Jalan-Jalan Ke Papua, Pulang Bawa 10 Souvenir Khas ini, Tertarik?

Posted on
Jalan-Jalan Ke Papua, Pulang Bawa 10 Souvenir Khas ini, Tertarik?
Rate this post

Jika membahas soal keindahan alam Indonesia, selain Bali dan Lombok, mana lagi yang paling mempesona di Nusantara kita ini?

Papua adalah salah satu tujuan wisata dengan pesona alam yang sangat eksotis. Provinsi yang salah satu kotanya dijuluki kota minyak yaitu Sorong City, West Papua.

Terdapat banyak obyek wisata disana, seperti wisata alam, budaya, dan beberapa lainnya. Selain itu Papua masih sangat lekat dengan adat dan budayanya.

Selain kekayaan alamnya, kuliner dan oleh-olehnya juga beragam lho. Nah buat kamu yang sedang liburan di Papua, bingung bawa oleh-oleh apa untuk keluarga dan kerabat dirumah, wajib banget nih baca artikel ini sampai tuntas.

Berikut ini kami rangkum beberapa souvenir khas Papua yang bisa kamu bawa pulang untuk diberikan ke orang-orang terdekatmu.

1. Alat Musik Tifa

foto by bukubiruku.com

Jika mencari oleh-oleh khas Papua berupa alat musik, kmau bisa membeli tifa. Tifa merupakan alat musik Papua yang terbuat dari kulit dibagian atasnya dan ukiran kayu dibawahnya. Bentuknya sangat unik dan bervariasi.

Alat musik ini bisa kamu beli untuk dijadikan pajangan dilemari ataupun digantung di dinding. Kamu datang saja ke Pasar Hamadi Jayapura untuk beli buah tangan ini. Harga yang ditawarkan cukup beragam.

2. Patung Suku Asmat

foto by nasionalisme.co

Jika bicara soal seni ukir, Suku Asmat adalah salah satu suku yang mempunyai selera tinggi dalam hal ini. Dengan seni ukir ini, warga Suku Asmat membuat kerajinan berupa Patung Asmat.

BacaJuga:  Wujud Surga Dunia di Pulau Misool Raja Ampat

Hasil ukiran patungnya mempunyai keunikan tersendiri. Dan membuat Patung Asmat menjadi kerajinan tangan asli dari Papua ini menjadi salah satu souvenir paling diburu oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

3. Topeng

foto by pinterest.com

Selain patung asmat, souvenir khas Papua lainnya ada Topeng. Topeng khas Raja Ampat ini memiliki filosofi sangat jelas yang mempresentasikan orang dan kebudayaan Papua. Untuk bisa menemukan dan mendapatkan Topeng ini kamu cukup mengunjungi toko-toko souvenir di penjuru Papua.

Harga Topeng ini sekitar 300ribu hingga jutaan rupiah. Harga semahal ini tentu worth it dengan sentuhan budaya timur Indonesia yang kental dan keunikannya,kan?

4. Tas Noken

foto by nurfattah493.blogspot.com

Tas Noken khas Raja Ampat ini wajib masuk list belanjaan oleh-olehmu. Tas unik khas Papua ini wajib kamu miliki. Keunikannya terletak dari cara pemakaian Tas ini, yaitu dengan dikalungkan di kepala.

Selain cara pemakaiannya yang unik, model dan design Tas Noken juga ngga kalah menarik. Patut dijadikan koleksi tas terbaru kamu supaya tampilanmu terlihat lebih baru.

5. Batik

foto by arjunawedabatik.co.id

Batik asli Papua juga patut untuk dijadikan koleksimu lho. Ciri khas dari Batik Raja Ampat adalah dengan keindahan dan keberagaman bawah lautnya dijadikan sebagai motif.

Jadi jangan lupa beli batik Raja Ampat ini untuk dibawa sebagai oleh-oleh ya. Selain digunakan sebagai koleksi pribadi, bisa juga kok dijadikan hadiah untuk orang-orang disekelilingmu.

6. Mutiara

foto by citraindonesia.com

Salah satu ikon dari Provinsi Papua adalah Mutiara. Jadi tak heran kalau mutiara ini sering dijadikan souvenir khas Papua yang wajib dibawa pulang. Wilayah Timur Indonesia memang terkenal kaya akan budidaya Kerang, sehingga inilah yang menyebabkan Papua melimpah akan mutiaranya.

Kualitas mutiaranya sangat bagus, jadi sayang banget nih kalau ke Papua, tapi nggak bawa pulang souvenir mutiara khas ini. Bisa juga lho dijadiin seserahan pernikahan.

BacaJuga:  Surga Tersembunyi di Tanah Papua, Taman Nasional Lorentz

7. Sarang Semut

foto by deherba.com

Selain mutiaranya, Papua juga terkenal dengan tanaman langkanya lho. Tanaman obat asli Papua ini bisa dipakai sebagai media penyembuh sakit kronis.

Nah selain tanaman obat dan mutiara, Papua juga punya sarang semut. Oleh-oleh khas Papua ini sering digunakan sebagai jamu ataupun obat. Mungkin agak terdengar aneh ya, tapi oleh-oleh ini banyak manfaatnya lho. Jangan lupa beli oleh-oleh ini ya !

8. Ukiran Kayu

foto by indoborneonatural.blogspot.com

Salah satu oleh-oleh khas Papua lain yang kami rekomendasikan adalah Ukiran Kayu. Oleh-oleh khas Papua ini unik karena diukir diatas kayu ataupun kulit kayu. Jika kamu membeli ukiran kulit kayu khas Papua, sekalian juga topi bulu khas Suku Asmat.

Souvenir ini bisa dijadikan pajangan dirumah, sehingga ruangan rumahmu akan terlihat semakin curistic. Namun harganya memang cukup lumayan yaitu mencapai jutaan rupiah. Lio Art Papua tempat dimana bisa menemukan souvenir ini.

9. Kerajinan Kulit Kayu

foto by travel.detik.com

Pulau Asei, Sentani, Kabupaten Jayapura adalah penghasil kerajinan kulit kayu terbaik di Papua. Kerajinan kulit kayu ini dibuat menjadi sebuah lukisan. Motif dari lukisan ini mengambil konsep lingkungan sekitar dengan tetap menonjolkan budaya Sentani.

Saat ini kerajinan kulit kayu ini sudah mendunia sama seperti noken, jadi rugi banget kalo kamu ngga punya koleksi souvenir yang satu ini. Selain lukisan hasil kerajinan ini ada yang berbentuk tas, topi, gantungan kunci, serta mahkota. Harganya mulai dari puluhan hingga ratusan ribu.

10. Tshirt Motif Papua

foto by blanja.com

Tak berbeda dengan kota-kota di Indonesia lainnya, Papua juga punya kaos khas dengan motif yang unik. Cocok untuk berbagai kalangan, dari anak-anak sampai dewasa. Untuk dapat membeli t-shirt Papu ini cukuplah mudah.

BacaJuga:  Main Salju di Indonesia? Apakah Mungkin? Coba Ke Puncak Jaya Papua Barat

Karena cukup banyak toko dan pasar yang menjual souvenir ini dengan harga murah pula. Dari harga 50ribu sampai ratusan ribu.
Jadi, itu tadi beberapa souvenir khas Papua rekomendasi kami yang bisa kamu bawa pulang ke Jakarta atau kota asalmu.

Loading...
Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.