Mandiri Sayang Kaak Ciamis, Wisata Instagramble dengan Spot Keindahan Alam

Diposting pada

Akhir pekan menjadi hari yang biasa digunakan masyarakat untuk berlibur. Di Ciamis, banyak pilihan tempat wisata yang cukup bagus dikunjungi. Namun, bagi anda yang memilih berwisata ke lokasi wisata yang paling dekat dengan pusat Kota Ciamis dengan biaya murah meriah, Wana Wisata Mandiri Sayang Kaak pilihannya.

Berada sekitar 3 kilometer dari pusat kota Ciamis, Mandiri Sayang Kaak kini menjadi salah satu wisata favorit di Ciamis. Beralamat di Dusun Cikatomas Desa Handapherang Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, objek wisata ini cocok untuk pengunjung yang suka foto-foto Instagramble. Karena di tempat ini banyak spot untuk swafoto dengan latar belakang panorama indah.

Walau masih terbilang baru karena dibangun sekitar tahun 2017, namun objek wisata yang menyuguhkan pemandangan alam aliran sungai Citanduy ini cukup hits di kalangan anak muda.

Sedikitnya ada 9 titik spot foto atau ranggon selfie yang bisa digunakan wisatawan untuk mengambil gambar. Mulai dari berbentuk love, Sangkar burung, dan tempat nongkrong di atas tebing.

Latar belakangnya merupakan hutan dan tebing dengan pohon yang hijau, serta di bawahnya adalah Sungai Citanduy dan persawahan yang hijau. Di seberang Sungai Citanduy merupakan wilayah Kabupaten Tasikmalaya.

Di Mandiri Sayang Kaak ini juga terdapat beberapa wahana lainnya, khususnya bagi anak-anak. Seperti flying fox anak, arena bermain anak dan outbond anak. Harga tiketnya cukup terjangkau hanya Rp 7.000/orang sudah termasuk asuransi dan pajak daerah. Murah kan? memang tempat ini bisa menjadi alternatif wisata murah di Ciamis, namun menyuguhkan fasilitas yang cukup menarik untuk dikunjungi.

BacaJuga:  10 Gambar Taman Corat Coret Bogor, Harga Biaya Masuk, Lokasi Alamat, Rute Jalan + Angkot Menuju ke Sana

Mandiri Sayang Kaak ini juga cocok bagi wisatawan yang ingin melepas kepenatan dengan rutinitas sehari-hari. Tempatnya yang cukup sejuk dengan beberapa lokasi tempat istirahat seperti gazebo bisa digunakan untuk makan-makan bersama keluarga sambil menikmati panorama alam.

Tersedia juga lokasi untuk camping ground bagi wisatawan yang ingin berkemah di akhir pekan ini. Wisatawan juga bisa menyusuri turun ke Sungai Citanduy, menggunakan kendaraan off road. Juga bisa melihat mega proyek pembangunan Bendungan Leuwi Keris dari kejauhan.

“Saya penasaran aja, melihat di medsos foto-fotonya bagus, jadi kesini ingin juga foto-foto,” kata Wulan salah seorang wisatawan Ciamis saat ditemui di Mandiri Sayang Kaak Minggu (7/7/2019).

Menurutnya, wisata Grand Sayang Kaak ini bila lebih dikembangkan maka akan semakin dikenal baik wisatawan lokal maupun dari luar daerah. “Saya baru pertama ke sini, tempatnya sangat bagus bisa membuat mata jadi fresh setelah melihat pemandangannya yang indah,” ucapnya.

Pengunjung lain Romadi mengaku sengaja mengajak anak-anaknya berlibur ke Grand Sayang Kaak. Karena selain lokasinya yang cukup dekat dari pusat perkotaan Ciamis, juga murah-meriah. Ia bisa mengajak anak-anaknya melakukan out bond, untuk menumbuhkan keberanian anak-anaknya.

“Lokasinya bagus, ada untuk foto-foto dengan latar yang indah juga ada outbond anak, arena bermain anak. Cukup puas ngajak anak kesini, daripada ngajak main terus di kota sekali-sekali ke alam,” jelasnya.

Wana Wisata Mandiri Sayang Kaak saat ini dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Hanjuang Desa Handapherang. Saat ini Mandiri Sayang Kaak yang berada di dusun Cikatomas itu terus dibenahi, untuk menciptakan kenyamanan bagi pengunjung.

Ketua Pengelola Wisata Mandiri Sayang Kaak Taufan Nugraha, mengatakan, dulunya tempat ini dikenal dengan sebutan Grand Sayang Kaak.

BacaJuga:  10 Gambar Pondok Zidane Depok, Harga Tiket Masuk, Lokasi Alamat, Jam Buka Tutup, Villa di Sekitar + Nomer Telepon

“Sejak tahun 2017 tempat wisata ini terus berbenah, hasilnya bisa dilihat sekarang, Sayang Kaak penuh dengan spot foto yang akan memuaskan para pencinta selfie maupun mereka yang hobi foto-foto,” katanya, dikutip dari harapanrakyat.com.

Untuk masuk ke Wana Wisata ini, cukup membayar tiket Rp. 7.000,-, selanjutnya bisa mengeksplorasi wana wisata ini sepuasnya. Pengunjung bisa menggunakan sejumlah titik spot foto yang tersedia di Sayang Kaak, mulai dari spot foto payung geulis, hingga sangkar ‘sayang’ burung yang ada di pinggir jurang.

“Memang wana wisata ini menjual keindahan jurang yang dilatarbelakangi dengan hutan hijau juga pemandangan Sungai Citanduy yang kini sedang dibangun bendungan Leuwikeris,” ucap Taufan.

Kelebihan lainnya dari wana wisata ini, Anda bisa ‘botram’, alias makan bersama keluarga atau sahabat dekat. Tak perlu repot membawa bekal dari rumah, jika Anda terburu-buru. Karena di tempat wisata ini tersedia warung dimana Anda bisa memesan nasi liwet lengkap dengan lauk pauknya. Anda bisa memakannya rame-rame di saung atau gazebo yang ada di Wana Wisata ini.

Jika Anda berencana liburan atau piknik sambil bersama keluarga atau para sahabat, Wana Wisata Sayang Kaak sangat cocok untuk dikunjungi.

Untuk diketahui, Wana Wisata Mandiri Sayang Kaak kini sudah ‘menyumbang’ pendapatan daerah. Tempat wisata di Ciamis yang sudah dikelola professional ini pun sudah lama jadi tumpuan perekonomian warga Desa Handapherang.

Sejak dibuka pada tahun 2017 lalu, wana wisata ini mampu menyedot pengunjung dari berbagai daerah. Taufan menyebutkan ada pengunjung dari sekitar Ciamis, bahkan dari luar kota, seperti Tasikmalaya dan Bogor.

Rencananya, wana wisata di Ciamis ini akan terus berbenah dan akan terus membuat inovasi baru untuk menarik lebih banyak pengunjung. Dalam waktu dekat, di Mandiri Sayang Kaak akan ditambah wahana tempat selfi kaca. Mudah-mudahan dengan tambahan wahana baru, bisa semakin menambah tingkat kunjungan ke Sayang Kaak.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.