10 Gambar Rumah Kurcaci di Glenmore Banyuwangi, Purbalingga, Lembang Bandung, Magelang, Jogja, Bogor, Bandungan Semarang

Posted on
Rumah kurcaci purbalingga bandung glenmore lembang banyuwangi magelang jogja gambar cikole bogor foto lokasi jawa tengah malang grenden ngawi asli alamat harvest moon a wonderful life animasi bandungan bali bukittinggi batu blitar semarang bantul cisarua harga tiket masuk dari botol bekas sumbar farmhouse gedong songo buka jam berapa snow white dimana letak back to nature hotel imogiri jepara jombang jamur jakarta pusat kuningan kopeng kalibaru kediri kota palu karanganyar lampung wisata tempat mangunan medan misteri nyata pemalang puncak payakumbuh pangalengan para songgon singaraja tegal tenggarong wonosalam taman cafe
Rumah Kurcaci, foto: googleusercontent.com

Menyebut kurcaci, langsung teringat dengan cerita animasi buatan Disney, Snow White. Cerita Disney tersebut sangat mendunia, sampai dibuat versi real nya. Bahkan keberadaan kurcaci pun dianggap misteri bagi beberapa orang.

Ingat games Harvest Moon? Di dalamnya pun ada juga kurcaci yang membantu para petani. Tak hanya itu, bangunan mungil dan menggemaskan pun dijadikan inspirasi di beberapa tempat di Indonesia. Tentu, selain menaikkan pendapatan daerah juga meningkatkan potensi wisata yang dimiliki.

Tentu berbeda dengan rumah kosong yang berada di Pengalengan yang menjadi hits karena film Pengabdi Setan. Beberapa wilayah di bawah ini menjadikan rumah kurcaci sebagai ikon tempat wisata.

  1. Glenmore, Banyuwangi
keindahan Glenmore banyuwangi, foto: dolanjatim.com

Lokasi: Jalan Untung Suropati Nomor 44, Desa Karangharjo, Glenmore, Banyuwangi, Jawa Timur
Map: Klik Disini
HTM: Gratis
Buka/Tutup: 16.00-22.00 WIB
Telepon: 0823-0660-1290

Sebenarnya rumah kurcaci yang ada berlokasi di Glenmore, Banyuwangi ini adalah sebuah kafe. Tempat ini bernama Glen Futsal Cafe & Resto atau Glen Cafe. Ada beberapa bangunan yang dibuat mungil dan itulah pesona dari cafe ini. Anda pun bisa berfoto sepuasnya di sini, asalkan jangan lupa membeli makanan dan minuman yang disediakan.

Bangunan dibuat mungil, berwarna-warni dengan berbagai tema. Glen Cafe sebenarnya baru dibuka di bulan Juni 2018 tetapi animo masyarakat sangat tinggi akan kehadirannya. Ada banyak spot foto yang bisa memuaskan dahaga selfie Anda. Selain rumah kurcaci, hamparan hijau pemandangan yang menyejukkan mata pun menjadi nilai jual di sini.

Untuk menuju ke sini, Anda tak perlu khawatir. Letaknya yang di jalan utama kota Banyuwangi, membuat lebih mudah dicari. Anda tinggal mengarahkan kendaraan ke Jalan Untung Surapati. Patokannya adalah Hotel Minak Jinggo. Jangan lupa siapkan biaya parkir sebesar Rp 2.000.

Tak hanya Glen Cafe, Anda bisa menikmati pesona surga tersembunyi di Kalibaru, Banyuwangi.  Di sini Anda bisa mengunjungi terowongan Kereta Api Merawan, pemandangan yang hijau dan asri. Sebaiknya, Anda menginap jika berkunjung ke sini. Ada banyak penginapan di sekitar Kalibaru bahkan di Kalibaru itu sendiri.

  1. Purbalingga
rumah hobbit kampung kurcaci purbalingga, foto: newsmedia.co.id

Lokasi: Serang, Karangreja, Purbalingga, Jawa Tengah 53357
Map: Klik Disini
HTM: Rp 5.000 per orang
Buka/Tutup: 09.00-17.00 WIB
Telepon: 0853-2526-0851

Kampung Kurcaci Purbalingga menjadi hits akhir-akhir ini. Terletak di Kota Perwira, kawasan yang berjarak 80 kilometer dari Tegal ini menjadi favorit karena keberadaan rumah kurcaci ditambah posisinya yang masih di kaki Gunung Slamet. Anda bisa mengambil gambar di sini karena ditata menjadi instagram-able. Medannya pun tak sulit.

Pada awalnya, kampung ini dibangun untuk sekolah alam bagi anak-anak di desa setempat. Secara filosofis, kampung kurcaci memiliki nilai agar manusia selalu berintrospeksi dan bersyukur. Tak hanya rumah kurcaci yang bisa Anda nikmati di sini. Ada tempat dan spot foto andalan lain yang bisa Anda pilih, seperti camping ground, Curug Lawang,  hutan wisata, tree house, giant swing, perpustakaan, sampai permainan tradisional.

BacaJuga:  10 Gambar Pantai Bama Banyuwangi di Taman Nasional Baluran Situbondo, Snorkeling, Tiket Masuk + Rute-nya

Tertarik mengunjunginya? Anda bisa mengarahkan kendaraan melalui Sokaraja-Kalimanah-Purbalingga kota jika berasal dari arah Purwokerto. Kemudian lanjut ke arah Bobitsari melewati Mrebet dan Bojongsari. Sesampai di pertigaan Serayu, Anda bisa belok kiri ke Desa Serang atau arah pendakian Gunung Slamet. Harga tiket masuk kawasan ini adalah Rp 5.000 per orang dan Rp 2.000 untuk parkir motor.

  1. Bandung
pesona alam yang ada di sekitar tempat wisata, foto: stayinvillalembang.com

Lokasi: Jalan Raya Lembang Nomor 108, Cihideung, Jawa Barat
Map: Klik Disini
HTM: Rp 20.000 per orang
Buka/Tutup: 09.00-21.00 WIB
Telepon: 022-8278-2400

Membicarakan rumah kurcaci belum lengkap rasanya jika tidak menyertakan Kota Kembang. Lokasi pertama adalah Farmhouse Lembang. Bertempat di Jalan Raya Lembang, kawasan ini cukup ramai didatangi pengunjung. Harga tiket masuk sebesar Rp 20.000 bisa ditukar dengan susu murni atau sosis bakar.

Tak hanya itu, Anda bisa menemukan beberapa hewan yang bisa dipegang atau berfoto menggunakan kostum tradisional Eropa. Tempat ini ditata seperti pedesaan di negara Eropa, lengkap dengan hewan ternaknya agar terlihat nyata. Ada baiknya jika Anda mengunjungi Farmhouse saat hari kerja. Hal ini dikarenakan peminat Farmhouse cukup tinggi. Jika sedang ramai, antrian foto pun akan mengular.

Lokasi kedua di Bandung yang memiliki rumah kurcaci sebagai bagian dari tempat wisata adalah Grafika Cikole. Menempuh waktu kurang lebih satu jam dari Farmhouse, Grafika Cikole pas bagi Anda yang menyukai konsep back to nature. Suasana alam yang masih asli dan asri. Beralamat di Jalan Raya Tangkuban Perahu KM.8, Cikole, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat.

Sebenarnya, rumah yang ada di sini bukanlah rumah berukuran kecil tetapi mirip seperti di desa Eropa pada abad pertengahan. Rumah ini sebenarnya adalah Pondok Wisata. Akan tetapi kemunculan patung kurcaci di beberapa spot dan suasananya yang mirip dengan rumah hobit seperti di film Lord of The Rings, menjadikan pengunjung menamainya rumah kurcaci.

Pondok Wisata ini disewakan bagi Anda yang ingin menikmati suasana Grafika Cikole dengan maksimal. Kawasan ini menawarkan fasilitas yang cukup lengkap, mulai dari hotel, pondok wisata, outbond, restoran sampai camping ground. Untuk masuk ke kawasan ini, Anda musti membayar Rp 20.000 per orang. Ada voucher snack yang bisa Anda tukarkan di pondok. You will think have a wonderful life if you come here.

  1. Magelang
pesona yang dimiliki rumah kurcaci magelang, foto: licdn.com

Lokasi: Dusun Grenden, Desa Pogalan, Magelang, Jawa Tengah
Map: Klik Disini
HTM: Hari biasa Rp 5.000/orang. Hari libur Rp 12.000 per orang
Telepon: 0858-6565-7375

Ada satu tempat wisata kekinian yang sedang digandrungi para wisatawan. Terletak di lereng Gunung Merbabu, spot ini menawarkan tempat foto yang menampilkan latar hijau pepohonan. Bukit Grenden sebenarnya adalah jalur alternatif menuju puncak Gunung Merbabu. Walau tak sepopuler Santing atau Selo, tapi kawasan ini dibuat keren dan juga bisa dinikmati.

BacaJuga:  Rute Pantai Sendang Biru Malang Selatan Jawa Timur + 10 Gambar & Tiket Masuk Lokasi

Nama Grenden diambil dari nama dusun dimana memiliki alamat lengkap di Dusun Grenden, Desa Pogalan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Anda bisa menikmati pemandangan hutan pinus, berfoto, sekaligus mengunjungi rumah kurcaci yang dibangun di kawasan ini. Rumah kurcaci ini menjadi spot foto di kalangan pengunjung, Anda pun termasuk.

rute menuju tempat wisata, foto: ngetripyuk.id

Biasanya, rumah kurcaci terbuat dari batu bata dan berwarna-warni, berbeda di Bukit Grenden. Di sini Anda akan menemukan bangunan kecil ala pedesaan, dengan bambu sebagai komoditi utamanya. Kehadiran wisata alam yang diresmikan bulan Juli 2016 ini menjadi pilihan lain bagi Anda yang ingin berwisata ke Magelang.

Jika Anda sudah berada di Ketep Pass, silakan lanjutkan perjalanan Anda ke Bukit Grenden. Dari Ketep Pass, kendarakan kendaraan Anda menuju Salatiga. Seratus meter sebelum Kragilan, Anda akan menemukan spanduk bertuliskan “Wisata Alam Greden Pakis”. Selanjutnya, Anda tinggal mengikuti petunjuk. Wisata alam yang sudah dikelola ini memerlukan biaya masuk sebesar RP 5.000 per orang jika hari biasa. Sedangkan hari libur, tarif naik menjadi Rp 12.000 per orang.

  1. Yogyakarta
Rumah Hobbit jogja, foto: asmarainjogja.id

Lokasi: Jalan Hutan Pinus, Nganjir Mangunan, Dlingo
Map: Klik Disini
HTM: Gratis

Tak jauh dari Hutan Pinus Mangunan, ada kawasan yang memiliki Rumah Hobbit sebagai magnet yaitu Seribu Batu Songgo Langit dipelopori oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Tapi, lokasi ini lebih dikenal dengan Rumah Hobit dibandingkan dengan Rumah Kurcaci. Lokasi sekitarnya masih dipenuhi pepohonan menjadikan Rumah Hobbit di Jogja ini teduh walaupun Anda datang saat siang hari.

Harga tiket masuk masih gratis tetapi Anda perlu membayar biaya parkir sebesar Rp 3.000 untuk motor. Sedangkan mobil perlu membayar sebesar Rp 10.000 per orang. Jika tertarik ke sini, Anda bisa langsung mengarahkan kendaraan Anda ke Jalan Imogiri Timur, lurus sampai bertemu dengan Pasar Imogiri. Kemudian Anda belok kiri. Ikuti saja jalan menuju Makam Raja Imogiri. Namun sebelum makam, belok ke kanan di pertigaan, arah Kebun Buah Mangunan. Tak jauh dari Kebun Buah Mangunan, Anda akan menemukan petunjuk jalan ke Seribu Batu Songgo Langit.

  1. Bogor
rumah the hobbit bogor, foto: tstatic.net

Lokasi: The Ranch Puncak, Jalan Raya Puncak-Cianjur, Nomor 428, Leuwilmalang, Cisarua, Bogor
Map: Klik Disini
HTM: Rp 20.000 per orang
Buka/Tutup: 09.00-21.00 WIB

Pertama kali membuka cabang pertamanya, The Ranch Lembang menarik banyak wisatawan. Selanjutnya pengelola pun membuka cabang selanjutnya di Puncak, Bogor dengan nama yang sama. The Ranch Puncak berjarak 1 kilometer dari Cimory Riverside.  Kawasan ini berdiri di atas tanah seluas kurang lebih 6 hektar. Di sini Anda bisa mengajak seluruh keluarga melihat satwa kelinci, naik kuda, bahkan berfoto di rumah kurcaci serta rumah permen. Walaupun masih dalam tahap pembangunan, Anda tetap bisa menikmati The Ranch Puncak dengan berkuda, panahan, serta makan di restorannya.

BacaJuga:  Wisata Pemandian Air Panas Cangar Batu Malang, Tiket Masuk, Sejarah + Jam Buka

Harga tiket masuk ke kawsan ini dibanderol Rp 20.000. Ini beum termasuk menikmati wahana permainan. Jika Anda ingin menikmati panahan, perlu biaya tambahan sebesar Rp 20.000. Rumah kelinci juga bisa Anda nikmati dengan biaya Rp 25.000, begitu pula dengan berkuda.

  1. Bandungan, Semarang
keseruan berfoto di tempat wisata, foto: instagram.com

Lokasi: Jalan Gedong Songo, Bandungan, Banyukuning, Semarang, Jawa tengah
Map: Klik Disini
HTM: Rp 10.000 per orang
Buka/Tutup: 08.00-23.00 WIB
Telepon: 0899-2208-911

Tak ketinggalan, Kota Lumpia pun memiliki rumah kurcaci sebagai salah satu tempat wisata yang bisa dikunjungi. Bisa dibilang bangunan di sini baru. Bahkan nama sebenarnya dari wisata ini adalah Taman Bunga Celosia.

Anda bisa ke sini melewati Ungaran atau Sumowono. Lalu arahkan ke pom bensin Bandungan yang berada di depan jalan menuju Candi Gedong Songo. Di depan pom bensin, Anda akan menemukan jalan masuk menuju candi. Ikuti saja dan perhatikan sekitar. Jika Anda melihat kincir angin dimana banyak mobil diparkir, di situlah tempatnya.

Anda perlu menyiapkan uang sebesar Rp 10.000 per orang jika ingin mengunjungi kawasan ini. Tak hanya itu, biaya parkir juga dibebankan kepada pengunjung sebesar Rp 2.000 untuk motor.

daya tarik rumah kurcaci, foto: instagram.com

Tak hanya ditujuh tempat di atas, Indonesia masih punya banyak rumah kurcaci. Malang memiliki Desa Hobbit di Taman Kelinci Malang, Rumah Kurcaci Unik di Ngawi, Kubu Hobbit di Desa Pedawa, Singaraja, Bali, Rabbit Park Blitar, Banyumili Wonosalam Jombang, Tenjo Laut Kuningan, Rumah Pohon Tugulasi Karanganyar, Rumah Kurcaci Palu, serta Pakis Blengkunang Pemalang, Bukit Pangonan Pajaresuk Pringsewu Lampung sampai ke Ladaya di Tenggarong.

Di Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar) pun ada rumah mini. Tepatnya di Green House Lezata. Di Jakarta pun Anda bisa menemukan bangunan mungil ini di Central Department Store, Central Grand Indonesia, Jakarta Pusat.

Bahkan Anda bisa mencoba sensasi menginap di Rumah Kurcaci di Jepara. Tepatnya di Desa Kumujan, Kepulauan Karimunjawa. Ingin yang berbeda? Kunjungilah Indian Village di Kediri. Konsep desa Indian ini memang menarik hati. Namun jika Anda hanya ingin menikmati suasana ala Desa Hobbit di Selandia Baru, silakan datang ke Padang Mangateh di Payakumbuh.

Ataupun mengunjungi Rumah Pohon di Wisata Hutan Pinus Songgon. Jika bangunan ini menjadi favorit, Anda bahkan bisa membuat lampu tidur berbentuk rumah jamur kurcaci dari botol bekas. Ada banyak tutorial yang bisa ditiru di youtube.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *