41 Tempat Makan di Semarang Favorit 2018, Rekomendasi Makan Enak Bersama Keluarga

Posted on
Tempat buka puasa di semarang bersama makan enak untuk rekomendasi 2018 buat favorit asyik referensi murah keluarga yang nyaman berbuka
41 Tempat Buka Puasa di Semarang Favorit 2018, Rekomendasi Makan Enak Bersama Keluarga (foto: kuliner.panduanwisata.id)

JejakPiknik.com. Selain kaya akan objek wisata, Semarang juga dikenal sebagai salah satu tempat untuk memanjakan lidah, karena banyak warung, restoran, dan rumah makan yang menghadirkan konsep unik dan menarik, sekaligus menu makanan yang enak.

Tempat-tempat wisata kuliner tersebut tersebar merata di seluruh wilayah ibukota propinsi Jawa Tengah ini, mulai dari wilayah kota, daerah atas, bawah, tengah, barat hingga timur, sehingga tidak sulit bagi siapapun untuk mencari tempat makan yang sesuai dengan selera.

Bagi yang ingin mencoba kuliner Semarang yang jarang dijumpai di tempat-tempat lain di Indonesia, akan mendapatkan berbagai jenis makanan dengan cita rasa unik yang menggunakan resep tradisional.

Jika lidah kurang begitu cocok dengan resep tradisional kuliner Semarang, dapat memilih tempat-tempat makan yang menghidangkan masakan Nusantara atau menu-menu mancanegara dengan rasa yang lezat dan harga yang bersahabat.

Inilah daftar tempat wisata kuliner di Semarang yang pantas mendapat rekomendasi untuk dikunjungi, karena selain menyajikan makanan yang dapat menggugah selera, juga menyediakan tempat makan yang unik, menarik, serta nyaman.

1. TCO Resto Steak and Seafood (Dapatkan diskon 10% dengan Menyebut “JEJAKPIKNIK” saat membayar di kasir) Berlaku siang dari Jam 11.00 sampai 15.00 WIB.

Tempat Makan di Unnes, foto by instagram.com/tcoresto/

Alamat: Jalan Taman Siswa, Banaran, UNNES
Harga: Rp.3.000 s/d Rp.35.000
Jam Buka: Setiap Hari 11.00 – 23.00 WIB

Tempat Nongkrong di Unes, foto by instagram.com/tcoresto/

2. Soto Bangkong

Soto Bangkong (foto: seputarsemarang.com)

Bagi Anda yang tinggal di Jakarta, Bogor, dan beberapa kota besar lainnya di Indonesia, nama Soto Bangkong mungkin sudah tidak asing lagi, karena usaha kuliner milik keluarga ini memang telah membuka cabang di kota-kota besar.

Untuk itu, menjadi sangat disayangkan jika kebetulan berada di Semarang Anda tidak mampir di pusat dari Soto Bangkong tersebut.

Di sini Anda tidak hanya dapat menikmati menu Soto Ayam yang lezat, tapi juga menu-menu lainnya, seperti ayam goring, sate ayam, sate telur, sate kerang, garang asem, rempelo ati goring/semur, tempe bergedel, serta menu yang lain.

Lokasi:  Ruko Bangkong Plaza Block A/1, Jl Brigjen Katamso Semarang
Harga: Mulai dari Rp.13.000
Jam Buka: 07.00 – 21.30 WIB

3. Gulai Kepala Ikan Pak Untung

Gulai Kepala Ikan Pak Untung (foto: TripAdvisor)

Sesuai dengan nama rumah makan, menu unggulan di tempat ini adalah gulai kepala ikan yang dimasak dengan berbagai macam rempah, sehingga selain memiliki rasa yang lezat, aroma amis dari ikan tidak tercium sama sekali.

Gulai tersebut disajikan dengan taburan potongan daun bawang, cabai utuh, daun jeruk, dan kemangi, sehingga bau segar tercium saat menikmatinya.

Ikan yang menjadi bahan dari olahan, terdiri dari berbagai jenis dan dapat dipilih sesuai selera, seperti ikan salmon, kakap, dan nila. Selain itu, ikan-ikan tersebut tidak hanya dimasak dalam bentuk gulai saja, tapi juga dalam menu yang lain, seperti asam manis, rica-rica, dan tauco.

Dengan harga yang ramah di kantong, membuat rumah makan ini banyak dikunjungi para tamu yang dating bersama keluarga.

Lokasi:   Jl Siwalan No.1, Semarang
Harga: Rp.8.500 – Rp.40.000
Jam Buka: 10.00 – 21.00 WIB

4. Gudeg Abimanyu

Gudeg Abimanyu (foto: TripAdvisor)

Siapapun tahu kalau Gudeg adalah makanan khas dari Yogyakarta. Namun Gudeg Abimanyu yang ada di Semarang juga tidak dapat dipandang sebelah mata, karena rumah makan dengan menu utama Gudeg ini, sudah berusia puluhan tahun dan dikenal sebagai salah satu kuliner legendaries yang ada di Semarang.

Berbeda dengan Gudeg Yogjakarta yang rasanya cenderung manis, Gudeg Abimanyu justru lebih terasa gurihnya.

Penyajiannyapun juga berbeda, karena gudeg yang ada di sini dipadukan dengan kol rebus, telur pindang, daun singkong, sambal goreng krece, serundeng, serta disiram santan kental sehingga rasa gurihnya lebih terasa.

Jika menginginkan lauk tambahan, tersedia aneka kerupuk, rempeyek gimbal udang, bakwan jagung, koyor (otot sapi), dan opor ayam. Untuk yang suka rasa pedas, dapat mnenikmati sambal ebi yang khas, dan tidak ditemui di tempat lain.

Lokasi:   Jl. Ki Mangunsarkoro No.15, Semarang
Harga: Mulai Rp.15.000
Jam Buka: 06.00 – 10.30 WIB dan 17.00 – 21.00 WIB

5. Pujasera Simpang Lima

Pujasera Simpang Lima (foto: desnantara-tamasya.blogspot.com)

Sebanyak 172 stand kuliner yang ada di sini bisa dijadikan gambaran, seberapa banyak menu yang dijual di Pujasera Simpang Lima. Bisa dibilang, hampir semua masakan Nusantara dapat ditemukan di tempat ini.

Dengan tempat yang bersih, dan terletak di area pedestrian, membuat tempat kuliner ini menarik untuk dijadikan tempat nongkrong bersama keluarga atau dengan teman-teman, sambil menikmati suasana sekeliling, atau berjalan-jalan di Lapangan Simpang Lima.

Terlebih aktifitas Pujasera sudah mulai terlihat sejak pukul 17.00 hingga dini hari. Karena buka pada sore hari itulah, pusat makanan di kota Semarang ini menjadi tujuan utaman mereka yang ingin buka puasa setiap kali datang bulan suci Ramadhan.

Lokasi:   Jl. Simpang Lima, Semarang
Harga: Mulai Rp.5.000
Jam Buka: 17.00 – 05.30 WIB

6. Toko Oen

Toko Oen (foto: tokooen.com)

Inilah salah satu rumah makan legendaries di Semarang karena telah berdiri sejak tahun 2010. Uniknya, resto yang dikenal dengan Ice Creamnya ini sampai sekarang masih menyediakan menu jaman kolonial Belanda, diantaranya adalah: Uitsmijter, Kaasstengels, Huzarensalade, serta yang lain.

Itu sebabnya Toko Oen banyak dikunjungi para wisatawan dari Belanda yang ingin bernostalgia mengenang cerita orang tua mereka saat masih tinggal di Indonesia.

Selain Ice Creamnya yang melegenda, dan menu jaman kolonialnya yang langka, berbagai macam makanan Nusantara, Chinese Food, Europen Food, dan Western Food dapat ditemui di rumah makan ini.

Lokasi: Jl. Pemuda No.52, Semarang
Harga: Rp.5.000 – Rp.100.000
Jam Buka: 08.00 – 21.30 WIB

7. Nasi Kucing Pak Gik

Nasi Kucing Pak Gik (foto: pacarkecilku.com)

Tidak harus menempati lokasi yang mewah dengan desain interior yang wah dan harga makanan yang mahal untuk menjadi sebuah rumah makan yang melegenda.

Salah satu misal adalah Nasi Kucing Pak Gik yang sudah lebih dari setengah abad menjadi tempat nongkrong warga Semarang sambil menikmati menu makanan sederhana. Uniknya warung ini buka pada tengah malam dan sebelum pagi datang sudah tutup karena memang sudah habis.

Warung Nasi Kucing ini memang hanya menyediakan menu-menu yang akrab di kalangan masyarakat bawah dengan harga yang sangat terjangkau, bahkan oleh mereka yang dompetnya sedang tipis.

Seperti nasi kering, nasi gurih, nasi babat telur, nasi telur tahu, ketan, pangsit, mendonan serta yang lain. Minumannyapun hanya kopi, susu, dan teh panas.

Lokasi: Jl. Wotgandul, Semarang
Harga: Rp.1.000 – Rp.5.000
Jam Buka: 24.00 – 03.00 WIB

8. Restoran Pesta Keboen

Restoran Pesta Keboen (foto: Koleksi Pesta Keboen)

Nuansa tempo dulu sangat terasa di tempat makan yang satu ini, karena selain menempati bangunan yang sudah berdiri sejak tahun 1850, interiornya juga ditata layaknya ruangan pada masa lampau dengan berbagai perabotan kuna seperti meja kursi yang popular di abad 18 – 19.

Bufet yang diisi dengan koleksi benda-benda kuna, seperti piring, mug, mesin ketik, dan sebagainya, serta foto-foto hitam putih kota Semarang pada jaman dahulu. Tidak heran jika suasana romantis menyelimuti sekelilingnya.

Terdapat puluhan menu yang ditawarkan kepada para tamu yang sebagian besar sudah sangat familier untuk masyarakat pribumi, dan menu-menu tersebut dapat dipesan secara terpisah atau dengan sistem paket.

Uniknya, untuk menu yang dikemas dalam sistem paket, diberi nama ikon-ikon yang ada di Semarang, seperti: Gereja Blenduk, Tugu Muda, Sam Po Kong, Simpang Lima, serta yang lain.

Lokasi: Jl. Veteran No.29, Semarang
Harga: Rp.20.000 – Rp.85.000/porsi, Paket mulai Rp.250.000
Jam Buka: 10.00 – 22.00 WIB

9. Gama Ikan Bakar dan Seafood

Gama ikan bakar dan Seafood (foto: Koleksi Gama ikan bakar dan Seafood)

Menempati bangunan kuna jaman Belanda, restoran ini memiliki ruang yang cukup luas dan sangat nyaman untuk digunakan sebagai tempat dinner bersama keluarga atau makan siang dengan relasi.

Terdapat pula ruangan untuk presentasi, dan dua pilihan tempat makan, yaitu ruangan ber-AC atau ruang terbuka bergaya alami.

Menu yang dapat dipilih, sesuai dengan nama restorannya yaitu berbagai menu ikan bakar dan seafood. Namun menu yang menjadi andalan di sini adalah Kerang Srimping dan Kerang Goreng dengan rasa yang lembut di lidah dan campuran bumbu yang sangat terasa.

BacaJuga:  10 Gambar Rita Park Tegal, Harga Tiket Masuk, Jalur Menuju ke Lokasi, Holet Villa di Sekitar + Jam Buka Tutup

Lokasi: Jl. MT Haryono No.870-A Veteran No.29
Harga: Rp.160.000 untuk 2 orang
Jam Buka: 11.00 – 23.00 WIB

10. Gama Candi Resto

Gama Candi Resto (foto: adeknakemal.blogspot.co.id)

Jika Gama Ikan Bakar dan Seafood berlokasi di Semarang bawah maka Gama Candi Resto berada di Semarang atas. Ruangan yang tertata apik di tempat ini terbagi 2 yaitu, ruangan area non smoking dan ruangan yang diperbolehkan untuk merokok.

Berbagai macam menu ikan bakar dan seafood dapat dipesan di sini, seperti Cumi Goreng Mentega, Bandeng Keropok Cabut Duri, Ikan Balado, Cumi Telur Asin, Kerang Hijau Masak Mentega, Sup Tom Yam, Tiram Goreng Telur, dan menu lezat lainnya.

Tersedia pula berrbagai jenis sambal  yang dapat dipilih tanpa ada biaya tambahan.

Lokasi: Jl. Sultan Agung No.105 Semarang
Harga: Mulai dari Rp.50.000
Jam Buka: 10.00 – 20.00 WIB

11. KoenoKoeni Café Gallery

KoenoKoeni Café Gallery (foto: TripAdvisor)

Nama café ini merujuk pada istilah Jawa Kuna-Kuni yang artinya kuna atau tua sekali. Pemberian nama tersebut bukan tanpa maksud, selain lokasi tempat makan ini berada di area candi dengan bangunan berbentuk joglo khas Jawa.

Tamu yang datang juga dapat melihat-lihat jajaran ratusan benda-benda kuna yang dipajang di setiap sudut ruangan yang sangat luas.

Terdapat 2 macam menu yang disajikan di sini, yaitu Menu Jawa dan Menu ala Barat. Untuk menu Jawa diantaranya Nasi Bali, Asem-asem Ikan Patin, Lontong Cap Go Meh, Nasi Sambal Tumpang, Nasi Langgi, Nasi Lodeh Ikan Bawal, Iga Bakar, dan Gudeg.

Sedang menu andalannya adalah Nasi Campur Koenokoeni, yaitu nasi putih dengan pepes daun singkong  yang dipadu empal sapi gepuk, udang goreng, kerupuk udang, sambal bawang, dan sambal lombok.. Untuk menu Barat, tersedia Wagyu Beef on Hot Stone dengan berbagai saus tambahan.

Lokasi: Jl. Tabanan No.4 Semarang
Harga: Rp.20.000 – Rp. 80.000
Jam Buka: 11.00 – 00.00 WIB

12. White Rabbit Dessert

White Rabbit Dessert (foto: anekawisata.com)

Café bergaya Eropa dengan tatanan interior yang bagus  ini sangat nyaman untuk dipakai nongkrong bersama pasangan atau dengan teman karena suasana sekeliling menyuguhkan nuansa yang romantis.

Kedai khusus dessert ini memang tidak bisa dibilang murah, namun uang yang Anda keluarkan akan sebanding dengan pelayanan yang diberikan. Berbagai macam cake, Macaroni Shottel, dan aneka macam minuman dapat Anda pesan di sini, sesuai dengan  selera.

Lokasi: Jl. Abdul Rahman Saleh No.225, Manyaran, Semarang Barat, Semarang
Harga: Rp.25.000 – Rp. 100.000
Jam Buka: 11.00 – 23.00 WIB

13. Nasi Ayam Bu Widodo

Nasi Ayam Bu Widodo (foto: travel.kompas.com)

Sebagai salah satu makanan khas Semarang, Nasi Ayam banyak menghiasi daftar menu di rumah makan-rumah makan yang ada di ibu kota propinsi Jawa Tengah. Salah satu tempat makan dengan menu Nasi Ayam yang cukup terkenal di Semarang adalah Nasi Ayam Bu Widodo.

Tempatnya memang sederhana bahkan cenderung merakyat. Namun karena lokasinya yang strategis dan makanannya yang lezat membuat tempat makan ini tidak pernah sepi dari pembeli.

Lokasi: Area Kuliner Simpang Lima, Semarang
Harga: Rp.10.000 – Rp. 27.000
Jam Buka: 17.00 – 23.00 WIB

14. Kedai Beringin

Kedai Beringin (foto: adeknakemal.blogspot.co.id)

Tempat makan yang enak, nyaman, dan murah, kesan itulah yang akan tertangkap saat berkunjung ke Kedai Beringin. Dengan kursi-kursi kayu yang panjang berjajar dan sofa-sofa yang ditempatkan di sisi pinggir, selain terlihat rapi juga menciptakan suasana yang akrab bagi pengunjung.

Berbagai macam menu tersedia di sini, dan yang paling banyak adalah menu oriental. Meski terdapat banyak menu, ada beberapa yang direkomendasikan oleh pengelola Kedai Beringin, dan menu yang direkomendasi tersebut diberi tanda daun berwarna hijau.

Lokasi: JL. Imam Bonjol No.114 A
Harga: Rp.10.000 – Rp. 50.000
Jam Buka: 08.00 – 21.30 WIB

15. Ikan Bakar Cianjur

Ikan Bakar Cianjur (foto: shesailormoon.blogspot.co.id)

Selain menyediakan berbagai macam menu ikan yang dibakar, seperti lele, gurame dan nila, tempat makan ini juga menyedikan jenis olahan lain.

Seperti: Nila Pepes, Nila Tauci, Nila Tim, Gurame Asam Manis, Gurame Sop, Lele Goreng, Ayam Bakar, Kambing Oven, Bakmi Goreng, Nasi Goreng Jawa, Sayuran Segar, serta menu yang lain.

Untuk tempat bersantap, Anda akan menikmati suasana yang nyaman dari sebuah bangunan tua berumur lebih dari 200 tahun yang eksotik.

Lokasi: JL. Letjend Suprapto No.19, Kawasan Kota Lama, Semarang
Harga: Rp.30.000 – Rp. 75.000
Jam Buka: 08.00 – 21.30 WIB

16. The Hills Dining Restaurant

The Hills Dining Restaurant (foto: bobocantik.com)

Berada di daerah perbukitan, tepatnya di daerah Bukit Sari, suasana yang menyelimuti The Hills terasa nyaman dan tenang dengan hamparan pemandangan gemerlap lampu kota Semarang di kejauhan pada malam hari.

Restoran yang hanya buka pada sore hingga malam hari ini, memiliki ruang indoor dan ruang outdoor untuk tamu yang ingin menikmati suasana romantis dengan diterangi cahaya lilin di atas meja.

Menu yang disajikan di sini cukup variatif, mulai dari masakan tradisional sampai dengan menu western seperti steak dan menu ala Jepang seperti Sushi.

Lokasi: JL. Bukit Baladewa No.22-24, Royal Park, Bukit Sari, Semarang
Harga: Rp.15.000 – Rp. 150.000
Jam Buka: 17.00 – 00.00 WIB

17. Kampoeng Menara Resto

Kampoeng Menara Resto (foto: phinemo.com)

Berada di ketinggian 100 meter, tepatnya di lantai 18 Tower Asmaul Husna MAJT (Masjid Agung Jawa Tengah), dengan lantai restoran yang dapat berputar, membuat hamparan pemandangan kota Semarang dapat dilihat dari segala arah sembari menikmati menu makanan yang dihidangkan.

Kenikmatan bersantap di atas ketinggian tersebut menjadi semakin menyenangkan, karena harga makanan di sini relatif sama dengan harga umum. Menunyapun cukup variatif, seperti Bakso, Pempek Lenjeran, Ayam Kosek, Ayam Goreng Pyur, serta yang lain.

Lokasi: Tower Asmaul Husna MAJT Semarang
Harga: Rp.10.000 – Rp. 50.000
Jam Buka: 08.00 – 20.00 WIB

18. Rumah Makan Kampung Laut

Rumah Makan Kampung Laut (foto: adeknakemal.blogspot.co.id)

Dengan konsep rumah makan apung yang dilengkapi gazebo untuk bersantap sekaligus bersantai, fasilitas pemancingan dan wahana permainan anak, membuat tempat ini menarik untuk dikunjungi bersama keluarga.

Interior bangunan yang didominasi bahan kayu dan disusun sedemikian rupa sehingga tertata cantik dan mengambang di atas air menyajikan pemandangan yang memikat bagi pengunjung.

Dengan lokasi yang tidak jauh dari pantai Marina, membuat udara di sekitar lokasi sangat sejuk, dan membuat betah para pengunjung. Terlebih makanan yang disajikan, yang mayoritas masakan seafood rasanya benar-benar menggoyang lidah.

Lokasi: Puri Maerokoco, JL. Anjasmoro, Tawang Mas, Semarang
Harga: Mulai dari Rp.45.000
Jam Buka: Senin – Sabtu 11.30 – 22.00 WIB, Minggu 10.00 – 22.00 WIB

19. Hanamasa

Hanamasa (foto: hanamasaresto.com)

Nama Hanamasa tentu sudah tidak asing lagi karena restoran ala Jepang ini telah membuka cabang di kota-kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Tangerang, Depok, Bogor, Surabaya, Bali, dan Medan.

Tidak berbeda halnya dengan yang ada di kota-kota lain, Hanamasa yang ada di Semarang pun juga menggunakan konsep self service dengan menu makanan  dalam bentuk buffet.

Meski olahan Jepang yang menjadi trade mark dari resto ini, namun menu yang tersaji sudah disesuaikan dengasn lidah Indonesia, sehingga kelezatannya pun dapat dirasakan.

Adapun menu andalannya adalah Yakiniku (makanan yang dibakar) serta Syabu-syabu (makanan yang direbus). Untuk bahannya bisa dipilih, mulai dari daging ayam, daging sapi, seafood dan sayuran segar.

Lokasi: JL. Atmodirono I No.24 Semarang
Harga: Rp.178.500 untuk menu All You Can Eatz
Jam Buka: Senin – Sabtu 10.00 – 22.00 WIB

20. Bowery & Eastman

Bowery & Eastman (foto: seputarsemarang.com)

Café dan resto ini terlihat berbeda dengan bangunan di sekelilingnya, karena menggunakan bata ekspose serta interior beraksen kuna.

Bangunan dengan interior yang artistik ini ditempati Eastman Coffee House dan Bowey Bar dan Resto, dan kedua dibawah managemen yang sama. Terdapat 28 menu makanan dan 44 minuman yang disiapkan untuk para pengunjung dengan Eastman Breakfast Club yang menjadi andalan.

Lokasi: JL. Ahmad Yani No.140 Semarang
Harga: Rp.30.000 – Rp.85.000
Jam Buka: Senin – Sabtu 10.00 – 22.00 WIB

21. Social Canteen

Social Canteen (foto: TripAdvisor)

Dengan mengusung tagline “More than just a canteen” tempat kuliner ini menyediakan 2 ruangan yang cukup luas, yakni area indoor serta outdoor. Jika ingin menikmati pemandangan alam berupa pepohonan yang hijau di hutan Tinjomoyo dapat memilih area outdoor yang ada di lantai 2.

BacaJuga:  Jalan Menuju Bukit Gantole Wonogiri, Lokasi Menara + Pemandangan Indahnya Sunset Sunrise

Banyak sekali varian menu yang disajikan Social Canteen, mulai dari harga Rp.5 ribuan, seperti nasi kucing, nasi bakar, nasi goreng, sate telur puyuh, ayam Lombok hijau, babat isi paru, ayam suwir sambal matah, dan cumi hitam.

Harga di kisaran Rp. 15 ribuan, seperti aneka varian roti bakar, dan harga di kisaran Rp.25 ribuan seperti bakso Jupiter, Bakso Saturnus, serta menu yang lain.

Lokasi: JL. Setiabudi No.75 Semarang
Harga: Rp.5.000 – Rp.30.000
Jam Buka: 17.00 – 00.00 WIB Weekdays, 17.00 – 01.00 WIB Weekend

22. Rustico Kitchen and Bar

Rustico Kitchen and Bar (foto: seputarsemarang.com)

Dengan mengusung konsep naturan and rustic, Rustico menghadirkan suasana yang berbeda. Sayangnya, dari 4 lantai yang ada, baru lantai 4 yang difungsikan. Namun itupun sudah dapat menampung banyak pengunjung, karena di ruang tersebut telah disiapkan 25 meja dengan 125 kursi.

Menu andalan yang ditawarkan adalah Pizza Neopolitan yang keistimewaannya ada pada proses pembuatan yang menggunakan tungku berbahan bakar kayu sehingga kayarasa dan orisinil.

Menu lain yang dapat dicicipi dan tidak kalah lezat, diantaranya adalah: Pad Kra Pao Gail, Chicken Katsu Curry, Beef Burger, Margherita Pizza, Supreme Pizza, serta menu yang lain.

Lokasi: JL. S. Parman 47H Candi, Semarang
Harga: Mulai dari Rp.40.000
Jam Buka: 17.00 – 24.00 WIB

23. Mie Clubbing

Mie Clubbing (foto: cozycoffeecorner.wordpress.com)

Selain nama yang unik, konsep yang diusung juga cukup menarik dengan menghadirkan suasana dunia malam lewat kerlap-kerlip lampu dan lantunan Electronic Dance Music serta open kitchen yang membuat pengunjung dapat melihat secara langsung cooker dan helper mengolah makanan.

Pengunjung yang baru datang harus langsung menuju kasir untuk memesan sekaligus membayar pesanannya, sebelum makanan diantar oleh pelayan. Menu yang ditawarkan tidak banyak, dan yang menjadi menu andalan adalah mie home made yang disajikan dalam bentuk mie rebus dan mie goreng.

Pada saat memesan makanan di kasir, pengunjung juga dapat meminta level kepedasan, karena di sini ada 3 level kepedasan dengan nama yang unik, yaitu “Anak Baek” untuk mie tanpa cabe, “Pulang Jam 3” untuk mie dengan cabe level 45 dan “Gak Pulang” untuk mie dengan kepedasan maksimal, yakni cabe level 75.

Lokasi: JL. Ngesrep Timur V/43A Tembalang, Semarang.
Harga: Mulai dari Rp.10.000
Jam Buka: 07.00 – 11.00 WIB

24. Met Duck Brunch & Dinner

Met Duck Brunch & Dinner (foto: seputarsemarang.com)

Bertempat di lantai satu Paragon Mall Semarang, resto yang menggunakan nama Duck atau bebek ini justru hanya memiliki sedikit menu yang menggunakan bahan dasar daging bebek.

Sedang menu yang mendominasi justru Western food. Untuk yang menyukai suasana romantis, silahkan datang pada Rabo malam atau Sabtu malam, karena pada saat itu ada treatment akustik band yang akan menemani Anda saat bersantap dengan lagu-lagu yang lembut.

Lokasi: JL. Pemuda No.118, Ground Floor Unit 17A Paragon Mall, Semarang.
Harga: Rp.15.000 – Rp.50.000
Jam Buka: 08.00 – 15.00 WIB Brunch Menu, 11.30 – 21.00 Dinner Menu

25. Itik Emas Resto

Itik Emas Resto (foto: 1000warnaindonesia.blogspot.co.id)

Dengan daya tampung hingga 220 orang, Itik Emas Resto menghadirkan restoran dengan nuansa keluarga, baik dari sisi desain, furniture, ornament ruang, sampai dengan alunan musik yang diperdengarkan.

Itik Panggang adalah menu andalan dari resto ini, yang berupa irisan daging bebek muda dengan bumbu rempah-rempah yang disiram saos racikan Chinese peranakan yang memadukan resep Tiongkok Kuna dan rempah-rempah Indonesia.

Tersedia pula menu lainnya yang tidak kalah lezat, diantaranya: Dimsum Bapao Pandan, Seafood, Ca Kangkung, Sup, Nasi Goreng, Aneka Bubur dan Aneka Gorengan.  

Lokasi: JL. Mayjend Sutoyo No.59 (Kampung Kali), Semarang.
Harga: Rp.60.000 – Rp.100.000
Jam Buka: 10.00 – 22.00 WIB

26. The Salt Resto and Bar

The Salt Resto and Bar (foto: id.openrice.com)

Restoran berdaya tampung 100 pengunjung ini menyajikan menu-menu India dengan menggunakan konsep two in one, yaitu menyediakan restoran untuk keluarga, serta bar untuk hangout anak muda.

Beberapa menu makanan yang dapat dipesan diantaranya: Sheek Kebab Chicken, Sheek Kebab Mutton, Tandoori Prawn, Indian Tawa Fish, Paneer Taka Tak, Palak Paneer, Adraki Dhania Paneer, Makhan Wala Paneer, Main Courses Shakahari, dan Kasoori Fish Tikka.

Lokasi: JL. Sumbing 18A, Gajah Mungkur, Semarang.
Harga: Rp.25.000 – Rp.50.000
Jam Buka: 17.00 – 01.00 WIB

27. AtoZ Bar Wine & Brasserie

AtoZ Bar Wine & Brasserie (foto: TripAdvisor)

Tampilan interior ala bar-bar di Amerika tahun 40-60an dengan dominasi ornament kayu dan besi, menghadirkan sesuatu yang berbeda dan membuat pengunjung betah untuk berlama-lama di sini. Keunggulan lainnya adalah banyaknya jenis minuman dari berbagai penjuru dunia yang ditawarkan.

Tidak hanya berbagai jenis minuman saja yang bisa dipesan, AtoZ juga menyediakan appetizer, main course hingga dessert dengan berbagi menu Nusantara, Asia, Eropa dan Amerika.

Bahkan beberapa menu menggunakan bahan yang jarang ditemui di tempat makan yang lain, seperti belut, daging kelinci, kodok, serta burung puyuh.

Lokasi: JL. Sumbing 10, Gajah Mungkur, Semarang.
Harga: Mulai dari Rp.20.000
Jam Buka: 11.00 – 01.00 WIB

28. Seven Bistro & Cafe

Seven Bistro & Café (foto: KataLokal.com)

Bagi penikmat kopi, Seven Café menjadi tempat yang cocok karena semua varian kopi yang ditawarkan diracik oleh tangan-tangan yang ahli sehingga rasa dan aromanya luar biasa.

Tersedia pula menu makanan dengan konsep casual, dan keseluruhan varian menu terinspirasi dari berbagai Negara, seperti Jepang lewat Nori dan Saos Teriyaki, Mexico lewat Guacamole dan Salsanya, serta yang lain.

Menu-menu yang tersaji menjadi menarik karena perpaduan antara menu khas Barat dengan sentuhan Asia.

Lokasi: JL. Diponegoro (Siranda) No.38B, Semarang.
Harga: Rp.50.000 – Rp.100.000
Jam Buka: 18.00 – 20.00 WIB

29. Sambal Sereh

Sambal Sereh (foto: sewaelfsemarang.com)

Sajian kuliner khas Indonesia dapat Anda temukan di sini dengan rasa yang menggoyang lidahan harga yang murah.

Tempatnyapun sangat nyaman yakni sebuah bangunan berlantai dua yang terdapat lobby di lantai atas, sehingga dapat menikmati pemandangan di bawah sambil menikmati makanan.

Beberapa menu special yang disiapkan di sini diantaranya: Nasi Ayam Goreng Khas Sambal Sereh, Nasi udang Crispy Skin & Chichken Leg, Sate Lilit ala Sambal Sereh, dan Tahu Goreng Cabe Garam.

Lokasi: JL. Sriwijaya No.80, Semarang.
Harga: Rp.10.000 – Rp.20.000
Jam Buka: 11.00 – 21.00 WIB

30. Tandhok Ribs & Coffee

 

Tandhok Ribs & Coffee (foto: KataLokal.com)

Menempati bangunan era 50-60an dengan taman terbuka dilengkapi gazebo memberikan suasana nyaman saat menikmati kelezatan hidangan yang tersaji di sini. Terlebih harga makanan cukup terjangkau bahkan bisa dibilang murah.

Menunyapun cukup variatif, beberapa diantaranya adalah: Nasi Goreng Iga, Ayam Gongso, Ayam Bakar, Ayam Goreng Dabu-dabu, Asem-asem Iga, Iga Goreng Dabu-dabu, Sop Iga, dan menu yang menjadi andalan adalah Iga Bakar dengan berbagai pilihan saos BBQ, Mushroom, serta Blackpepper.

Lokasi: JL. Papandayan No.11, Semarang.
Harga: Mulai dari Rp.13.500
Jam Buka: 11.00 – 22.00 WIB

31. Richeese Factory

Richeese Factory (foto: Koleksi Richeese Factory)

Richeese Factory yang ada di Semarang merupakan outlet yang ke-45 dari waralaba kuliner yang sudah tersebar di kota-kota besar di Indonesia ini.

Tempat yang luas berlantai dua membuat pengunjung dapat leluasa memilih tempat yang disukai, meski semua tempat di resto ini bakal membuat betah siapapun, termasuk anak-anak muda yang gemar  memainkan gadget, karena tersedia Wi-Fi dan tempat parkir yang luas.

Menu yang ditawarkan kepada pengunjung tidak terlalu banyak, tapi kesemuanya cukup dapat memancing ludah. Beberapa menu tersebut diantaranya adalah BBQ, BBQ Cheesy Wedges, dan Fire Wings. Menariknya, BBQ Sauce yang disajikan terbagi dalam 5 level kepedasan.

Lokasi: JL. S. Parman, Gajah Mungkur Candi, Semarang.
Harga: Mulai dari Rp.10.000
Jam Buka: 10.00 – 22.00 WIB

32. Food Court Java Mall

Food Court Java Mall (foto: suaramerdeka.com)

Dengan kapasitas hingga 200 orang, Food Court yang berlokasi di lantai 3 Java Mall ditempati berbagai macam outlet kuliner yang bakal memanjakan lidah dengan menu-menu makanan lezatnya.

BacaJuga:  Taman Bunga Bandungan Semarang : Tiket Masuk Wisata Kebun Setiya Aji Flower Farm

Outlet-outlet tersebut diantaranya: Umaka Bento, Galaxy, Family, Bakso Kaget, Astro, Mentari, Nasi Timberi, Sepot Mary, Samudra Steam, Istana Ceker dan Kepala Ikan serta Bakso Babat Salatiga.

Dengan jumlah outlet yang cukup banyak tersebut, sudah barang tentu makanan yang dijualpun juga beraneka ragam, seperti bakso, nasi goreng,  Sundubu, nasi Timbel, serta berbagai macam jenis minuman dan jus.

Lokasi: JL. MT Haryono, No.992-994, Lamper Kidul, Semarang Selatan, Semarang.
Harga: Rp.10.000 – Rp.50.000
Jam Buka: 09.30 – 21.00 WIB

33. Seoul Palace

Seoul Palace (foto: KataLokal.com)

Suasana ala Korea langsung menyambut para pengunjung begitu memasuki restoran yang berdiri sejak tahun 1988 ini.

Nuansa Korea tersebut tidak hanya dijumpai pada gaya penataan ruang yang dihiasi dengan hiasan serta pernak-pernik khas Korea, ataupun foto penari Korea yang menghiasi dinding, serta gentong-gentong tempat pembuatan bumbu fermentasi sebagaiamana yang ada di film dan drama Korea.

Nuansa Korea juga bisa dirasakan dari semua menu yang disuguhkan, berikut cara penyajiannya. Salah satu misal menu Bul Gal Bi. Sebagaimana dalam film-film Korea, makanan ini dimasak langsung di atas meja tempat pengunjung bersantap.

Sedang untuk menu lainnya diantaranya adalah: Bob Kum Bab, Bul Go Gi, Bude Jgae, Posut Bul Go Gi, Bi Bim Bab, serta menu Korea lainnya.

Lokasi: JL. Pangandaran, No.109, Semarang.
Harga: Rp.10.000 – Rp.150.000
Jam Buka: 11.00 – 15. 00 WIB, 18 – 22.00 WIB

34. Menur Bistro

Menur Bistro (foto: hellosemarang.com)

Buka selama 24 jam dengan tempat yang premium dan berkelas serta makanan yang istimewah, membuat Menur Bistro banyak dikunjungi kalangan kelas menengah ke atas yang ingin menikmati waktu santai mereka.

Premium Indonesian Fusion Restaurant ini juga menyediakan fasilitas Smoking Area, Free Wi-Fi, TV Kabel, Cable, Private Room, Coffee Shop dan Live Jusic Akustik.

Berbagai menu tersedia di sini, dengan menu andalan Sop Buntut, Ayam Bumbal, Mie Goreng Jawa, Nasi Goreng Buntut, Nasi Goreng Semarang, Ayam Goreng Kencana, Sate Campur dan Bebek Goreng Menur.

Dessert: Crispy Fried Banana, Apple Struddle, dan Tropical Fresh Fruit. Sandwich: Hot Dog, Club Sandwich dan Cheese Burger.

Appetizer: Chef Salad, Gado Gado dan Caesar Salad, Minuman: Caramel Latte, Hazelnut Latte, Cappucino, Americano / Long Black, Vanilla Latte, Javanese Cinnamon Latte & Javanese Mocktails.

Lokasi: JL  Ahmad Yani No 145 Semarang.
Harga: Mulai dari Rp.25.000
Jam Buka: 24 jam

35. Stove Syndicate

Stove Syndicate (foto: valentinaparamitha.wordpress.com)

Menempati lokasi di Tembalang yang merupakan kawasan kampus dari beberapa perguruan tinggi, Stoven Syndicate cukup hits di kalangan mahasiswa sebagai tempat nongkrong karena tempatnya memang cozy dan dilengkapi dengan fasilitas Wi-Fi.

Menu spesial yang ada di sini adalah waffle dan kopi yang khas ditambah beberapa menu lainnya, seperti dari coklat, matcha, makanan mix unik ala Jepang dan Western seperti Chicken Katsu Pancake  dan Teriyaki Croissant Sandwich.

Lokasi: JL  Ngesrep Timur V No 27 Tembalang, Semarang.
Harga: Rp.6.000 – Rp.20.000
Jam Buka: 11.00 – 00.00 WIB

36. Warung Makan Mbok Nah

Warung Makan Mbok Nah (foto: semarangplus.com)

Bandungan yang merupakan kawasan wisata di Semarang banyak dipenuhi tempat-tempat kuliner. Salah satu tempat makan yang cukup populer karena harganya yang murah dan rasanya yang wah, adalah Warung Makan Mbok Nah.

Warung makan sederhana tersebut tidak hanya dikunjungi warga setempat, tapi juga para wisatawan yang dari berbagai daerah.

Beberapa menu yang ditawarkan di sini diantaranya adalah: Soto Ayam, Nasi Mangut, Nasi Rames, Gendar Pecel, Nasi Opor, Ketan Srundeng, Gendar Tahu Bacem, dan menu andalannya adalah Bubur Pecel yang merupakan perpaduan bubur beras putih dengan pecel.

Lokasi: JL  Raya Lemah Abang KM. 05 Bandungan Jimbaran.
Harga: Rp.5.000 – Rp.20.000
Jam Buka: 07.00 – 12.00 WIB

37. Sate Sapi Pak Kempleng

Sate Sapi Pak Kempleng (foto: jalan-jalanunikku.blogspot.com)

Jika pada umumnya bahan untuk membuat sate adalah daging kambing, ayam atau kelinci, di Ungaran Anda akan menemui sate dari daging sapi, tepatnya di “Sate Sapi Pak Kempleng”.

Usaha kuliner yang telah berdiri sejak tahun 1946 tersebut awalnya dirintis oleh Pak Kempleng, dan, kini diwariskan ke cucunya, yaitu Sukimin.

Keistimewaan sate sapi yang ada di sini adalah dagingnya yang lembut karena menggunakan daging bagian dalam dan tidak berlemak, karena lemak yang menempel pada daging terlebih dahulu dibersihkan sebelum diolah dan dibakar.

Lokasi: JL  Diponegoro 265 Ungaran.
Harga: Rp.50.000 perporsi (10 tusuk sate)
Jam Buka: 09.00 – 21.00 WIB

38. Sambel Angklo

Sambel Angklo (foto: tukanginfo.com)

Dengan interior yang didominasi bahan kayu dan bambu, tempat makan yang menghadirkan suasana tenang dan nyaman ini mengusung konsep open kitchen, dengan mempersilahkan para tamu untuk melihat cara mereka memasak jika menginginkan.

Menu utama yang menjadi suguhan Sambel Angklo adalah daging ayam dan bebek yang dimasak dengan berbagai macam rempah khas Angklo.

Ada yang salah? Punya kritik dan saran? Sampaikan di kolom komentar dibawah ini ya kakak

Sebagai pelengkap makan, tersedia berbagai pilihan sambal, seperti sambal mangga muda, sambal lamongan, sambal santan Lombok ijo serta yang lain. Sedang untuk makanan pendamping, disiapkan pula tumis sawi, sayur kangkung, jamur, tauge dan kerupuk.

Lokasi: JL  Prof. Hamka No.111 Ngaliyan, Semarang.
Harga: Mulai dari Rp.20.000
Jam Buka: 10.00 – 22.00 WIB

39. Carnivore Sky Bar & Grill

Carnivore Sky Bar & Grill (foto: seputarsemarang.com)

Berada di lantai paling atas gedung Hotel Grand Edge, membuat para pengunjung dapat menikmati keindahan panorama lanskap kota Semarang sambil menyantap makanan lezat yang dihidangkan Carnivore Sky Bar & Grill.

Tempat ini menjadi semakin asik untuk dinikmati bersama teman atau pasangan, karena koleksi wine-nya yang berkualitas. Belum lagi aneka menu Western yang dapat dipilih sesuai selera, mulai dari Steak, Beef Ribs, Beef Tenderloin Pasta, Smoked Pork Chop, 5 Burger, serta Pizza dan Pasta.

Lokasi: SL Floor, Grand Edge Hotel, JL Sultan Agung 96, Semarang.
Harga: Mulai dari Rp.35.000
Jam Buka: 17.00 – 01.00 WIB

40. Sky Line Lounge & Exclusive Dining

Sky Line Lounge & Exclusive Dining (foto: travelio.com)

Nikmati pemandangan eksotis dari Simpang Lima hingga Pelabuhan Tanjung Mas sambil mendengarkan alunan musik akustik dan makanan serta minuman yang lezat dengan berkunjung ke The Sky Line Lounge & Exclusive Dining yang ada di lantai 17 Gumaya Tower Hotel.

Suasana yang romantis bakal Anda temukan saat bersantap di ketinggian dengan dinding tertutup kaca transparan serta dekorasi ruang yang memberi kesan eksklusif.

Tidak ketinggalan sejumlah menu mewah siap dihidangkan seperti Linguarian Style Chicken, Meltique Rib Eye Steak, dan Salmon ala Normande. Bagi penikmat minuman beralkohol, dapat mencicipi minuman khas Jepang Sochu atau koleksi Wine yang diimpor dari Australia dan Eropa.

Lokasi: 17th Floor, Gumaya Tower Hotel Semarang, JL Gajah Mada No.59-61, Semarang
Harga: Mulai dari Rp.100.000, Paket Dinner: Mulai dari Rp.300.000, Paket Romantis Dinner Mulai dari Rp.1.500.000 perpasangan.
Jam Buka: 17.00 – 01.00 WIB

41. Grill on Resto

Grill on Resto (foto: seputarsemarang.com)

Tempat makan yang relatif masih baru ini menyajikan menu utama sate ayam dengan berbagai macam bumbu yang dapat dipilih. Keistimewaan dari sate ayam yang disajikan di sini adalah digunakannya bumbu yang bernama kalak, sehingga satenyapun disebut sate kalak.

Bumbu sate warisan masyarakat Jawa tersebut berupa bumbu sate sebagaimana umumnya, namun dipadukan dengan santan, sehingga rasa yang dihadirkan gurih dan legit.

Grill on Resto memiliki desain interior unik yang merupakan perpaduan antara vintage resto dan industrial.

Dengan daya tampung yang mencapai 140 orang, membuat resto ini kerap digunakan untuk menggelar acara-acara gathering, pesta ulang tahun, reuni, dan acara lainnya yang dihadiri undangan dalam jumlah yang banyak.

Lokasi: Susan Building 3rd Floor, JL. Seroja Timur No.2, Semarang
Harga: Rp.20.000 s/d Rp.100.000
Jam Buka: 10.00 – 22.00 WIB

One thought on “41 Tempat Makan di Semarang Favorit 2018, Rekomendasi Makan Enak Bersama Keluarga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.