Berlibur Ke Kota Pekanbaru, Yakin Pulang Ngga Mau Bawa Souvenir Khas Ini? Belum ada Bintang

Diposting pada

Jika berbicara soal Kota Industri di Indonesia, Pekanbaru termasuk yang terbesar ketiga setelah Surabaya, dan Karawang. Pekanbaru bisa dibilang termasuk kota yang sangat maju dan berkembang, bukan hanya sektor industrinya saja, wisatanya pun juga.

Akses menuju kota ini pun saat ini sudah cukup mudah,sehingga banyak pelancong dari berbagai kota bahkan negara yang tak segan-segan untuk mengunjungi Pekanbaru sebagai destinasi liburan.

Namun, bukan hanya kaya dengan wisatanya saja, kuliner dan oleh-oleh khas Pekanbaru juga patut untuk dicoba lho.

Nah berikut ini kami akan ulas beberapa oleh-oleh khas Pekanbaru yang unik dan menarik untuk kamu bawa pulang kerumah. Dont miss it !

1. Batik

foto by tribunnews.com

Batik Pekanbaru terkenal dengan motifnya yang lumayan unik. Jika dibandingan dengan kerajinan batik dari daerah lain tak kalah menariknya. Motif dari batik Pekanbaru biasanya menggambarkan tumbuh-tumbuhan seperti berbagai jenis bunga.

Tentu oleh-oleh ini cocok untuk dijadikan souvenir khas Pekanbaru, kan? jadi koleksi batikmu semakin bertambah. Kamu bisa beli souvenir ini di Galeri Batik Tabir Riau.

2. Kaos Khas

foto by twitter.com

Oleh-oleh yang praktis dan tidak menghabiskan banyak uang kira-kira apa ya? kami rasa kaos khas Pekanbaru adalah pilihan yang tepat. Beberapa kaos khas Pekanbaru tersedia dalam beberapa merk lokal yang terkenal, salah satunya adalah plat BM 1912.

Kaos ini juga menjadi fashion yang digemari oleh muda-mudi Pekanbaru lho. Untuk mendapatkannya, kamu cukup membayar dengan 75-100ribu saja.

BacaJuga:  10 Gambar Labersa Waterpark Pekanbaru, Harga Tiket Masuk, Lokas Alamat, Jam Buka + Hotel di Sekitar Wisata

3. Pernak-pernik Khas (Gantungan Kunci)

foto by grosirsovenirpernikahan.wordpress.com

Selain kaos khas, oleh-oleh yang gampang dibawa kemana-mana apa lagi ya? Pernak-pernik khas pekanbaru juga bisa kamu jadikan alternatif. Bentuk dan ukurannya yang kecil memungkinkan oleh-oleh ini efektif dalam menjaga kopermu tidak over weight.

Apalagi jika tangggungan orang yang harus dibelikan oleh-oleh banyak, kamu tidak perlu pusing karena harga pernak-pernik ini terbilang murah. Jika beli dalam jumlah banyak tidak bikin kantong jebol.

4. Replika Perahu Lancang Kuning

foto by melayuoblong.blogspot.com

Kamu pasti tau kan kendaraan tradisional khas Provinsi Riau itu apa? Iya Perahu Lancang Kuning. Kendaraan ini sering digunakan warga lokal untuk menyebrang sungai. Dan perahu ini tersedia bentuk replikanya lho.

Kamu bisa membeli replika perahu ini untuk buah tangan khas Pekanbaru. Bentuknya unik cocok banget buat pajangan dirumah.

5. Vas Bunga Etnik Riau

foto by riaucraft.wordpress.com

Vas bunga khas Riau juga bisa dijadikan pilihan souvenir lho. Kalau biasanya vas bunga terbuat dari keramik atau anyaman bambu, punya Riau ini berbeda. Vas bunga ini terbuat dari kelopak mayang kelapa dipadukan dengan unsur kayu.

Karena bentuknya yang unik, vas bunga khas ini gaboleh sampai tertinggal untuk dijadikan oleh-oleh. Tatanan rumahmu akan semakin indah dengan vas bunga ini.

6. Tenun Songket Melayu

foto by iauberbagi.blogspot.com

Selain Batik, Pekanbaru ternyata punya kain tenun songket melayu. Benda ini cukup banyak diincar sebagai oleh-oleh karena bahan kain dan motifnya sangat khas. Kamu juga pasti ngga mau ketinggalan untuk mempunyai kain ini, kan?

Jadi tunggu apalagi, segera kunjungi toko oleh-oleh di segala penjuru Pekanbaru, dan beli songket tenun khas melayu ini.

7. Miniatur Sampan Kampo

foto by museum.kemdikbud.go.id

Selain Perahu Lancang Kuning, ada satu lagi kendaraan tradisional bernama Sampan Kampo. Untuk menyalurkan kreatifitas, warga lokal membuat angkutan ini menjadi sebuah miniatur yang bisa dijadikan sebagai souvenir khas Pekanbaru.

BacaJuga:  10 Gambar Taman Kota Pekanbaru, Sejarah Asal Usul, Lokasi Alamat + Asyik Untuk di Buat Bermain?

Miniatur Sampan Kampo ini sebuah pilihan yang cocok bagi kamu pencinta barang-barang etnik. Dimana kamu bisa ikut membantu kelestarian budaya Pekanbaru.

8. Miniatur Landmark

foto by medanbisnisdaily.com

Selanjutnya ada miniatur beberapa landmark atau ikon dari Kota Pekanbaru. Souvenir ini termasuk yang paling banyak digandrungi para wisatawan.

Beberapa ikon di Pekanbaru bisa kamu pilih miniaturnya untuk dibawa pulang sebagai hadiah ataupun koleksi pribadi, seperti landmark yang paling terkenal adalah Tugu Tarian Rakyat.

9. Miniatur Rumah Adat

foto by kkrumah.blogspot.com

Opsi lainnya yang bisa kamu pilih adalah Miniatur rumah adat. Riau termasuk provinsi dengan rumah adat beragam. Ada beberapa rumah adat yang sangat terkenal, sebut saja Balai Salaso Jatu, Rumah Melayu Atap Limas Potong, dan Umah Suku Sakai).

Rumah-rumah adat tersebut ternyata ada yang dalam bentuk miniatur. Jadi pas banget nih dijadiin barang bawaan dari Pekanbaru. Kamu bisa membelinya dibeberapa pusat oleh-oleh kerajinan khas Pekanbaru. Harga yang ditawarkan cukup beragam.

10. Kerajinan Rotan

foto by bertuahpos.com

Nah yang terakhir ada kerajinan rotan. Masyarakat Pekanbaru memang gemar memproduksi beberapa kerajinan tangan yang menarik. Salah satunya kerajinan rotan ini. Bentuk yang dihasilkan juga cukup beragam.

Diantaranya beberapa barang gerabah rumah tangga, hingga aksesoris. Maka sangat disayangkan jika kamu melewati souvenir unik ini.

Setelah membaca artikel ini, tertarik kah untuk berburu oleh2 yang kami sebutkan diatas? Pastinya sudah tidak sabar ya untuk membelinya? Semoga kuat iman untuk tidak memborong semua oleh2 diatas ya!

Berapa Bintang yang Pantas Untuk Tempat Diatas?

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

BacaJuga:  Harga Kamar Montigo Resorts Nongsa Batam Kepulauan Riau + Review Package Spa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.