Jalan-Jalan Ke Manado, Beli Souvenir Ini Untuk Orang Terdekat, Yuk Simak!

Posted on
Jalan-Jalan Ke Manado, Beli Souvenir Ini Untuk Orang Terdekat, Yuk Simak!
Rate this post

Manado adalah sebuah kota yang cukup terkenal dengan keindahan alamnya, jadi tak heran jika sering dijadikan tujuan wisata oleh para travelers.

Sebut saja wisata yang paling populer adalah Taman Laut Bunaken, dengan keeksotisan alam bawah lautnya amat menakjubkan. Jadi tak heran lokasi ini menjadi tempat paling favorit para penyelam, bahkan bukan wisatawan lokal aja lho, mancanegara juga.

Tapi bukan hanya sekedar keindahan alamnya aja lho yang bisa kita nikmatin, Manado juga punya beberapa oleh-oleh khas dari makanan, minuman, sampai pernak-pernik, dan souvenir.

Berikut ini kami akan rangkum beberapa rekomendasi souvenir khas Manado yang cantik, unik, dan murah. Yuk simak !

1. Batik

foto by infobatik.id

Souvenir pertama yang bisa kamu beli di Manado adalah Batik. Ternyata Manado juga punya Batik lho, walaupun terbilang baru, tapi kualitasnya ngga kalah oke. Motif dan coraknya sangat menonjolkan identitas Kota Manado.

Corak batik yang paling terkenal adala reef,zig-zag, dan lilin. Masing-masing dari corak tersebut memiliki nilai filosofi yang sangat tinggi. Inilah yang menjadi ciri khas Batik Manado. Ingin punya? Tersedia di seluruh toko oleh-oleh di Manado.

2. Kaos Khas

foto by befreetour.com

Jika kamu penggemar kaos khas kota-kota di Indonesia, pasti akan suka dan beli juga di Manado. Oleh-oleh ini memang hampir tidak pernah ketinggalan di list belanjaan souvenir para wisatawan. Tema dari kaos khas Manado sendiri lebih menonjolkan pemandangan alam dan berbagai corak nyiur melambai.

BacaJuga:  10 Gambar Manado Tua Sulawesi Utara, Lokasi Alamat + Hotel di Sekitar Wisata

Namun bukan kaos bergambar saja, desain tulisan doang juga ada lho. Harga untuk satu kaosnya dibanderol dari puluhan sampai ratusan ribu.

3. Souvenir dan Pernak-pernik

foto by tempatnongkrongasik.com

Hampir semua kota wisata pasti memiliki sentral oleh-oleh. Pasti di setiap lokasinya akan selalu ada pernak-pernik, baik yang khas kotanya maupun kota-kota lain. Sama halnya dengan di Manado, kamu akan banyak menemukan pernak-pernik unik nan lucu.

Seperti gambar timbul tarsius, coelacanth, wadah pensil berbagai bentuk, dan lainnya. Harganyapun terbilang lumayan murah, menyesuaikan bahan dan ukuran souvenir tersebut. Bisa untuk dijadikan souvenir pernikahan.

4. Kain Bentenan

foto by denmasdeni.blogspot.com

Jika tadi sudah membahas Batik, kini kami akan bahas Kain Tenun Bentenan Khas Manado. Kain hasil tenunan masyarakat Minahasa ini sudah tersebar ke barbagai daerah di Sulawesi Utara namun dengan motif yang berbeda-beda.

Karena kain tenun Bentenan ini memiliki nilai budaya yang amat tinggi, membuat barang ini diminati wisatawan menjadi sebuah oleh-oleh khas Manado. Jadi, ngga ada salahnya jika kamu juga mempunyainya.

5. Kerajinan Anyaman Bambu

foto by manado.tribunnews.com

Kerajinan tangan khas Manado yang paling diminati para turis lokal maupun mancanegara adalah anyaman bambu. Sama-sama hasil kerajinan warga Minahasa, membuat eksistensi kerajinan anyaman bambu ini sejajar dengan Kain Bentenan.

Hasil dari kerajinan tangan ini biasanya terdiri dari berbagai bentuk seperti keranjang buah, tutup saji, lampion, tapian beras, dan masih banyak lagi. Untuk mendapatkannya juga cukup mudah, tersedia di sepanjang jalan Manado – Tomohon atau di semua pusat oleh-oleh.

6. Kerajinan Tanah Liat

foto by tribunnews.com

Warga Minahasa memang gemar sekali membuat kerajinan tangan dari berbagai bahan. Kali ini kerajinan tangannya terbuat dari bahan baku tanah liat. Mereka membuat berbagai macam barang yang bisa digunakan sehari-hari ataupun hanya sekedar untuk pajangan atau hiasan.

BacaJuga:  10 Gambar Modoinding Manado, Lokasi Alamat + Penginapan Hotel di Sekitar Wisata

Seperti ulekan, vas bunga, guci unik, tungku, dan lain2. Sama seperti anyaman bambu, kamu bisa mendapatkan sovenir ini di sepanjang jalan Manado – Tomohon.

7. Miniatur Rumah Adat (Walewangko & Mongondow)

foto by kitchensetidaman.com

Setiap Provinsi di Indonesia pasti memiliki rumah adat masing-masing, seperti Manado, Sulawesi Utara dengan Walewangko dan Mongondow sebagai rumah adatnya. Untuk lebih mengenang pengalamanmu berlibur ke Manado, kamu bisa beli oleh-oleh miniatur rumah adat ini.

Selain sebagai kenang-kenangan, kamu akan lebih mengetahui macam-macam rumah adat yang ada di Indonesia, bisa menjadi bahan edukasi juga untuk anak-anak dirumah. Ditambah dengan nilai estetika yang tinggi bisa mempercantik sudut ruangan dirumahmu.

8. Oli

foto by alatmusik.org

Selain rumah adat, oleh-oleh yang bisa kamu beli lainnya yaitu Oli. Oli adalah sebuah alat musik tradisional khas Sulawesi Utara. Alat musik tiup ini terbuat dari bahan baku bambu.

Biasanya wisatawan memilih oli sebagai souvenir unik untuk dijadikan pajangan dirumah mereka. Dengan begitu nuansa Manadonya terbawa sampai kerumah.

9. Senjata Tradisional

foto by indonesiakaya.com

Nah, ada lagi nih souvenir khas Manado yang memiliki nilai budaya cukup tinggi. Yaitu senjata tradisional milik Sulawesi Utara, Pedang Bara Sangihe. Selain fungsi asalnya, senjata ini kerap digunakan sebagai oleh-oleh khas Manado.

Dibuat menjadi sebuah replika dan dijadikan souvenir unik dengan tidak menghilangkan ciri khasnya. Gimana? Tertarik untuk membelinya?.

10. Miniatur Landmark

foto by blibli.com

Selain tiga souvenir diatas, oleh-oleh terakhir yang bisa kamu bawa pulang adalah miniatur landmark atau ikon dari Kota Manado.
Kamu bisa beli beberapa jenis miniatur Kota Manado seperti Patung Sam Ratulangi, Tugu Perdamaian, Patung Pasukan Batalyon Worang, dan lainnya. Tersedia dalam berbagai ukuran dan harga, tinggal pilih sesuai keinginanmu.

BacaJuga:  Menapaki Jejak Toleransi Keberagaman Beragama di Bukit Kasih Minahasa

Jadi gimana beberapa contoh dari kami diatas? tertarik untuk membeli beberapa diantaranya kan? persiapkan kopermu supaya muat menampung semua oleh-oleh ya !

Rental Mobil Lampung
Loading...
Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.