10 Foto Wisata Rowo Bayu Songgon Banyuwangi, Sejarah Kisah Misteri Angker + Cerita Asal Usul Dunia Lain

Posted on
Rowo Bayu merupakan sebuah rawa yang berubah dijadikan telaga hingga saat ini menjadi destinasi wisata di Kabupaten Banyuwangi (foto: bbstv.co.id)

Lokasi: Desa Bayu, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia 68463
Koordinat:
KlikDisini
Tarif:
Gratis
Jam Operasional:
24 Jam
Nomor Telepon:

Wisata alam tentu saja bukan hanya tentang pantai dan gunung saja. Ada juga rawa. Ya, di Banyuwangi terdapat destinasi wisata yang terbilang belum banyak dikenal yaitu Rowo Bayu. Tetapi untuk pesona pemandangannya tidak perlu untuk diragukan lagi.

Rawa yang dikelilingi oleh banyak pepohonan dengan lebat dan rindang (foto: mywiskul.blogspot.com)

Kali ini kita tim jejakpiknik.com akan membahas tentang Rowo Bayu yang ada di Kabupaten Banyuwangi ini. Di artikel ini tentu saja lengkap tentang bagaimana rute jalan serta lokasi tempat wisata ini. Bahkan lengkap dengan asal usul terbentuknya Rowo Bayu.

Asal Usul Terjadinya Rowo Bayu

Nama Rowo Bayu tentu saja memiliki sejarah dan asal usul. Row sendiri adalah bahasa Jawa dengan arti Rawa sedangkan Bayu adalah nama desa setempat. Maka warga setempat menyebutnya dengan Rowo Bayu.

Ada sumber mata air yang dipercaya suci dan bersih (foto: maruf1978.blogspot.com)

Rawa ini sendiri berada di Kawasan Hutan Petak 8. Berada di dalam ketinggian yang kurang lebih sekitar 800 meter diatas permukaan laut. Jadi saat datang ke sini kamu tak perlu khawatir tentang udara yang disajikan. Kamu akan merasakan kesejukan di rowo Bayu ini.

Rowo Bayu sendiri juga memiliki cerita legenda yang konon katanya juga memiliki sejarah pada masa Kerajaan Blambangan. Bahkan di sini banyak yang mengatakan bahwa angker dan tentu saja tidak luput dengan mitos dan kisah misteri. Tetapi keangkeran ini tentu saja tidak membuat pengunjung tetpa datang untuk berwisata.

BacaJuga:  10 Gambar Rumah Kurcaci di Glenmore Banyuwangi, Purbalingga, Lembang Bandung, Magelang, Jogja, Bogor, Bandungan Semarang
Ada pondok di tengah rawa (foto: pinterest.co.uk)

Rowo Bayu ini juga pernah dijadikan sebagai tempat shooting acara televise yaitu Dunia Lain. Kamu bisa melihat beberapa video yang ada di youtube. Selain itu di sini biasanya dilakukan ritual dan festival tentang sejarah terbangunnya rawa ini.

Keindahan dan Potensi yang ada di Rowo Bayu

Pura di Rawa Bayu (foto: banyuwangiinfo.blogspot.com)

Lalu apa saja keindahan yang ada di Rowobayu ini? Tentu saja banyak sekali ya. Selain memberikan pemandangan indah dengan panorama yang indah juga memebrikan udara yang sehat dan sejuk. Maka dari itu banyak sekali yang datang ke sini di saat pagi atau sore hari.

Masyarakat Banyuwangi sangat ramah tamah terhadap wisatawan yang datang ke sini. Baik local mapun turis asing. Banyuwangi sendiri terkenal dengan banyaknya tempat wisata yang mendunia. Maka tak heran jika kamu menemui banyak sekali turis asing datang ke kota ini.

Kegiatan di Rawa Bayu (foto: travel.kompas.com)

Di sekitar rawa ini banyak sekali ditumbuhi oleh pepohonan yang asri. Bahkan tak jarang orang menyebutnya dengan hutan. Maka tak heran jika di rawa ini juga banyak sekali dihidupi oleh satwa yang terbilang masih banyak populasinya.

Di antara banyaknya pohon di hutan dengan rawa ini juga konon katanya ada sebuah pohon yang umurnya hamper rarusan tahun. Bahkan yang menjadi unik adalah pohon ini masih hidup hingga sekarang. Pohon ini tumbuh diatas bukit.

Jalan masuk menuju tempat wisata (foto: iloverogojampi.wordpress.com)

Hal unik lainnya saat datang kesini yaitu ketika memasuki petilasan prabu tawang alun pengunjung harus membersihkan diri padasebuah air yang sangat memiliki air suci. Untuk pengunjung yang datang dan ingin meminumnya juga diperbolehkan asalah tidak boleh melalui tangan.

Ada pula bangunan tua di sini. Masyarakat setempat menyebutnya sebuah situsatau pura yang juga biasa digunakan sebagai tempat berdoa umat Hindu di sekitar Kecamatan Songgon.

BacaJuga:  Buka Jam Berapa Museum Angkut Malang? Ada Perubahan Loh, Simak Ini
Tepian rawa (foto: lensabanyuwangi.com)

Kami juga melampirkan beberapa foto dan gambar tentang rowo Bayu sehingga kamu bisa melihat sedikit bagaimana indahnya panorama yang ada di sini. Saat kamu datang ke sini jangan lupa untuk berfoto juga ya.

Rute dan Jalan Menuju Rowo Bayu

Letak dari Rowo Bayu ini berada di dusun Sembung Rejo, Desa Bayu. Kecamatan Songgon Banyuwangi. Ada beberapa rute jalan yang bisa kamu lalui karena Kecamatan Songgon sendiri tidak jauh letaknya dari pusat kota Banyuwangi.

Kegiatan Rawa Bayu (foto: travelkompas.com)

Jika kamu berangkat dari Kecamatan Genteng maka bisa mengikuti jalan Hasyim Ashari kemudian menuju pasar hewan Genteng dan akan menemui Stasiun Temuguruh. Tidak lama kemudian kamu akan menemui Pasar Gendoh.

Setelah melewati Pasar Gendoh kamu akan menemui pertigaan jalan lalu ambil belok ke kiri yaitu Jalan Aruji Karta Winata. Dari sini sebetulnya lokasi wisata sudah tidak jauh lagi. Kamu bisa bertanya kepada masyarakat sekitar maka akan sampai di Rowo Bayu.

Jika kamu berangkat dari arah kota Banyuwangi juga sangat mudah. Kamu hanya mengikuti petunjuk jalan yang sudah disediakan oleh Dinas Perhubungan untuk dapat sampai ke Kecamatan Sonngon.

Jika masih mengalami kesulitan maka bisa menggunakan titik koordinat yang bisa terhung langsung dengan GPS dengan menggunakan aplikasi Google Maps. Secara otomatis kamu akan diberikan petunjuk jalan menuju Rowo Bayu.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk ke Rowo Bayu

Tanaman di sekitar Rawa (foto: banyuwangibagus.com)

Untuk jam buka di Rowo Bayu ini tidak ditentukanoleh pengelola setempat. Tetapi jarang sekali pengunjung datang kesini saat malam hari. Biasanya memang yang ramai yaitu pada sore hari. Karena udara di sore hari tidak terlalu panas.

Sedangkan tiket masuk di sini juga tidak ada. Jadi jika pengunjung ingin datang tentu saja tidak dikenakan biaya alias gratis. Rowo Bayu merupakan tempat wisata favorit untuk keluarga jadi saat pergi ke sini tidak perlu memikirkan mahlanya biaya masuknya.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.