Cari Souvenir Khas Malang Yang Kece dan Murah? Lihat 15 Daftarnya Disini!

Posted on
Cari Souvenir Khas Malang Yang Kece dan Murah? Lihat 15 Daftarnya Disini!
5 (100%) 1 vote

Salah satu kota wisata terkenal dan terbesar di Jawa Timur adalah Malang. Kota Apel ini menyuguhkan pesona wisata sangat menakjubkan, baik alam, bersejarah, modern sampai belanja sekalipun, semuanya ada. Bentang alam kota Malang sangat cantik nan eksotis.

Daya tarik Kota Malang selalu membuat siapa saja terpana. Selain itu kota apel ini memiliki banyak sekali kekayaan lain berupa oleh-oleh yang tidak boleh dilewatkan.

Setelah puas berlibur pasti akan mencari oleh-oleh kan? masa pulang berlibur ngga bawa buah tangan,kayaknya kurang afdol.
Nah buah tangan khas Kota Apel ini macamnya banyak sekali, mulai dari makanan,minuman,sampai souvenir. Jika kamu ingin oleh-oleh awet maka kami sarankan beli lah buah tangan berupa souvenir barang-barang. Langsung aja simak daftarnya berikut ini.

1. Keramik Dinoyo

foto by malang.merdeka.com

Salah satu kerajinan yang paling populer di Malang adalah Keramik Dinoyo. Kerajinan ini bisa kamu temui di kawasan Jl. MT Haryono, disana banyak toko-toko penyedia keramik Dinoyo yang berjejeran.

Keramik dinoyo cocok untuk dijadikan sebagai hiasan ruangan maupun meja rumahmu. Macam-macam keramik dinoyo mulai dari guci,vas bunga,piring sampai hiasan dinding penyempurna tatanan dinding dan dekor ruangan di rumahmu.

2. Kaos Khas

foto by lafineclothing.com

Kaos khas kota apel yang paling tenar di kalangan muda-muda adalah merk Soak Ngalam. Soak sendiri sebenarnya bahasa walikan. Kebalikan soak itu kaos. Itulah asal-usul merk kaos lokal Soak ini berasal. Selain koas, Soak Ngalam juga tersedia produk seperti tas.

Desain tulisan pada Soak Ngalam juga kebanyakan menggunakan bahasa walikan. Siapapun yang membacanya pasti tergelitik karena kata-katanya lucu dan unik. Soak Ngalam sendiri hanya bisa ditemukan di oultet resmi yaitu di Jalan Kawi Atas NO. 24, Gading Kasri, Klojen, Kota Malang.

BacaJuga:  10 Foto Kediri Waterpark, Harga Tiket Masuk, Lokasi Alamat, Jam Buka Tutup, Hotel Villa + Rute Jalan Menuju Wisata

3. Topeng Malangan

foto by ngalam.co

Oleh-oleh khas malang ini merupakan bentuk implementasi dari kebudayaan dan seni lokal dari Malang. Topeng Malangan adalah seni tradisional peninggalan leluhur dan masih eksis sampai saat ini.

Nah buat kamu penyuka sesuatu yang artistik, topeng malangan ini bisa dijadikan souvenir pilihan unik dan beda dari lainnya. Harga topeng malangan sendiri bervariasi mulai dari ratusan sampai jutaan rupiah, tergantung jenis kayunya.

4. Batik

foto by qlapa.com

Batik Jawa Timur, khususnya Malang ini memiliki ciri khas penggunaan warna cerah pada kainnya. Motif Batik Malang Kucecwara adalah satu satu produk unggulan. Sentral pembuatan Batik Malang sendiri berada di Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kelurahan Samaan, Klojen.

Jika ingin membeli dan melihat langsung proses pembuatan Batik Malang, kamu bisa mendatangi kampung tersebut. Kalau hanya sekedar ingin membelinya saja, bisa datang ke toko pusat oleh2 yang ada di Kota Malang.

5. Bantal Cinta Bordir

Kamu pasti tau bantal cinta kan? Bantal yang memiliki panjang tak lebih dari 100 meter, dan lebar kurang dari 50 centimeter . Dinamakan bantal cinta karena, benda ini biasanya dipakai untuk dua orang, kedua orang ini seperti 2 sejoli yang saling mencintai berbagi bantal bersama, sweet kan?

Souvenir khas Malang ini bisa kamu jadikan sebagai kado pernikahan saudara atau temanmu. Ide menarik bukan? Bantal cinta ini memiliki ciri khas yaitu motif bordirannya asli Malang. Untuk satu bantal cinta biasa dibanderol dengan harga 10ribu rupiah.

6. Kerajinan Bambu

foto by bisnis.tempo.co

Kerajinan bambu khas Malang ini juga banyak dijadikan cinderamata. Hasil kerajinan bambu ini bisa dibuat menjadi berbagai macam bentuk barang seperti tempat bonsai, asbak,miniatur kapal pinisi, gantungan kunci,sampai asbak.

Kerajinan tangan yang memanfaatkan limbah kayu bambu untuk dijadikan sebuah souvenir unik dan cantik. Kerajinan lokal seperti ini sangat sayang jika tidak dilestarikan. Barang-barang yang kita anggap remeh, terkadang memiliki nilai tinggi jika dijual ke luar negeri.

BacaJuga:  10 Daftar Kolam Renang di Malang yang Seru Untuk Liburan

7. Kerajinan Gerabah

foto by disperin.malangkota.go.id

Oleh-oleh selanjutnya adalah Kerajinan Gerabah. Kampung Gethakan adalah pusat kerajinan gerabah yang terkenal di Malang. Hasil produk dari kampung gerabah ini sangat menawan.

Tak sedikit para turis baik lokal maupun mancanegara memburu oleh-oleh ini untuk dijadikan pajangan rumah maupun digunakan sebagai perabotan sehari-hari. Jangan biarkan kerajinan ini punah, maka dari itu kita wajib ikut melestarikannya.

8. Kerajinan Cobek Batu

foto by juragancobekbatu.blogspot.com

Kerajinan berikutnya ada Cobek Batu. Desa Toyomarto terkenal sekali akan kerajinan Cobek Batu nya. Bahkan mayoritas warga setempat memiliki mata pencaharian sebagai pengrajin cobek batu. Kualitas cobek batu dari desa ini tidak ada yang menandingi.

Cobek batu khas ini memiliki ketahanan cukup awet. Sepertinya cocok jika dijadikan hadiah untuk orang tuamu? Mendapat peralatan masak baru pasti beliau akan senang!

9. Kerajinan Topeng

foto by jatimtimes.com

Kerajinan Topeng asli Desa Kedung Monggo juga patut untuk dibeli. Kerajinan khas ini sangat cocok untuk memperbarui tatanan rumahmu dengan suasana yang baru. Kerajinan topeng ini bisa dibuat pajangan dinding.

Biasanya dibentuk menjadi berbagai macam tokoh perwayangan. Dibuat menggunakan bahan kayu berkualitas kemudian diukir menggunakan alat ukir seperti pecok, tatah, dan patu.

10. Miniatur Landmark

foto by radarmalang.id

Setiap kota pasti memiliki ikon atau landmark masing-masing,seperti Malang dengan Tugu Kota nya. Tak sedikit wisatawan yang menjadikan landmark dari kota kunjungan mereka sebagai buah tangan yang unik.

Kamu bisa membeli miniatur beberapa landmark dari kota Malang yang terbuat dari berbagai macam bahan jenis pembuatannya. Harga dari miniaturnya bervariasi menyesuaikan bahan bakunya.

11. Biola (harga 1-3juta)

foto by bukalapak.com

Kamu penggemar alat musik gesek biola? Atau bahkan hobi memainkannya? Cobalah beli Biola buatan asli kota Malang ini. Kualitas alat musik ini bisa disandingkan dengan merk-merk ternama.

Dengan harga mulai dari 1 sampai 3 juta. Kamu bisa mendapatkan biola ini di toko musik ataupun oleh-oleh khas Malan, jika beruntung cobalah menawar harganya.

BacaJuga:  5 Tempat Sewa Kamera di Madiun, Harga Murah Mulai Rp.40.000

12. Handicraft Kayu Wijaya

Cinderamata selanjutnya adalah berupa Handicraft Kayu Wijaya. Souvenir khas Malang ini bisa ditemukan di Desa Mojorejo ataupun di sentral oleh-oleh.

Selain digunakan sebagai buah tangan khas Malang, produk Handicraft Kayu Wijaya juga telah di ekspor sampai ke luar negeri seperti Korea dan Jepang. Keren ya!

13. Furnitur Antik

Sebagai Kota Apel, Malang terkenal juga dengan kerajinan furniture nya. Pusat nya ada di Desa Pandanrejo. Furnitur antik ini bisa dijadikan buah tangan yang antimainstream atau dijadikan koleksi pribadi juga bisa.

14. Kerajinan Baja

Kerajinan Baja yang terletak di Desa Junrejo ini menghasilkan produk utama berupa gamelan berupa gong , dan alat pertanian seperti cangkul. Baja khas Malang memiliki kualitas yang bagus yaitu tidak mudah berkarat dan awet. Sehingga cocok jika ingin dijadikan buah tangan yang tahan lama.

15. Industri Kompor

Kawasan Batu lebih tepatnya Desa Dadapraja adalah pusat industri Kompor yang cukup tekenal di Malang. Produk Kompor yang dihasilkan memiliki kualitas sangat apik. Walaupun merk lokal tapi kualitasnya bisa diancungi jempol. Cocok untuh oleh-oleh perabotan untuk keluargamu.

Jadi itulah beberapa souvenir khas Malang yang unik dan menarik. Pilih mana yang paling jadi favoritmu!

Loading...
Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.