15 Souvenir Khas Jogja Paling Populer dan Murah

Posted on
15 Souvenir Khas Jogja Paling Populer dan Murah
1.8 (36%) 5 votes

Jogja adalah sebuah kota di Pulau Jawa dengan segudang kekayaan budaya dan sejarah. Tak hanya itu, kota istimewa inipun sangat ramah untuk para turis, baik lokal maupun mancanegara. Banyak yang senang berlibur ke Jogja karena wisata,kuliner,budaya nya sangat unik.

Bahkan bukan hanya sekali, mereka sering bolak-balik mengunjungi Jogja hanya sekedar untuk menghabiskan waktu akhir pekan di Kota Budaya ini.

Sebelum mengunjungi Jogja, selain mencari tahu lokasi wisata tujuan, ada baiknya jika kamu mengetahui juga oleh-oleh khas apa yang bisa dibawa pulang untuk diberikan kepada orang-orang terkasihmu.

Berikut ini daftar oleh-oleh khas Jogja berupa souvenir murah, menarik, dan tahan lama sebagai kenang-kenangan.

1. Kaos Dagadu

foto by tokopedia.com

Jika pernah berkunjung ke Bali, pasti kamu tau dong merk oleh-oleh terkenal disana apa, yap! Joger. Nah Dagadu itu ngga beda jauh sama Joger. Salah satu produk Dagadu yang banyak banget dibeli untuk dijadikan oleh-oleh adalah Kaos.

Kaos Dagadu ini memiliki desain dengan tingkat seni tinggi. Yaitu dengan memadukan ciri khas budaya Jogja dengan kata-kata atau tulisan kekinian. Pastikan jika kamu membeli Kaos Dagadu asli dari outlet resmi, kualitasnya pasti sudah terjamin.

2. Wayang

foto by wayangku.id

Salah satu kesenian tradisional Jawa terutama Jogja yang masih eksis sampai sekarang adalah Wayang. Saat pergi liburan ke Jogja, menonton pagelaran wayang bisa jadi pilihan menarik.

Nah, kabar baiknya kamu bukan hanya sekedar menonton aja nih. Ternyata kamu juga bisa membawa pulang boneka wayang tersebut lho. Bisa beli seouvenir replika boneka wayang ini. Di Malioboro banyak yang jual dengan berbagai bentuk dan ukuran. Tertarik untuk membelinya?

BacaJuga:  10 Mall Bagus di Jogja Yang Ada Bioskop, Ice Sakting, Dekat Bandara dan Malioboro

3. Batik Jogja

foto by lifestyle.kompas.com

Batik Jogja juga patut di perhitungkan sebagai oleh-oleh. Sama seperti tetangganya, Solo, Batik Jogja juga memiliki model dan corak ngga kalah keren. Motif Batik Jogja paling populer itu Ceplok, Kawung, dan Parang.

Souvenir batik jogja ini tersedia dalam berbagai macam bentuk seperti kain utuh, kemeja, blazer, maupun gaun. Kamu bisa membelinya sesuai selera dan pilihanmu ataupun orang yang akan dibelikan oleh-oleh ini.

4. Tas Dowa

foto by tas-papillon.com

Tas handmade khas Jogja ini cukup populer di dunia per souveniran. Walaupun dibuat tanpa menggunakan mesin, tapi kualitas Tas Dowa patut diacungi jempol. Karena Tas Dowa ini dibuat memakai bahan nilon dan bagian dalamnya ditambahkan vuring, sehingga terlihat lebih elegan.

Tas Dowa rajut ini memiliki motif-motif fresh dan unik sehingga dapat membuat siapapun tampil lebih modis dengan mamakai tas ini.

5. Blangkonan

foto by Kompasiana.com

Jika berbicara busana orang Jawa, pasti pernah kan lihat benda ini? Blangkonan Jogja ternyata dijual juga sebagai oleh-oleh lho. Penutup kepala tradisional khas ini biasanya dibuat dengan menggunakan kain batik.

Souvenir khas ini bisa dibeli di berbagai tempat oleh-oleh ataupun sekitaran lokasi wisata. Tersedia berbagai motif dengan harga relatif aman dikantong. Sehingga jika ingin beli banyak, tidak akan rugi.

6. Barang Antik Beringharjo

foto by flowarikar.blogspot.com

Penggemar barang-barang antik? Wajib pergi ke Pasar Beringharjo. Disana kamu akan menemui berbagai macam barang antik dengan kondisi masih seperti baru.

Macam barang antik yang tersedia disana dari patung dewa, poreslen, arca, hingga perabotan rumah jaman bahela. Semua barang anti disini bisa ditawar, jadi kamu bisa membelinya dengan harga kesepakatan antara penjualnya.

7. Kerajinan Kulit

foto by bonvoyagejogja.com

Kerajinan kulit Jogja bisa jadi alternatif souvenir berikutnya. Di Bantul atau lebih tepatnya di Jl. Dr Wahidin Sudirohusodo, terdapat banyak sekali penjual kerajinan kulit khas Jogja. Dari mulai sepatu, sandal, tas, sampai gesper dijual dengan harga yang relatif murah namun kualitas tetap oke.

Model dari kerajinan kulit ini juga dibuat semenarik mungkin. Sangat pas jika dipakai untuk kegiatan sehari2 seperti main, kerja, ataupun kuliah. Walaupun harganya murah, kamu masih bisa menawar lho.

BacaJuga:  10 Gambar Pantai Indrayanti Beach Jogja, Harga Tiket Masuk + Jalan Menuju Lokasi

8. Surjan

foto by pricearea.com

Selain blangkon, busana khas Yogya adalah Surjan. Busana pria khas Jogjakarta ini juga banyak dijadikan cinderamata oleh para wisatawan. Motif luriknya yang khas membuat souvenir ini banyak dilirik.

Selain lurik, motif batik ataupun polos juga banyak peminatnya. Walaupun terlihat sederhana, pakaian ini cukup modis jika dipadukan dengan style yang apik.

9. Selop Batik

foto by tokopedia.com

Selanjutnya adalah Selop Batik. Sandal khas Jogja ini dibuat menggunakan bahan batik. Cukup antiamainstream kan? karena biasanya sendal terbuat dari kulit atupun karet.

Slop Batik ini dijual di berbagai toko ataupun pusat oleh-oleh yang tersebar di Kota Jogja. Dengan harga tak lebih dari 50rb, kamu sudah bisa mendapatkan souvenir cantik ini.

10. Topeng Batik

foto by jogjapost.com

Produk batik lainnya yang bisa dijadikan sebagai buah tangan maupun koleksi pribadi adalah topeng batik. Souvenir ini salah satu yang paling ngetren dan ngehits.

Biasanya wisatawan yang membeli topeng batik ini digunakan sebagai pajangan dinding. Harganya relatif murah dan bisa didapatkan hampir di seluruh toko souvenir di Jogja.

11. Patung Loro Blonyo

Nah souvenir satu ini biasanya banyak dibeli sebagai kado pernikahan. Loro Blonyo merupakan sebuah patung sepasang pengantin yang menggunakan busana pernikahan khas Jogja. Kabarnya, Patung ini dianggap bisa membawa aura kebahagiaan untuk pasutri.

Jadi saat berlibur ke Jogja, wisatawan sengaja membeli souvenir ini untuk mereka hadiahkan kepada saudara atau kerabatnya yang baru atau akan menikah.

12. Miniatur Becak atau sepeda onthel

Benda unik nan menggemaskan ini tak boleh terlewat dari list oleh-olehmu. Miniatur becak atau sepeda onthel khas Jogja ini cukup banyak peminatnya. Banyak wisatawan yang memburu buah tangan ini.

Banyak toko souvenir yang menjual miniatur ini dengan variasi harga berbeda-beda. Selain itu bahan pembuatannya juga beraneka macam ada yang dari kayu, tembaga, logam, dan lainnya.

13. Kerajinan Perak

Jika membahas kerajinan perak, Kota Yogyakarta adalah juaranya. Kotagede, sebuah daerah di Jogja merupakan tempat berkumpulnya para pengrajin perak. Perak handmade ini dibuat menjadi berbagai macam souvenir seperti gelang, kalung, gantungan kunci, patung, dan lain sebagainya.

BacaJuga:  10 Foto Green Village Gedangsari Yogyakarta, Harga Flying Fox + Tiket Masuk Lokasi Wisata

Ketenaran kerajinan perak ini bukan hanya saja terkenal di daerah lokal saja, tapi mencapai pasar internasional, salah satunya adalah Belanda. Yakin ngga tertarik untuk membelinya?

14. Mainan Tradisional

Walaupun sekarang udah jaman modern,tapi tetep ngga boleh melupakan sesuatu yang lebih tradisional dong. Nah cinderamata satu ini juga ngga boleh sampai ketinggalan.

Untuk mengenang masa-masa dulu, mainan tradisional ini bisa dijadikan sebagai oleh-oleh. Seperti papan dakon, gasing, ketapel, dan lain2. Barang-barang ini masih banyak dijual di toko-toko souvenir di Jogja lho. Ayok ikut melestarikan kearifan lokal dengan membeli cinderamata ini.

15. Miniatur Gamelan

Terakhir, jika ingin souvenir yang lebih lekat dengan budaya dan tradisi Jawa. Kamu wajib beli cinderamata berupa miniatur gamelan. Alat musik tradisional yang sudah terkenal hingga kancah tradisional ini memang pantas untuk dijadikan oleh-oleh.

Walaupun hanya miniatur, bentuknya tetap mirip dan tidak menghilangkan sisii orisinilitas dari gamelan itu sendiri. Miniatur gamelan ini dijual baik per satu set maupun satuan. Unik kan?

Bagaimana daftar souvenir khas Jogja diatas? Cukup membantumu dalam merangkum list oleh2 yang akan dibeli nanti saat ke Jogja kan? Semoga liburanmu makin sempurna dengan membawa pulang buah tangan diatas ke Jakarta atau kota asalmu.

Loading...
Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

One thought on “15 Souvenir Khas Jogja Paling Populer dan Murah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.