Tiket Masuk Semarang Contemporary Art Gallery, Jam Buka + Alamat

Posted on
Semarang contemporary art gallery tiket masuk alamat buka jam berapa 2017 dimana lokasi letak harga kota jawa tengah jadwal
Semarang Contemporary Art Gallery, foto: dewirieka.com

Lokasi: Jalan Taman Srigunting No. 5-6  Letjen Suprapto, Tj. Mas,  Kota Semarang, Jawa Tengah 50174
Map: KlikDisini
HTM: Rp.10.000/Orang
Buka/Tutup: 06.00-16.30
Telepon: (024) 3552099

Semarang merupakan salah satu kabupaten yang ada di provinsi jawa tengah, dimana kota tersebut memiliki banyak sekali tujuan liburan mulai dari wisata alam hingga edukasi. Banyak sekali bangunan bersejarah yang masih berdiri kokoh di kota semarang dan kini bangunan tersebut sudah beralih fungsi menjadi sarana public. Salah satunya di kawasan kota lama semarang yang memiliki bangunan-bangunan klasik sebagai ikon. Dimana selain memiliki banyak bangunan bersejarah, tidak jauh dari taman sri gunting di kawasan kota lama terdapat sebuah galeri seni yang memajang berbagai macam karya seniman ternama.

karya seni yang ada di dalam galeri, foto: dewikemalasari.blogspot.co.id

Semarang Contemporary Art Gallery merupakan sebuah galeri seni yang baru dibuka secara umum pada tahun 2011 lalu. Dimana galeri tersebut awalnya berada di pusat kota namun pada tahun 2008 berpindah lokasi ke kota lama. Galeri yang menyimpan banyak karya seniman ternama Indonesia ini dipergunakan untuk memperkenalkan seni terhadap generasi muda. Selain mengadakan pameran, semarang contemporary art gallery juga sering mengadakan event dengan tujuan dapat meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap karya seni kontemporer mulai dari para artis / seniman Asia, khususnya yang berasal dari Indonesia.

Sejarah Bangunan Galeri Semarang Contemporary Art Gallery

tangga menuju lantai dua, foto: tstatic.net

Dalam sejarahnya, bangunan yang kini menjadi Galeri Semarang ini telah ada sejak tahun 1822 dan merupakan bangunan dua lantai tempat tinggal Pastur L Prinsen. Dulunya bangunan tersebut merupakan tempat ibadah umat Katolik sebelum Gereja Gedangan didirikan pada tahun 1875. Namun karena terdapat beberapa masalah, hingga akhirnya bangunan gereja tersebut diruntuhkan dan dibangun bangunan lainnya.

Dimana bangunan yang digunakan semarang contemporary art gallery ini merupakan sudah ada sejak tahun 1895 oleh Tuan Addler, seorang arsitek belanda. Karena merupakan bangunan bersejarah maka tidak heran jika gaya atau desainnya masih menggunakan desain ala spanich colonial. Meskipun bangunan galeri ini tidak memiliki lahan luas, namun di depannya terdapat sebuah taman kota yang posisinya tepat di tepi  jalan raya Let. Jend. Suprapto. Dimana jalan tersebut dibangun oleh Deandels pada tahun 1811 dalam masa sistem kerja rodi.

koleksi patung yang ada di galeri, foto: dolandolen.com

Sebelum dijadikan galeri seperti saat ini, gedung tersebut dulunya merupakan sebuah perusahaan yang dimiliki oleh H. Spiegel dengan nama Winkel Maatschappij. Dimana perusahaan tersebut berjualan berbagai macam barang atau peralatan rumah tangga dan kantor dengan model terbaru, seperti furniture, mesin ketik, berbagai macam tekstil dari kapas. Pada awal berdirinya perusahaan ini, H. Spiegel bukanlah pemilik aslinya melainkan pekerja dan menjabat sebagai manager.  Baru setelah 5 tahun H. Spiegel bekerja, beliau mengambil alih perusahaan tersebut. Setelah itu pada tahun 1905, Winkel Maatschappij dijadikan Perseroan Terbatas(PT) oleh pemiliknya. Setelah beberapa tahun kemudian perusahaan Winkel Maatschappij diambil alih oleh pengusaha pribumi, yakni Tasripin yang kemudian bangunan tersebut disewakan dan dipakai sebagai kegiatan usaha lain seperti perusahaan farmasi tempo dulu serta dealer motor.

suasama dilantai dua, foto: allesgroen.files.wordpress.com

Pada tahun 1980-an, pabrik limun fresh membeli bangunan ini dan digunakan sampai tahun 1990. setelah itu bangunan tersebut sempat terbengkalai, baru pada tahun 2008 Chris Dharmawan melakukan konservasi dan digunakan sebagai semarang contemporary art gallery.

Daya Tarik Semarang Contemporary Art Gallery

patung miring yang menjadi ikon galeri, foto: gallery101.files.wordpress.com

Daya tarik yang dimiliki oleh semarang contemporary art gallery ini sudah bisa dirasakan dari luar bangunan, dimana bangunan dengan desain unik dan bercat putih tersebut akan langsung menarik mata para wisatawan yang datang ke tempat tersebut. Tidak hanya diluar bangunan saja, dimana begitu masuk para pengunjung akan langsung disuguhi dengan beberapa katalog seni yang terpampang rapi di dinding. Selain itu tidak jauh dari pintu masuk, terdapat sebuah tulisan layaknya prasasti tentang sejarah bangunan ini.

Berdasarkan informasi dari pihak pengelola dari semarang contemporary art gallery, bahwa karya yang dipajang di galeri ini merupakan seni kontemporer yang didapat dari titipan para seniman. Selain memamerkan lukisan, banyak karya seni lainnya yang dipamerkan di gedung galeri ini, seperti patung yang berada di halaman belakang dan menjadi ikon dari semarang contemporary art gallery. Dimana seniman yang memiliki ide untuk membuat patung miring tersebut adalah Budi Kustarto. Patung setinggi 3 meter tersebut telah menjadi objek foto favorit bagi para wisatawan yang datang ke galeri ini.

salah satu karya seni lukisan yang di tempel di dinding galeri, foto: pejalansantai.com

Gedung semarang contemporary art gallery terdiri dari dua lantai, dimana untuk lantai pertama berisikan segala macam lukisan-lukisan dan beberapa patung kecil yang dihasilkan oleh seniman-seniman muda indonesia. Selain lukisan dan patung, di lantai pertama terdapat tiang-tiang putih yang cukup menarik mata para pengujung. Dimana tiang tersebut merupakan hasil dari arsitektur seni, sehingga menghasilkan suatu bangunan yang indah dan pencahayaan. Dominasi warna putih pada lantai pertama membuat kesan indah pada galeri ini.

Setelah puas menikmati pameran seni yang ada di lantai satu, para pengujung bisa melanjutkan berkeliling di lantai dua. Dimana pada lantai dua para pengunjung akan dikejutkan dengan hasil karya seni berupa pameran lukisan yang dibuat oleh para seniman terkenal. Bahkan sangking indahnya karya seni hasil lukisan mereka, banyak dari para wisatawan yang tidak mengetahui apa maksud dan tujuan yang ingin diutarakan oleh seniman pada karya seni tersebut. Dimana kebanyakan makna dari  hasil karya yang dipamerkan di lantai dua, merupakan sebuah sindiran terhadap kondisi negara kita tercinta. Sindiran-sindiran yang ingin diutarakan oleh para seniman dibalut dengan apik di atas coretan kanvas maupun kain sebagai media lukis.

foto pejabat negara yang pernah datang ke museum ini, foto: semarang.kotamini.com

Selain memiliki ruangan pameran, di lantai dua gedung semarang contemporary art gallery terdapat sebuah taman kecil hijau yang indah. Dimana halaman dalam ini sangat populer dikalangan para pengunjung yang datang, hal ini karena terdapat patung besar dan unik seolah-olah sudah menjadi icon dari galeri.

Lokasi dan Rute Menuju Semarang Contemporary Art Gallery

artwork yang ada di galeri, foto: indoartnow.com

Untuk anda yang berencana pergi berwisata ke semarang, maka sempatkan datang ke semarang contemporary art gallery yang berada di alamat Jalan Taman Srigunting No. 5-6  Letjen Suprapto, Tanjung Mas,  Kota Semarang, Jawa Tengah 50174.

Letak galeri ini sangat strategis dan muda dijangkau karena berada di kawasan kota lama. Dimana untuk bisa mencapai lokasi dari semarang contemporary art gallery, para pengunjung bisa naik trans semarang dengan jurusan terminal terboyo. Setelah itu mereka harus turun di stasiun tawang, dari situ para pengunjung hanya tinggal berjalan beberapa meter saja maka akan sampai di depan gedung galeri ini. Selain itu mereka juga bisa berangkat dari Terminal Terboyo, dimana mereka langsung naik bus jurusan Banyumanik atau Trans Semarang koridor 2. kemudian turun di Halte Kota Lama dan cukup jalan kaki hingga sampai ke Semarang Gallery.

Selain itu para pengunjung juga bisa menggunakan ojek konvensional yang akan langsung diturunkan di depan gedung galeri. Sedangkan untuk para pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi bisa di parkirkan kendaraan mereka di depan semarang contemporary art gallery.

Tiket Masuk dan Jam Operasional

ruangan pameran lukisan di dalam galeri, foto: outoftheboxindonesia.wordpress.com

Semarang contemporary art gallery ini dibuka untuk umum, sehingga untuk siapa saja bisa memasuki dan menikmati pameran karya seni yang ada di dalamnya. Namun sebelum itu mereka akan dikenakan biaya tiket masuk dengan harga sebesar Rp 10.000 untuk satu orang.

Sedangkan untuk jam operasional dari galeri ini buka setiap hari kecuali hari senin mulai jam 10 pagi hingga 16.30 sore. Untuk menarik para wisatawan datang ke tempat ini, maka pihak pengelola biasanya akan mengadakan pameran setiap bulannya. Nah untuk mengetahui jadwal pameran apa yang akan mereka tampilkan pada tahun 2017 bisa langsung cek di website resmi Semarang contemporary art gallery.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *