10 Gambar Situ Janawi Majalengka, Harga Tiket Masuk, Lokasi Alamat + Jam Buka Tutup

Posted on

Lokasi : Desa Payung, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat
Map : KlikDisini
HTM : Rp. 5000 per orang (dewasa)
Buka/Tutup : Setiap hari ( 08.00-04.00)
Telepon :

foto by instagram.com/inimajalengka/

Situ janawi merupakan salah satu destinasi wisata air yang ada di kota majalengka jawa barat. Situ seluas kurang lebih 1 hektar ini, adalah satu dari sekian banyak lokasi wisata air favorit masyarakat majalengka.

Ya. Pada musim liburan, situ janawi biasanya akan kebanjiran pengunjung yang berasal dari sekitar majalengka dan kota-kota lainnya. Keunikan dan pesona situ, menjadi magnet yang cukup ampuh untuk menarik minat para wisatawan.

Apa yang menarik di situ janawi ?

Umumnya alasan yang menjadi dasar bagi kita untuk berlibur ke sebuah lokasi wisata tentunya adalah untuk menikmati liburan melepas kepenantan dengan suguhan keindahan serta pesona lokasi wisata itu sendiri.

foto by instagram.com/hasandraf/

Nah menariknya, alasan tersebut memiliki kemungkinan 100 persen terpenuhi jika anda datang ke situ janawi.

Di sana akan anda temukan view permukaan air yang menghijau dengan bentangan seluas 1 hektar, berhias pepohonan rindang dan juga areal perbukitan di salah satu sisi danau.

Keberadaan pulau kecil di tengah-tengah situ, juga begitu nampak indah bila di pandang dari pinggir danau. Asri dan alaminya suasana alam, seolah menjadi pelengkap untuk menyempurnakan semua pesona yang ada.

foto by instagram.com/siti_mutmainah29/

Satu hal lagi yang juga menjadi daya tarik dari situ janawi, yaitu keberadaan mata air yang dipercaya merupakan peninggalan kerajaan rajagaluh di masa lampau. Airnya yang jernih dan segar, akan membuat siapapun tidak tahan ingin segera  menceburkan diri ke dalam.

Di lokasi mata air kita bisa berenang atau mandi seperti biasa, namun biasanya lokasi ini akan dipenuhi oleh anak-anak yang bermain air.

BacaJuga:  10 Gambar Jalan Margonda Depok, Lokasi Alamat + Apartemen Hotel di Sekitar

Oh iya. Selain jernih dan segar, air yang bersumber dari mata air tersebut juga katanya bisa menyembukan berbagai macam penyakit. Karena itulah, masyarakat sekitar danau sering memanfaatkannya sebagai obat alami.

foto by instagram.com/_f.u.a.d_/

Entah benar atau tidak. Selebihnya silahkan anda coba sendiri. Tentunya kesembuhan semua penyakit merupakan anugrah yang bersumber dari Allah semata.

Lanjut…

Selain itu, di sana kita juga bisa menikmati suasana liburan dengan cara berkeliling ke seluruh area situ. Anda bisa menyewa perahu yang memang telah disediakan untuk keperluan tersebut.

Sembari berkeliling, dari atas perahu anda bisa mengabadikan setiap pemandangan yang dianggap indah dan berkesan. Berselfie di atas perahu dengan mengambil latar danau tentunya juga merupakan ide yang bagus. Hasilnya juga pasti unik dan menarik.

foto by instagram.com/kelilingmajalengka/

Fasilitas wisata di situ janawi

Disamping menyimpan beragam pesona dan keindahan yang membuatnya layak disebut lokasi wisata favorit. Situ janawi juga telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas penting seperti area parkir, penginapan, kamar mandi + mck serta musholla.

Lokasi situ janawi dan rute menuju kesana

foto by instagram.com/mahisarachman/

Dari pusat kota majalengka, situ janawi berjarak sekitar 21 km. Situ ini tepatnya berada di Desa Payung, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Anda bisa mencapai situ ini dengan berkendara selama kurang lebih 1 jam  dari pusat kota majalengka.

Sedangkan pilihan jalur atau rute yang bisa anda lewati untuk sampai ke lokasi situ janawi ialah rute majalengka – Rajagaluh. Detailnya seperi berikut ini.

Mulailah perjalanan anda dari pusat kota majalengka dengan kendaraan pribadi ataupun angkutan umum. arahkan tujuan pertama anda ke rajagaluh yang merupakan kecamatan yang membawahi desa payung.

foto by instagram.com/infomjlk/

Nah dari rajagaluh, arahkan tujuan ke waduk atau bendungan sindang panon. Dari bendungan ini kemudian anda bisa melanjutkan perlananan ke arah selatan yang akan mengantarkan anda sampai desa payung.

BacaJuga:  60 Wisata Lembang Maribaya Terbaru 2018 Murah Meriah: Dusun Bambu dan Bandung Ala Eropa

Harap berhati-hati selama perjalanan menuju desa payung. Karena jalan yang akan anda tempuh sangat sempit bila dilalui dengan kendaraan roda empat.

Selanjutnya setelah sampai di desa payung. Anda masih harus melakukan perjalanan sejauh 100 m untuk bisa benar-benar sampai di pintu masuk situ janawi.

Jam buka tutup

foto by instagram.com/eggysetiadi22_mufc/

Sampai saat ini, pihak pengelola situ janawi yaitu madrasah diniyah alawiah masih menerapkan jadwal kunjungan seperti biasanya.

Artinya anda masih bisa berkunjung ke situ janawi setiap hari baik hari kerja ataupun di hari libur. Sedangkan mengenai jam buka tutupnya yakni mulai pukul 08.00-04.00.

Agar dapat menikmati segarnya udara di sekitar situ, anda sebaiknya datang lebih pagi. Sekurang-kurangnya anda sudah menapakkan kaki di lokasi situ pada pukul 10.00 pagi.

Harga tiket masuk

foto by instagram.com/f_fitri75/

Seperti kebanyakan obyek wisata di indonesia. Obyek wisata situ janawi juga menerapkan sistem karcis bagi para pengunjungnya.

Karenanya sebelum bisa memasuki areal situ, anda diharuskan untuk membayar biaya tiket masuk. Tapi tenang saja, harga karcisnya tidak mahal kok. Jika anda datang sendirian dan tergolong pengunjung dewasa, maka anda hanya perlu membayar sebesar Rp. 5000 per orang.

Namun kemungkinan biaya tersebut hanya untuk harga tiket masuk saja. sedangkan untuk menggunakan fasilitas atau wahana lain seperti berperahu atau lainnya, anda mungkin saja dikenakan biaya tambahan. Jadi, selalu pastikan uang di kantong anda masih cukup ya.

Tips berlibur ke situ janawi

foto by instagram.com/repost_mjlk/

Setiap agenda liburan perlu direncanakan dengan sebaik-baiknya. Dengan perencanaan dan persiapan yang matang, liburan andapun akan semakin lancar, berkesan dan bermakna.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Berikut ini beberapa saran atau tips liburan ke situ janawi yang bisa anda ikuti.

  • Siapkan fisik yang kuat dan badan yang sehat. Bila perlu periksakan kondisi tubuh sehari sebelum liburan.
  • Pilihlah waktu liburan yang tepat. Ini terkait cuaca ketika anda datang ke situ janawi. Sebaiknya hindari liburan ketika sedang musim hujan. Alasannya karena biasanya air di situ janawi akan naik debitnya dan kurang bersih.
  • Walapun tidak terlalu berpengaruh. Sebaiknya anda menggunakan sepeda motor ketika berkunjung ke situ janawi. Hal ini dimaksudkan agar anda lebih mudah ketika menyusuri jalan masuk ke desa payung dan ke lokasi situ.
  • Jangan lupa siapkan semua perbekalan yang kiranya akan anda butuhkan seperti alat kebersihan, komunikasi, makanan dan tentunya kamera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.