Maknyus! 10 Soto Paling Enak di Semarang Ini Siap Menggoyang Lidahmu

Diposting pada

Semarang merupakan salah satu kota yang selalu bikin siapa saja rindu untuk berkunjung kembali. Layaknya kota-kota besar lainnya, Semarang juga sebuah kota yang memiliki banyak pendatang terutama dari kalangan mahasiswa.

Sama seperti Jogja dan Solo, makanan di Semarang juga memiliki harga yang ramah di kantong. Kamu bisa puas menikmati berbagai macam kuliner di Semarang tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam. Salah satu menu yang wajib diicip adalah Soto khas Semarang.

Ada beberapa tempat yang cukup recomended untuk kamu bisa menikmati Soto Khas Semarang ini. Beberapa diantaranya adalah yang paling favorit di Semarang. Simak selengkapnya dibawah ini!

1. Soto Ayam Kudus Mbak Lin

foto by suara.com

Alamat: Jalan Ki Mangunsarkoro Nomor 15, Karangkidul, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50241
Map: Klik Disini
Jam Buka: 07.00-22.00 (Senin-Minggu)
Harga: Rp 9.000,-
No Telp: 024 7644 0038

Jangan pernah ngaku sudah ke Semarang kalau belom cobain Soto Ayam Kudus Mbak Lin ini deh. Kuliner Semarang yang sangat legend ini selalu diincar oleh siapapun baik itu warga lokal maupun wisatawan.

Favorit karena memiliki rasa yang otentik dan dijual dengan harga murah. Selain itu pelayanan disini juga sangat cepat. Begitu pesan, tidak sampai lima menit soto pesananmu akan diantar ke meja dan siap untuk disantap.

2. Soto Bokoran

foto by tripadvisor.co.id

Alamat: Jalan Plampitan Nomor 55, Bangunharjo, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50138
Map: Klik Disini
Jam Buka: 06.00-14.00 (Senin-Minggu)
Harga: Rp 15.000,-
No Telp: 0812 2859 5913

Salah satu menu kuliner yang nggak boleh kelewat saat berada di Semarang adalah Soto Bokoran. Terkenal karena rasa rempah yang amat terasa dan penuh kenikmatan. Lauk pendamping paling favorit disini adalah perkedel, banyak yang bilang kalo rasanya endes banget.

BacaJuga:  Selain Umbul Ponggok dan Prambanan, Ini 23 Objek Wisata Hits di Klaten

Walaupun sudah cukup mempunyai nama, tapi Soto Bokoran dijual dengan harga yang masih terjangkau. Tidak memanfaatkan ketenaran untuk sebuah keuntungan, karena bagi mereka kepuasan pelanggan adalah prioritas utama.

3. Soto Ayam Pak Man

foto by sotoveteran.blogspot.com

Alamat: Jalan Pamularsih Raya Nomor 32, Salamanmloyo, Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa Tengah 50143
Map: Klik Disini
Jam Buka: 07.00-19.00 (Senin-Minggu)
Harga: Rp 17.000,-
No Telp: 024 7035 0130

Soto Ayam Pak Man juga cukup recommended untuk dicoba. Kamu bisa menikmatinya cukup dengan mengeluarkan kocek sebesar 17ribu saja. Rasa kuahnya sebelum dicampur sambal sangat gurih.

Porsi sotonya pas dengan isi yang komplit dan bikin kenyang. Lokasinya berada di kawasan bandara lama Kota Semarang.

4. Soto Bangkong

foto by jateng.tribunnews.com

Alamat: Jalan Brigjen Katamso Nomor 1, Karangtempel, Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah 50242
Map: Klik Disini
Jam Buka: 07.00-22.00 (Senin-Minggu)
Harga: Rp 16.000,-
No Telp: 024 8412 842

Ternyata Semarang punya kuliner khas lainnya yang dinamakan Soto Bangkong. Menikmati Soto Bangkong saat berada di Semarang adalah sebuah ritual yang tidak boleh sampai terlewat. Lokasinya berada tidak jauh dari pusat kota, yaitu kawasan Simpang Lima.

Baik dinikmati menggunakan ataupun tanpa nasi rasanya tetap nikmat. Kaldu dari kuah sotonya sangat menggugah selera siapapun yang melihatnya.

5. Soto Ayam Mas Boed

foto by kaskus.co.id

Alamat: Jalan Jati Raya Blok F-3, Srondol Wetan, Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah 50263
Map: Klik Disini
Jam Buka: 07.00-15.30 (Senin-Minggu)
Harga: Rp 11.000,-
No Telp: 0813 9088 8550

Soto Ayam milik Mas Boed ini bisa menjadi opsi berikutnya untuk kamu menjajal kuliner khas Kota Semarang. Isinya mungkin tak berbeda jauh dengan soto pada umumnya, namun pembedanya adalah dari rasa kuahnya dan isian yang melimpah.

Rasa soto semakin kuat setelah dicampur dengan aneka sate yang disediakan. Harga satu porsi sotonya adalah 11ribu.

BacaJuga:  Kampung Laut Cilacap, Tempat Yang Penuh Edukasi di Segara Anakan

6. Soto Ayam Pak Darno

foto by steemit.com

Alamat: Jalan MH Thamrin Nomor 88, Miroto, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50134
Map: Klik Disini
Jam Buka: 06.00-20.30 (Senin-Minggu)
Harga: Rp 11.000,-
No Telp: 0858 6877 1916

Soto Ayam Kudus milik Pak Darno ini selalu aja ramai disaat jam-jam makan siang. Namun jika kamu ingin menikmati menu ini sebagai hidangan sarapan juga bisa. Karena, Soto Ayam Pak Darno ini buka dari jam 6 pagi sampai malam.

Rasanya sama seperti Soto Kudus pada umumnya. Namun kelebihan dari soto ini adalah harganya yang cukup murah dibandingkan dengan lainnya, yaitu cuman 11ribu.

7. Soto & Ayam Goreng Pak Harto

foto by 1001journey.blogspot.com

Alamat: Jalan Kelud Raya Nomor 58, Bendan Ngisor, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50233
Map: Klik Disini
Jam Buka: 06.00-19.00 (Senin-Minggu)
Harga: Rp 17.000,-
No Telp: 0817 9566 631

Bosen dengan soto langgananmu dan pengen icip yang lainnya? Boleh dicoba nih Soto Pak Harto yang ada di wilayah Semarang Barat atau lebih tepatnya di Jalan Kelud Raya, Bendan Ngisor.

Rasanya tak kalah enak dengan soto-soto kenamaan lainnya. Apalagi kalau makannya ditambah dengan aneka lauk tambahan seperti sate kerang, ayam, dan kulit, dijamin bikin nagih!

8. Soto Ayam Pak Banjar

foto by seduhteh.wordpress.com

Alamat: Jalan Mlaten Trenggulun Nomor 97, Mlatibaru, Semarang Timur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50122
Map: Klik Disini
Jam Buka: 06.00-14.30 (Senin-Minggu)
Harga: Rp 15.000,-
No Telp: 024 3557 001

Berdiri sejak 40tahun lamanya dan sampai sekarang masih konsisten dalam memberikan hidangan yang lezat untuk warga Semarang. Walaupun dikelola oleh generasi turun menurun tak membuat rasa dari soto ini beda alias selalu sama.

Soto ayam Pak Banjar sendiri memiliki dua cabang yaitu yang berada di kawasan tanah mas dan widoharjo. Kamu bisa datang ke cabang yang dekat dari tempat tinggalmu.

9. Soto Asli Lamongan Cak Sis

foto by warungsotolamongan.wordpress.com

Alamat: Jalan Semarang Indah, Semarang Barat, Tawangmas, Kota Semarang, Jawa Tengah 50144
Map: Klik Disini
Jam Buka: 07.00-16.00 (Senin-Minggu)
Harga: Rp 15.000,-
No Telp: 0822 2158 8138

BacaJuga:  Agrowisata Sondokoro Solo Buka Jam Berapa? Simak ini

Rekomendasi berikutnya adalah Soto Lamongan Asli Cak Sis. Soto ini juga tak kalah recommended karena rasanya orisinil. Bisa dijadikan sebagai menu sarapan ataupun makan siang.

Harga yang ditawarkan juga bersahabat dan ramah dikantong. Tempe goreng disini juara banget, karena bentuknya tipis jadi crispy-crispy gitu gengs.

10. Soto Ayam Dargo Pak Wito

foto by tripadvisor.in

Alamat: Jalan Hasanudin raya, Plombokan, Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah 50171
Map: Klik Disini
Jam Buka: 07.00-15.00, 16.30-22.00 (Senin-Minggu)
Harga: Rp 12.000,-
No Telp: 0821 3473 4141

Lastly, ada Soto Ayam Pak Wito yang berada di Jalan Hasanudin Raya. Walaupun hanya bermodal gerobak dan tenda sederhana, rasa dari sotonya tetap maknyus dan menjadi salah satu kuliner yang direkomendasikan oleh banyak orang.

Kamu bisa menikmatinya untuk dijadikan santapan makan pagi ataupun siang. Namun, jam buka dari soto ayam ini terdiri dari dua waktu yaitu jam 7pagi-3sore lalu lanjut lagi sore hari jam setengah lima hingga sepuluh malam.

So, gimana gengs, mana soto yang paling menggugah seleramu dan bikin cepet-cepet pengen nyobain? Harga makanan di Semarang itu masih bersahabat kan? Kamu nggak akan jatuh miskin hanya jika mencicipi beraneka kuliner disana.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.