10 Souvenir Khas Bengkulu Ini Wajib Dibawa Pulang!

Posted on
10 Souvenir Khas Bengkulu Ini Wajib Dibawa Pulang!
4 (80%) 4 votes

Sudah pernah liburan ke Bengkulu? Atau ingin kembali berkunjung? Segera realisasikan rencanamu itu. Karena Bengkulu merupakan salah satu kota sekaligus provinsi yang memiliki pesona tersendiri untuk menarik kunjungan wisatawan.

Daerah dimana ditemukannya Bunga Raflesia untuk pertama kalinya ini membuat Bengkulu menjadi tujuan wisata yang populer hingga mancanegara.

Namun bukan hanya indahnya Bunga Raflesia dan wisata lainnya yang menjadi daya tarik, oleh-oleh khas Bengkulu juga nggak kalah menarik.

Mau tau apa aja souvenir khas Bengkulu yang bisa kamu bawa sepulangnya dari Kota ini? Jangan ragu untuk simak artikel ini sampai selesai ya !

1. Batik Besurek

foto by gulalives.co

Salah satu peninggalan nenek moyang bangsa Indonesia yaitu kain batik. Batik yang dimiliki setiap daerah mempunyai motif dan ciri khas masing-masing. Begitu pula Bengkulu, batik asli daerah ini bernama Besurek.

Batik Besurek mengedepankan motif kaligrafi dipadu padankan dengan corak lain seperti bunga raflesia relung paku, burung kuau, dan rembulan. Kualitas batik tulis ini bisa disandingkan dengan daerah lain. Souvenir ini cocok dibuat menjadi sarung, pakaian, hingga bawahan.

2. Kerajinan Kulit Lantung

foto by travel.kompas.com

Kerajinan khas Bengkulu yang paling mendominasi dunia per souveniran adalah Kulit Lantung. Kerajinan Kulit Lantung ini cukup terkenal bukan saja di wilayah Bengkulu, tapi juga populer sampai keluar negeri.

Tekstur dan motif yang dihasilkan dari kayu lantung membuat kerajinan ini sangat unik dan elegan. Hasil kerajinan kulit lantung sebenarnya ada banyak, tapi yang paling populer itu Tas. Bagi kaum wanita pasti suka dengan souvenir yang satu ini.

BacaJuga:  10 Gambar Pantai Parai Tenggiri Beach Bangka Belitung, Biaya Masuk dan Sejarah-nya

3. Miniatur Dol (Alat Musik khas bengkulu)

foto by gpswisataindonesia.info

Salah satu alat musik tradisional khas Bengkulu adalah Dol. Jika dilihat dari bentuknya, alat musik ini sepintas mirip dengan perkusi, namun bunyi yang dihasilkan dari Dol ini sangatlah berbeda.

Dol terbuat dari kayu atau bonggol kelapa yang amat kuat. Jika ukuran aslinya sangatlah besar, untuk dijadikan souvenir kamu cukup membeli miniaturnya saja. Bentuknya tak kalah imut loh.

4. Kerajinan Kayu

foto by bengkuluekspress.com

Kerajinan khas Bengkulu lainnya berupa kayu. Kerajinan Kayu asli Bengkulu juga patut untuk dimiliki, karena hasil jenisnya bermacam-macam dengan model yang beragam pula. Seperti gantungan kuci, tempat tissue, asbak, dan perabotan rumah tangga lainnya.

Hampir setiap daerah pasti memiliki kerajinan kayu, tapi kualitas kayu Bengkulu yang terbaik diantara lainnya. Jadi jangan ragu untuk membeli kerajinan kayu ini ya, kamu bisa mendapatkannya di berbagai toko souvenir di Bengkulu.

5. Kerajinan Bambu

foto by andrameda.blogspot.com

Selain kerajinan kayu, bambu juga sering dijadikan media penyaluran kreatifitas warga lokal Bengkulu lho. Mereka biasa mengkreasikan Bambu menjadi sebuah kerajinan dengan berbagai macam jenis dan ukuran, seperti tutup saji, tirai, wadah beras, dan lainnya.

Souvenir tradisional seperti ini jika di jual di luar negeri harganya bisa sampai jutaan bahkan puluhan juta lho. Jika orang asing saja punya benda ini, masa kamu orang Indonesia asli engga?

6. Kerajinan Batik

foto by sp.beritasatu.com

Dewasa ini batik tidak hanya dijadikan sebagai trend busana saja, tapi sudah mulai merambah ke sektor akesoris. Jika kamu tadi sudah membeli kain batik untuk dijadikan busana jadi, kini saatnya beli batik dalam bentuk yang lain.

Kerajinan batik di Bengkulu cukup bervariasi jenisnya, dari dompet, tas, wadah tissue, tempat pensil, sampai sandal. Kami rasa benda ini selain untuk koleksi pribadi, cocok juga untuk souvenir pernikahan, ya?

BacaJuga:  10 Foto Pantai Panjang Bengkulu Garis-nya 7km, Misteri + Sejarah Wisata

7. Replika Senjata

foto by tribunnews.com

Di Bengkulu, terutama di pelosok desa menggunakan senjata tradisional masih dianggap menjadi budaya yang tidak boleh ditinggalkan. Sebut saja senjata Keris, Rambai ayam, Sewar, Dodong, sampai rudus.

Namun karena banyaknya peminat dari senjata-senjata ini, warga lokal Bengkulu mencoba membuka ladang uang dengan membuat replika senjata-senjata tersebut untuk dijadikan sebagai souvenir wisatawan yang berkunjung. Kayaknya kalo dijadiin pajangan bagus juga !

8. Kerajinan Tanah liat

foto by rumahkreative.id

Kerajinan selanjutnya yang bisa kamu dapatkan di Kota ini adalah tanah liat. Kerajinan tanah liat di Bengkulu juga cukup eksis loh. Kualitas dari kerajinan tanah liat khas Bengkulu ini sangat apik.

Bahkan jika kamu bandingkan dengan daerah lain, kerajinan ini bisa jadi yang terbaik. Hasil kerajinan ini berupa kendi, vas bunga, teko, sampai tungku masak. Ingin merombak suasana rumah menjadi lebih tradisional? Coba lengkapi dengan gerabah dari kerajinan tanah liat ini.

9. Aksesoris Pernak-pernik

foto by travel.kompas.com

Setiap daerah pasti memiliki aksesoris pernak-pernik yang khas. Masing-masing dibuat dengan motif dan model yang mencirikan daerahnya. Begitupun dengan Bengukulu, kota ini mempunyai aksesoris pernak-pernik yang khas.

Seperti gelang, kalung, cincin, sampai anting. Masyarakat Bengkulu mencoba sesuatu yang berbeda dengan membuat aksesoris ini terlihat khas Bengkulu sekali.

10. Miniatur Kendaraan

foto by indonetwork.co.id

Souvenir terakhir yang bisa kamu beli adalah miniatur kendaraan khas Bengkulu. Sebenernya pilihan angkutan tradisional khas Bengkulu jenisnya banyak, tapi yang paling menarik untuk dibeli adalah Kereta Lori Molek.

Bentuk angkutan ini terbilang unik apalagi dalam bentuk miniatur, terlihat semakin menarik. Kamu bisa membeli miniatur kereta lori molek ini di pusat oleh-oleh yang tersebar di penjuru kota Bengkulu.

Jadi ngga sabar untuk pergi liburan ke Bengkulu lalu pulang dengan membawa souvenir-souvenir diatas ya? buruan gausah nunggu lama-lama !

Rental Mobil Lampung
Loading...
Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.
BacaJuga:  10 Gambar Pantai Parai Tenggiri Beach Bangka Belitung, Biaya Masuk dan Sejarah-nya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.