Solo Traveling Ke Palu Sulawesi Tengah, Jangan Lupa Beli 10 Souvenir Khas Ini!

Posted on
Solo Traveling Ke Palu Sulawesi Tengah, Jangan Lupa Beli 10 Souvenir Khas Ini!
Rate this post

Palu merupakan sebuah Ibukota di Provinsi Sulawesi Tengah. Keindahan dan kekayaan alamnya sudah cukup terkenal ke berbagai penjuru Nusantara, terutama keeksotisan alam bawah lautnya. Membuat siapa saja betah untuk liburan di Kota ini.

Dan bukan saja wisatawan lokal saja lho, mancanegara pun kerap mengunjungi kota ini untuk menghabiskan aktivitas liburan mereka di Indonesia.

Nah setelah berkeliling Palu menikmati berbagai keindahan alam dan wisatanya, sebelum memutuskan kembali pulang, beli oleh-oleh khas dulu dong ! masa habis liburan pulang ngga bawa oleh-oleh, bisa jadi bulan-bulanan keluargamu dirumah tuh.

Ini dia kami akan sedikit membantumu dalam menentukan souvenir khas Palu apa saja yang bisa dibawa pulang untuk koleksi pribadi maupun diberikan ke orang terdekat. Simak yuk!

1. Kain Asal Palu

foto by gotravelly.com

Indonesia kita ini memang kaya sekali akan keberagamannya ya, tak terkecuali ragam kain khas. Palu pun memiliki Kain khas asal Palu dengan motif unik, menarik, dan beda dari lainnya.

Kamu bisa beli kain khas Palu ini sebagai souvenir oleh-oleh, cocok untuk diberikan ke keluarga atau kerabat terdekat. Atau bahkan bisa jadi koleksi pribadi dan dibuat menjadi setelah busana yang kece.

2. Sarung Donggala

foto by wisatatempat.com

Setelah Kain khas, Sarung Donggala juga bisa jadi pilihan. Sarung asli dari Kota Palu ini dihasilkan dengan cara ditenun, jadi beda kan dari lainnya. Kerajinan tenun tradisional di Palu memang terkenal berhasil menghasilkan beberapa barang yang unik dan menarik.

Keunikannya inilah yang membuat Sarung Donggala digemari dan diincar oleh para wisatawan. Sarung ini terlihat mewah dan elegan, namun tetap ada sisi nilai budayanya. Di Palu banyak kok toko-toko yang jual oleh-oleh ini, jadi kamu ngga akan kesulitan untuk mendapatkannya.

3. Kerajinan Kayu Hitam

foto by dipalu.com

Jika bertanya kerajinan khas Palu lainnya yang paling populer diantara lainnya adalah Kayu hitam atau Ebony. Kerajinan Kayu Hitam khas Palu ini sudah cukup terkenal ke berbagai penjuru Palu bahkan Nusantara sekalipun.

Hasil dari kerajinan kayu hitam ini juga bermacam-macam seperti kotak perhiasan, gantungan kunci, tas wanita, hingga patung. Kerajinan ini tersedia di setiap toko souvenir di Palu.

4. Baju Khas Palu

foto by twitter.com

Baju khas Palu juga ngga bole ketinggalan untuk dibeli nih. Walaupun oleh-oleh ini terlihat biasa tapi terselip nilai budaya yang tinggi di setiap desain bajunya lho. Ditambah lagi kamu tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak untuk oleh-oleh ini.

Dengan begitu, kamu tetap bisa memberikan oleh-oleh untuk orang lain walaupun budget minim. Karena baju khas Palu ini bakal jadi oleh-oleh yang mengesankan.

5. Bingga/ Tonda

foto by rendra-zone.blogspot.com

Bingga adalah sebuah kerajian asal Palu yang sering digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Berbentuk seperti bakul, biasanya dipakai untuk menyimpan benda apa saja seperti beras ataupun gerabah.

Bingga atau Tonda ini ternyata banyak dilirik oleh para wisatawan. Anyaman dari batang bambu ini salah satu souvenir yang bisa kamu pertimbangkan untuk dibeli.

6. Kaos Khas Palu

foto by twitter.com

Nah kalau tadi baju, sekarang tinggal kaosnya nih. Kaos khas Palu juga wajib kamu jadikan souvenir lho. Karena kaos khas Palu memiliki motif yang menggambarkan kondisi kota secara khusus dan terprensentasikan dengan jelas.

Dengan bahan yang cukup nyaman dipakai membuat kaos khas Palu ini disukai para travelers. Untuk masalah harga tentu lebih murah, jadi kamu ngga akan rugi beli oleh-oleh ini.

7. Tapi

foto by snap361.net

Bahan pembuatannya sama dengan bingga namun benda ini memiliki fungsi yang berbeda. Tapi digunakan untuk menyaring atau menampi beras sebelum dimasak.

Walaupun benda ini kerap dijumpai di daerah-daerah lain seperti Pulau Sumatera, Jawa, Bali, dan lain2. Tapi pasti setiap daerah punya kualitasnya masing-masing dan menjadikan benda ini cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas Palu.

8. Toru

foto by bengkelseni.blogspot.com

Nah topi khas masyarakat Palu ini juga banyak dilirik oleh para wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh. Toru ini terbuat dari daun lontar yang sudah mengalami proses pengeringan. Beda dari penutup kepala biasanya, Toru memiliki model dengan sayap lebar.

Keunikan dari Toru ini karena bahan baku pembuatannya, karena biasanya topi dibuat menggunakan kulit binatang. Dan sampai saat ini Toru eksis menjadi trend fashion untuk berbagai kalangan.

9. Ompa atau tikar

foto by tokofebri.husnulhayah.com

Ompa atau kita sering menyebutnya dengan tikar merupakan salah satu oleh-oleh khas Palu yang banyak dicari. Jika tadi kita sudah membahas anyaman bambu, kali ini Ompa terbuat dari anyaman Daun Rami.

Cukup unik ya, Ompa biasanya digunakan sebagai gelaran dirumah ataupun dilingkungan luar. Uniknya jika tikar biasanya berwarna asli dari bahan pembuatannya, Ompa lebih variatif dengan macam-macam warna. Gimana tertarik untuk membelinya?

10. Berbagai Miniatur

foto by ajengmas.com

Souvenir terakhir yang bisa jadi alternatif adalah berbagai jenis miniatur khas Palu, mulai dari rumah adat, landmark, senjata, hingga alat musik.

Oleh-oleh ini cukup sering dicari karena miniatur ini lebih menggambarkan Kota Palu secara detail, jelas, dan nyata. Harganya pun berkisaran puluhan sampai ratusan rupiah saja. Tentu kocek yang tidak terlalu mahal bukan?

Itulah beberapa rekomendasi souvenir khas Palu yang cukup unik,menarik, dan estetik. Kamu bisa pilih beberapa diantaranya untuk dibeli dan dibawa pulang !

Rental Mobil Lampung
Loading...
Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.