Keindahan Wisata Sanghyang Heuleut Bandung Barat

Diposting pada
Sanghyang heuleut bandung barat tiket masuk cipatat raja mandala bogor terbaru teknologi tulus tour canada contact kulon kabupaten remaja rupiah rumah riau rio roma qadar quark qemu qisa qoraal qoria word warna wanita war wulan witir wikipedia wordpress elementary element youtube yema yellow yuliah yulia yify utama indonesia islam online padalarang perempuan purworejo pisang politeknik polisi lokasi lama laut lengkap lucu luar negeri link lingkungan 43283 kereta api kita korea jakarta jam jepang jember jerawat junior juli jogja johor job hitam hotel harga hermina huruf hot gula garut gambar gitar gigi girl gombak gombal facebook fanfic full futsal firman firma formal formasi ditutup dimana depok dulu download saguling surabaya suliana simple singapore solo solat adalah apa artinya artis anak acar malaysia malang murah motor monata nama negara number nila normal value vaksin palsu vector veera video zodiak zahir rute melompat air tikoro poek mitos bidadari mandi hiking akses fasilitas cimahi arti tempat suci tewas kayangan kisah kahyangan
Sanghyang Heuleut Saguling, Foto: littlefamilyjourney.blogspot.com

Letak: Rajamandala Kulon, Cipatat, Kab.Bandung Barat, 43283
Map: Klik Disini
HTM: Rp. 10.000 per Orang
Buka Tutup: 08.00 – 16.00 WIB
Telepon:

Menyikapi fenomena pesatnya perkembangan teknologi saat ini tentunya bak pedang bermata 2, disatu sisi bila kita menggunakannya dengan baik, tentunya dapat menjadi dongkrak untuk meningkatkan kualitas diri & juga sekitar kita.

Namun bila sebaliknya, tentunya hal – hal buruk pun bukan tak mungkin dapat terjadi.

Sebagai contoh untuk penggunaan media social sendiri, apabila di manfaatkan untuk mencari pengetahuan seperti dampak gula untuk gigi, kejelasan mengenai vaksin palsu dari mantan perawat di hermina, manfaat kulit pisang untuk jerawat, atau sekedar mencari / memberi informasi mengenai job recruitment, tentunya akan sangat bermanfaat baik bagi diri kita maupun orang lain.

Namun bila digunakan untuk hal negative atau hal – hal percuma seperti browsing hot girl, motor bodong hasil curian, gosip artis, ramalan zodiak atau menyebar berita palsu mengenai agama & peristiwa lainnya, tentunya akan sangat merugikan & dapat memicu konflik.

Sanghyang Heuleut Saguling Bandung, Foto: sebandung.com

Ditengah terpaan tren fanfic artis – artis korea & tokoh anime jepang dengan gambar lucu yang melanda remaja masa kini, tentunya kita harus membangkitkan lagi kecintaan & kesadaran akan kekayaan lingkungan di Negara kita sendiri.

Jangan sampai seperti pribahasa bak bujang bujang setahun sudah bertetak, bak gadis setahun sudah memanjangkan Gombak yang berarti sombong karena memiliki kekayaan.

Namun tentunya, apa artinya memiliki kekayaan bila tidak dapat menjaganya. Berwisata alam bisa jadi salah satu pilihan simple bagi kita untuk turut menjaga kelestarian alam Indonesia, hitung – hitung sambil berwisata sambil turut berkontribusi untuk menjaga lestarinya alam sekitar.

Bila di luar negeri seperti di Canada mereka memiliki pingaluit crater, yang merupakan danau hasil bentukan meteor dengan airnya yang jernih. Maka di Indonesia yang merupakan Negara laut & kepulauan, kita pun memiliki banyak sekali spot wisata alam yang tak kalah indahnya.

Beberapa contoh tempat wisata yang memiliki pemandangan indah yang banyak diminati wisatawan mancanegara baik itu dari johor Malaysia maupun singapura.

Diantaranya yakni batang kapas waterfall di riau, situ bagendit di garut, taman sidandang di kaligesing purworejo, air terjun sumber salak di ledokombo jember, Telaga biru candirejo di jogja, grojogan selondo solo, coban nirwana & pulau sempu malang, hingga coban baung Surabaya.

Namun bagi anda warga ibukota Jakarta & sekitarnya, jangan dulu berkecil hati. Karena bandung memiliki banyak sekali destinasi yang tentunya tak kalah menarik dengan daerah lain di Indonesia.

Danau Tersembunyi, Foto: ridwanderful.wordpress.com

Pesona wisata di Bandung memang seolah tidak ada habisnya, kota yang memiliki banyak qoria berbakat ini di anugerahi dengan pemandangan alam yang hijau ditambah dengan udaranya yang sejuk, seolah menjadikan tempat ini sebagai rumah bagi mereka yang ingin melepas penat & bersantai.

Dijaman yang serba online ini, tentunya mencari informasi apapun serba mudah, sambil melanjutkan download film di yify dan beberapa lagu jadul dari grup band element saya pun berusaha mencari info wisata yang unik & belum banyak terjamah orang.

BacaJuga:  10 Pantai Terdekat Dari Bandung Yang Keren dan Eksotis

Saya pun sempat terkejut di tengah pencarian karena yang saya ketahui selama ini dari kawasan yang letaknya sebelum cimahi ini, hanyalah hamparan gunung kapur atau kota baru islam parahyangan yang sempat heboh saat launching perdananya.

Namun ternyata qoraal / tertulis pada Wikipedia, padalarang memiliki 1 wisata yang menarik saya yakni tempat wisata sanghyang heuleut yang terletak di lokasi plta saguling, kabupaten bandung barat rajamandala kulon – padalarang 43283.

Setelah membaca beberapa artikel dari berbagai blog wordpress & lain sebagainya, saya pun langsung menghubungi beberapa teman & junior saya semasa kuliah di politeknik dulu untuk berwisata di daerah cipatat ini.

Setelah menjelaskan panjang lebar via grup chat & terjadi diskusi yang alot seputar dimana tempatnya, bagaimana akses menuju kesana & yang utama berapa tiket masuknya! Hahaha.

Akhirnya yang menyanggupi hanya beberapa teman futsal saya yakni rio & firman, sementara selebihnya yang antusias untuk ikut justru dari kubu perempuan seperti suliana, veera, dan si kembar yulia & yuliah.

Wisata Alam Sanghyang Heuleut Bandung, Foto: dakatour.com

Keesokan harinya notif chat pun bermunculan di hp saya, beberapa teman dari bogor dan depok rupanya sudah berangkat menuju tempat kumpul.

Saya pun bersiap – siap untuk berangkat dari rumah, tak lupa jam yema yang baru saya beli pun ikut melekat di tangan saya.

Begitu settingan qemu saya selesai untuk menjalankan elementary OS, saya pun langsung mematikan ms.word & program yang masih berjalan di laptop saya sedari malam untuk bergegas menuju lokasi kumpul yakni pada stasiun gambir.

Sesampainya di gambir kami pun langsung mencetak tiket reservasi masing – masing yang telah di booking dari beberapa hari sebelumnya, dengan cara seperti ini tentunya lebih memudahkan anda yang ingin bepergian ke luar kota tanpa khawatir ada nya calo.

Berhubung kereta yang kami tumpangi berangkat jam 5 pagi, saya pun menyempatkan diri untuk melakukan solat witir & subuh terlebih dahulu.

Setelah cek apakah rombongan sudah full di tempat, sambil menunggu kereta tujuan cimahi yang akan kami gunakan, saya pun menyempatkan diri menamatkan Novel The Zahir karangan Paul Coelho yang sempat membuat heboh saat berpindah agama menjadi katolik roma.

Beberapa teman pun tak lupa kami melakukan dokumentasi video untuk vlog youtube & foto untuk di unggah ke facebook & instagram, hehehe.

Ramai Pengunjung, Foto: dakatour.com

Sesampainya di cimahi rupanya sepupu rio sudah menunggu kami, kami pun langsung bergegas menuju sanghyang heuleut.

Di temani lagu gombal milik tulus, saya yang awalnya tengah war coc & anak – anak pun terlelap & terbangun saat hamper sampai di tujuan.

Setelah melalui kantor milik plta saguling, kami pun langsung memakirkan mobil di area parker yang tersedia & melanjutkan perjalanan.

Bagi anda yang ingin menggunakan jasa tour guide, disini pun banyak warga sekitar yang menyediakan jasa tersebut, harganya pun relatif mulai dari 5 ribu sampai 30 ribu rupiah per orangnya tergantung berapa banyak rombongan anda, biasanya semakin banyak semakin murah.

Jarak tempuh menuju sanghyang heuleut kurang lebih 5 km atau berkisar 2 – 3 jam tergantung kecepatan berjalan anda, sebelum masuk barang bawaan anda pun akan di periksa oleh security karena nantinya akan melewati daerah pipa air raksasa berwarna yellow yang sebenarnya tertutup untuk umum.

BacaJuga:  Wow! Di Bogor Ada Cafe Murah Pelipur Lara Disaat Tanggal Tua, Ini Dia Daftarnya!
Pemandangan Yang Indah, Foto: dakatour.com

Harga masuk terbaru untuk bulan juli 2019, biayanya hanya 10 ribu rupiah per orangnya, biaya parkirnya pun hanya 5 ribu rupiah untuk motor & 10 ribu untuk mobil, tarif yang terhitung murah & normal untuk kawasan wisata.

Tempat ini sebenarnya belum di kelola oleh pemerintah, Sehingga fasilitas yang tersedia seperti tempat parkir, tangga & jembatan kayu pun murni di sediakan oleh warga sekitar, ditempat ini juga belum tersedia contact number bagi anda yang ingin berkunjung ke tempat ini.

Setelah melalui pipa raksasa dengan vector kemiringan kurang lebih 45 derajat, perjalanan anda akan di lanjutkan dengan jalan setapak di hutan & juga beberapa kali menyebrangi sungai, jadi ada baiknya anda menyiapkan baju ganti agar tidak masuk angin nantinya.

Medan yang ditempuh menurut saya cukup ekstrim, mungkin bagi anda yang terbiasa hiking medan seperti ini sudah biasa, namun bagi anda yang biasa ke tempat – tempat formal saja ada baiknya menyiapkan fisik sebaik mungkin.

Suasananya Terjaga Asri, Foto: dakatour.com

Sanghyang heuleut, sanghyang poek & sanghyang tikoro, memang bagaikan quark yang saling berkaitan dalam satu formasi antara satu sama lainnya.

Nama sanghyang sendiri memiliki arti tempat suci, sementara heuleut berarti selang atau jeda antara dua waktu yang konon katanya sering dikunjungi penduduk kayangan.

Menurut legenda sendiri, sanghyang tikoro merupakan cikal bakal lahirnya kota bandung.

Karena tikoro sendiri memiliki arti kerongkongan, konon disinilah danau purba bandung terserap airnya & menyisakan sanghyang heuleut yang menurut kepercayaan masyarakat sekitar memiliki mitos merupakan tempat mandi bidadari kahyangan & dayang sumbi.

Menurut beberapa kisah kepercayaan, konon di sanghyang tikoro pula lah nantinya bandung akan kembali tenggelam.

Sejuknya Air Danau, Foto: dakatour.com

Terlepas dari mitos yang ada, pemandangan alam yang tersedia tentunya sangat memanjakan mata.

Di sanghyang tikoro sendiri anda akan dapat melihat aliran arus sungai yang masuk menuju gua yang gelap, setelah melalui sanghyang tikoro anda pun akan menemukan sanghyang poek tak jauh dari sini.

Untuk anda yang ingin mengunjungi sanghyang poek dapat memilih jalur tengah yang tak perlu waktu lama, kurang lebih hanya berjarak 10 menit dari sanghyang tikoro anda sudah dapat sampai di sanghyang poek.

Aliran sungai disini tidak sederas di tempat pertama tadi. Medan disini pun memiliki kontur bebatuan besar dengan landscape diagonal, sehingga untuk melaluinya kita perlu mengikuti alur jalan sekitar dan sesuai namanya, sanghyang poek benar – benar hitam / gelap di bagian dalamnya.

Sehingga untuk melihat keindahannya anda perlu senter atau lampu penerangan dari hp.

Setelah itu anda dapat menggunakan titian bambu & tepian sungai untuk menuju ke sanghyang heuleut, bagi anda yang kehabisan perbekalan pun tak perlu khawatir.

Karena disepanjang jalan menuju sanghyang heuleut ini, banyak terdapat warung – warung dadakan yang menjajakan makanan baik itu dijaga oleh wanita maupun laki – laki yang merupakan masyarakat sekitar.

Alunan musik dari grup band monata pun terdengar mengiringi langkah dari beberapa pengunjung yang juga membawa rombongan, sehingga penat yang melanda pun tidak terlalu berasa.

BacaJuga:  10 Gambar Situ Janawi Majalengka, Harga Tiket Masuk, Lokasi Alamat + Jam Buka Tutup

Beruntung saat itu wulan yang merupakan sepupu rio membawa nila merah yang terkenal enak dari waduk saguling itu, apalagi disajikan dengan cara di bakar plus acar & ditemani dengan alunan gitar dan pemandangan indah di sekitar sanghyang heuleut tentunya semakin menambah nikmatnya cita rasa.

Lelah dari perjalanan yang panjang pun terbayar dengan indahnya pemandangan di sanghyang heuleut, dengan airnya yang berwarna hijau kebiruan dan dikelilingi batuan purba.

Penuh Pengunjung, Foto: dwilestariyuniawati.wordpress.com

Tempat ini juga pernah ditutup sekali, kira – kira pada pertengahan November 2015 silam. Penyebabnya adalah karena saat itu jumlah pengunjung yang hadir sangat membludak, sehingga demi keamanan beberapa petugas keamanan & polisi menutup akses menuju sanghyang heuleut.

Bagi anda yang memiliki nyali & bisa berenang, anda dapat mencoba melompat dari salah satu batu yang tingginya kurang lebih 5 hingga 8 meter.

Namun bagi anda yang kurang mahir berenang, tentunya tidak disarankan untuk ikut melompat karena ditempat ini juga sempat terjadi peristiwa yang memilukan, dimana seorang anak remaja harus tewas terseret arus saat hendak menyelamatkan temannya.

Jadi buat anda yang kurang mahir berenang lebih baik menghabiskan waktu dengan berfoto ria / bermain di area tepian saja karena qadar manusia tentunya telah ditentukan oleh Allah SWT.

Sekedar tips bagi anda yang ingin mengunjungi sanghyang heuleut, usahakan berkunjung pada akhir musim hujan agar pemandangan yang anda dapat tidak keruh.

Karena bila anda berkunjung saat musim hujan, biasanya air akan nampak keruh & kecoklatan. Belum lagi medannya yang terjal juga akan menjadi semakin licin & menambah deras debit air di sungai bila dikunjungi pada musim penghujan.

Tips lainnya yakni usahakan datang sepagi mungkin terutama bila anda berkunjung di hari weekend, biasanya tempat ini akan di penuhi banyak pengunjung dari berbagai daerah sehingga mengurangi keindahan / keseruan anda untuk berfoto.

Selain itu karena rute yang harus di tempuh memakan waktu berjam – jam, tentu ada baiknya anda datang sepagi mungkin dan pulang sesegera mungkin sebelum waktu gelap.

Wisata Air Populer di Bandung, Foto: lihat.co.id

Bagi anda yang ingin menginap di sekitar padalarang, tentunya dapat memilih beberapa hotel terdekat seperti mason pine, apartment high livin, hotel simply valore & masih banyak lagi yang lainnya yang dapat anda cari informasinya di google.

Bagaimana? Berminat untuk mengunjungi surga tersembunyi di rajamandala ini? Informasi mengenai tiket masuk, jam buka & link untuk menuju peta lokasi sudah tersedia lengkap di awal artikel.

Siapa tahu banyaknya pengunjung yang membagikan pengalamannya dapat menarik perhatian pemerintah setempat atau beberapa firma besar untuk mengelola tempat ini menjadi memiliki value yang lebih baik, mana tahu kamu bisa menemukan qisa (dibaca kisa dengan huruf k) milik para bidadari, hahaha.

Yuk ajak semua teman – temanmu berkunjung & viralkan tempat ini! Mari majukan wisata Indonesia!.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.