Tiket Masuk Rumah Hobbit Jogja Cangkringan dan Bantul, Alamat Lokasi Wisata Dimana?

Posted on
Rumah hobbit jogja yogyakarta cangkringan lokasi tiket masuk bantul seribu kayu negeri dongeng alamat dimana rute sleman wisata penyihir
Selfie di Rumah Hobbit Dlingo. Foto: jogjaempatroda.com

Kesuksesan film The Hobbit memang menyisakan cerita tersendiri. Rumah yg dimiliki oleh Bilbo Baggins dan juga merupakan daya tarik tersendiri membuat banyak negara terutama Indonesia membuat replikanya. Tidak terkecuali dengan Yogyakarta atau Jogja. Di sini ada 2 tempat dimana memiliki replika rumah milik Bilbo Baggins dan juga penyihir Gandalf. Kawasan wisata ini menyajikan keindahan alam seperti negeri dongeng. Berikut kedua lokasi tersebut

1. Rumah Hobbit Dlingo

 

Selfie di House of Hobbit. Foto: dakatour.com

Lokasi: Jalan Hutan Pinus Nganjir, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783
Maps: Klik Disini
HTM: Rp. 2.000
Buka/Tutup: 24 Jam
Telepon:

Di daerah Bantul atau lebih tepatnya Dlingo ini menyajikan replika rumah di film Lord of The Rins dan Prekuelnya tersebut. Sebelumnya Bukit Panguk sudah mulai dilirik oleh para turis di tahun 2016. Kemudian diikuti dengan kawasan wisata Hutan Pinus Asri, Jurang Tembelan, Watu Goyang dan juga Bukit Mojo Gumelem. Sekarang hadir kembali Rumah Hobbit Dlingo.

Letak dan alamat dari lokasi liburan keluarga ini berada di daerah Hutan Pinus Nganjir Mangunan. Letak geografis dari kawasan wisata ini adalah area pegunungan dengan keindahan alam serta suasana khas padang rumput hijau serta perbukitan nan eksotis. Tentu saja menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para turis apalagi yg gemar berfoto selfie. Hal ini disebabkan panorama di sekitar taman rekreasi ini cukup eksotis.

Eksterior Rumah Hobbit Dlingo. Foto: dakatour.com

Di sini para turis juga bisa melihat keindahan hutan pinus dimana merupakan salah satu tempat wisata yg harus dikunjungi kala berlibur ke Jogja. Sementara di dekatnya ada Seribu Batu Songgo Langit. Di taman rekreasi Seribu Batu Songgo Langit ini memang menyajikan suasana unik disebabkan adanya spot-spot foto anti mainstream. Di lokasi wisata Seribu batu Songgo Langit ini para pengunjung bisa menikmati deretan Rumah Hobbit dengan bentuk seperti Taman Kelinci Pujon Malang dan juga di Ciwedeuy Bandung.

Spot Seribu batu Songgo Langit ini memang sudah sangat lama dikembangkan dengan kepopuleran dari Hutan Pinus Pengger. Akan tetapi rumah dengan bahan kayu ini memang baru terkenal beberapa waktu lalu. Sehingga tidak heran jika para wisatawan masih belum banyak yg mengetahuinya

Nama Seribu batu Songgo Langit ini disebabkan adanya bebatuan raksasa. Seribu Batu ini tentu saja diartikan dengan banyaknya batu di sini. Sementara untuk Songgo Langit ini memiliki arti menyangga langit dimana batu-batu di sekitar area ini cukup besar. Para pelancong menyajikan banyak spot selfie dan juga panorama alam seperti Jembatan kayu dimana menghubungkan dari pohon yg satu ke pohon lainnya. Lalu ada pula rumah pohon dan juga gardu pandang.

BacaJuga:  10 Gambar Tugu Jogja (Foto Malam Hari Yogyakarta), Sejarah Mitos + Alamat Lokasi Letak Wisata
Berfoto di depan Rumah Hobbit. Foto: dakatour.com

Sementara pesona utama adalah Rumah hobbit Dengan tampilan cukup unik. Para pengunjung bisa berfoto dengan latar belakang rumah replika tersebut. Sayangnya hanya area luarnya saja yg dibuat. Area interior dalam tidak dibuat seperti di film Lord of The Rings dan The Hobbit. Meski begitu para pengunjung masih tetap bisa menikmati keindahan alam dan juga tampilan dari rumah ini.

Di sini ada pula wahana outbound dengan berbagai macam permainan nan menyenangkan. Salah satunya adalah wahana Flying Fox dengan kemampuan untuk menantang adrenalin para wisatawan dan pengunjung. Dengan suasana area hutan nan asri dan sejuk tentu saja membuat para pengunjung bisa menikmati keindahannya.

Lokasi taman rekreasi Dlingo ini letaknya tidak jauh dari Kebun Buah Mangunan. Menurut letak geografis dan administratif, alamatnya berada di Dusun Sukarame Desa Mangunan Kecamatan Dlingo Bantul Yogyakarta. Dan butuh waktu sekitar 2 jam dari pusat kota Jogja. Jika para wisatawan hendak menuju ke kawasan wisata ini bisa menggunakan aplikasi Google Map untuk memudahkan perjalanan.

Bergaya di depan Rumah Hobbit. Foto: dakatour.com

Jika berangkat dari kota Jogja ke Seribu Batu Songgo Langit ini sebenarnya sangat mudah. Apalagi sudah banyak papan petunjuk ke arah Kebun buah Mangunan. Tinggal ikuti saja rute ke arah Terminal Giwangan, lalu masuk ke Jalan Imogiri Timur dan belok ke kiri usai bertemu dengan Pasar Imogiri.

Kemudian ikuti jalur ke arah Makam Raja Imogiri. Dari pertigaan sebelum Makam Raja ini ambil jalur ke arah kanan dimana sudah ada papan petunjuk Kebun Buah Mangunan. Terus saja mengikuti jalan utama ke arah Kebun Buah dan akan melalui Jalan Hutan Pinus Nganjir. Sekitar 500 meter ini sudah akan terlihat papan petunjuk taman tersebut.

Keindahan Rumah Hobbit. Foto: visit-jogja.com

Untuk harga tiket masuk untuk menikmati keindahan alam di sini cukup membayar sebesar 2 ribu saja. Sementara untuk parkir dikenakan biaya sebesar 2 ribu untuk kendaraan roda 2 dan 5 ribu untuk kendaraan roda 4. Fasilitas yang disediakan di sini sudah sangat lengkap. Ada warung makan, musholla hingga area parkir dan toilet

2. Rumah Hobbit Cangkringan

Rumah Hobbit Cangkringan. Foto: tempatasik.com

Lokasi Kepuharjo, Cangkringan, Sleman Regency, Special Region of Yogyakarta 55583
Maps: Klik Disini
HTM: Rp. 2.000
Buka/Tutup: 07.00 – 18.30 WIB (Senin – Jumat), 06.00 – 18.30 (Sabtu – Minggu)
Telepon:

Selain daerah Mangunan, salah satu tren wisata Rumah Hobbit ini bisa ditemukan di daerah Cangkringan. Tempat liburan yg dipopulerkan pertama kali oleh Farmhouse Lembang ini memang memberikan kepuasan serta keunikan tersendiri. Di daerah Cangkringan ini sudah menyediakan salah satu tempat liburan yang menarik.

BacaJuga:  10 Foto Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo + Harga Tiket Masuk Samigaluh Jogja

Tidak kalah dengan kawasan wisata lainnya di Indonesia, Sleman Yogyakarta ini juga menyediakan salah satu tempat liburan nan asyik dan unik serta sangat pas untuk dijadikan tempat berfoto yaitu Rumah Hobbit Kepuharjo. Tentu saja kehadiran obyek wisata ini memberikan suasana baru di daerah Kaliurang atau tepatnya di Cangkringan ini.

Berfoto di Rumah Hobbit. Foto: detik.com

Kawasan liburan di Kepuharjo ini menawarkan kehadiran spot selfie anyar yg bisa memanjakan para pengunjung baik tua muda hingga anak-anak. Taman rekreasi yang berlokasi di daerah Sleman ini bisa menambah alternatif liburan bagi para pelancong ketika menginjakkan kaki di kota gudeg atau kota pelajar tersebut.

Di sini akan menawarkan nuansa Rumah Hobbit Kepuharjo yg berbeda. Di sini memiliki suasana sedikit berbeda dengan di daerah Dlingo Bantul. Jika di Bantul lebih natural dengan nuansa khas alam nan eksotis, maka di Cangkringan ini memiliki tampilan lebih rapi dengan dilengkapi dengan adanya area taman di sekitarnya.

Lokasi wisata ini memang tergolong baru. Sehingga wajar masih jarang para wisatawan mengetahui tempat ini. Baru beberapa waktu lalu obyek liburan untuk keluarga ini terkenal melalui media sosial Instagram. Sehingga menjadi incaran para turis dan para pelancong yg tertarik untuk datang dan berfoto di sini.

Bersantai di Rumah Hobbit. Foto: detik.com

Letak dari Rumah Hobbit ini ternyata tidak jauh dari salah satu lokasi wisata baru dan terkenal di Sleman yaitu The Lost World Castle. Kawasan wisata The Lost World castle yg sempat menjadi permasalahan di kota Yogya ini memang memberikan kepuasan tersendiri. Taman ini memang menjadi salah satu penyangga bagi perekonomian warga di sekitar kawasan wisata tersebut.

Bagi para pelancong yg berlibur ke Jogja, bisa sekaligus mengunjungi Rumah The Hobbit dan juga The Lost World Castle. Hanya dengan berjalan kaki saja sudah bisa mengunjungi kedua lokasi wisata tersebut.

Ketika menginjakkan kaki di lokasi tersebut para pengunjung bisa melihat replika rumah milik Bilbo Baggins. Ukurannya sendiri cukup besar dimana memiliki tinggi mencapai 2 meter. Tentu saja sangat mendukung untuk orang-orang dewasa. Sedangkan lebarnya mencapai sekitar 4 meter. Rumah replika ini bisa dikunjungi oleh siapapun. Dan tentu saja tidak jarang para turis mengabadikan momen liburan mereka dengan latar belakang rumah tersebut.

Menikmati keindahan Rumah Hobbit. Foto: krjogja.com

Selain itu ada pula area taman dengan desain unik serta diolah sedemikian rupa. Taman ini letaknya berada di samping dari replika tersebut. Para wisatawan juga bisa berfoto serta mengambil gambar di area ini. Tentu saja kawasan ini menyajikan suasana alam serta tampilan unik dan juga menarik.

Fasilitas di Rumah Hobbit ini memang sudah cukup memadai walau masih banyak perbaikan. Seperti yang sudah disebutkan di awal bahwasanya ini merupakan lokasi liburan terbaru di Jogja. Sehingga fasilitas di dalamnya memang belum terlalu komplit. Masih banyak perbaikan dan juga beberapa hal yg harus dilengkapi. Akan tetapi fasilitas penunjang dasar di sekitar kawasan wisata Rumah Hobbit ini memang sudah sangat mumpuni. Fasilitas umum yang bisa digunakan oleh para pengunjung dan sudah disediakan dengan baik adalah area parkir, toilet umum dan juga mushola. Selain itu ada pula bagian informasi guna memudahkan para pengunjung untuk memperoleh informasi lengkap.

BacaJuga:  10 Gambar Pantai Sadranan Wonosari Jogja, Tiket Masuk + Snorkeling + Rute Lokasi

Untuk area bagian informasi ini letaknya di kawasan wisata The Lost World Castle. Cukup masuk akal memang, pasalnya Rumah Hobbit Cangkringan ini termasuk ke dalam salah satu lokasi rekreasi The Lost World Castle begitu juga dengan Stonehenge Merapi.

Kala mengunjungi salah satu obyek wisata ini memang sangat murah. Tidak perlu mengeluarkan dana atau budget besar untuk menikmati keindahan yg ditawarkan. Bagi para pelancong yang ingin menikmati keindahan dan kenunikan dari Rumah Hobbit di Cangkringan ini bisa membayar tiket masuk dengan harga sebesar 10 ribu saja per orang. Harganya tidak berubah baik itu hari biasa dan hari libur. Sementara untuk tarif parkirnya sebesar 2 ribu untuk sepeda motor dan juga 5 ribu bagi kendaraan roda 4.

Lalu untuk jam operasionalnya Rumah Hobbit Merapi ini bisa dikunjungi setiap hari. Tidak ada hari libur. Untuk hari Senin sampai dengan Jumat ini para pengunjung sudah bisa menikmati keindahan suasana di sini sejak pukul 7 pagi WIB. Dan akan ditutup pada pukul 18.30 WIB. Sementara untuk hari Sabtu dan Minggu serta libur nasional, tempat ini akan dibuka satu jam lebih awal yaitu di pukul 6 pagi WIB. Sedangkan untuk tutupnya masih sama dan tidak berubah yaitu di pukul 18.30.

Dengan jam operasional hingga 18.30 ini tentu saja membuat para wisatawan bisa menikmati sunset atau matahari tenggelam di sekitar kawasan wisata alam ini. Dijamin para pengunjung bisa mengabadikan 2 momen sekaligus. Yaitu keindahan dan keunikan Rumah Hobbit serta pemandangan dan panorama matahari senja di kala malam. Apalagi para pengunjung juga bisa menikmati keunikan The Lost World Castle dan Stonehenge Merapi dimana masih dalam 1 area.

Ada yang salah? Punya kritik dan saran? Sampaikan di kolom komentar dibawah ini ya kakak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.