Bingung Cari Souvenir Khas Batam? Solusinya Ada Disini!

Posted on
Bingung Cari Souvenir Khas Batam? Solusinya Ada Disini!
Rate this post

Batam adalah salah satu kota di Provinsi Kepulauan Riau yang terkenal karena letaknya berdekatan dengan negara tetangga yaitu Singapura dan Malaysia.

Selain itu, Batam memiliki perairan Internasional yang dilalui oleh kapal-kapal lintas negara. Barang-barang impor yang masuk lewat peraiaran ini bebas dari bea cukai. Jadi tak heran ya kalau barang impor di Batam harganya lebih murah.

Banyak yang bisa kamu nikmati dari Kota Batam ini, selain kemajuan kotanya, mencicipi kuliner khas juga patut dicoba. Namun bukan Cuma itu saja, Batam menyuguhkan beraneka macam pilihan buah tangan untuk para pengunjungnya.

Pasti bingung kan kira-kira oleh-oleh apa yang bisa kamu beli untuk keluarga, saudara,ataupun rekan kerja di kantor. Kami akan berikan solusinya, lewat rangkuman ide-ide souvenir berikut ini!

1. Miniatur Jembatan Barelang

foto by desainminiatur.com

Jika Palembang memiliki Jembatan Ampera sebagai landmarknya, maka Batam pun punya Jembatan Barelang. Seperti ikon kota-kota besar lainnya, Jembatan Barelang juga banyak digemari wisawatan.

Saking kagumnya dengan ikon kota Batam ini, banyak wisatawan memburu cinderamata berupa miniatur Jembatan Barelang. Miniatur Jembatan Barelang terdiri dari berbagai macam varian bahan,paling populer adalah kayu hitam.

2. Kaos T-Obenk

Kaos khas Batam yang terkenal adalah T-Obenk. Souvenir khas ini tidak diragukan lagi keksistensiannya. Awal mula merk T-Obenk ini berasal dari plesetan sebuah kata yang berarti Teh O’Peng atau Teh Obeng. Teh Obeng itu sendiri merupakan teh khas Batam dengan rasa manis dan unik.

Motif dan warna dari Kaos T-Obenk ini cukup beragam. Dengan harga bervariasi juga mulai dari 60-150ribu rupiah saja.

BacaJuga:  10 Gambar Pantai Payung Batam Kota Kepulauan Riau + Alamat Lokasi

3. Tas Branded

foto by tasbrandedmurahriri.com

Seperti yang kita tahu diawal, bahwa barang-barang impor yang berasal dari luar negeri, ketika masuk ke Batam belom terkena pajak atau tarif cukai. Itulah yang menyebabkan barang-barang impor disini memiliki harga jauh lebih murah ketimbang beli di Jakarta ataupun kota lainnya.

Salah satunya adalah Tas Branded. Kalo doyan koleksi tas branded sangat wajib membeli oleh-oleh. Mendapatkan tas branded dengan harga bersaing yakin akan dilewatkan begitu saja? Bahkan bukan produk orisinil saja yang dijual, barang KW sampai Semi Original juga ada!

4. Gadget

foto by inovasee.com

Sama halnya seperti Tas Branded, Gadget-gadget yang masuk ke Batam juga memiliki harga murah. Semua barang impor berupa fashion item sampai produk eletronik di Batam bisa kamu dapatkan dengan harga miring.

Sambil menyelam minum air, liburan ke Batam sekalian hunting gadget baru. Barangkali bosan dengan smartphone saat ini. Atau ingin belikan juga untuk keluarga atau saudara terdekat, dan mungkin temanmu nitip. Salah satu tempat penjual gadget ternama di Batam adalah Lucky Plaza.

5. Batik Gonggong

foto by serinditemas.wordpress.com

Siapa sangka kalau Batam memiliki Kain warisan nusantara kita apalagi kalau bukan Batik Gonggong. Kain khas Batam ini terinspirasi dari hewan laut gonggong serupa dengan siput yang berkeliaran di perairan Bintan Islands.

Kemudian warga lokal mengkreasikannya kedalam kerajinan Batik dengan menyertakan Gonggong sebagai motif khasnya. Dengan desain unik dan kreatif membuat Batik Gonggong disenangi oleh wisatawan nusantara maupun luar negeri.

6. Souvenir Gonggong

foto by isukepri.com

Selain dikreasikan menjadi kain Batik, gonggong dibuat menjadi sebuah souvenir amat cantik dan lebih praktis yaitu berupa pernak-pernik gantungan kunci, hiasan dinding, figura foto, dan lain2.

Souvenir ini lebih simple dan mudah dibawa kemana-mana. Jika ingin dijadikan sebagai souvenir pernikahan juga cocok. Kamu bisa custom motif kesukaanmu dan dibentuk sesuai dengan keinginanmu.

7. Tas Tali Kur

foto by ar-ar.facebook.com

Kerajinan khas Batam lainnya untuk dijadikan sebagai buah tangan adalah Tas dari Tali Kur. Unik kan? kalau biasanya tas terbuat dari kulit,canvas,ataupun kain, kali ini dibuat menggunakan Tali Kur.

BacaJuga:  10 Foto Bukit Senyum Batam, Harga Tiket Masuk Lokasi Wisata + Alamat Dimana?

Cinderamata ini bisa kamu beli untuk dijadikan koleksi pribadimu ataupun diberikan kepada orang tersayangmu. Tampilanmu akan semakin kece dengan menggunakan Tas Tali Kur ini.

8. Kerajinan Eceng Gondok

foto by jabar.tribunnews.com

Souvenir selanjutnya terbuat dari Eceng Gondok. Tentu kamu tahu kan, bahwa eceng gondok berwarna hijau, namun ketika dikeringkan, tanaman ini berubah menjadi coklat.

Kerajinan Eceng Gondok ini dibuat menjadi berbagai macam bentuk seperti keranjang, tas, vas bunga, sajadah, serta sandal. Ketika daun eceng gondok mengering membuat tampilan kerajinan ini terlihat sangat klasik.

9. Kerajinan Anyaman Pandan

foto by bangka.tribunnews.com

Kerajinan tangan khas Batam berikutnya ada berupa Anyaman daun pandan. Masyarakat Batam memang kreatif-kreatif ya, tanaman apa saja bisa disulap menjadi souvenir cantik dan bisa dijual kepada wisatawan.

Hasil kerajinan anyaman daun pandan berupa tempat kue, tudung saji, wadah tissue dan air mineral, sampai tikar. Kerajinan tangan tersebut dihargai mulai dari 50ribu saja, cukup terjangkau ya?

10. Wood Crafting

foto by batam.tribunnews.com

Kemudian ada wood crafting, barang ini juga bisa jadi souvenir pilihan lainnya. Kreasi kerajinan kayu ini cukup eksis di jajaran oleh-oleh khas Batam. Kurang lengkap rasanya jika belanjaanmu tidak ada barang satu ini.

Wood cratfing khas Batam dibentuk menjadi akseosoris2 cantik seperti key holder, wooden mirror, wooden frame, dan lain2. Bahan pembuatan wood crafting ini terbuat dari kayu balaw, meranti, dan kamper.

11. Lampu Bonggol Jagung

foto by warga-desa-worlds.blogspot.com

Sedang mencari perabotan rumah antimainstream? Lampu Bonggol Jangung dari Batam ini wajib dilirik. Keunikan bentuk dari lampu ini sangat beda dari lainnya.

Kerajinan ini memanfaakan limbah bonggol jagung menjadi sebuah perabotan cantik nan unik beda dari lainnya. Yakin ngga tertarik dengan cinderamata ini?

12. Boneka Shabby chic

Mencari souvenir lucu dan menggemaskan? Mungkin bisa beli boneka Shabby Chic asal Batam ini. Bagi penggemar konsep shabby chic pasti akan suka dengan souevenir ini.

BacaJuga:  10 Gambar Pulau Petong Batam, Harga Snorkeling, Cara Ke Lokasi + Paket Wisata Mancing

Boneka ini terbuat dari rajutan katun jepang dan dibuat dengan sangat rapih dan kemudian jadilah menjadi sebuah cinderamata yang sangat lucu.

13. Kapal Pinisi

Alternatif selajutnya ada Kapal Pinisi. Kerajinan kapal pinisi produksi pengrajin Batam sangat bagus loh. Model kapal pinisinya juga bermacam-macam. dengan variasi harga murah-murah, membuat souvenir salah satu ini digemari para pelancong.

14. Patung Kayu

Souvenir berupa patung kayu yang terdiri dari bermacam-macam bentuk juga ngga boleh sampai terlewat nih guys. Kerajinan tangan khas Batam ini memanfaatkan kayu-kayu seperti petai cina, akar bambu,kayu manis, dan rotan menjadi sebuah souvenir amat klasik.

15. Kerajinan Perak

Pilihan souvenir terakhir ada kerajinan berupa Perak. Kerajinan Perak khas Batam memiliki ciri khas yang sangat khusus menonjolkan budaya Batam. Mulai dari berbagai bentuk miniatur, aksesoris, hiasan dinding, pajangan dekorasi rumah, sampai pernak-pernik khas Batam.

Semua buah tangan souvenir diatas bisa dengan mudah didapatkan di beberapa toko souvenir yang tersebar di seluruh penjuru Batam. Pastikan jika kamu menawar dahulu setiap barang yang akan dibeli. Jadi kamu bisa dapetin barang menarik ditambah dengan tawaran harga yang spesial deh!

Loading...
Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.