15 Cinderamata Khas Bandung Ini Ngga Boleh Absen di Daftar Belanjaanmu!

Posted on
15 Cinderamata Khas Bandung Ini Ngga Boleh Absen di Daftar Belanjaanmu!
5 (100%) 1 vote

Sedang liburan di Kota Bandung? Bandung adalah Ibukota Jawa Barat terkenal dengan kemajuan tatanan kotanya dan masyarakatnya yang ramah-ramah.

Jika mengunjungi Kota Paris Van Java ini pastikan kalau kamu membawa uang lebih, yaitu selain piknik ke tempat-tempat wisata dan icip kuliner khas, wajib juga dong beli cinderamata sebagai oleh-oleh untuk keluarga, saudara, atau kerabat terdekat.

Bingung cari oleh-oleh khas Kota Kembang unik dan menarik? Bandung punya banyak cinderamata populer loh. Kota Kembang ini terkenal dengan sejuta wisata,kuliner dan buah tangannya.

Cinderamata Bandung semuanya memiliki keunikan masing-masing. Maka dari itu jika kamu ke Bandung, jangan sampai terlewat untuk membeli buah tangan dibawah ini ya!

1. Angklung

foto by bobotoh.id

Salah satu kerajinan khas Sunda yang tak pernah lepas dari diincaran para wisatawan untuk dijadikan buah tangan asli Bandung adalah, Angklung. Alat musik tradisional khas Sunda ini juga sudah diakui di seluruh Indonesia, bahkan dunia loh.

Terbuat dari bambu,ketika dimainkan menghasilkan suara yang amat indah. Benda tradisional ini bisa dijadikan cinderamata ketika kamu berkunjung ke Bandung. di Jl. Padasuka tersedia banyak sekali angklung dalam bermacam bentuk, tentu dengan variasi harga beraneka ragam juga.

2. Wayang Golek

foto by bandung.panduanwisata.id

Kerajinan tradisional selanjutnya adalah Wayang Golek. Wayang Golek merupakan sebuah boneka tradisional dalam pertunjukan seni tradisional khas Sunda.

Eksistensi wayang golek tak hanya sebatas dalam negeri saja loh, mancanegara juga. Jika kamu ingin souvenir dengan sentuhan budaya seni khas Sunda, maka wayang golek ini cocok untuk dibawa pulang. Bisa dijadikan sebagai hiasan rumah, agar tatananannya semakin cantik dan etnik.

BacaJuga:  Jalan Menuju Pantai Cijayana Garut Pameungpeuk + Penginapan di Lokasi Wisata

3. Kerajinan Tangan Lembang

foto by tempatwisataunik.com

Kerajinan tangan khas Bandung memang banyak sekali jenisnya. Salah satu favorit para wisatawan adalah berasal dari Lembang. Kerajinan tangan khas Lembang menghasilkan karya-karya inspiratif.

Kerajinan tangan khas Lembang biasanya terbuat dari anyaman bambu serta macam-macam keramik. Jika kamu berlibur ke Lembang mengunjungi beberapa tempat wisata disana, maka jangan sungkan untuk mampir ke Galeri kesenian yang ada untuk membeli cinderamata ini.

4. Sepatu dan Tas Cibaduyut

foto by sebandung.com

Kamu penggemar fashion? Pasti akan suka dengan oleh-oleh satu ini. Setiap pengunjung Kota Bandung pasti tidak pernah melewatkan untuk membeli produk khas dari Cibaduyut. Sepatu dan Tas Cibaduyut memang sudah terkenal ke seluruh Nusantara.

Kerajinan kulit asal Cibaduyut ini memiliki kualitas sangat apik dan bisa didapatkan hanya dengan harga amat murah. Tak heran jika pusat kerajinan kulit Cibaduyut tidak pernah absen pengunjung. Selain produk sepatu dan tas, Cibaduyut juga menghasilkan dompet,gesper, jaket, dll.

5. Pakaian Khas Factory Outlet

foto by kfntravelguide.com

Jika berkunjung ke Bandung, pasti kamu akan melihat banyak sekali Factory Outlet bertebaran. Factory Outlet adalah sebuah tempat dimana terdapat fashion item ngetren dan dijual dengan harga sangat murah, jauh dari departement atau butik-butik kenamaan.

Kamu bisa membeli berbagai macam jenis pakaian trendy Factory outlet di seluruh penjuru Kota Bandung. Wilayah yang banyak terdapat Factory Outlet berjejeran adalah sepanjang Jl LL RE Martadinata. Memborong pakaian factory outlet bisa jadi pilihan souvenir yang tepat.

6. Miniatur Gamelan

foto by travel.tempo.co

Salah satu alat musik tradisional khas Sunda adalah Gamelan. Gamelan memiliki bentuk sangat unik dengan beberapa jenis instrumennya. Jika kamu menyukai alat musik tradisional ini, cobalah untuk membeli miniatur gamelan yang dijual hampir di setiap toko souvenir di Bandung.

Bentuk miniatur gamelan sangatlah unik dan menarik. Jika tak ingin membeli satu set instrumen gamelan, kamu bisa beli salah satunya saja, misal gong atau bonangnya.

7. Gantungan Kunci dan Magnet Kulkas

foto by tokopedia.com

Aksesoris oleh-oleh yang tidak pernah ketinggalan diburu oleh para pelancong adalah gantungan kunci dan magnet kulkas. Souvenir khas Bandung ini memiliki desain dan model yang menonjolkan identitas kota Bandung.

BacaJuga:  10 Gambar Isi Museum Konferensi Asia Afrika, Sejarah, Koleksi + Jam Buka

Seperti ikon2 ternama dan budaya Kota Bandung. Harga untuk souvenir ini juga relatif murah, mulai dari 5ribu sampai puluhan ribu rupiah. Membeli gantungan kunci dan magnet kulkas bernuansakan kota Paris Van Java bisa juga jadi pilihan souvenir pernikahan yang tepat.

8. Kaos Khas Bandung

foto by elevenia.co.id

Sama dengan kota-kota wisata pada umumnya, yang selalu mempunyai ciri khas oleh-oleh yang bisa menarik minat wisatawan agar selalu antusias untuk berlibur ke Bandung. Salah satu buah tangan incaran wisatawan adalah Kaos Khas Bandung.

Kaos khas Bandung memiliki puluhan motif dan model sangat kreatif dengan menyematkan kata-kata sunda serta gambar-gambar yang mempresentasikan suasana kota.

9. Miniatur Dokar Besi

foto by kerajinanminiaturjogja.blogspot.com

Ketika berjalan-jalan menyusuri Kota Kembang kamu pasti akan dihadapkan banyak sekali angkutan umum terutama tradisional di sepanjang jalan.

Salah satunya adalah Dokar, yakni sebuah kreta kuda. Sebagai pilihan yang menarik, kamu bisa membeli miniatur dokar besi sebagai souvenir khas Bandung dengan harga sekitar 198rb.

10. Mainan Gangsing Bambu

foto by wasisfajar27.blogspot.com

Selain alat musik dan kendaraan tradisional, pilihan cinderamata lainnya adalah mainan tradisional. Alat permainan tradisonal anak-anak khas Sunda ini selain dimainkan ternyata dibuat untuk para wisatawan juga loh sebagai buah tangan.

Gangsing Bambu bisa jadi pilihan souvenir menarik. Selain untuk dimainkan, gangsing bambu ini bisa dijadikan sebagai hiasan meja dirumahmu loh. Biasanya di Toko Souvenir jual gangsing bambu dengan berbagai macam ukuran.

11. Kerajinan Kayu

Bandung selain terkenal dengan wisata dan kulinernya yang ajib, ternyata menyimpan segudang kerajinan apik nan elok. Salah satu kerajinan khas Bandung yang bisa dijadikan oleh-oleh adalah Kerajinan Kayu. Hasil yang diperoleh seperti asbak, patung, miniatur, serta furnitur rumah tangga.

12. Kipas Anyam

Kerajinan anyaman khas Bandung ternyata menghasilkan sesuatu yang cukup bermanfaat, salah satunya adalah Kipas Anyam. Kipas anyam bambu ini dijual dengan harga sangat murah yakin sekitar 6.000 saja.

BacaJuga:  10 Gambar Pantai Batu Karas Ciamis, Tiket Masuk, Harga Penginapan Hotel Villa, Lokasi Alamat + Transportasi Menuju Wisata

13. Miniatur Gedung Sate 3D

Gedung yang merupakan salah satu landmark kota Bandung ini kerap dijadikan objek selfie oleh para wisatawaw adalah Gedung Sate. Sebagai buah tangan, kamu bisa membeli miniatur gedung sate dalam bentuk 3D loh, harganya cukup murah yaitu sekitar 80rb, tersedia di seluruh toko oleh2.

14. Batik

Ingin mencari busana khas Bandung yang lebih etnik dan berkelas?cobalah membeli Batik khas Bandung. Kota Paris Van Java ini memiliki Batik yang sangat khas dengan corak Sunda. Kamu bisa membelinya untuk menambah koleksi batik pribadimu ataupun diberikan kepada orang tedekat.

15. Barang Second Hand

Cinderamata terakhir yang bisa dibeli adalah Barang Second Hand. Bandung memang terkenal dengan barang-barang bekas dan antik yang masih bagus kualitasnya.

Jangan ragu untuk membeli ini sebagai oleh2. BABE alias Barang Bekas adalah salah satu tempat dimana kamu bisa menemukan buah tangan unik ini. Sebuah outlet yang menjajakan berbagai macam barang bekas berkualitas.

Bagaimana 15 ide souvenir khas Paris Van Java diatas? cukup membantumu untuk menemukan oleh-oleh incaranmu kan? Bijaklah dalam memilih buah tangan, kenapa harus beli yang mahal, kalau barang murah pun bisa jadi oleh-oleh berkesan ya kan.

Loading...
Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.