Saung Angklung Udjo, Teater Seni di Bandung Yang Sudah Mendunia

Diposting pada
5.0
03
Saung angklung udjo kota bandung jawa barat 40192 tiket masuk wikipedia review alamat buka jam berita eksistensi yang berada di berdirinya warisan budaya biaya biografi biodata pemain kaa mang kapan sanggar didirikan kesimpulan keunikan keunggulan keterangan kursus laporan kunjungan jadwal ke kita wedding website english waktu pertunjukan demonstrasi wayang golek wudhu wulan inggris wong word entrance fee reviews restoran reservasi dekat rambut rute menuju rumah makan angkot riau root tutup ticket price tarif noah feat langit tak mendengar mp3 telepon telp terletak tentang tujuan showtime tour tari topeng toko souvenir youtube yks yayasan pendapat unesco asal usul gambaran umum untuk pelajar is in instagram on twitter opening hours observasi operasional performance pdf time profile paket pagelaran peta purwokerto putra pos pompa location logo lokasi download lagu letak lengkap geografis luas lingkaran lirik listrik lowongan jl padasuka pasirlayung jual jumlah pengunjung jiban jokowi harga history htm heef hukum hujan hotel host guest house google gif girl gila facebook fasilitas foto fajar fungsi descrption dalam daeng daya tarik daerah bahasa deskripsi denah describe pada tahun sejarah video schedule show sarana dan prasarana sewa sendi susunan acara sinopsis singkat situs resmi adalah arumba teh amel artikel nama anggota apa itu akses aktivitas pembawa murid musik museum visi dan misi mobil motor movie ngalagena nomor no village valak vega voucher vogel co id contact person cerita cara daftar pembuatan cilacap cilaca seni sunda alat cagar kesenian ajo
foto by instagram.com/keishangapon/

Alamat: Jalan Padasuka Nomor 118, Pasirlayung, Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40192
Map: Klik Disini
Jam Buka: 08.00-22.00 WIB (Senin-Minggu)
No. Telp: 022 727 1714

Harga Tiket Masuk

HTM: Rp 50.000 – Rp 110.000,-
Parkir Motor: Rp 3.000,-
Parkir Mobil: Rp 5.000,-

Sebagai salah satu tempat wisata seni dan budaya yang sudah sangat populer bahkan bukan hanya di kalangan masyarakat Bandung saja, tetapi juga sampai keluar negeri, harga tiket masuk Saung Angklung Udjo ini bisa dibilang masih cukup terjangkau.

Terdiri dari dua macam tiket yaitu anak-anak dan dewasa. Untuk anak-anak dibanderol dengan harga 50ribu (Weekdays) dan 55ribu (Weekend). Sedangkan orang dewasa 70ribu (Weekdays) dan 75ribu (Weekend). Namun, untuk anak-anak yang berusia dibawah empat tahun tidak dikenai tiket masuk.

Harga tiket tersebut sudah include dengan welcome drink berupa teh atau air mineral dan juga souvenir angklung berbentuk gantungan kunci. Dengan tarif yang masih tergolong terjangkau ini kamu akan dimanjakan dengan pertunjukan serta pemandangan yang indah.

foto by instagram.com/barikopras_0735/

Wisatawan Saung Angklung Udjo bukan hanya domestik saja lho, ada mancanegaranya juga. Nah, untuk tiket wisatawan mancanegara sendiri dibanderol dengan harga 110ribu hari biasa sedangkan akhir pekan atau libur nasional tarifnya 115ribu.

Selain mempersiapkan kocek untuk tiket masuk, kamu juga harus membawa receh guna membayar parkir nih guys. Parkir di area Saung Angklung ini cukup luas, tarif untuk motor dikenai harga sekitar 3ribu dan mobil 5ribu.

Rute Menuju Lokasi

Saung Angklung Udjo berlokasi di Jalan Padasuka Nomor 118, Cibeunying Kidul. Cara untuk bisa mencapai lokasi wisata ini pun cukup mudah, kamu bisa pilih mau naik kendaraan pribadi ataupun moda transportasi umum.

BacaJuga:  6 Rekomendasi Tempat Nongkrong di Bekasi Yang Buka 24 Jam
foto by instagram.com/bundahasandi/

Jika kamu berasal dari Jakarta, rute terbaik yang perlu dilalui adalah Tol Cipularang-Pasteur. Setelah exit tol, ambilah arah menuju fly over Pasopati dan selanjutnya ikutilah papan petunjuk ke arah Cicaheum. 100 meter sebelum Terminal Cicaheum, beloklah sesuai dengan arah di papan petunjuk yang menuju Jalan Padasuka. Tak jauh dari belokan, kamu akan tiba di Saung Angklung Udjo.

Sedangkan kalau kamu menggunakan transportasi umum, jika dari arah Surapati gunakanlah angkot nomor 6 jurusan Cicaheum-Ciroyom. Perjalanan menggunakan angkot akan terhenti ketika kamu sudah tiba di perempatan Padasuka. Dari perempatan kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju Saung Angklung Udjo menggunakan ojek ataupun jalan kaki, deket kok jaraknya cuman 500 meter.

Fasilitas Saung Angklung Udjo

foto by instagram.com/deeangumilar/

1. Buruan Asih

Buruan asih adalah sebuah tempat yang bisa digunakan oleh pengunjung sebagai lokasi untuk beristirahat sambil ditemani suasana khas Sunda.

2. Sentra Penyuluhan

Sebagai wisata edukasi budaya dan seni, Saung Angklung Udjo juga memberikan fasilitas berupa kegiatan penyuluhan mengenai cara memelihara pohon yang baik dan benar serta peran dalam berkontribusi terhadap lingkungan sekitar.

3. Bale Karasemen

Bale Karasemen adalah sebuah tempat untuk berkumpul sekaligus lokasi pertunjukan seni. Bale Karasemen ini terdiri dari panggung beserta tempat dudukan kayu yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk menonton pertunjukan.

foto by instagram.com/donrasdi/

4. Pusat Produksi Angklung

Buat kamu yang penasaran pengen liat proses pembuatan alat musik tradisional angklung secara langsung, datanglah ke Pusat Produksi Angklung ini gengs. Kamu bisa melihat dan belajar bagaimana cara membuat angklung dengan kualitas terbaik.

5. Dapoer Angklung

Dapoer Angklung adalah tempat paling cocok untuk kamu yang ingin berburu kuliner khas Sunda dengan cita rasa orisinil. Ragam kuliner yang ada di Dapoer Angklung ini sangat beragam, seperti makanan2 khas Bandung yakni Siomay dan Batagor.

BacaJuga:  10 Travel Bandung Ke Purwokerto Dengan Ongkos Mulai Rp 70.000

Selain makanan2 khas Nusantara, Dapoer Angklung juga menyuguhkan aneka menu western, mengingat pengunjung disini ada wisatawan mancanegaranya juga. Untuk harga setiap makanan dan minuman di Dapoer Angklung ini pun masih cukup terjangkau.

6. Toko Souvenir

foto by instagram.com/babasharriyanto/

Sudah sepantasnya jika ditempat wisata terdapat toko souvenir, begitupun juga dengan Saung Angklung Udjo ini. Jika kamu ingin membeli dan membawa oleh2 khas dari tempat ini, banyak macam cinderamata yang bisa diborong contohnya seperti gantungan, sepatu, tas, sampai kaos.

7. Aula

Tak hanya dijadikan sebagai destinasi wisata saja, Saung Angklung Udjo ini pun kerap digunakan sebagai venue untuk acara2 resmi seperti pernikahan. Karen hal tersebut, disini terdapat fasilitas aula yang bisa digunakan sebagai tempat untuk menyelenggarakan acara2 itu.

8. Guest House

Pengunjung SAU bukan hanya masyarakat lokal Bandung aja nih guys, banyak juga yang berasal dari luar kota bahkan pulau. Nah, buat kamu yang ingin bermalam disini disediakan juga sebuah guesthouse.

Sejarah Singkat

foto by instagram.com/dhewulandarie/

Saung Angklung Udjo berdiri sejak tahun 1966, dimana pada saat itu tempat ini adalah destinasi edukasi dan rekreasi budaya sunda terbaik yang ada di Bandung. Tempat ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti bale pertunjukan, workshop tentang alat musik bambu, serta aneka kerajinan bambu juga.

Tempat ini sangat cocok dinikmati bersama orang2 terdekat mengingat suasana yang ditawarkan cukup asri dan segar. Ciri khas dari Saung Angklung Udjo ini adalah penggunaan ornamen bambu yang mendominasi seisi ruangannya.

foto by instagram.com/suramiharja_/

Tokoh dibalik berdirinya Saung Angklung Udjo ini adalah Udjo Ngalagena atau lebih dikenal sebagai Mang Udjo bersama dengan istrinya. Awal mula tujuan didirikannya tempat ini adalah adanya keinginan untuk melestarikan seni dan budaya tradisional khas Sunda.

BacaJuga:  Trans Studio Cibubur, Indoor Theme Park Baru di Depok

Mang Udjo sendiri adalah seorang tokoh seniman angklung terkenal yang berasal dari Jawa Barat. Mang Udjo ini sudah sangat dekat dengan kesenian angklung dari sejak baru usia 4 tahun. Sebagai bentuk kecintaannya kepada alat musik bambu itulah, Mang Udjo berinisiatif mendirikan tempat ini.

foto by instagram.com/dhitofachru/

Mang Udjo lahir pada tanggal 5 Maret 1929 dan beliau meninggal di usianya yang ke-72 yakni 3 Mei 2001. Meskipun Mang Udjo sudah meninggal, namun Saung Udjo ini dikelola oleh kesepuluh anaknya. Terbukti Saung ini bisa berdiri dan jaya sampai sekarang hingga dikenal oleh dunia internasional.

Melalui Saung Angklung Udjo ini pengunjung akan diedukasi tentang kebudayaan dan kesenian khas Jawa Barat. Tak hanya bisa menikmati keasrian lingkungan sekitarnya, pengunjung pun diberi kesempatan untuk menjajal memainkan alat musik angklung tersebut.

Jadwal Pertunjukan

foto by instagram.com/rikaokd/

Saung Angklung Udjo ini buka setiap hari dari Senin-Minggu dengan jam operasional mulai pukul 08.00-22.00 WIB. Namun jika kamu ingin menonton atraksi teater ataupun seni kebudayaan khas Sunda ketahuilah dulu jadwal pertunjukan di Saung Angklung Udjo ini.

Setiap harinya Saung Angklung Udjo ini menampilkan 8 sesi pertunjukan yang dimulai dari jam 15.30 sampai 17.00. Pertunjukan ini bukan hanya diisi dengan atraksi seni musik angklung saja, tetapi ada juga aktivitas lain yang bisa kamu tonton dan lakukan juga beberapa diantaranya seperti wayang golek, helaran, tari topeng, angklung orkestra, serta menari, menyanyi dan main angklung bersama.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

One thought on “Saung Angklung Udjo, Teater Seni di Bandung Yang Sudah Mendunia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.