10 Foto Situ Gede Bogor, Lokasi Wisata, Sejarah Legenda Misteri, Alamat Map + Video

Diposting pada
Keindahan danau di Situ Gede. Foto: propertinasional.com

Lokasi: Jalan Cifor, Situgede, Bubulak, Kota Bogor, Jawa Barat 16115, Indonesia
Maps: Klik Disini
HTM: Gratis
Buka/Tutup: 24 jam
Telepon: +62 251 8328827

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki banyak kawasan wisata alam yang indah. Tentu saja pesona yang ditawarkan oleh alam di Indonesia ini sudah siap memanjakan para wisatawan baik asing maupun domestik. Pulau Jawa menjadi salah satu pulau yang menjadi incaran para wisatawan.

Bagi para turis domestik yang tinggal di Jakarta, ada beberapa alternatif area liburan yang bisa dipilih ketika ingin menghabiskan liburan mereka di sini. Masyarakat Jakarta tentu saja sudah sangat bosan menghabiskan waktu di mall atau pusat perbelanjaan. Menikmati keindahan alam dan juga pesona yang ditawarkan kepada para wisatawan tentu saja menjadi salah satu aspek yang diinginkan oleh para turis.

Suasana senja di Situ Gede. Foto: piknikasik.com

Bogor menjadi salah satu kota yang diincar oleh para wisatawan terutama dari Jakarta yang ingin berlibur menikmati pemandangan alam dengan dana yang relatif lebih hemat. Tentu saja di kota hujan ini para wisatawan bisa memilih berlibur menikmati keindahan alam atau mencoba aneka kuliner di sini

Ada banyak kawasan wisata yang cukup asyik dan juga menyenangkan di kota Bogor. Selain Kebun Raya yang menyajikan pesona alam dan juga menjadi salah satu landmark dari Bogor, kawasan wisata alam Situ Gede ini menjadi salah satu pesona yang bisa memanjakan para wisatawan ketika berlibur ke sini.

Eksotisme di Situ Gede. Foto: tempatwisata.com

Rute menuju ke Situ Gede

Kawasan wisata Situ Gede ini letak dan lokasinya tidak terlalu sulit. Para wisatawan bisa menemukannya dengan mudah. Salah satu patokan yang bisa membantu para wisatawan menuju ke Situ Gede ini adalah Terminal Bubulak. Dari terminal Bubulak ini para pengunjung hanya perlu mengikuti petunjuk dan juga papan jalan yang menuju ke arah Situ Gede.

BacaJuga:  10 Foto Gedung Juang 45 Tambun Bekasi, Sejarah Misteri Angker + Lokasi Alamat Dimana?

Akses yang mengantarkan para wisatawan dari terminal menuju ke Situ Gede ini sudah sangat bagus. Dan jalan utama sudah mulus serta lebar. Setelah menemukan perempatan jalan sedikit lebih kecil dan agak sulit untuk diakses untuk 2 mobil. Jika para wisatawan mengambil jalur yang ke arah kiri, jalan agak sempit dan jika bertemu dengan pengendara mobil tentu saja harus mengalah. Bagi yang belum terlalu lihai, tentu saja akan sangat kesulitan ketika berpapasan dengan kendaraan lain.

Sementara jika mengambil akses jalan yang lurus menuju ke arah Cifo], jalur atau akses relatif lebih lapang. Ditambah lagi dengan adanya rerimbunan pepohonan yang sejuk dan cukup fresh. Namun harap berhati-hati. Pasalnya sebelum memasuki kawasan wisata alam ini, para wisatawan bisa menemukan jalan berlubang yang cukup dalam. Harap berhati-hati ketika menelusuri jalur ini.

Perahu bebek di Situ Gede. Foto: liburanbandung.com

Sisi menarik dari Situ Gede

Kawasan wisata Situ Gede bisa menjadi salah satu tempat wisata yang pas untuk keluarga. Bagi para wisatawan yang datang ke kawasan wisata ini bersama anak-anak, tentu saja bisa membawa mereka untuk menikmati dan juga bermain di area wahana air yang ada di kawasan wisata alam tersebut.

Sementara anak-anak bermain, para orangtua bisa santai sejenak dan beristirahat di bawah pohon-pohon yang tersebar di hutan sembari menikmati keindahan alam di sekitar kawasan wisata ini. Tidak heran jika banyak para wisatawan yang mempersiapkan diri dengan membawa tikar atau karpet dan juga aneka makanan dan cemilan ketika berada di sini. Sembari menikmati kudapan, melihat keindahan alam di sini menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan

Hutan di Situ Gede. Foto: piknikasik.com

Di kawasan wisata Situ Gede ini juga tersedia fasilitas area parkir. Sayangnya area parkir ini tidak terlalu besar. Bagi para pengunjung yang datang menggunakan mobil, bisa memarkir kendaraan mereka di pinggir jalan yang berada di depan dari barisan warung makan sepanjang jalan Situ Gede.

Sementara untuk motor bisa memarkirkan kendaraan di sekitar warung atau juga bisa menuju ke area danau yang cukup luas. Akan tetapi sedikit masuk menuju hutan di dekat dramaga. Situ Gede ini menjadi salah satu kawasan wisata mandiri yang pengelolaannya di atur oleh masyarakat sekitar. Tidak heran jika tiket masuk tidak berlaku di sini. Hanya berlaku tiket parkir saja. Para wisatawan bisa mengunjungi Situ Gede dengan gratis tanpa dipungut bayaran.

BacaJuga:  Curug Tujuh Cibolang Ciamis, Indah Mata Airnya
Hutan lindung di Situ Gede. Foto: tempatwisatadibogor.net

Pengelolaan Mandiri dari masyarakat

Pengelolaan mandiri yang dilakukan oleh masyarakat sekitar tentu saja ada baik dan buruknya. Keunggulan atau sisi positifnya adalah para wisatawan bisa mengunjungi kawasan wisata ini lebih murah alias gratis dan tidak dipungut biaya. Bisa menjadi salah satu tempat wisata yang pas bagi yang tidak memiliki budget atau dana yang besar.

Sementara dari sisi negatif ketika dikelola mandiri oleh masyarakat sekitar tentu saja kawasan wisata ini  yang tidak dirawat dan juga tidak dijaga dengan baik dan juga sebagaimana mestinya. Hal ini bisa dilihat dengan banyaknya sampah yang tidak di buang ke tempat sampah dan dibiarkan berserakan di sekitar Situ Gede. Tentu saja sangat disayangkan jika banyak sampah berserakan di sekitar kawasan wisata Situ Gede ini. Apalagi kawasan wisata alam ini sudah masuk ke dalam kawsan wisata resmi yang dimiliki oleh pemerintah Kota Bogor. Jika pengelolaan masih minim, tentu bisa memberikan dampak yang buruk.

Warung makan di Situ Gede. Foto: tempatwisatadibogor.net

Aktifitas menarik di Situ Gede

Ketika menginjakkan kaki ke kawasan wisata alam ini, para wisatawan bisa menuju ke hutan penelitian Dramaga. Di sini para wisatawan bisa melihat keindahan dan pesona dari hutan. Apalagi hutan ini memiliki fungsi ganda yang siap memanjakan para wisatawan. Di area depan para wisatawan bisa mengunjungi area penangkaran rusa. Di sini para wisatawan bisa mengajak putra dan putri mereka untuk melihat rusa dari dekat. Tentu saja menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan. Para pengunjung juga bisa berfoto bersama rusa di sini.

Bergerak ke area belakang, para wisatawan bisa langsung menuju ke area Situ Gede. Hutan ini ternyata menjadi salah satu area yang kerap dijadikan tempat untuk foto terutama untuk foto prewed. Tidak heran jika banyak para pengunjung yang berfoto di sini. Selain untuk foto prewedding, Situ Gede ternyata juga kerap dijadikan tempat untuk syuting film terutama film televisi atau biasa disebut FTV.

Suasana di Situ Gede. Foto: mytrip123.com

Di dekat danau yang berada di kawasan wisata ini, cukup banyak para pengunjung yang bersantai dan juga menggelar tikar atau karpet di sekeliling pohon. Selain itu mempersiapkan perbekalan menjadi salah satu aktifitas bagi yang berlibur bersama keluarga. Ketika matahari belum terlalu terik, para pengunjung biasanya akan menuju ke arah danau. Di sini para wisatawan bisa mencoba untuk naik perahu bebek. Dengan perahu ini para pengunjung bisa mengelilingi sekitar danau yang indah dan juga mempesona. Meski sedikit capek, tentu saja keindahan dan panorama yang diberikan cukup menarik.

BacaJuga:  10 Gambar Pulau Biawak Indramayu, Letak Lokasi, Harga Penginapan + Fasilitas Wisata

Tarif untuk sekali naik perahu bebek ini sebesar 15 ribu hanya 20 menit. Satu perahu bebek ini bisa digunakan untuk 1 keluarga yaitu 2 orang dewasa dan juga anak-anak. Sementara untuk perahu kayuh bisa digunakan bagi para wisatawan yang datang dengan rombongan. Cukup membayar sekitar 30 ribu saja selama 30 menit untuk menikmati keindahan Situ Gede. Tentu saja para wisatawan bisa mengajak putra dan putri mereka untuk melihat keindahan dari danau ini. Sebuah acara liburan yang tentu saja sangat menyenangkan.

Setelah puas mengayuh perahu bebek, para wisatawan bisa menemukan aneka penjual makanan yang ada di sini. Tentu saja menikmati aneka cemilan sembari bersantai dengan melihat pemandangan alam di sini menjadi salah satu kegiatan yang asyik.

Panorama Situ Gede. Foto: ragamtempatwisata.com

Tips berlibur ke Situ Gede

Sebelum berangkat atau berlibur ke kawasan wisata alam Situ Gede, disarankan untuk membawa bekal minuman dan juga makanan yang cukup banyak. Pasalnya ketika sore hari udara dan sinar matahari cukup terik. Hal ini bisa membuat para pengunjung cepat haus dan dehidrasi. Agar tubuh tidak mudah lemah dan dehidarsi, tentu saja mempersiapkan minuman menjadi salah satu hal yang wajib di bawa

Selain minuman, topi atau penutup kepala juga bisa menjadi salah satu perlengkapan yang dibawa. Cuaca di Situ Gede ketika siang memang sangat terik. Hal ini bisa membuat para pengunjung terhindar dari panas matahari.

Video by Lingkar Kampus IPB Bogor

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

One thought on “10 Foto Situ Gede Bogor, Lokasi Wisata, Sejarah Legenda Misteri, Alamat Map + Video

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.