Situs Biting, Bukti Adanya Kerajaan Besar di Lumajang

Posted on
Situs Biting, Bukti Adanya Kerajaan Besar di Lumajang
Rate this post
Selamat Datang | Foto: haris1510.blogspot.com
Selamat Datang | Foto: haris1510.blogspot.com

Lokasi: Desa Kutorenon, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur
MAP: Klik Disini
HTM: Rp. 2.000
Buka/Tutup: 24 jam
Telepon: –

Budaya, kuliner, dan tentu saja destinasi wisata memukau bisa Anda temukan di Indonesia. Bahkan Anda akan bingung memilih satu tempat untuk menghabiskan waktu libur.

Masyarakat lokal maupun internasional pada umumnya mengenal Indonesia melalui kota-kota besar, seperti Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, dan Bali. Lalu bagaimana dengan kota lain? apakah tidak memiliki suatu hal yang menarik?

Jangan salah, salah satu kota kecil dalam wilayah administratif provinsi Jawa Timur ini memiliki pesona tersendiri. Kota ini terletak sekitar 140 Km selatan Kota Surabya, atau 60 Km sebelah barat Kabupaten Jember.

Lumajang, kota ini dijuluki sebagai  kota pisang. Pasti sudah bisa menebak bukan? Benar sekali, Lumajang sebagai penghasil berbagai jenis pisang yang melimpah ruah.

Bekas Kerajaan | Foto: youtube.com
Bekas Kerajaan | Foto: youtube.com

Jika masih merasa asing atau belum tertarik dengan Lumajang, mari baca terus ulasan berikut ini. Kebanyakan kota besar identik dengan polusi, panas, dan sampah. Berbeda dengan Lumajang, disana sangat bersih dan damai. Hal ini bukanlah isapan jempol belaka, terbukti dengan beberapa kali penghargaan Adipura singgah di kota ini.

Situs Arkeologis

Kembali ke tema tulisan ini, yaitu destinasi wisata di Lumajang. Mendaki gunung, melihat indahnya ombak laut merupakan hal biasa dalam memilih tempat wisata untuk berlibur. Namun jika Anda bersama keluarga berkunjung ke sebuah situs arkeologis di Kota Pisang ini maka rasa takjub akan menyelimuti hati. Situs arkeologis ini dinamakan Situs Biting.

BacaJuga:  Rute Pantai Sendang Biru Malang Selatan Jawa Timur + 10 Gambar & Tiket Masuk Lokasi
Salah Satu Bagian Utuh | Foto: haris1510.blogspot.com
Salah Satu Bagian Utuh | Foto: haris1510.blogspot.com

Lokasi

Terletak di desa Kutorenon, kecamatan Sukodono, Lumajang, provinsi Jawa Timur. Tetapi jika anda masih bingung di mana lokasi atau letak Wisata Sejarah Situs Biting, sangat disarankan Anda mencari melalui Google Maps. Di Google Maps sudah tertandai dimana alamat yang anda cari beserta gambar pendukungnya.

Berupa Batu Bata | Foto: kebudayaan.kemdikbud.go.id
Berupa Batu Bata | Foto: kebudayaan.kemdikbud.go.id

Berada dikawasan seluas sekitar 135 hektare, situs ini diperkirakan sebagai peninggalan kerajaan Lamajang atau disebut juga sebagai Majapahit Timur. Bangunan paling menakjubkan adalah tembok benteng dengan sepanjang 10 kilometer, lebar 6 meter dan tinggi 10 meter.

Memiliki Persamaan dengan Atlantis

Pernah mendengar atau membaca mengenai Kerajaan Atlantis sebagai salah satu peradaban paling memukau di dunia? Banyak mitos menyebutkan bahwa Situs Biting memiliki persamaan dengan Atlantis.

Pertama, peninggalan Situs Biting sebagai pusat kerajaan membawahi sebuah wilayah bernama Senduro. Sedangkan dalam sejumlah buku yang menceritakan kerajaan Atlanttis ada kota  bernama Sindhuro. Jika melihat susunan suku kata dan pengucapan, Senduro dan Sidhuro hampir sama.

Menara Pengawas | Foto: flickr.com
Menara Pengawas | Foto: flickr.com

Selanjutnya, Atlantis disebut sebagai negara makmur bermandi matahari sepanjang waktu. Padahal pada jaman itu adalah jaman es, dimana temperatur bumi secara menyeluruh adalah kira-kira 15 derajat Celcius lebih dingin dari sekarang. Lokasi yang bermandi sinar matahari pada waktu itu hanyalah Indonesia yang memang terletak di katulistiwa.

Sumur Windhu Menak Koncar | Foto: artikelbandem.blogspot.com
Sumur Windhu Menak Koncar | Foto: artikelbandem.blogspot.com

Lebih dari itu, banyak artikel menyebutkan bahwa kawasan Situs Biting memiliki legenda luar biasa. Begitupun dengan cerita-cerita dari masyarakat lokal yang menyatakan bahwa Situs Biting menarik akan sejarahnya. Demikian pula para arkeolog sering melakukan penelitian, serta banyak anak sekolah membuat makalah berkaitan dengan Situs Biting.

Bekas Kerajaan Besar

Betapa tidak, menilik struktur bangunan Situs Biting sebagai benteng raksasa atau salah satu benteng terbesar di Indonesia. Fakta ini Mencerminkan Bahwa Lumajang dulunya merupakan bekas sebuah kerajaan besar. Bagi Anda yang suka mengabadikan momen melalui foto, tempat ini sangat tepat dan selfiable untuk bergaya ala jaman kerajaan kuno.

BacaJuga:  10 Gambar Pantai Sipelot Malang Selatan Jawa Timur + Peta Akses Jalan Menuju Lokasi
Makam | Foto: artikelbandem.blogspot.com
Makam | Foto: artikelbandem.blogspot.com

Satu lagi, penduduk lokal daerah Lumajang juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Termasuk kuliner dan berbagai macam oleh-oleh khas Lumajang. Asyik ya, berwisata senang, perut kenyang, dapat ilmu pula.

Pemakaman | Foto: kim-sinar-harapan-tekung.blogspot.com
Pemakaman | Foto: kim-sinar-harapan-tekung.blogspot.com

Pesan tersurat dalam tulisan ini, kemanapun Anda pergi tetaplah jaga kelestarian alam dan lingkungan dimanapun dan kapanpun. Terutama disitus sejarah, sebab disitulah peradaban dimulai. Tidak banyak yang tahu apabila Situs Biting sebagai cikal bakal berdirinya Indonesia, tentu saja melalui kejayaan Majapahit.

Makam Senopatai Lamajang Tigang Juru | Foto: artikelbandem.blogspot.com
Makam Senopatai Lamajang Tigang Juru | Foto: artikelbandem.blogspot.com

Saran bagi Anda ketika hendak pergi berlibur, sebelum pergi ke wisata sejarah Situs Biting Lumajang anda perlu mempersiapkan keperluan yang akan dibutuhkan. Siapkan fisik dan kendaraan dengan baik supaya liburan berjalan dengan lancar. Jaga kondisi diri dan selalu berhati-hati.

Pintu | Foto: haris1510.blogspot.com
Pintu | Foto: haris1510.blogspot.com
Rental Mobil Lampung
Loading...
Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.