberikan.

Menantang Arus dan Batu Sungai di Kaliwatu, Foto: wisataterindah.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *