Jalan-Jalan Ke Balikpapan, Jangan Lupa Beli Souvenir Khas Ini!

Posted on
Jalan-Jalan Ke Balikpapan, Jangan Lupa Beli Souvenir Khas Ini!
Rate this post

Balikpapan adalah sebuah kota maju di Provinsi Kalimantan Timur dan terkenal karena mempunyai kilang minyak yang lumayan besar. Maka tak heran jika Balikpapan dijuluki sebagai Kota Minyak.

Selain itu Balikpapan juga mempunyai beragam wisata alam yang indah nan cantik. Tempat-tempat bersejarah serta kebudayaan yang elok menjadi daya tarik tersendiri. Ditambah dengan kekayaan cita rasa masakannya.

Kamu sedang merencanakan atau lagi berada di Balikpapan untuk liburan ataupun agenda pekerjaan? Sebaiknya berburulah oleh-oleh terlebih dahulu sebelum meninggalkan kota ini.

Banyak sekali oleh-oleh khas Balikpapan yang bisa kamu bawa pulang untuk diberikan ke keluarga atau kerabat terdekat, dari makanan, minuman, hingga souvenir.

Kali ini kami akan bahas beberapa referensi oleh-oleh berupa souvenir khas Balikpapan yang unik dan murah. Tak perlu menghabiskan banyak biaya, mau? Simak artikel ini sampai habis!

1. Souvenir dan Aksesoris Khas Suku Dayak

foto by gotravelly.com

Pulau Kalimantan memiliki beberapa suku kebangsaan, salah satunya Dayak. Dan mayoritas warga balikpapan Suku nya dayak. Jadi jika kamu berkunjung ke Balikpapan wajib membawa pulang souvenir dan aksesoris khas suku dayak ini.

Souvenir dan aksesoris nya berupa anting, gelang, kalung, sampai tas manik-manik dengan corak khas suku dayak. Selain itu kamu juga bisa beli pakaian adat khas suku dayak sebagai oleh-oleh lho. Kamu cukup pergi ke Pasar Impres atau Pasar Kebun Sayur.

BacaJuga:  10 Gambar Jembatan Mahakam Balikpapan, Sejarah Legenda, Lokasi Alamat, Panjang Total + Selesai di Bangun Pada Tanggal?

2. Batik Khas Balikpapan

foto by sahabatnesia.com

Kamu pecintan Batik? Wajib beli ini nih. Batik Balikpapan tak kalah menarik dari Batik Jawa lho. Motifnya sederhana dipadukan dengan corak khas suku dayak Kalimantan membuat Batik Balikpapan ini terlihat amat cantik dan berkelas.

Kamu bisa beli Batik Balikpapan ini manjadi koleksi pribadi maupun sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat terdekat.

3. Batu Mulia

foto by travel.detik.com

Jika bicara soal Batu Mulia, Balikpapan surganya. Karena Pulau Kalimantan merupakan penghasil Batu Mulia terbanyak di Indonesia. Dan di Balikpapan tersebar sangat luas toko-toko yang menjual Batu Mulia ini.

Batu Mulia ini bisa dijadikan sebagai oleh-oleh khas yang unik. Baik dalam bentuk bongkahan utuh atau sudah dipadu padankan dengan berbagai jenis perhiasan. Cocok kan buat dijadikan hadiah pernikahan? Kamu bisa mendapatkan ini di Pasar Kebun Sayur dengan harga yang ramah dikantong.

4. Kain Songket Balikpapan

foto by tripadvisor.com

Bisa dibilang setiap daerah pasti memiliki kain khasnya masing-masing. Tak terkecuali Balikpapan. Kota ini memiliki Kain Songket khas yang amat populer di kalangan pelancong nusantara.

Yang membuat Kain Songket ini terlihat mempesona dan elegan adalah karena warnanya. Kamu wajib beli kain songket ini untuk dijadikan oleh-oleh atau koleksi pribadi. Baik dalam bentuk kain meteran utuh atau sudah dalam bentuk busana jadi.

5. Tas Manik

foto by diary-komplikasi.blogspot.com

Kerajinan manik-manik memang sangat unik ya. Salah satunya kerajinan tas manik-manik khas Balikpapan ini. Souvenir ini pasti banyak di lirik oleh kaum hawa deh.

Motif tas manik ini sangat unik dan khas Balikpapan, jadi beda dari yang lain. Dan banyak variasi ukuran bisa kamu pilih, harganya pun lumayan terjangkau lho. Dibanderol mulai dari harga 100ribu.

BacaJuga:  10 Gambar Ladang Budaya Tenggarong Balikpapan, Harga Tiket Masuk, Lokasi Alamat, Nomer Telepon, Penginapan di Sekitar Wisata + Jalan Menuju ke Sana

6. Kaos Khas

foto by kaltim.tribunnews.com

Nah kalo berlibur ke negara atau kota manapun souvenir ini wajib banget dibeli nih. Sebelum kembali ke kota asal ada baiknya beli kaos khas Kota Balikpapan ini.

Kaos khas ini di desain khusus dengan motif khas suku Dayak. Harga satu kaosnya juga lumayan murah lho, sekitar 80-120ribu. Dengan harga yang terbilang lumayan murah, kamu bisa dapet kaos dengan bahan yang berkualitas.

7. Mandau

foto by fjb.kaskus.co.id

Setiap suku di Indonesia pasti memiliki alat senjata khas. Seperti suku Dayak Kalimantan, memiliki alat senjata Mandau. Dan saat ini fungsi mandau tidak lagi sebagai alat senjata tetapi digunakan sebagai oleh-oleh juga.

Mandau ini bentuknya dilengkapi dengan manik-manik di ujungnya. Serta ukiran khas Balikpapan inilah yang menjadikan barang ini disenangi wisatawan.

8. Anjat

foto by tokopedia.com

Anjat merupakan tas punggung khas Suku Dayak. Tas ini terbuat dari rotan yang dibentuk sedemikian rupa menjadi seperti tabung. Anjat ini memiliki nilai budaya dan seni yang tinggi. Keunikan dari tas punggung ini karena bahan baku pembuatannya dari rotan.

Karena keuinaknnya inilah yang membuat Anjat menjadi cinderamata favorit semua kalangan. Soal harga, masih tergolong murah, sekitar 50-100ribu.

9. Anyaman Lampit

foto by rumahkreative.id

Selain anjat, cinderamata lain yang menjadi ciri khas Balikpapan adalah Anyaman Lampit. Sama-sama terbuat dari rotan membuat barang ini juga digemari para wisatawan. Kalau dulu anyaman lampit hanya untuk membuat tikar, sekarang lebih bervariasi lho.

Ada yang berbentuk dompet,tas,topi,keranjang,tudung saji,sampai tempat nasi. Harganya juga macam-macam mulai dari 150-200ribu. Kerajinan yang unik dan cantik ini sangat sayang jika dilewatkan sebagai cinderamata.

10. Miniatur Rumah Adat

foto by mejakomputer.com

Kalimantan Timur mempunyai budaya dan seni yang beragam, dari tarian dan rumah adat, senjata khas, sampai suku-suku yang menghuninya. Nah lalu apa rumah adat Kalimantan Timur? Lamin namanya.

BacaJuga:  10 Mall Terbesar dan Terlengkap di Samarinda

Kamu bisa membawa pulang miniatur rumah adat Lamin ini sebagai oleh-oleh yang antimainstream. Dengan begitu, sesudah sampai dirumah, suasana Balikpapannya akan tetap terasa, bisa mengobati kerinduanmu ketika ingin kembali berkunjung.

Nah jadi itu dia beberapa referensi souvenir khas Balikpapan yang unik dan murah. Segera pilih yang paling kamu suka untuk dibawa pulang kerumah!.

Loading...
Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.