Butuh Rekomendasi Souvenir Khas Palembang yang Unik dan Berkesan? Simak Rangkumannya Berikut Ini!

Posted on
Butuh Rekomendasi Souvenir Khas Palembang yang Unik dan Berkesan? Simak Rangkumannya Berikut Ini!
5 (100%) 1 vote

Jika mendengar Palembang, apa yang ada dibenakmu? Tentulah makanan khas olahan daging tengiri yaitu Pempek kan? Selain itu apalagi kekhassan Kota terbesar kedua di Sumatera Selatan ini kalau bukan Jembatan Ampera.

Landmark populer ini bisa dibilang serupa dengan yang ada di luar negeri yaitu Golden Gate Bridge di San Fransiso. Keindahan Jembatan Ampera semakin cantik saat malam hari, apalagi jika dilihat dari ketinggian.

Selain dua point diatas, makanan khas dan Landmark Palembang, ternyata ada lagi yang menarik untuk dibahas dan wajib dibeli saat berkunjung ke Kota Pempek ini, yakni oleh-oleh.

Saat memutuskan untuk berkunjung ke Palembang entah itu untuk keperluan pekerjaan maupun sengaja berlibur, jika pulang dengan tangan kosong tidak ada tentengan kantong plastik akan terasa kurang lengkap rasanya.

Untuk membantumu dalam mencari referensi oleh-oleh khas Palembang yang tahan lama, berikut ini kami berikan ide oleh-oleh menarik dan wajib kamu baca sampai tuntas.

1. Kain Palembang

foto by palembangposting.blogspot.com

Kamu atau temanmu penyuka sesuatu berbau tradisional?terutama macam-macam kain-kain nusantara?Jika iya, maka wajib membeli Kain khas Palembang sebagai cinderamata unik nan cantik.

Kain Palembang memiliki motif,warna, serta kualitas yang apik dan ngga ada duanya. Jika dibuat menjadi sebuah busana pakaian, tampilanmu akan semakin kece!2. Kaos Khas

2. Kaos Khas

foto by budaya-1990.blogspot.com

Hampir semua kota pasti mempunyai kaos khas yang menampilkan ciri khas dari daerahnya tersebut. Palembang pun begitu, kaos khas produksi lokal ini mampu bersaing dengan produk-produk daeri daerah lain.

Dengan tema khasnya dalam desain kaos adalah dialek asli Palembang yang berbunyi “Jangan lupo tunjukke mun pernah ke Plembang dengan kaos asli Plembang!”.

BacaJuga:  10 Gambar Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang, Harga Tiket + Sejarah Renovasi

Kamu bisa temukan di berbagai toko souvenir diseluruh kota Palembang, salah satunya adalah Nyesnyes. Prouduk Nyesnyes menjadi salah satu souvenir paling diperhitungkan di Palembang. Harga kaos mulai dari 70ribu,tergantung ukurannya.

3. Sajadah Lihab

foto by tokopedia.com

Alat shalat khas Palembang sering dijadikan oleh-oleh adalah Sajadah Lihab. Sajadah Lihab ini sendiri sebetulnya sebuah matras atau serupa dengan kasur lantai yang tipis, namun digunakan sebagai alat sholat karena ukurannya sebesar sajadah.

Sajadah lihab memiliki motif khas Palembang dengan berbagai macam ukuran. Tekstur empuknya membuat souvenir ini diburu oleh wisatawan lokal maupun mancanagera. Harga mulai dari 75-150ribu rupiah, murah kan?

4. Miniatur Jembatan Ampera

foto by desainminiatur.com

Seperti diawal kita tahu landmark kota Palembang adalah Jembatan Ampera. Tak lengkap berkunjung ke Palembang tanpa mampir ke Jembatan Ampera. Seakan tak puas menikmati suasana diatas Jembatan Ampera, kamu bisa membawa landmark ini kerumah.

Tapi dalam bentuk replika miniatur nya ya. Miniatur Jembatan Ampera termasuk salah satu paling dicari pelancong untuk digunakan sebagai buah tangan antimainstream. Kamu tertarik juga untuk memburunya?Jika iya, pergilah ke pusat oleh-oleh yang ada di Palembang.

5. Kain Songket

foto by kelambit.com

Palembang adalah sebuah kota di Pulau Sumatera bagian Selatan. Kain Songket merupakan salah satu kain tradisional khas Sumatera Selatan. Jadi sudah semestinya, jika kamu main ke Palembang, pulang kembali kerumah membawa Kain Songket khas Sumsel ini.

Kain tenun songket khas ini sangat cantik motifnya. Untuk mendapatkan kain songket ini, kamu perlu merogoh kocek agak dalam yaitu sekitar 750ribu sampai jutaan rupiah.

6. Ukiran Khas

foto by nyenyes.com

Kerajinan khas Palembang paling eksis adalah Ukiran Kayu. Kerajinan ini dibuat menggunakan bahan baku kayu mahoni dan tembesu. Motif kerajinan ukiran khas Palembang biasanya adalah rek pengantin, dipan, buffet bunga, serta kursi.

Kemudian di cat menggunakan warna dominan emas dan merah. Kerajinan Ukiran Kayu ini sangat menonjolkan budaya Palembang yang agung dan anggun.

BacaJuga:  10 Gambar Kampung Kapitan Palembang, Sejarah Wisata, Lokasi Alamat + Seafood Restaurant Resto

7. Kain Jumputan

foto by jual-songket-palembang.blogspot.com

Sumatera Selatan memang kaya sekali akan jenis-jenis kain miliknya. Salah satu lainnya adalah Kain Jumputan. Pada kala itu, kain ini hanya dipakai oleh gadis-gadis di Palembang. Namun sampai saat ini Kain Jumputan ini digunakan juga untuk upacara adat.

Nilai budayanya yang amat tinggi membuat Kain Jumputan tak lepas dari buruan para wisatawan. Dengan warna-warna seperti merah, kuning, hijau, membuat Kain Jumputan sangat khas sekali.

8. Lakuer

foto by kerajinan.id

Lakuer adalah sebuah kerajinan khas Palembang dan dibuat menggunakan bahan dasar pohon damar.

Lakuer dibuat menjadi berbagai macam bentuk, ada yang bulat, silinder,kotak. Bagian permukaan lakuer diamplas hingga kering kemudian dilukis menggunakan tinta cina. Motif dari lakuer ini sendiri lebih menonjolkan unsur alam.

9. Kain Blongsong

foto by ragil.org

Selanjutnya ada Kain Blongsong yang tak kalah menarik untuk dibeli. Dibuat menggunakan kain sutera yang ditenun ini memiliki ciri khas sangat unik. Blongsong biasanya dipakai oleh para wanita dewasa dan ibu-ibu muda.

Pemakaian Kain Blongsong biasanya digunakan saat acara sakral seperti upacara ada, mulai dari tunangan, cukuran, pesta pernikahan, dan lain2.

10. Batik

foto by jnjbatik.com

Batik Palembang memiliki ciri khas yang sangat khusus yakni dengan warna manggisnya dan motif halusnya. Batik yang paling populer adalah Batik Jepri dan Batik Lasem.

Kamu bisa membeli Batik khas ini untuk dijadikan hadiah maupun koleksi sendiri dan dibuat menjadi sebuah busana pakaian yang ciamik. Atau jika beli dalam bentuk yang sudah jadi seperti kemeja, blouse, dan dress pun ada.

11. Kain Tajung

Jika kain kebanyakan diatas banyak dipakai oleh para wanita, yang satu ini khusus digunakan oleh kaum Adam dewasa. Ketika pria dewasa menggunakan pakaian setelan jas lalu dipadukan dengan Kain Tajung, keindahannya bertambah dua kali lipat.

Terlihat semakin gagah dan elegan. Kain Tajung ini biasa digunakan dalam acara resmi maupun hiburan. Bahan Kain Tajung sendiri adalah kain sutera.

12. Tas Cindo

Cinderamata berikutnya ada Tas Cindo. Fashion item ini dibuat menggunakan kain khas dengan memadukan budaya asli Palembang dengan unsur modernitas.

BacaJuga:  5 Rental Sewa Kamera Palembang 2018 Murah; DSLR, GoPro, Fujifilm Dll

Pengrajin Tas Cindo terinspirasi dari generasi muda saat ini yang lebih gemar menggunakan produk bermerk dari luar negeri ketimbang barang lokal. Sehingga sang pengrajin membuat sesuatu yang cocok untuk muda-mudi, tapi tetap menampilkan budaya asli Palembang. Berkat inspirasinya tersebut membuat souvenir ini dilirik juga oleh para wisatawan.

13. Miniatur Rumah Adat Limas

Ruma adat khas Sumatera adalah Limas. Saat ini rumah adat Limas bukan hanya saja dinikmati secara bentuk real nya, tapi kamu bisa memiliki miniaturnya.Wisatawan biasanya membeli oleh-oleh ini untuk dijadikan pajangan atau hiasan dirumah mereka.

14. Miniatur Menara Pulau Kemaro

Selanjutnya ada Miniatur Menara Pulau Kemaro. Salah satu wisata yang ada di Palembang ini kerap dijadikan oleh-oleh dalam bentuk miniatur replika menaranya. Selain Jembatan Ampera kamu bisa menjadikan Miniatur Menara Pulau Kemaro ini sebagai pilihan souvenirmu.

15. Gantungan Kunci Alat Musik Tradisional

Pilihan terakhir dan wajib ditulis dalam list oleh2 mu adalah gantungan kunci berbentuk berbagai alat musik tradisional khas Sumatera Selatan. Souvenir ini cukup praktis karena bentuknya kecil. Menjadikannya sebagai souvenir pernikahan juga pilihan oke.
Jadi itulah dia beberapa daftar souvenir khas Palembang yang unik dan berkesan. Sayang sekali jika kan, kamu lewatkan begitu saja.

Loading...
Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.