10 Gambar Saung Angklung Udjo Bandung, Sejarah, Harga Tiket Masuk, Alamat, Fasilitas + Nama Pemain Belum ada Bintang

Posted on
Saung angklung udjo kota bandung jawa barat 40192 tiket masuk wikipedia review alamat buka jam berita eksistensi yang berada di berdirinya warisan budaya biaya biografi biodata pemain kaa mang kapan sanggar didirikan kesimpulan keunikan keunggulan keterangan kursus laporan kunjungan jadwal ke kita wedding website english waktu pertunjukan demonstrasi wayang golek wudhu wulan inggris wong word entrance fee reviews restoran reservasi dekat rambut rute menuju rumah makan angkot riau root tutup ticket price tarif noah feat langit tak mendengar mp3 telepon telp terletak tentang tujuan showtime tour tari topeng toko souvenir youtube yks yayasan pendapat unesco asal usul gambaran umum untuk pelajar is in instagram on twitter opening hours observasi operasional performance pdf time profile paket pagelaran peta purwokerto putra pos pompa location logo lokasi download lagu letak lengkap geografis luas lingkaran lirik listrik lowongan jl padasuka pasirlayung jual jumlah pengunjung jiban jokowi harga history htm heef hukum hujan hotel host guest house google gif girl gila facebook fasilitas foto fajar fungsi descrption dalam daeng daya tarik daerah bahasa deskripsi denah describe pada tahun sejarah video schedule show sarana dan prasarana sewa sendi susunan acara sinopsis singkat situs resmi adalah arumba teh amel artikel nama anggota apa itu akses aktivitas pembawa murid musik museum visi dan misi mobil motor movie ngalagena nomor no village valak vega voucher vogel co id contact person cerita cara daftar pembuatan cilacap cilaca seni sunda alat cagar kesenian ajo
Harga Tiket Masuk ke Wisata, Foto: reportaseharga.com

Lokasi: Jl. Padasuka No.118, Pasirlayung, Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40192
Map: KlikDisini
HTM: Rp.40.000 – Rp.100.000/Orang
Buka/Tutup: 08.00 – 20.00
Telepon: (022) 7271714

Bandung merupakan salah satu kota di jawa barat yang memiliki banyak sekali tempat wisata, tak hayal jika banyak wisatawan yang datang mengunjungi kota bandung. Paris Van Java merupakan julukan untuk kota Bandung ini, hal ini karena kota tersebut memiliki banyak pilihan wisata yang menarik dan sangking banyaknya tempat wisata di Bandung, akan membuat anda bingung untuk berwisata kemana.

Nah untuk anda yang ingin berwisata ketempat yang berbeda, menarik dan mendidik maka anda dapat mencoba untuk mengunjungi Saung Angklung Udjo. Tentu saja anda pasti bertanya apa itu saung angklung udjo ? perlu anda ketahui bahwa Saung Angklung Udjo atau biasanya di singkat menjadi SAU merupakan tempat wisata budaya di Bandung yang memiliki fasilitas lengkap, mulai dari area pertunjukan, pursat kerajinan bambu dan di sana juga sering mengadakan worshop mengenai alat musik yang berasal dari bambu. Dengan anda mengunjungi SAU, maka selain anda akan berwisata anda juga akan ikut dalam melestarikan budaya sunda, khusunya Angklung.

Kegiatan Menari di Tempat Wisata, Foto: reportaseharga.com

Selain untuk tempat wisata keluarga, Saung Angklung Udjo juga bisa dijadikan untuk tampat berkunjung untuk tombongan sekolah yang ingin mempelajari budaya tradisonal secara langsung. Karena kegiatannya tersebut membuat SAU mendapat perhatian dunia Internasional sehingga banyak juga wisatawaan dari negara asing yang datang untuk mengunjungan tempat wisata unik di Bandung ini. Banyak sekali kegiatan yang ada di dalam saung angklung udjo, mulai dari elemen interior rumah, dekorasi dan gemerincingnya suara alat musik bambu ada di dalam SAU.

Sejarah Berdirinya Saung Angklung Udjo

Orkestra Angklung, Foto : topindonesiaholidays.com

Asal usul Saung Angklung Udja dibangung pada tahun 1996 oleh Udjo Ngalegena atau lebih dikenal dengan nama Mang Udjo yang dibantu istria, Uum Sumiati, dimana mereka berdua memiliki tujuan untuk melestarikan seni dan budaya khususnya budaya sunda. Mang Udjo sendiri adalah seorang seniman angklung yang berasal dari jawa barat yang lahir pada 5 Maret 1929, Udjo Ngalagena sudah menengnal kesenian angklung sujak beliau berumur 4 tahun sehingga tidak heran jika mang Udjo sangat mahir dalam memainkan angklung dan sangat mencintai kesenian ini hingga akhirnya dia membangun Saung Angklug Udjo.

Di usianya yang masih balita Udjo sudah mempelajari Angklung dalam dua tangga nada dasar, yaitu pentatonik dan diatonik, hal tersebutlah yang membuatnya mahir memaikan berbagai macam jenis musik mulai dari musik tradisional sunda hingga lagu-lagu populer yang ada di Indonesia dan Belanda.

Bermain Angklung Bersama, Foto: indonesia-tourist-spots.blogspot.co.id

Kemahiran Mang Udjo dalam kesenian membuat ia bisa menjadi guru kesenian di beberapa sekolah di kota Bandung dan karena keinginannya untuk terus mempelajadi kesenian musik membuat Udjo belajar seni sunda dari para maestro terkanal pada saat itu seperti Mang Koko seorang ahli kecapi, Rd. Machyar Angga Kusumahdinata seorang seniman gamelan dan Daeng Soetigna seorang inventor Angklung diatonik, karena kemahirannya di dalam dunia seni membuat Udjo di angkat menjadi asisten Daeng Soetigna yang mewakilinya untuk memimpun suatu pertunjukan orkestra musik Angklung.

Selain mahir dalam memainkan Angklung, mang udjo juga mahir dalam memainkan beberapa alat musik tradisional seperti, gamelan, kecapi dan juga bernyanyi lagu daera dengan bahasa Indonesia maupaun bahasa Belanda, selain itu mang udjo juga mendalami seni bela diri tradisional yaitu pencak silat.

BacaJuga:  60 Wisata Lembang Maribaya Terbaru 2018 Murah Meriah: Dusun Bambu dan Bandung Ala Eropa

Sekarang ini Saung Angklung Udjo di teruskan oleh putra putri mang Udjo, sehingga membuat SAU memiliki jumlah pengunjuk semakin ramai karena banyak sekali kegiatan yang ada di dalam tempat ini.

Lokasi Saung Angklung Udjo

Peta Wisata Bandung Menuju Ke Lokasi, Foto: mignonesia.blogspot.co.id

Saung Angklung Udjo berada tidak jauh dari pusat kota Bandung yakni berada di dalan padasuka Nomor 118, sehingga untuk bisa tiba ketempat wisata ini sangat mudah dan dapat di akses oleh kendaraan pribadi, anda juga tidak perlu khawatir tersesat atau kelewatan karena SAU ini sangat unik dengan bangunan yang rata-rata terbuat dari bambu. Jika anda berasal dari jabodetabek maka anda hanya perlu keluar pintu tol Pasteur kemudia lurus naik flay over melintasi Jalan Surapati dan Jalan Ph. Hasan Mustapa, kemudian Anda akan melihat papan penunjuk Saung Angklung Udjo di ujung Jalan Padasuka. Setelah itu anda tinggal berbelok mengikuti papan petunjuk tersebut sekitar 300 meter saja anda akan tiba di letak Saung Angklung Udjo.

Sedangkan untuk anda yang menggunkan angkutan umum, anda hanya perlu naik angkot nomor 06 rute Cicaheum – Ciroyom dari Surapati kemudian turun di perempatan Padasuka, dari situ anda tingga berjalan kaki sekitar setengah kilo meter menuju Saung Angklung Udjo.

Harga Tiket Masuk Saung Angklung Udjo

Ketika anda sudah di depan tempat Saung Angklung Udjo untuk bisa masuk ke dalamnya anda di kenakan biaya tiket masuk, namun tenang saja karena untuk masuk ke SAU tidaklah mahal. Di mana untuk harga tiket dewasa wisatawan dalam negeri dikenakan biaya 60ribu sedangkan untuk luar negeri dikenakan biaya 100ribu, untuk wisawatan pelajar dalam negeri dikenakan biaya 40ribu sedangkan untuk pelajar dari luar negeri dikenalan biaya 60ribu. Selain itu jika anda membawa anak berusia di bawah 3 tahun maka tidak akan dikenakan biaya masuk alias free.

Harga tiket masuk tersebut sudah meliputi tiket pertunjukan, minuman dan souvenir gantungan kunci berbentuk angklung. Tentu saja harga tersebut sangat murah, mengingat Saung Angklung Udjo memiliki banyak sekali kegiatan dan fasilitas yang akan menambah wawasan anda dan selama di salam Saung Angklung Udjo ini anda dibebaskan untk berfoto maupun membuat video yang bisa dibuat kenang-kangangan. Jam operasional SAU buka dari jam 8 pagi hingga tutup jam 10 malam

Kegiatan di Saung Angklung Udjo

Pertunjukan Seni Tari , Foto: cumilebay.com

Di dalam Saung Angklung Udjo anda tidak hanya akan melihat pertujukan atau bermain angklung saja, namun banyak sekali kegiatan di dalam SAU yang bisa di ikuti atau dinikmati oleh para pengunjung semunya. Lalu apa sajakah kegiatan yang ada di dalam Saung Angklung Udjo ? untuk lebih jelasnya mari perhatikan ulasannya dibawah ini.

Saung Angklung Udjo selalu menghadirkan pagelaran pertujukan yang dimainkan rata-rata oleh anak didik Saung Angklung Udjo, di mana mereka semua memiliki umur sekitar 10 tahun kebawah. Namun meskipun tergolong masih anak-anak mereka tetap memiliki ketrampilan yang begitu mengagumkan yang akan membuat kita takjub kita melihat mereka semua sedang pentas.

BacaJuga:  Tiket Masuk Pantai Cibangban Sukabumi + Hotel Penginapan di Pelabuhan Ratu Jawa Barat

Untuk jadwal performance atau kunjungan setiap harinya dibagi menjadi beberapa waktu yakni pagi, siang, sore dan malam. Untuk pertunjukan pagi akan dimulai jam 10 hingga setangah 12, untuk siang jam 1 hingga jam setengah 3, sore jam 3 sampai jam 5, sedangkan untuk pertunjukan pada malam hari dimulai pukul 6 sampai 8 malam.

Pertunjukan kesian tidak terbatas hanya di lokasi Saung Angklung Udjo saja, melainkan anda juga bisa mengundang kesian yang yang di SAU untuk di mengisi acara diberbagai tempat. Ada beberapa pertunjukan seni yang dapat anda saksikan di tempat ini, yaitu :

Pertunjungan Angklung, Foto: tripadvisor.com
  1. Angklung Orkestra

Seperti halnya dengan namanya, tentu saja pertunjukan orkestra angklung ada di dalamnya. Namun di Angklung Orkestra ini tidak hanya memainkan lagu daerah saja, melainkan akan memaikan semua jenis lagu mulai dari lahi anak-anak hingga lagu yang sedang trend saat ini.

  1. Bermain Angklung Bersama

Selain menikmati pertunjukan Angklung Arkestra, anda juga bisa bermain angklung bersama. Di mana penonton juga akan diberikan kesempatan untuk bermain angklung yang dipinjami oleh anak-anak bimbingan SAU. Dengan bimbingan dan instruksi dari Saung Angklung Udjo, maka anda akan dengan mudah untuk memaikan beberapa lagu bersama dengan penonton lainnya.

  1. Wayang Golek

Selain bermain musik, Saung Angklung Udjo juga memiliki pertunjukan berupa pementasan boneka kayu khas sunda. Di mana di dalam setiap pementasan wayang golek di Saung Angklung  Udjo selalu diselipkan beberapa pesan moral, sehingga penonton juga akan mendapatkan pelajaran hidup dari pementasan tersebut.

  1. Tari Topeng

selain itu ada juga pertunjukan seni tari, di mana tarian khas Cirebon ini akan menemani anda ketika berkunjung ke tempat wisata ini. Tari topeng ini sinopsis singkat seorang wanita yang menyamar sebagai mata-mata suatu kerajaan, karena itu lah penarinya menggunkan topeng berwarna merah yang melambangkan suatu penyamaran. Pada akhir cerita para penari akan mengjak penonton untuk menari dan bernyanyi bersama.

  1. Helaran

Pertunjukan selanjutnya yang bisa anda nikmati adalah Helaran, di mana pertujukan tersebut merupakan sebuah upacara tradisional yang bertujuan untuk mengibur dan bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, oleh karena itulah musik yang ada di dalam pertujukan Helaran bersifat riang dan membawa semangat tinggi.

Dengan di adakan pertunjukan tersebut, pengelolah Saung Angklung Udjo berharap semua wisatawan baik dari dalam maupaun luar negeri mengetahui budaya yang ada di daerah jawa barat. Selain mengadakan beberapa pertunjukan seni tradisional, Saung Angklung Udjo juga menjual berbagai macam alat musik tradisional yang terbuat dari bambu seperti Calung, Angklung, Aramba dan alat musik bambu lainnya.

Fasilitas Saung Angklung Udjo

saung angklung udjo arts and gallery, Foto: vanjavatour.com

Alat Musik Buatan Saung Angklung Udjo, Foto: photobucket.comSaung Angklung Udjo memiliki fasilitas yang lengkap, dimana di tempat wisata edukasi unik ini anda akan mendapatkan fasilitas yang dapat menambah wawasan anda mengenai budaya tradisional. Lalu apa saja fasilitas yang ada di dalam Saung Angklung Udjo ? untuk lebih jelasnya mari perhatikan ulasannya di bawah ini.

  1. Bale Karesemen

Sebagai tempat wisata budaya yang memiliki berbagai pertunjukan pentas seni sudah sewajarnya memiliki tempat pertunjukan seni, nah Bale Karesemen ini merupakan tempat yang biasanya dibuat untuk melakukan berbagai macam petunjukan pentas seni yang di adakan oleh SAU. Di Bale Karesemen terdapata sebuah panggung yang digunkan untuk tampat pertunjukan dan kursi yang terbuat dari kayu untuk tempat duduk penonton.

  1. Buruan Sari Asih
BacaJuga:  10 Gambar Curug Cimahi Bandung, Mitos + Harga Tiket Masuk Lokasi Alamat Wisata Indah

Setelah anda capek berputar – putar di wilayah SAU anda bisa bersantai di buruan sari asih, di mana tempat tersebut merupakan tempat untuk bersantai sambil menikmati suasana khas sunda.

  1. Sentra Penyuluhan Kehutanan

Saung Angklung Udjo berkerjasama dengan dinas kehutaan, untuk itulah diadakan suatau kegiatan penyuluhan yang bertujuan untuk membertahukan betapa pentingnya untuk menjada dan memelihara pohon, sehingga dapat tetap berkontribusi untuk lingkungan sekitar.

  1. Tempat Produksi Alat Musik

Di tempat wisata ini anda tidak hanya akan di suguhi suatu pertunjukan saja, namun juga ada tempat untuk bisa meilihat proses pembuata alat musik tradisional dari bambu seperti angklung dan di tempat ini juga anda bisa belajar cara mebuat angklung yang baik.

Alat Musik Buatan Udjo, Foto: photobucket.com
  1. Dapur Udjo

Untuk anda yang suka dengan kuliner khas daerah tentunya anda tidak boleh melewatkan restoran dapur Udjo, hal ini karena di tempat tersebut anda bisa menikmati makanan dan minuman khas sunda dengan daftar harga yang sangat murah dan memiliki rasa yang enak.

  1. Toko Souvenir

Bagi anda yang ingin membeli oleh-oleh untuk keluarga di rumah, maka anda bisa mengunjungi toko souvenir yang ada di dalam Saung Angklung Udjo yang menjual berbagai macam oleh-oleh seperti alat musik tradisional dari bambu, camilan dan juga pernak-pernik yang terbuat dari bambu.

Itu lah beberapa fasilitas yang ada di dalam tempat wisata edukasi di kota Bandung ini, selain itu Saung Angklung Udjo juga memiliki lahan parkit yang luas, sehingga anda yang membawa kendara pribadi tidak perlu takut tidak bisa memarkirkan kedaraan anda.

Sejarah berdirinya Tempat Wisata, Foto: gravity-adventure.com

Untuk anda yang ingin mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai Saung Angklung Udjo bisa mengunjungi beberpa social media atau sirus resmi yang dimiliki oleh SAU, yaitu :

  1. Facebook        : Saung Angklung Udjo
  2. Twitter            : @angklungudjo
  3. Instagram       : @angklungudjo
  4. Website           : angklung-udjo.co.id
  5. Youtube           : Saung Angklung Udjo
  6. Email                : info@angklung-udjo.co.id
  7. contact person : +62 22 727 1714

Nah itu lah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Saung Angklung Udjo Bandung, tentu masih banyak lagi wisata edukasi yang unik di kota paris van java tersebut untuk itu jangan lupa untuk membaca artikel lainnya, karena masih banyak lagi informasi seputar tempat wisata yang dapat anda dapatkan secara lengkap. Sekian informasi dari kami dan semoga informasi di atas bermanfaat untuk anda.

Ada yang salah? Punya kritik dan saran? Sampaikan di kolom komentar dibawah ini ya kakak

Berapa Bintang yang Pantas Untuk Tempat Diatas?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.