Selain Berkemah, Apa Aja Sih Yang Menarik di Ranca Upas? Lihat 10 Potret Ini

Posted on
Selain Berkemah, Apa Aja Sih Yang Menarik di Ranca Upas? Lihat 10 Potret Ini
2 (40%) 4 votes
Ranca upas bandung rusa camp waterboom 2018 dimana mp3 ciwidey camping smart raisa selatan harga wisata penginapan suhu alamat misteri biaya buka bersalin bengkulu bumi perkemahan kebon jeruk resort review trail run race rute reservasi kali kedua adventure ground cai cerita curitiba angker penangkaran villa cottage com wikipedia wira nurmansyah wahana website won word wonogiri world entrance fee eiger tiket tutup sewa tenda tarif tempat taman tentang telepon togel layung yusi yussy hera unik utrecht inggris outbound orienteering prewedding pengalengan pop sunda pemandian kawah putih peta paket paint ball pemandangan puncak pisces lembang lagu lokasi letak legenda lucu lubis lirik lingkungan lingkaran kemah kolam renang cai kampung kaskus catenzo kontak kawasan ketinggian kudus king kiwi kino koordinat jam jawa jember juni juli jiban jitu jogja johor horor hot spring hotel htm hantu hutan hiking glamping gunung gambar geografi giant gitar gold golden foto fasilitas federal full daerah mana deer dingin di danau denah deskripsi download dumai duet sunrise salvador sassari sejarah sidoarjo singapore song adalah arti map maps mitos masuk menarik menari modern murah musa municipais navigasi news nutrition ninja normal water boom vila voice voucher xenoblade air panas obyek perhutani
photo by instagram.com/meeyhermosa

Lokasi: Jalan Ciwidey-Patengan Km. 11, Rancabali, Bandung, Jawa Barat 40973, Indonesia
Maps: Klik Disini
HTM: 15 ribu / orang
Buka/Tutup: 24 jam
Telepon: +62 812-2345-6911

Bandung menjadi salah satu tujuan wisata yang sangat populer di kalangan para traveller dan backpackers. Hal ini tentu saja didukung dengan banyaknya kawasan wisata yang bisa ditemui ketika berada di kota yang memiliki julukan Paris Van Java ini.

Kawasan wisata alam dan juga kawasan wisata belanja hingga kuliner bisa ditemukan di sini. Tentu saja memberikan kemudahan kepada para wisatawan.

Untuk kawasan wisata alam, Bandung menyajikan aneka kawasan wisata alam yang siap memanjakan para wisatawan. Mulai dari pegunungan hingga air terjun yang menampilkan panorama yang cukup eksotis.

Salah satu kawasan wisata alam yang cukup populer adalah kawasan wisata Ranca Upas.

Baca Juga: 60 Tempat Wisata di Bandung Yang Murah dan Lokasi Spot Foto Menarik

Kawasan wisata Ranca Upas atau kawasan Kampung Cai Ranca Upas ini merupakan salah satu kawasan dan tempat wisata yang terletak di sekitar Bandung Selatan.

Dan kawasan wisata ini menjadi salah satu kawasan wisata alam yang terbaik dan juga menjadi salah satu kawasan bumi perkemahan terpopuler yang bisa dikunjungi oleh para turis untuk melihat keindahan alam lebih dekat.

Perbukitan hijau nan eksotis. Foto: tripadvisor.com

Mengenal Ranca Upas

Kawasan wisata Ranca Upas merupakan salah satu kawasan wisata  yang menyajikan keindahan alam nan mempesona. Kawasan wisata Ranca Upas  ini berdiri di lahan yang memiliki luas hingga 215 Hektar.

Tentu saja bisa dibayangkan dengan luas ratusan hektar Ranca Upas sudah siap memberikan keindahan alam yang asri dan alami kepada para pengunjung yang datang.

Kawasan wisata ini menjadi salah satu kawasan wisata hutan lindung yang berada di daerah Bandung. Selain sebagai tempat wisata, kawasan hutan lindung Ranca Upas ini menjadi salah satu tempat yang difungsikan sebagai konservasi dari berbagai macam atau aneka ragam dari flora langka.

Di sini para wisatawan bisa menemukan beberapa tanaman langka seperti Jamuju, Huru, Hamirug, Kihujan hingga Kitambang dan juga ada beberapa fauna yang dilindungi di kawasan wisata ini seperti burung dan juga rusa.

Salah satu kawasan wisata hutan lindung yang berada di daerah selatan Bandung ini sendiri berada di area ketinggian sekitar 1700 meter dari atas permukaan laut atau mdpl.

Tentu saja dengan lokasi tersebut para pengunjung bisa merasakan udara yang cukup sejuk. Di kawasan wisata alam hutan lindung ini memang masih sangat alami dan juga asri.

Udara dan suhu yang bisa dirasakan di sini sangat dingin dan kadang cenderung ekstrim. Di saat-saat tertentu suhu yang ada di sekitar kawasan wisata ini berkisar di antara 17 derajat Celsius hingga 20 derajat Celsius.

Tentu saja hawanya cukup dingin sehingga harus membawa jaket atau baju yang cukup tebal.

Jika berada di kawasan wisata Ranca Upas ini di malam hari, suhu yang bisa dirasakan di kawasan wisata ini bahkan bisa mencapai 0 derajat celcius. Tentu membuat para wisatawan harus mempersiapkan jaket ekstra.

Mau Hubungan Cinta Terus Langgeng??? Liburan ke Danau Situ Patenggang Ciwidey Saja!

Kawasan wisata hutan lindung Ranca Upas ini menjadi salah satu objek wisata yang siap memanjakan para wisatawan di daerah Bandung selatan selain kawasan wisata alam seperti Kawah Putih, Situ Patenggang dan juga daerah Cimanggu.

Apalagi kawasan hutan lindung Ranca Upas ini sangat pas dikunjungi bersama keluarga, teman dan juga pasangan. Liburan dengan menikmati dan menyaksikan keindahan alam pegunungan yang masih sangat asri indah dan juga alami ini tentu memberikan pengalaman tersendiri.

Ditambah lagi dengan adanya suhu udara yang cukup dingin dan cenderung ekstrim yang membuat para wisatawan serasa berada di pegunungan Alpen. Sayangnya tidak ada salju di sini yang membuat suasana mungkin sedikit kurang.

BacaJuga:  21 - 25 Objek Wisata Kota di Cirebon, Keraton dan Religi
Kolam pemandian air panas dan waterboom. Foto: diaztravelindo.com

Fasilitas di kawasan wisata Ranca Upas

Kawasan wisata hutan lindung Ranca Upas ini menjadi salah satu tempat wisata alam nan terpadu. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya fasilitas yang mendukung tempat wisata ini.

Selain menjaga keaslian hutan lindung di dalamnya, kawasan wisata ini juga menyediakan aneka ragam fasilitas wisata yang bisa memanjakan para wisatawan.

Ada beberapa fasilitas yang siap memanjakan para wisatawan ketika menginjakkan kakinya di kawasan wisata hutan lindung ini.

Fasiilitas area Camping Ranca Upas Smart Camp Adventure menjadi salah satu fasilitas yang bisa digunakan oleh para wisatawan. Area camping ini menjadi salah satu penyebab mengapa kawasan wisata hutan lindung Ranca Upas ini cukup terkenal.

Area camping ini disediakan oleh pengelola Kampung Cai Ranca Upas ini menjadi salah satu tempat untuk berkemah bagi para wisatawan yang berkunjung ke kawasan wisata ini.

Dan area ini sangat luas yang bisa menampung para pengunjung dengan kapasitas sekitar 10.000 ribu orang. Area camping ini sangat luas dengan pemandangan hutan lindung di sekitarnya.

Tentu saja hal ini bisa memudahkan para pengunjung untuk memilih tempat yang pas untuk berkemah di sekitar kawasan wisata alam ini.

“Surga yang Tercecer”: Semakin Instagramable, Ini Wajah Baru Kawah Putih Ciwidey Bandung

Fasilitas lain yang tersedia di kawasan wisata hutan lindung ini adalah penangkaran rusa. Seperti yang disebutkan di awal bahwa kawasan wisata hutan lindung ini menjadi salah satu habitat dari rusa-rusa yang dilindungi.

Dan pengelola kawasan wisata hutan lindung Ranca Upas ini sudah menyediakan area penangkaran rusa yang bisa dinikmati oleh para wisatawan ketika berlibur ke sini.

Objek Wisata yang berada di Bandung Selatan memang menjadi salah satu tempat yang difungsikan untuk konservasi fauna.

Disini rusa menjadi salah satu fauna yang dibiarkan untuk hidup dan berkembang biak di alam bebas. Dan Ranca Upas dibangun disesuaikan dengan habitat aslinya.

Para pengunjung bisa menikmati suasana dingin dan juga hawa  yang sejuk hingga menusuk tulang sembari menikmati keindahan alam pegunungan yang terhampar dan juga melihat kehidupan para rusa yang dilindungi di sini.

Bukan hanya melihat rusa lebih dekat saja, para pengunjung juga bisa ikut memberi makan para rusa dan membelai bulu-bulu rusa yang cukup halus.

Tidak pas rasanya kawasan wisata hutan lindung yang dingin ini tidak memiliki pemandian air panas. Pengelola Ranca Upas tampaknya sudah mengerti dengan hal ini.

Oleh sebab itu di kawasan wisata hutan lindung ini sudah tersedia kolam pemandian air panas. Kawasan yang memiliki hawa yang cukup sejuk, dingin dan cuaca yang kadang ekstrim ini sudah memberikan fasilitas kolam air panas.

Para wisatawan bisa berendam dan juga mandi di kolam air panas ini sembari menikmati pemandangan alam di sekitar kawasan wisata hutan lindung ini.

Pemandangan danau di Kampung Cai. Foto: tripadvisor.com

Selain kolam pemandian air panas, pengelola kawasan wisata hutan lindung Ranca Upas ini juga sudah menyediakan waterboom.

Di area ini para pengunjung bisa berenang dan bersenang-senang bermain air di sekitar Ranca Upas. Fasilitas ini tentu saja sangat pas untuk dikunjungi bersama keluarga. Sebuah liburan yang tentu saja menyenangkan.

Fasilitas lain  yang bisa digunakan oleh para wisatawan adalah Fun Adventure. Kawasan wisata hutan lindung yang berdekatan dengan kawasan wisata Ciwidey ini menyediakan fasilitas yang bisa mendukung para pengunjung untuk melakukan kegiatan Outbond.

Tentu saja kegiatan ini akan semakin menarik dan menantang dengan adanya panorama di sekitar hutan lindung tersebut.

Fasilitas wahana permainan  yang bisa ditemukan di area ini adalah Flying Fox, Elvis Bridge, Burma V, Jembatan goyang, paintball hingga sepeda gunung. Tentu saja para wisatawan akan dimanjakan di wahana permainan ini.

Area Fun Adventure sangat pas bagi para wisatawan yang berlibur bersama keluarga atau teman-teman. Kegiatan outbond tentu saja bisa menjamin kebersamaan para wisatawan yang berlibur ke kawasan hutan lindung tersebut

Sementara fasilitas Fun Games juga bisa digunakan oleh para pengunjung yang datang bersama keluarga dan juga rombongan. Di kawasan wisata hutan lindung ini sudah tersedia fasilitas dan wahana permainan yang tentu saja bisa memberikan sensasi berlibur yang semakin menarik.

BacaJuga:  Alamat Situ Gede Bekasi Kota Bks Jawa Barat + Lokasi Objek Wisata

Di area Fun Games ini para pengunjung bisa mencoba wahana permainan perahu-perahuan yang memiliki bentuk seperti kayak. Perahu ini bisa membawa para pengunjung ke area kolam dengan panorama di sekitar Ranca Upas yang sangat eksotis.

Danau dan Perbukitan nan hijau. Foto: getreadytociwidey.com

Harga Tiket Masuk Ranca Upas

Kawasan wisata hutan lindung Ranca Upas ini menyajikan kehebatan alam di sekitar Bandung. Tentu saja dengan fasilitas yang cukup komplit, membuat para pengunjung harus membayar biaya tiket masuk jika ingin menikmati keindahan Ranca Upas.

Tidak perlu khawatir dengan harga tiketnya. Pasalnya Ranca Upas ini memiliki harga tiket yang relatif lebih murah. Untuk sekali masuk, para wisatawan hanya perlu membayar tiket sebesar 10 ribu rupiah per orang.

Sementara untuk parkir kendaraan sendiri dikenakan biaya terpisah. Bagi yang datang dengan kendaraan roda 4, tiket parkir yang berlaku sebesar 5 ribu rupiah untuk sekali parkir.

Sedangkan untuk kendaraan roda 2 dikenakan biaya sebesar 2 ribu rupiah sekali parkir. Bagi yang datang bersama rombongan dan menggunakan bus, dikenakan biaya parkir sebesar 20 ribu rupiah.

Penginapan di Kampung Cai. Foto: klikhotel.com

Letak lokasi dan rute menuju ke Kampung Cai Ranca Upas

Kawasan wisata hutan lindung Ranca Upas ini berada di Jalan Ciwidey-Patengan Km. 11, Patengan, Rancabali, Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat 40973, Indonesia.

Untuk menuju ke kawasan wisata ini para wisatawan sudah bisa mengakses jalan yang relatif mudah.

Jika berangkat dari pusat kota Bandung untuk menuju ke kawasan wisata Kampung Ranca Upas Ciwidey, para wisatawah harus menempuh jarak sekitar 50 kilometer menuju ke Bandung Selatan.

Jika menggunakan kendaraan pribadi diperkirakan akan menempuh waktu hingga 2 jam.

Jalan utama yang bisa dilewati oleh para wisatawan adalah jalur lintas selatan Bandung yang menuju ke arah Soreang yang merupakan ibukota Kabupaten Bandung. Dari sini perjalanan dilanjutkan menuju ke arah Ciwidey.

Ketika di Ciwidey, para wisatawan bisa mengunjungi beberapa kawasan wisata alam lainnya yang cukup dekat seperti Situ Patenggang dan juga Kawah Putih. Pasalnya jarak kawasan wisata ini cukup berdekatan.

Dari Ciwidey menuju ke kawasan wisata Ranca Upas ini hanya sekitar 6 kilometer saja. Dan hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit saja jika kondisi jalanan lancar dan tidak macet.

Ternyata bukan hanya menggunakan kendaraan pribadi saja untuk menuju ke kawasan wisata hutan lindung ini.

Bagi para wisatawan yang tidak memiliki kendaraan pribadi dan budget untuk menyewa kendaraan minim, bisa menggunakan alat transportasi umum untuk menuju ke kawasan wisata hutan lindung Kampung Cai Ranca Upas Ciwidey.

Jika memakai kendaraan umum, para wisatawan harus menuju ke terminal Bus Leuwipanjang. Dari terminal bis ini perjalanan dilanjutkan menuju ke Ciwidey.

Dari arah terminal Ciwidey, para wisatawan bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkot yang memiliki jalur langsung menuju ke Kampung Cai Ranca Upas tersebut.

Bumi perkemahan di Kampung Cai. Foto: petatempatwisata.com

Jam operasional kawasan wisata hutan lindung Ranca Upas.

Kawasan wisata hutan lindung Ranca Upas ini bisa diakses dengan bebas. Tidak ada batasan bagi para wisatawan yang ingin berlibur dan mengunjungi kawasan hutan lindung tersebut.

Pengelola kawasan wisata Kampung Cai Ranca Upas ini membuka pintu gerbang Ranca Upas selama 24 jam. Dan dibuka setiap hari. Akan tetapi disarankan untuk menuju ke kawasan wisata ini pada pagi hari.

Pasalnya di siang hari perjalanan akan melewati area hutan di Ciwidey yang cukup gelap dan tidak ada penerangan.

Tempat Penangkaran Rusa. Foto: petatempatwisata.com

Oleh-oleh Khas Ranca Upas

Berlibur ke suatu daerah tentu saja tidak pas dan kurang lengkap rasanya jika tidak membeli suvenir atau cinderamata. Apalagi jika berlibur ke kampung wisata dan hutan lindung Ranca Upas.

Di kawasan wisata hutan lindung ini memiliki salah satu oleh-oleh khas dari Ciwidey yang sangat terkenal adalah dodol strawberry. Para pengunjung tidak akan sulit menemukan para penjual dodol.

Pasalnya para penjual dodol ini banyak ditemukan di sekitar kawasan wisata Ranca Upas. Para pengunjung bisa membeli oleh-oleh khas Ciwidey ini disana.

Dodol strawberry yang merupakan salah satu oleh-oleh khas ini dibuat oleh para penduduk lokal yang tinggal di sekitar Ciwidey atau Ranca Upas. Biasanya masyarakat di sekitar Ciwidey memiliki perkebunan strawberry yang buahnya diambil dan diolah sendiri.

BacaJuga:  10 Foto Pantai Sancang Garut, Cerita Misteri Hutan Leuweung + Sejarah Wisata

Tentu saja pembuatan dodol ini dibuat secara alami dan tidak memakai bahan pengawet seperti di pabrik-pabrik.

Para pengunjung bisa membeli aneka dodol strawberry ini dengan harga sekitar 8 ribu hingga 10 ribu rupiah. Selain dodol, tentu saja bandrek menjadi salah satu oleh-oleh yang khas.

Minuman bandrek ini sekarang sudah tersedia dalam bentuk kemasan sachet dan juga botol. Tentu saja sangat pas untuk dinikmati di tempat yang memiliki suhu yang cukup dingin.

Menikmati secangkir bandrek di malam hari bisa menjadi pilihan yang tepat. Untuk bandrek dalam kemasan botol bisa dibeli dengan harga sekitar 7 ribu hingga 15 ribu saja.

Panorama eksotis. Foto: satyawinnie.com

Tips Berlibur ke Ranca Upas

Liburan ke kampung wisata dan hutan lindung Ranca Upas tentu saja sangat mengasyikkan. Tentu saja menjadi sebuah pengalaman yang seru kala menikmati pemandangan dan panorama di sekitar Ranca Upas.

Ada beberapa tips yang bisa digunakan oleh para wisatawan sebelum memulai petualangan dan liburan di kawasan wisata hutan lindung ini.

Sebelum memulai liburan, siapkan perlengkapan seperti jaket atau sweater ketika hendak berlibur ke Ranca Upas. Pasalnya cuaca dan juga suhu di kawasan wisata hutan lindung ini sangat dingin.

Terutama jika hendak menginap atau berkemah di sini. Sehingga jaket atau sweater bisa melindungi dari kedinginan.

Jika hendak menginap bersama teman-teman, bisa menyewa tenda di sekitar kawasan wisata hutan lindung Ranca Upas. Sesuaikan tenda dengan budget yang tersedia.

Pasalnya di kawasan wisata ini tidak tersedia ATM dan sinyal internet cukup susah. Jangan sampai dana yang tersedia habis atau kurang.

Selain menyewa tenda, sewa pula perlengkapannya seperti petromax hingga sleeping bag. Cuaca yang dingin dan tidak adanya penerangan, tentu membuat sleeping bag dan petromax bisa memudahkan para wisatawan.

Disarankan pula membawa senter agar penerangan lebih maksimal jika ingin ke kamar mandi.

Pintu Gerbang Kampung Cai. Foto: klikhotel.com

Jika ingin menginap di Ranca Upas. Disarankan sejak pagi sudah berangkat ke kawasan wisata hutan lindung ini. Jangan berangkat sore hari, pasalnya selama perjalanan menuju ke kawasan wisata Ranca Upas ini para wisatawan akan melewati area hutan Ciwidey.

Dan di malam hari kawasan hutan Ciwidey ini sangat gelap dan minim penerangan jalan. Tentu saja cukup berbahaya dan masih terdapat hewan liar di hutan tersebut.

Apalagi jika berangkat sendiri atau menggunakan kendaraan roda dua. Waktu yang pas untuk berangkat menuju ke Ranca Upas ini pada saat pagi hari.

Persiapkan segala perlengkapan seperti sepatu hingga pakaian tebal agar tubuh tetap hangat. Selain jaket, pakaian yang tebal bisa membuat tubuh tidak kedinginan. Terutama bagi wanita yang biasanya gemar memakai pakaian minim.

Persiapkan pakaian yang tebal. Jangan lupa minuman hangat agar bisa menghangatkan tubuh ketika malam hari tiba. Pasalnya suhu udara di kawasan wisata Ranca Upas ini bisa mencapai 0 derajat di waktu-waktu tertentu. Bisa membahayakan tubuh jika terlalu kedinginan.

Di pagi hari kawasan wisata hutan lindung Ranca Upas ini menyajikan pemandangan yang indah. Tentu saja jangan melewatkan momen tersebut kala berlibur ke sini.

Jangan lupa untuk membawa kamera atau smartphone untuk mengabadikan momen di sini. Power bank tentu menjadi alat wajib jika berlibur ke kawasan wisata hutan lindung tersebut.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

One thought on “Selain Berkemah, Apa Aja Sih Yang Menarik di Ranca Upas? Lihat 10 Potret Ini

  1. Baru baca narasi dan liat fotonya saja sudah excited gini. apalagi kalau langsung on the spot. rasanya akan lebih excited !!!! ( Bandung Juara )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.