10 Gambar Sirkuit Sentul Bogor Terbaru 2017 Direnovasi Diperbaiki Untuk MotoGP? + Harga Tiket Masuk Lokasi

Posted on
Sirkuit sentul terbaru 2017 bogor diperbaiki baru city indonesia foto kapan wikipedia wikimapia bahasa website wajah wisata wonderland wonogiri wonosobo event renovasi road race rossi residence rancangan direnovasi untuk motogp jadi tuan rumah rute valentino dirombak terkini tidak layak tahun tabrakan tarif terletak dipakai tiket tikungan keluar tol mana yang punya youtube umum f1 internasional international karting circuit jawa barat west java 16810 offroad owner purbalingga siapa pernah di pakai panjang paddock pemilik pijat layout luas logo lapangan letak kecil lintasan lisensi lokasi kaskus jadwal sewa kurang menantang kualitas kondisi sekarang saat ini jakarta jelek jogja jelang jeleknya juni jitu jin jokowi harga hotel hari hantu helm kyt highland gp gokart gelar google map gambar gambaran gerbang guru girl maps facebook m fadli fasilitas fakta fees fennel fertili fun film fish dari atas drag perbandingan dan sepang masa depan desember desain denah jaman dulu dimana download sejarah skyscrapercity sera jandos speed surabaya milik vs solo akan adalah angker alamat arsitek diperpanjang masuk menyewa mengenal meninggal mempelajari museum misteri 1996 1997 new ninja 250 november nasib nusantara blitar berbenah buruk besar buat bike biaya biografi video vespa balap com cara ke cuaca zaman beresiko test ride
Sirkuit Sentul, Foto: ligaolahraga.com

Lokasi: Jl. Sentul International Circuit, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat 16810
Map: Klik Disini
HTM: Sirkuit besar Rp. 300.000/Orang, Sirkuit kecil Rp. 200.000/Orang
Buka/Tutup: 09.00 – 17.00
Telepon: 0823-2018-8878

Banyaknya berita mengenai balapan liar yang tengah marak terjadi di berbagai daerah di Indonesia tentunya membuat saya miris dengan generasi masa depan, apalagi balapan liar tersebut dari zaman ke zaman semakin berani & kian. kini tak hanya secara sembunyi – sembunyi pada malam hari namun juga pada pagi hari seperti yang di beritakan pada bulan mei 2017 silam. Bahkan mereka dengan pede & bangganya membuat grup facebook dengan tajuk persatuan balap liar Surabaya, serta memposting video pada youtube.com pada November 2016 lalu dengan tajuk 50jt di solo. Padahal pemerintah acap kali menggalakan larangan untuk melakukan balapan liar & menangkap para pelaku yang kedapatan tengah melakukan hal tersebut.

Dengan bermodal motor yang biasanya di modif menjadi drag bike dengan style ban serta ring velg ukuran kecil & tanpa helm ini lah biasanya para joki balap menantang maut dengan cara 1 vs 1, demi hadiah yang di janjikan. Padahal tak sedikit jumlah joki yang mengalami nasib buruk saat melakukan hal ini, karena tak hanya beresiko mengalami cedera parah, namun ditambah dengan kondisi minimnya safety equipment ini juga memiliki resiko meninggal saat tabrakan terjadi. Padahal untuk melakukan olahraga seperti ini, dapat di lakukan di sirkuit ala moto gp dengan menggunakan peralatan keamanan yang lebih memadai  terlebih dahulu tentunya.

Arena Balap, Foto: liputan6.com

Olahraga yang satu ini biasanya identik dengan para pria, terutama bagi mereka para speed freak atau pecinta kecepatan. Bagi anda pecinta balap motor yang satu ini tentunya sudah tak asing lagi dengan perhelatan akbar moto gp yang dilangsungkan oleh Dorna Sports, yang merupakan pemegang lisensi untuk penyelenggaraan balapan bergengsi tersebut. Menurut survey yang saya dapatkan dari google, beberapa daerah di Indonesia juga pernah menggelar beberapa ajang kejuaraan balap motor, di antaranya Kejurnas motoprix seri 4 yang di sponsori oleh helm dengan brand kyt pada 2015 di jogja, lalu ada juga road race seri 2 di wonosobo, road race 2017 di Blitar, Bupati cup Open road race di alun-alun Purbalingga, serta final motoprix seri 6 untuk region 2 di wonogiri.

Dilansir dari Wikipedia, nusantara ini rupanya juga memiliki fakta sejarah sebagai tempat menggelar perhelatan akbar bertaraf internasional pada jaman dulu di 2 tahun berturut – turut dengan namanya saat itu adalah Grand Prix atau GP dengan taraf international pada tahun 1996 & 1997 untuk kelas 125cc 250cc & juga 500cc di jawa barat. Sirkuit sentul juga menjadi saksi mata lahirnya sang legenda hidup yang berasal dari Negara yang pernah membuat kontroversi dengan poster fertili day nya yakni valentino rossi yang kala itu menjadi juara kelas 125cc tahun 1997 di sirkuit sentul. Logo yang digunakan sebagai icon sirkuit ini sendiri merupakan denah bentuk sirkuitnya sendiri, dimana penambahan gambar mobil f1 berwarna merah tersemat di bawahnya.

Kelas MotoGP, Foto: sindonews.net

Sirkuit ini pada awalnya di rencanakan untuk melangsungkan perhelatan F1 yang kala itu tengah menjadi primadona, serta di harapkan dapat menjadi sirkuit kedua yang ada di asia selepas sirkuit milik jepang. Sirkuit ini sendiri di resmikan pada tahun 1994 pada masa pemerintahan Presiden soeharto, yang pembangunannya di pelopori oleh anaknya sendiri yakni hutomo mandala putra. Namun sayangnya krisis moneter yang melanda saat itu, membuat sirkuit ini tertinggal oleh berkembangnya zaman sehingga hanya cocok untuk menggelar super series Asian formula 3. Setelah mendapat beberapa renovasi saat itu, akhirnya sirkuit ini dapat memenuhi standar dari FIA untuk menyelenggarakan balapan tingkat 2 atau yang di kenal sebagai A1 Grand Prix.

Dilansir dari gambaran wikimapia, sirkuit yang memiliki alamat di Jalan Sentul International Circuit km 42 Kota Bogor 16810 west java ini, terletak pada lokasi koordinat 6°32’4″S & 106°51’27″E dengan panjang lintasan 4,12 km. Sementara untuk ownernya sendiri yakni H.M putra yang merupakan pemilik sekaligus Komisaris Utama dengan total saham mencapai 82,3% dan Tinton soeprapto yang menjabat sebagai Direktur Utama dengan jumlah saham 17,7%. Tak hanya dipergunakan sebagai sarana road race & drag race, sirkuit ini juga memiliki lintasan offroad & fasilitas yang sangat lengkap yang dapat dipakai untuk menyelenggarakan event seperti Motocross, AutoCross, hingga gokart bagi para pecinta karting karena di sirkuit sentul ini juga tersedia circuit untuk kegiatan tersebut. Namun menurut guru saya bagi para pria, tentunya tak hanya balapannya yang menjadi daya tarik namun juga keberadaan para gadis berpayung atau biasa di sebut umbrella girl yang menambah panasnya pertandingan, hahaha.

Sirkuit Sentul Ingin Gelar MotoGP, Foto: tempo.co

Fasilitas pelengkap yang di miliki sirkuit ini diantaranya adalah main stand, sub stand, paddock, spbu, menara control, victory tower, scrutineering, graha perlengkapan & graha istirahat pembalap, pusat Kesehatan, hospitality suites, landasan Helikopter, ruang media dan press center, water storage, PMK, Pembangkit Listrik, serta lahan parkir umum & VIP yang dilengkapi pos penjagaan. Selain itu sirkuit sentul juga memiliki beberapa fasilitas penunjang lainnya seperti  restoran, lapangan golf, serta museum otomotif mobil serta motor antik yang dapat anda kunjungi mulai pukul 9 hingga 5 sore yang harga tiket terbarunya menurut informasi memiliki tarif hanya 10 ribu rupiah saja.

Beberapa website seperti skycrapercity juga pernah membahas mengenai sirkuit yang satu ini, situs yang merupakan forum bertaraf dunia ini adalah tempat bagi para arsitek, engineer, maupun para pemerhati & pecinta dunia pembangunan. Indonesia sendiri memiliki thread khusus dimana isinya berupa 5 subforum seperti metropolitan construction, regional construction, the nationwide fabric, rate our talls & smalls serta picture of Indonesia yang berisi gambar atau foto keindahan kota – kota di Indonesia. Balik lagi ke topik sirkuit sentul, dilansir dari halaman skycrapercity ini juga pernah membahas mengenai sirkuit ini akan dirombak dengan wacana bahwa sirkuit ini akan di jadikan sebagai tuan rumah moto gp 2017.

Aspalnya Bagus, Foto: fokusutama.com

Hal ini disebabkan karena sirkuit yang berkiblat pada sirkuit monza ini masih memiliki beberapa poin yang menjadikannya tidak layak untuk mendapat lisensi grade 1, yang merupakan syarat utama untuk menyelenggarakan moto gp & F1. Diantaranya terletak pada banyaknya tikungan patah yang berbahaya, kualitas aspal yang jelek sehingga perlu direnovasi dengan denah layout yang sesuai standar international. Beberapa pengguna website skycrapercity juga melakukan perbandingan dengan desain dari sirkuit sepang membahas di antaranya mengenai biaya berbenah yang besar yakni berada di kisaran 200 Miliar rupiah,  letak lintasan pada T3 yang masih memiliki lahan yang luas, pembongkaran aspal untuk di ganti dengan aspal kualitas tinggi, serta menggunakan wajah terkini yang merupakan rancangan arsitek ternama yakni Hermann Tilke.

Meski sirkuit sentul sempat di jadikan opsi kedua oleh Presiden Jokowi, pihak pengelola sentul sendiri menyatakan siap untuk membayar commitment fee pada pihak Dorna sports apabila proses pencairan dana & APBN akan mengalami kesulitan. Dana commitment fees sendiri diketahui menelan biaya hingga 23,4jt euro atau berkisar 352,9 miliar rupiah untuk 3 musim. Namun sayangnya meski beberapa fasilitas telah diperbaiki & juga menyiapkan dana untuk membayar commit fee ternyata menurut Carmelo Ezpeleta yang merupakan ceo dari Dorna sports, kemajuan pembangunan & renovasi sentul sirkuit masih dinilai kurang & tak kunjung ada kemajuan menurut standar FIM. Jeleknya buntut dari kejadian ini adalah terjadinya saling lempar tudingan antara pihak sarana sirkuitindo utama dan pemerintah, yang berbuntut pada keterlambatan pengiriman master plan.

Pintu Masuk, Foto: netralnews.com

Terlepas dari segala polemik tersebut, nyatanya di sirkuit ini telah menjadi saksi lahirnya sang juara kelas 600cc di Asia Road Racing pada tahun 2015. Ialah M.fadli yang kala itu telah memenangkan kejuaraan saat itu sekaligus mengalami nasib naas di hari yang sama. Fadli yang kala itu melihat para fans tengah  melambaikan tangannya dari atas tribun, memutuskan untuk menepi  & membalas lambaian tangan tersebut. Namun memang nasib siapa yang tahu, baru saja memenangkan gelar sebagai sang juara sekarang harus kehilangan kaki kirinya akibat tertabrak oleh rivalnya dari Negara Thailand yakni J.Sawangswat. Pembalap Thailand tersebut kala itu masih melaju kencang meski telah melewati garis finish & menghantam kaki kiri fadli hingga fadli pun terpental dari motornya, momen 7 juni tersebut akhirnya berubah dari suka cita menjadi duka dalam beberapa detik saja. Kini sang juara sirkuit sentul tersebut sudah mendapatkan kaki prostetik & meraih posisi 4 untuk kejuaraan Asian paracycling 2017 sebagai pelengkap biografi miliknya.

Foto Suasana Sirkuit Sentul di Bogor, Foto: republika.co.id

Sirkuit sentul ini rupanya tak luput dari cerita misteri yang seolah melengkapi tampilan bangunannya yang terkesan angker akibat di makan usia, beberapa cerita yang ada & sudah jadi konsumsi umum yakni pada area tikungan R1. Konon katanya tiap pukul 5 sore hingga jelang magrib sering terjadi penampakan hantu atau kejadian aneh lainnya, yang paling sering ialah kejadian menabrak tembok di tikungan pertama sehingga sering kali dikaitkan dengan gangguan jin dan sebangsanya. Namun terlepas dari cerita – cerita mistis tersebut, tentunya kita tetap perlu mawas diri dan mencoba lebih mengenal serta terus mempelajari karakter sirkuit terutama bila hari mulai gelap & gangguan cuaca yang tentunya akan mengurangi jarak pandangan.

Balap Mobil, Foto: kasamago.com

Beberapa pembalap moto gp kelas dunia seperti Max biaggi, Valentino Rossi, Dani Pedrosa, Marc Marquez, serta Maverick Vinales juga pernah menjajal sirkuit ini. Bila Max Biaggi & Valentino Rossi kala itu menjuarai grand prix di kelas yang berbeda, lain halnya dengan kedatangan Dani Pedrosa bersama Marc Marquez yang datang untuk menjajal motor RC213V sekaligus mempromosikan CBR 150R kala itu. Namun sayangnya sang pembalap yang sempat mengunjungi pulau kecil dari negeri yang menjadi asal mula fennel ini memberikan komentar miring mengenai buruknya sirkuit sentul yang menurutnya sudah tak sesuai standar internasional & sangat berbahaya. Marquez pun sempat mengutarakan hal senada yang mana menuju pada kualitas aspal dari sirkuit ini banyak yang tidak rata sehingga dapat berpotensi membahayakan para rider moto gp.

Sirkuit Sentul Akan Diperbaiki Tanpa APBN, Foto: tribunnews.com

Naah buat anda yang hobi ikut balapan liar daripada cari bahaya di jalan raya, kapan – kapan bisa mencoba main ke sirkuit sentul untuk ikut ajang sentul raya atau bahasa akrabnya yakni sera. Ajang ini dibuka untuk para pecinta balap drag sejak tahun 2004 dan merupakan taktik jitu sebagai wadah bagi para joki balap liar, yang tentunya aman dari kejaran polisi, taruhan jadi lebih jelas & trek pun lebih panjang hingga 500 meter!. Meski ajang ini pernah ditutup pada pertengahan tahun 2005, namun sejak 2012 silam nyawa ajang ini seolah diperpanjang & digelar kembali. Harga masuknya pun lebih murah dibanding menyewa perorangan yang dapat dikenakan 300rb rupiah untuk sirkuit besar atau 200rb untuk sewa lapangan sirkuit kecil. Karena khusus bagi para pembalap sera meskipun tidak punya stiker member, biaya yang dikenakan hanya 80rb sampai 150rb rupiah sudah dapat menikmati sirkuit yang luas seolah milik pribadi! hahaha.

Selain balap liar drag yang terkenal dengan jandos speed, sirkuit ini juga beberapa kali dijadikan tempat test ride untuk motor dari vendor raksasa hijau yakni new ninja 250. Selain itu bagi anda yang hobi pakai motor vespa, disini juga seringkali menjadi tempat di selenggarakannya Scooter Championship & Vespa Balap Indonesia seperti pada final di desember 2016 silam di sirkuit sentul yang videonya dapat anda saksikan di youtube. Seperti yang diutarakan pada salah satu thread di kaskus yang bertajuk Vespa balap Indonesia, seringkali mengumumkan jadwal pertandingannya. Sirkuit ini juga sempat di jadikan tempat shoot dari salah satu judul film yang dibintangi oleh aktris kawakan yakni, inneke koesherawati & febby R Lawrence yang dapat anda tonton ataupun anda download dari web youtube.

Sementara bagi anda yang berencana menginap di kawasan sentul, tentunya banyak pilihan hotel yang dapat anda jadikan destinasi seperti Harris hotel, sentul 8, lorin dan lain sebagainya yang tentunya memiliki rates & fasilitas yang berbeda – beda baik dari penyediaan jasa pijat, kolam renang, maupun kelengkapan lainnya. Daerah sentul juga di lengkapi dengan beberapa destinasi bagi anda yang ingin menghilangkan penat, seperti leuwi hejo, pemandian air panas yang ada di gunung pancar, sentul highland untuk anda yang menyukai golf, ataupun sekedar menonton film bioskop di bellanova. Sementara bagi anda yang mencari tempat wisata yang tak hanya fun namun juga edukatif di kawasan sentul ini, tidak perlu khawatir tentunya. Karena di sentul sendiri terdapat beberapa tempat yang cocok dikunjungi baik bersama pasangan maupun bersama keluarga, beberapa contoh seperti sentul wonderland yang terdapat di wisata alam sentul city, kebun wisata pasir mukti yang memiliki kebun buah dan fish pool dengan beberapa macam ikan & masih banyak lagi yang lainnya.

Gerbang Utama, Foto: tribunnews.com

Bagi warga sentul residence tentunya sangat mudah untuk menuju ketempat yang satu ini baik manual maupun menggunakan bantuan google maps, namun bagi anda warga Jakarta yang ingin mengunjungi sirkuit sentul ini tentunya tak perlu lagi menggunakan map karena anda dapat menggunakan akses tol jagorawi menuju arah cibinong & keluar pada exit tol sentul setelah exit citereup, lalu ikuti rute ke arah kiri hingga nampak tulisan gerbang sirkuit sentul. Bagaimana? Tertarik untuk mengunjungi sirkuit bersejarah ini? Yuk kunjungi sirkuit sentul & rasakan sensasi berkendara di sirkuit seperti rider professional kelas dunia !.

One thought on “10 Gambar Sirkuit Sentul Bogor Terbaru 2017 Direnovasi Diperbaiki Untuk MotoGP? + Harga Tiket Masuk Lokasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *