Tidak Hanya Berkemah, Ini 8 Hal Seru yang dapat Dilakukan di Ranca Upas Ciwidey

Diposting pada
foto by instagram.com/damar_christyawan/

Bandung menawarkan berbagai macam jenis wisata. Wisata unggulnya yaitu wisata alam, karena alam Bandung sangatlah indah. Ditambah lagi udara sejuk yang pasti akan membuat siapapun betah berada di Bandung.

Salah satu wisata yang banyak digemari wisatawan adalah Ranca Upas. Kebanyakan, pengunjung mengira Ranca Upas hanya digunakan untuk berkemah. Namun ternyata, banyak hal menarik yang bisa dilakukan di Ranca Upas. Apa saja itu?

foto by instagram.com/anissaanf_/

1. Pemandangan Alam dan Udara yang Sejuk

Sudah tidak diragukan lagi, Ranca Upas memiliki pesona keindahan alam yang luar biasa. Pepohonan, danau, serta bukit – bukit hijau yang menyejukkan mata. Suara alam seperti hewan – hewan liar dan serangga, turut menjadi irama penghibur alam.

Berada di kawasan wisata hutan lindung daerah selatan Bandung, Ranca Upas memiliki suhu udara 17 – 20 derajat celcius. Bahkan, terkadang objek wisata yang berada di ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut ini cuacanya cenderung ekstrim di malam hari.

2. Berkemah di Ranca Upas

Ranca Upas terkenal dengan area camping-nya. Ada satu fasilitas yang menjadi unggulan, yaitu Ranca Upas Smart Camp Adventure. Objek wisata dengan luas 215 hektar ini dapat menampung sekitar 10.000 orang.

Tidak hanya untuk remaja, keluarga pun dapat berkemah di sini. Menikmati indahnya alam dan sejuknya udara. Tapi yang jelas, persiapkan pakaian hangat karena bisa saja di malam hari suhu lebih dingin.

BacaJuga:  10 Gambar Taman Safari Cisarua Bogor, Harga Tiket Masuk + Alamat Peta Wisata

3. Penangkaran Rusa

Selain perkemahan, di sini juga terdapat penangkaran rusa. Penangkaran ini termasuk pada konservasi. Rusa – rusa dibiarkan hidup dan berkembang biak di alam. Tempat penangkaran ini tentunya dibuat seperti habitat asli rusa.

Pengunjung dapat berinteraksi dengan rusa secara langsung. Caranya adalah dengan memberi makan rusa menggunakan makanan yang sudah disediakan pengelola. Sambil memberi makan, pengunjung juga dapat membelai perlahan bulu rusa yang halus.

4. Berendam di Pemandian Air Panas

Ranca Upas memiliki kolam pemandian air panas. Meskipun bukan berasal dari mata air alami, tapi pengunjung dapat menggunakannya sebagai penghangat diri. Sambil berendam, sambil menikmati pemandangan alam sekitar.

5. Waterboom Ranca Upas

Jika tidak puas hanya dengan berendam di dalam air, jangan khawatir. Pihak pengelola Ranca Upas telah mempersiapkan wahana permainan lain, yaitu waterboom.

Namun, air di waterboom ini tidak hangat seperti di kolam air hangat. Persiapkan diri karena airnya sangat dingin. Tapi, ketika kamu sudah masuk ke dalam kolam dan bermain di waterboom, rasa dingin itu akan hilang.

6. Outbound di Arena Fun Adventure

Bermain di alam tidak lengkap rasanya jika tidak ada outbound. Untungnya, Ranca Upas juga memiliki wahana outbound. Tersedia flying fox, Elvis Bridge, Burma V, jembatan goyang, paintball, serta sepeda gunung.

Dengan area outbound ini, liburan akan semakin seru dan menyenangkan. Sangat tepat untuk lebih mengakrabkan diri dan menjalin kebersamaan.

7. Wahana Fun games

Selain outbound, di sini juga ada wahana fun games. Dimana pengunjung akan disediakan berbagai permainan seru yang mengasah otak serta kerja sama antar kelompok. Semua permainan ini dapat dimainkan oleh orang dewasa maupun anak – anak.

BacaJuga:  10 Gambar Curug Cimahi Bandung, Mitos + Harga Tiket Masuk Lokasi Alamat Wisata Indah

8. Naik Perahu Keliling Danau

Ingin suasana romantis? Di Ranca Upas kamu bisa mendapatkannya. Di sini terdapat permainan perahu yang memiliki bentuk seperti kayak. Perahu ini dapat membawa pengunjung ke area danau sambil menikmati pemandangan yang asri.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.