Tiket Masuk Rumah Kamera Magelang / Camera House Borobudur, Alamat Wisata + Buka Jam Berapa?

Posted on
Rumah kamera magelang borobudur jogja camera house tiket masuk 2018 malang alamat kaca yogyakarta jakarta wisata majaksingi online pengintai pengawas pemantau pintu surabaya htm gambar season city bali makassar kota denpasar mgl bojonegoro ayani arah buka jam berapa bandung berbentuk bentuk candi indonesia dslr daerah mana dekat dari lokasi foto galeri isi jember jawa tengah tutup jalan barat khusus ibukota kediri keamanan keselamatan letak mungkid maps dimana peta pengaman pemilik rute semarang slr sejarah tempat tentang japan bath tersembunyi untuk west 3d sleman selfie paradise
Rumah Kamera Magelang, foto: phinemo.com

Lokasi: Jalan Majaksingi , Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah
Map: KlikDisini
HTM: Rp.15.000 /Orang
Buka/Tutup: 08.00-19.00
Telepon: 0812-7005-038

Tiga dimensi bisa diaplikasikan dalam karya seni rupa. Karya seni rupa ini biasanya terlihat dari patung dada. Beberapa pahlawan pun diabadikan posturnya melalui patung dada, sebut saja Jenderal A.Yani, Ismail Marzuki, dan sebagainya. Tapi tren karya ini mulai muncul beberapa tahun belakangan dalam bentuk lukisan. Saking kekiniannya, hampir di seluruh Pulau Jawa dan Bali, memiliki tempat wisata yang bertemakan 3 dimensi.

Tentang Rumah Kamera (Camera House) di Magelang

tiket masuk menuju lokasi wisata, foto: tripadvisor.com

Pernahkah Anda membayangkan ada sebuah rumah yang dibangun menyerupai kamera DSLR? Di Magelang, tepatnya 10 menit dari Candi Borobudur, ada seorang seniman yang membuat rumah menyerupai kamera SLR. Pemilik rumah ini adalah seorang Tanggol Angien Jatikusumo, seniman yang berasal dari Semarang dan lama tinggal di Bali.

Awal mulanya ketika Pak Tanggol ingin membeli kamera untuk membantunya melukis. Ketika sudah terbeli,  beliau berpikir bahwa benda ini perlu dirawat dan disayang. Kemudian, terpikirkan kapan rumahnya berbentuk kamera. Dari ide tersebut, Pak Tanggol akhirnya membuat rumahnya mirip seperti kamera DSLR.

Tempat unik yang dibangun pada tahun 2014 ini ternyata berisi galeri seni lukis dari Pak Tanggol. Tak perlu khawatir kelelahan ketika mengagumi karya seni rupa ini. Ada kursi unik yang siap untuk diduduki.

Rumah Kamera (Camera House MGL) ini memiliki tiga lantai jika dihitung dari bawah. Anda bisa menuju ke atas masuk melalui tangga. Sekeliling dinding tangga pun dihiasi dengan karya seni sang seniman. Di lantai 3, atau ujung lensa kamera, Anda bisa melihat pemandangan desa yang sangat asri. Tak hanya itu, Gunung Merapi, Gunung Sumbing, Gunung Merbabu, Gunung Andong, Bukit Menoreh serta Punthuk Setumbu pun bisa dilihat dari sini. Lantai paling atas rumah ini selayaknya lantai pemantau atau pengawas.

wahana cermin. foto: carapiknik.com

Sensasi lain yaitu Anda bisa masuk ke sebuah kamera melalui “lampu flash” sebagai pintu masuk. Bahkan Anda bisa melihat pemandangan dari luar pada bagian mode LCD. Mode ini digunakan sebagai jendela.

Tak hanya lukisan Pak Tanggol yang bisa Anda nikmati tetapi juga lukisan 3D, cafe, serta Gembok Cinta seperti di Paris atau Korea Selatan. Bagi penyuka selfie, tentu tempat ini tak akan dilewatkan begitu saja. Ada beberapa spot yang bagus sekali untuk ber-selfie hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000 per orang. It’s selfie paradise!

Rute menuju Rumah Kamera

Jika Anda datang dari Sleman, sekitar 40 kilometer sudah sampai Magelang. Biasanya Anda hanya mengunjungi Candi Borobudur, saatnya berkunjung ke tempat lain. Rumah Kamera misalnya, tak sampai 1 kilometer dari Candi Borobudur, Anda sudah sampai di sini. Anda bisa mengendarai kendaraan Anda ke arah selatan dari Candi Borobudur. Ada baiknya jika ke sini menggunakan kendaraan pribadi dibandingkan kendaraan umum. Jika Anda bingung bagaimana menuju ke sini, silakan melihat peta agar tak tersesat. Atau bisa menggunakan google maps serta ketik “Camera House” di kolom pencarian.

Serupa tapi Tak Sama

Rumah Kamera mengusung konsep 3D art. Tak hanya rumah kamera, beberapa wilayah di Indonesia pun juga mengusung konsep ini. Diakui bahwa konsep 3D art sangat menarik wisatawan apalagi di tahun 2018. Seperti 3D art yang ada di bawah ini.

keindahan foto di atas bangunan, foto: kompasiana.com
  1. Kampung Tridi, Malang

Berlokasi di Jalan Temenggunan Ledok, Kesatrian, Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur, Kampung Tridi ini bersebelahan dengan Kampung Warna Warni Jodipan. Rumah di sini pun dicat warna warni tapi poin utamanya justru gambar mural 3 Dimensi yang digambar pada tembok warga. Rencananya akan sampai 80 gambar yang siap menemani Anda ber-selfie dan memenuhi instagram feed Anda.

BacaJuga:  10 Foto Bukit Lerep Indah Ungaran Semarang, Lokasi Kolam Renang + Alamat Wisata

Dulu, kampung ini adalah kampung kumuh. Setelah ide mengecat kampung Juanda di Jodipan dengan warna warni, perkampungan kumuh pun menjadi tempat wisata yang terkenal.  Kemudian, Kelurahan Kesatrian ini pun menerapkan gagasan untuk menjadikan kampung ini menjadi Kampung Tridi.

Kampung ini memiliki beberapa gambar seperti tokoh superhero Hollywood, binatang, tema alam, jalan yang dibuat 3 dimensi, dan lainnya. Anda perlu berkunjung ke sini jika ke Malang. Cukup membayar tiket masuk seharga Rp 2.000 per orang, Anda langsung bisa menikmati dan berfoto karya 3 dimensi.

  1. De MATA Trick Eye Museum
salah satu spot foto favorit, foto: tripadvisor.com

Tidak hanya gambar 3 Dimensi, De MATA menampilkan 4 dimensi sampai 5 dimensi. Bertempat di Kompleks XT Square, persisnya di Jalan Veteran 150-151, Umbulharjo, Yogyakarta. Museum ini dianggap sebagai pelopor 3 Dimensi yang ada di Indonesia.

Ada 4 wahana yang ada di museum ini, De MATA 1, De MATA 2, De ARCA, dan D’WALIK. Semuanya memiliki kekhasan dan konsep yang berbeda. Konsep De MATA 1 adalah konsep 3 dimensi dengan total gambar sebanyak 120 buah. Tema yang diusung adalah binatang, alam, fantasi, serta kartun. De MATA 2 juga sama 3 dimensi tetapi dilengkapi dengan wahana 4 dimensi dan Mirror Illusion (Ilusi Kaca).

Ada 50 gambar yang ditambilkan. Jika Anda ingin berfoto dengan kostum Jepang (Japan), Belanda, Mesir ataupun Korea, bisa datang ke sini dan masuk ke  area Photo Studio. Ada teknologi greenscreen yang membuat foto Anda selayaknya di big apple city atau negara tersebut atau di season tertentu. Salurkan bakat tersembunyi Anda di sini.

banyaknya pengunjung yang datang ke rumah kamera, foto: tripadvisor.com

Bagian yang ketiga adalah De ARCA. Konsep museum ini bukanlah membuat candi atau arca tapi koleksi patung karya seniman lokal. Mulai dari patung pahlawan nasional, tokoh dunia, superhero sampai selebriti. Anda bisa mencoba berfoto dengan tokoh favorit Anda di sini. Tak perlu takut kehabisan, ada kurang lebih 100 buah patung yang siap menjadi teman selfie Anda.

Bagian terakhir dari museum ini yaitu D’WALIK Illusiion Room Museum. Wahana ini menampilkan 27 ruangan tematik yang disetting secara terbalik. Ada ruangan yang disetting seperti rumah sakit berhantu, penemuan harta karun, hingga bergaya seperti bintang rock. Anda pun bisa berpose out-of the box di sini.

Buka setiap hari dari pukul 10 pagi dan tutup pukul 10 malam, museum ini memiliki harga tiket masuk yang berbeda di beberapa jam serta beberapa tempat. Pada hari senin sampai jumat dari pukul 10.00-15.00 De MATA 1, De MATA 2, De ARCA dan D”WALIK masing-masing dihargai sebesar Rp 30.000. Anda bisa membeli tiket terusan untuk keempat wahana ini sebesar Rp 100.000. Berbeda di pukul 15.00-22.00, tiket masuk masing-masing wahana menjadi Rp 40.000. Jika ingin membeli tiket terusan bisa dibeli dengan harga Rp 120.000.

Berbeda di hari Sabtu, Minggu, libur nasional atau peak season. Harga tiket masuk menjadi Rp 50.000 per wahana. Tiket terusan pun berlaku menjadi Rp 140.000. Harga ini berlaku dari buka pukul 10 pagi sampai tutup pada pukul 10 malam. Jika Anda berulang tahun pada hari kunjungan, Anda tak bayar apapun alias gratis.

Tak hanya di Jogja, De MATA Trick Eye Museum juga melebarkan sayapnya ke beberapa wilayah di Indonesia. De MATA di Surabaya, Jambi serta Tangerang tetap mengusung konsep 3D. Anda bisa berkunjung ke Surabaya Town Square (SUTOS Mall) jika ingin merasakan foto 3 dimensi di kota pahlawan. Jamoperasional mulai dari pukul 10.00 sampai pukul 22.00 WIB. Harga tiket masuknya mulai dari Rp 25.000 per orang.

BacaJuga:  10 Gambar Pantai Bandengan Jepara 2018 Harga Tiket Masuk + Lokasi Wisata

Jambi Town Square menjadi tempat singgahnya museum 3D, De MATA, Trick Eye Museum. Ada kurang lebih 50 gambar yang bisa Anda jajal disini. Yang terdekat dari Jabodetabek pun juga disuguhkan gambar 3D. Bertempat di Mall Metropolis Tangerang, Anda yang tinggal di wilayah ibukota serta Tangerang pun bisa menikmatinya. Di sini Anda bisa menikmati sekitar 100 gambar dengan berbagai tema. Mulai dari kartun sampai gambar unik lainnya. Museum ini buka dari pukul 10 pagi sampai 10 malam. Siapkan Rp 30.000 untuk biaya masuk pada kunjungan hari biasa dan Rp 35.000 pada hari Sabtu dan Minggu. Lokasinya pun masih bisa dijangkau bagi Anda yang tinggal di Daerah Khusus Ibukota Jakarta dan sekitarnya.

Pada Agustus 2018, Warga Wahyurejo, Kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang atau tepatnya 8 kilometer dari Mungkid, menyelenggarakan lomba menerbangkan layang-layang. Layang-layang yang diterbangkan beraneka bentuk, mulai dari 2 dimensi sampai 3 dimensi. Bahkan bentuknya pun berbagai macam, mulai dari bentuk barong, lebah, kupu-kupu, dan sebagainya.

  1. Bali

daya tarik Rumah Kamera, foto: kompasiana.com

Tak hanya satu tapi dua lokasi yang mengusung konsep ini di Pulau Dewata. Yang pertama, berlokasi di Jalan Nakula Nomor 33X, Kuta, Bali. DMZ Museum dekat dengan Sumset Road, hanya berjarak 100 meter serta 1,6 kilometer dari Pantai Sanur. Bahkan hanya 10 menit perjalanan dari Pantai Kuta.

DMZ ini adalah Korean 3D Trick Art Museum yang buka pada pukul 09.00-10.00 WITA. Isinya adalah gambar-gambar dengan tema Mesir dengan piramidnya, Indonesia dengan gambar candi sampai akuarium di dalam goa. Secara total ada 120 lukisan yang dilukis oleh para seniman dari Negeri Gingseng. Tiket masuk bisa dibeli secara online atau datang langsung dengan menyiapkan uang sebesar Rp 100.000 per orang.

Selain DMZ, Anda juga bisa mengunjungi  Interactive Art Museum (IAM) Bali.  Ada sekitar 100 lukisan 3D, 5 ilusi optik, dan 5 ruangan special effect. Tema-tema nya pun berkisar tentang cerita, budaya yang masih diterima oleh budaya Bali.

Biaya masuk ke IAM Bali ini dihargai Rp 100.000 untuk wisatawan domestik. Namun teman luar negeri Anda musti membayar Rp 120.000 per orang. Jika Anda membawa anak dibawah umur 3 tahun, tidak dikenai biaya masuk. Letak IAM Bali ada di Monumen Bajra Sadhi Lantai Dasar, Jalan Raya Puputan, Panjer, Denpasar, Bali. Tempat ini buka dari pukul 07.00-20.00 WITA.

Di Makassar ada seminan yang membuat lukisan seperti nyata ini dari objek makanan. Seniman Makassar ini bernama Restu Hidayat. Karya nya pun terlihat nyata. Bahkan di salah satu mall di Makassar, GTC, terdapat lukisan berkonsep 3 Dimensi. Anda pun bisa asyik berselfie di lantai 2 tempat lukisan ini berada.

  1. Gumul Paradise Island Kediri
keseruan berfoto di tempat wisata, foto: krjogja.com

Gumul Paradise Island sebenarnya adalah tempat wisata air atau kolam renang. Namun di sini tak hanya taman wisata yang menonjolkan permainan air tapi juga non air. Alamat wahana air ini di Kompleks Simpang Lima Gumul, Kecamatan Sumberejo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Fasilitas non-air yang ada di sini adalah Scary House, Flying Fox, Bioskop 4D, serta 3D Art Studio.  Fasilitas non-air yang disebutkan terakhir adalah wahana favorit di sini. Tentu menyenangkan setelah bermain air, take a bath, langsung foto-foto di layar datar tapi terlihat hidup ini, kan?

BacaJuga:  10 Foto Curug Gomblang Purwokerto, Harga Tikek Masuk, Lokasi Alamat, Jam Buka Tutup + Rute Jalan Menuju Wisata

Harga tiket masuk untuk anak dibawah 2 tahun masih gratis sedangkan di atas 2 tahun berbiaya Rp 35.000 di hari biasa dan akhir pekan Rp 40.000 per orang. Hari biasa dimulai dari hari Selasa sampai Jumat. Hari Senin dibuka hanya ketika high season. Anda bisa mengunjungi tempat wisata ini dari pukul 09.00-17.00 pada hari Selasa, pukul 10.00-17.00 WIB pada hari Jumat. Sedangkan hari Sabtu, Minggu serta hari libur pada pukul 08.00-17.00 WIB.

  1. Omah 3D art Jember

Jika Anda adalah warga Mojokerto, pasti mengetahui tempat ini. Tempat yang dibuat untuk memanjakan pengguna media sosial, Omah 3D Art yang berlokasi di Desa Bejijong,  Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jember, Jawa Timur. Anda bisa berfoto dengan latar belakang kingkong, naga, rumah terbakar, pemandangan, sampai laut. Hanya dengan membayar Rp 8.000 per orang, Anda sudah bisa menikmati omah ini.

Di Jawa Timur, tepatnya Desa Jati Blimbing, Kecamatan Dander, Bojonegoro ada satu karya keren. Salah satu warga Bojonegoro melestarikan wayang Thengul dalam bentuk 3 dimensi. Wayang ini berbahan kayu dan dilengkapi dengan busana.

  1. Old City 3D Trick Art Museum Semarang

Semarang pun tak mau kalah. Old City 3D Trick Art Museum Semarang kini hadir di Jalan Letjend Suprapto, Kawasan Kota Lama Semarang, Jawa Tengah. Ada sekitar 108 foto yang terdiri dari berbagai tema, mulai dari icon dunia, Semarangan, film, maupun kartun. Di sini, pihak pengelola akan mengganti gambar setiap empat bulan sekali agar pengunjung tidak bosan. Tarif yang dikenakan untuk pengunjung yaitu Rp 50.000 per orang dan dibuka dari pukul 09.00-21.00 WIB pada hari Minggu. Pada hari lain dibuka pada pukul 10.00-22.00 WIB.

Bahkan Anda bisa menikmati wahana baru, Omah Kwalik dan Ames Room. Omah Kwalik adalah ruangan yang dipasang dengan posisi terbalik. Sedangkan Ames Room adalah ruangan yang memberikan visual mata dimana orang bisa terlihat besar di satu sisi dan kecil di sisi lain.

  1. Bandung
3d art mba tanggol melukis, foto: tripadvisor.com

Tempat wisata di daerah Bandung memang tak ada habisnya, mulai dari yang kekinian sampai yang bersejarah. Ada satu tempat yang mengusung konsep 3D di Bandung. Soft opening tanggal 1 Januari 2018, Amazing Art World beralamat di Jalan Setiabudhi Nomor 293-295, Bandung, Jawa Barat (West Java). Harga tiket masuk ke museum 3D yang didirikan oleh perusahaan Korea ini adalah Senin sampai Jumat sebesar Rp 100.000 sedangkan Sabtu dan Minggu sebesar Rp 130.000 per orang. Jika Anda membawa anak yang masih mengenyam pendidikan, biaya tiket masuk berbeda. Pada Senin-Jumat sebesar Rp 80.000 sedangkan Sabtu dan Minggu sebesar Rp 100.000 per orang.

Ada yang salah? Punya kritik dan saran? Sampaikan di kolom komentar dibawah ini ya kakak

Anda bisa merasakan digenggam seekor kingkong, diterjang ikan hiu, sebagai pengintai dinosaurus  tanpa pengaman. Bahkan Anda bisa merasakan suasana season yang tak ada di Indonesia. Walaupun tanpa pengaman, keamanan serta keselamatan Anda tetap terjamin. Ini semua berkat teknik 3D yang diaplikasikan di museum ini. Ada 6 galeri, 13 zona, dan 150 spot foto yang siap diabadikan bersama Anda. Anda bisa datang ke sini pada pukul 09.00-21.00 WIB.

One thought on “Tiket Masuk Rumah Kamera Magelang / Camera House Borobudur, Alamat Wisata + Buka Jam Berapa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.