10 Foto Selasar Sunaryo Art Space Bandung Jawa Barat + Harga Menu Cafe

Posted on
Selasar sunaryo art space bandung jawa barat 40198 harga galeri menu alamat baskoro tedjo buka jam berapa biay masuk bogor gallery cafe dago map amphitheater angkot analisis kopi and adalah open hour hwang girl google quest qadar wedding wiki wikipedia website waris web wudhu wudu wonosobo event review ramadhan ruang seni riau romantis tiket tutup twitter tentang togel youtube instagram interior pdf pameran pakar pemilik peta pencahayaan perpustakaan pisang pokemon go pontianak lokasi letak luas latin latihan lirik konsep kartadinata kudus kita king jepang jeans jerman juni juli jin jogja facebook full movie album denah dhuha dimana download ssas sampoerna sejarah surabaya simple makanan museum mushola militer net negara news menuju jalan nikah nonton video vulva vulkan coffee cinta cintas zomato utara seniman kontemporer arsitektur gedung profil wot batu
Selasar Sunaryo. Foto: selasarsunaryo.com

Lokasi: Jl. Bukit Pakar Timur No.100, Ciburial, Cimenyan, Bandung, Jawa Barat 40198
Map: KlikDisini
HTM: Gratis
Buka / Tutup: Selasa – Minggu jam 10:00 – 17:00 WIB (Senin & Hari Libur Nasional)
Telepon: (+62) 22 250 7939

Kota Bandung merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki banyak sekali tempat wisata yang menarik, mulai dari wisata alam sampai dengan wisata edukasi. Salah satu wisata edukasi yang cukup unik dan tidak boleh di lewatkan ketika anda sedang berlibur ke kota kembang ini adalah Selasar Sunaryo Art Space.

Apa itu Selasar Sunaryo Art Space ? Menurut informasi yang kami dapatkan dari wikipedia di mana Selasar Sunaryo Art Space atau biasanya di singkat (SSAS) adalah sebuah galeri seni yang memiliki konsep nirbala dan terletak di bagian utara Bandung, Jawa Barat. Galeri seni ini dibuat oleh Sunaryo yang merupakan seniman kontemporer dan mantan dosen seni rupa di ITB. Selasar Sunaryo Art Space dibangun mulai dari tahun 1993 hingga 1997, oleh seniman Sunaryo dengan Baskoro Tedjo dan diresmikan pada 5 September 1998. SSAS ini di dirikan dengan tujuan untuk mengembangkan pratik pengkajian seni dan kebudayaan yang ada di Indonesia. Selasar ini memiliki lahan yang cukup luas yang terletak di area yang masih asri, sehingga memiliki pemandangan yang cukup indah.

Program residensi Transit 3 di Selasar Sunaryo Bandung, Foto: sarasvati.co.id

Selasar Sunaryo Art Space memiliki banyak sekali gallery, mulai dari galley Art, library, gallery shop dan juga terdapat caef di dalamnya. Sehingga selain kita bisa menikmati hasil karya seni Sunaryo, kita juga bisa menikmati hidangan yang ada di dalam coffe shop dan nonton video youtube karena disediakan pula wifi gratis di dalam SSAS dan untuk anda yang suka membaca buku juga bisa memanfaatkan perpustakaan yang ada, karena banyak sekali kolesi buku yang ada di dalam selasar ini, seperti buku seni, sejarah seni dan macam-macam seni.

Selasar Sunaryo berada di bangungan dua lantai, di mana untuk lantai pertama merupakan tempat untuk memamerkan hasil karya seni dari pemilik selasar, seniman kontemporer Indonesia dan seni visual dan negara Asia Pasific seperti Jepang dan Jerman. Sementara itu dilantai dua dibagi menjadi dua bagian yakni bagian indoor dan outdoor yang mana kedua bagian tersebut merupakan tempat eksebishi untuk memamerkan karya dari Sunaryo seperti lukisan, print, Sculpture dan masih banyak lagi.

Denah selasar sunaryo, Foto: panduwisata.id

Denah Selasar Sunaryo Art Space

Untuk denah bagian luar Selasar Sunaryo terdapat sebuah caffe yang memang disediakan untuk pengunjung bersatai dan ketika kita sudah melewati cafe tersebut, ada sebuah tangga yang mengarah kebawah. Di mana kita dapat melihat sebuah bangunan dengan arsitektur unik yakni tidak memiliki atap seperti tempat pertunjukan seni dengan bentuk setengah lingkaran dan ada tempat duduk dari batu yang tertata rapi. Selain itu dibawahnya lagi tersedia toko Souvenir, yang menjual berbagai macam souvenir seni kontemporer.

Jika kita terus menuruni tangga hingga bawah, maka kita menemukan sebuah bangunan seperti panggung, di mana bangunan tersebut biasanya digunakan untuk pergelaran seni. Berbeda dengan bangunan yang sebelumnya, bangunan ini memiliki atap dan tersusun dari beberapa kayu sehingga membuat bangunan seperti rumah panggung di yogya , atau juga mungkin seperti bangunan di bali. Untuk anda yang seorang muslim tenang saja, karena di dalam area Selasar Sunaryo disediakan sebuah musholah dan juga tempat wudlu yang bersih sehingga anda tidak perlu takut dengan ibadah anda.

Untuk bisa menikmati semua karya seni yang ada di dalam selasar tersebut kita tidak di kenakan biaya alias gratis, namun kita tidak di perkenankan untuk mengambil gambar melalui kaream apun dengan alasan untuk menjaga keasrian yang dimiliki dari setiap seni yang ada di dalam Selasar Sunaryo tersebut.

Sunaryo sendiri memilih untuk fokus dalam karya yang berbau instalasi multimedia sehingga mampu menampung semua gagasan yang sulit diungkapkan jika hanya melalui volume dan garis saja, secara garis besar karya Sunaryo dibagi menjadi beberapa golongan yakni sosial, pengolahan bahan lokal dan religius. Bahkan di dalam Selasar Sunaryo Art Space banyak sekali puisi yang dicetak besar sheingga yang dijadikan wallpaper dinding di dalam gedung, selain itu ada pula karya lain yang terbuat dari bahan alam seperti batu, kaca, batang pohon dan lain sebagainya.

Fasilitas Selasar Sunaryo Art Space

Banyak sekali fasilitas yang ada di dalam Selasar Sunaryo ini, di mana Art Gallery yang ada di kota Bandung ini sangat mengikuti perkembangan jaman. Sehingga ketika kita berkunjung ke Selasar ini kita akan merasa nyaman karena lengkapnya fasilitas yang ada di dalam gallery ini. Berikut adalah beberapa fasilitas yang ada di dalam Selasar Sunaryo Art Space.

pustaka selasar, foto: selasarsunaryo.com
  1. Pustaka Selasar

Pustaka Selasar adalah sebuah perpustakaan yang menyediakan berbagai macam buku bacaan mengani berbagai macam seni yang dibuka pertama kali pada bual September 2008. di mana Pustaka Selasar ini dibuka untuk masyarakat umum, sehingga siapa saja bisa masuk dan membaca koleksi buku yang ada di dalam perpustakaan ini.

Pustaka Selasar memiliki koleksi lebih dati 1500 item yang terdiri dari seni rupa, fotografi, pameran katalog, The lengkap Selasar Sunaryo Art Space katalog arsip. Teater dan sastra dalam bentuk buku , monograf , majalah, jurnal, kliping Media, Foto-foto dan negatif , slide , film yang ( DVD , VCD / VHS / miniDVD ), Poster, makalah dan transkrip diskusi wawancara dengan artis tentang teknik dan proses.

Semua koleksi yang ada di dalam Pustaka Selasar ini di dapat dari beberapa sumbangan dari beberapa seniman hebat asal Indonesia seperti Yudhi Soeryoatmodjo, kartadinata  dan Auyatna Anirun.

Adanya Pustakan Selasar ini bertujuan untuk menyediakan sumber daya untuk semua seniman yang baru belajar memahami apa itu seni. Selain itu Perpustakaan ini juga digunakan untuk organisasi nirlaba, sehingga semua kalangan masyarakat bisa memanfaatkan Pustaka Selsar ini.

kopi selasar, foto: selasarsunaryo.com
  1. Kopi Selasar

Fasilitas kedua yang ada di dalam Selasar Sunaryo ini adalah Coffe Shop. Nah utnuk anda yang suka nongkrong sambil menikmati Kopi, maka Coffee Shop Selasar Sunaryo bisa menjadi alternatif anda untuk bersanati dan menikmati udara bandung selain Coffe Shop lain yang ada di Bandung.

Bahkan saat ini Cafe Selasar ini sudah menjadi salah satu destinasi wisata kuliner bagi wisatawan baik dari bandung sendiri maupun dari luar kota, hal ini karena di dalam kopi selsar anda bisa menikmati aneka ragam menu kuliner serta minuman sambil menikmati keindahan panorama alam yang ada di sekitar Dago Pakar Bandung.

Kopi Selasar ini memiliki ciri khas sendiri dimana minumannya diracik dari perpaduan kopi yang dicampur dengan sebatang jahe fresh, susu serta foam, sehingga menghasilkan cita rasa kopi yang nikmat. Sementara untuk makanannya sendiri, selasar kopi menyediakan banyak sekali jenis makanan, baik makanan dalam negeri maupun mancanegara dan menu makanan yang paling populer dari kopi selasar ini adalah olahan pisangnya seperti banana orange dan banana cinnamos

Meskipun terkesan mewah, namun untuk masalah harga makanan dan minukan sangatlah bervariasi dan sangat terjangkau, sehingga tempat ini sangat rekomended anda kunjungi oleh siapa pun juga.

Cinderamata Selasar. Foto: flickriver.com
  1. Cinderamata Selasar

Seperti halnya tempat wisata lainnya, di mana Selasar Sunaryo juga memiliki tempat untuk memberi cinderamata atau oleh-olah yang diberi nama Cinderamata Selasar. Di dalam Cinderamata Selasar kita bisa membeli berbagai macam jenis oleh-oleh, khususnya dalam bentuk seni kontemporer dan souvenir lainnya.

  1. Venue Rental

Selain untuk tempat wisata ternyata Selasar Sunaryo juga menyedikan tempat untuk kepentingan pribadi, di mana kita bisa menyewa sebuah tampat yang ada di dalam Selasar ini. Tempat-tempat yang disewakan antara lain.

Bamboo House, foto: selasarsunaryo.com

a. Bamboo House adalah sebuah penginapan yang dapat disewa untuk tempat menginap anda dan keluarga anda dengan biaya 400ribu semalam. Bamboo house ini memiliki desain dan interior yang simpel, sehingga suasana perdesaannya masih terasah.

Bale Handap, Foto: travel.detik.com

b. Bale Handap adalah sebuah gedung atau ruangan yang berbentuk seperti joglo, di mana biasanya digunakan untuk sebuah pertunjukan tari atau pameran seni. Selain itu tempat ini juga bisa digunakan untuk urusan meeting, selain itu anda juga bisa menyewa tempat ini wedding party anda, sehingga nantinya pesta nikah anda akan berbeda dengan pesta pernikahan lainnya.

AmphiTeater, foto: selasarsunaryo.com

c. AmphiTeater adalah sebuah bangunan tanpa atap setengah lingkaran yang dikelilingi bangku penonton yang terbuat dari batu sehingga berbentuk seperti sebuah panggung.

Nah itu lah fasilitas yang dapat kita nikmati ketika berkunjung di Selasar Sunaryo Art Space Bandung ini. Banyak sekali fasilitas yang akan kita beroleh mengingat ketika kita masuk Selasar Sunaryo tidak dipungut biaya apapun.

Tips Berkunjung ke Selasar Sunaryo Art Space (SSAS)

bagi anda yang mau berkunjung ke Selasar Sunaryo harap untuk memperhatikan tata tertib yang ada selama berwisata di Selasar Sunaryo, seperti :

  • Dilarang menyentuh Karya Seni
  • Berfoto dan membuat Video
  • Di larang membawa makanan dan minuman dari luar
  • Dilarang Merokok

Dan untuk anda yang ingin berkunjungan ke Selasar Sunaryo dalam bentuk rombongan sekolah, sebaiknya memberitahukan hal tersebut pada pihak pengelolah Selasar minimal 7 hari sebelum jadwal tur. Hal ini bertujuan supaya pada saat anda dan rombongan anda lebih mudah untuk di kordinasi, mengingat banyak sekali pengunjung dari kota lain seperti, Suarabaya, Wonosobo, Pontianak dan Bogor yang datang ke Selasar ini. Untuk anda yang ingin mendapatkan informasi lebih lengkap mengani Selasar Sunaryo, anda bisa mendapatkanya melalui media sosial seperti facebook (SelasarSunaryo), twitter (@SelasarSunaryo) dan website (selasarsunaryo.com).

Program Selasar Sunaryo

program selasar sunaryo. Foto: laughonthefloor.com

Selain merupakan sebuah museum seni yang sangat unik, ternyata Selasar Sunaryo juga memiliki banyak sekali program yang sayang jika di lewatkan, hal ini karena banyak sekali ilmu yang akan anda dapatkan ketika mengikuti event yang di adakan oleh Selasar Sunaryo. Seperti :

  1. pada bulan maret sampai dengan juni, di adakan sebuah program yang diberi nama Selasar Weekand Cinema. Dimana program tersebut adalah merupakan program  bekerjasama dengan A.D. Pirous yang menyelenggarakan Sinema-sinema Pilihan A.D. Pirous. Bisa dibilang SWC ini merupakan bioskop alternatif dan yang membuat semakin menarik untuk bisa mengikuti event tersebut kita tidak dikenakan biaya alias gratis
  2. Pada bulan Mei sampai dengan Juli, di adakan pameran yang di beri nama “Titik Awal Cetak Saring Sunaryo 1973 – 1983”. di mana pameran tersebut akan menampilkan sejumlah karya cetak saring Sunaryo dalam periode kesenimanannya di Decenta. Perlu anda ketahui bawah Sunaryo merupakan seorang seniman yang unik, dimana sebagai orang jawa tengah ia justru terpikat pada garis-garis primitif ekspresif khas Irian dan Riau.

Masih banyak lagi program edukasi yang di adakan oleh Selasar Sunaryo, sehingga membuat liburan anda dan keluarga selain menyenangkan dan anda juga akan akan mendapatkan banyak sekali manfaat. Sekian informasi yang dapat kami berikan mengenai Selasar Sunaryo Art Space Bandung Jawa Barat. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk anda dan selamat berlibur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *