Cari Souvenir Khas Pontianak? Wajib Baca Ini!

Diposting pada

Pergi berlibur kayaknya udah mulai jadi kebutuhan tersier ya. Setiap ada waktu libur pasti banyak digunain buat pergi liburan entah bareng keluarga, temen-temen, ataupun sendirian. Atau bahkan mereka sampai memakai jatah cutinya hanya untuk pergi traveling.

Karena pada dasarnya, liburan dapat merelaksasi pikiran kita yang lelah akan semua stress dan kepenatan. Jadi ngga heran ya kalau plesiran itu favorit semua orang.

Nah ketika pergi liburan pasti ada saja yang celoteh “jangan lupa oleh-olehnya ya!”, ya kan? iya karena pulang tamasya tanpa bawa buah tangan itu hambar banget rasanya.

Kali ini, buat kamu yang sedang liburan atau merencanakan pergi ke Pontianak, kami akan beri beberapa rekomendasi oleh-oleh berupa barang khas Kota Khatulistiwa ini yang bisa dibawa pulang. Simak sampai habis ya !

1. Lawar Clothing Khas Pontianak

foto by pontianak.tribunnews.com

Pontianak punya brand baju khas lho, namanya Lawar Clothing. Generasi milenial pasti suka nih sama cinderamata yang satu ini. Lawar Clothing megemas keunikan dan kebudayaan lokal Kota Pontianak kedalam sebuah kaos dan apparelnya dengan konsep lebih kekinian dan fresh.

Karena inilah Clothing Line ini digemari oleh muda-mudi Pontianak, tak terkecuali juga wisatawan yang berkunjung. Desainnya yang selalu di inovasi membuat produk ini semakin menarik dan tidak itu-itu aja, jadi cocok banget dijadiin oleh-oleh nih !

BacaJuga:  10 Rental Mobil di Pontianak, Ada Agya, Avanza dan Lainnya

2. Seija Footwear

foto by facebook.com

Nah kalau tadi produk kaos, Pontianak juga punya Brand Sepatu Lokal yang nggak kalah kece lho, namanya Seija Footwear. Produk lokal ini bisa dibilang bersaing lah sama brand-brand kenamaan lainnya, bisa di adu kualitas dan harganya.

Produk ini sangat populer di kalangan milenial Pontianak, sehingga mendorong para wisatawan luar kota berbondong-bondong untuk mempunyai koleksinya sendiri. Penampilanmu bakal makin kece dengan produk lokal ini. So grab it fast ! datang langsung ke tokonya.

3. Soeltan Tenun

foto by tenunsemberang.blogspot.com

Buat kamu yang suka dengan sesuatu berbau unik,etnik,namun tetep modern, wajib beli barang ini. Soeltan Tenun adalah merk pakaian hasil kreatifitas tenun khas Kalimantan Barat. Souvenir cantik ini mengemas kain tenun tradisional khas sambas menjadi lebih modern tanpa menghilangkan sisi eksotisnya.

Jika biasanya kain tenun merupakan kegemaran para orang tua, tapi kali ini Soeltan Tenun menjadi favorit kalangan muda karena modelnya lebih mengikuti jaman. Jadi cocok banget nih dijadiin oleh-oleh.

4. Batu Kecubung

foto by metroterkini.com

Jika kamu bertanya sentral oleh-oleh di Pontianak dimana, Ruko PSP jawabannya. Toko yang berada di jalan Patimura ini menjual berbagai macam souvenir khas yang cantik dan menarik.

Salah satunya adalah Batu Kecubung. Memberi oleh-oleh untuk orang tua kadang terbilang sulit ya, nah kami rasa Batu Kecubung ini cocok untuk diberikan kepada ayah, kakek, atau ommu yang gemar dengan batu cincin. Harga bentuk bongkahan di jual sekitar 200ribu sedangkan cincin jadi 250ribu.

5. Tas Manik

foto by tokopedia.com

Souvenir lain yang lebih fungsional ada Tas Manik. Pontianak memang terkenal dengan kerajinan manik-maniknya, salah satunya tas manik ini. Banyak toko-toko yang jual tas manik dalam berbagai macam bentuk, motif, dan ukuran.

BacaJuga:  10 Mall dan Swalayan di Pontianak, Ada Bioskop dan Karaoke

Selain terbuat dari manik-manik ada juga yang dibuat dari anyaman rotan lho. Kalau masalah harga, jangan ditanya, murah meriah cukup dengan 70-100ribu per buahnya menyesuaikan motif dan ukurannya.

6. Baju Adat

foto by mahligai-indonesia.com

Setiap provinsi pasti mempunyai baju adatnya masing-masing. Jaman sekarang, baju adat ngga Cuma dipakai untuk acara-acara formal atau pameran saja, tapi saat ini sering juga dijadikan sebagai souvenir.

Karena dianggap antimainstream dan unik maka banyak yang memburunya. Harga untuk souvenir baju adat sendiri sekitar 350-550ribu per stelnya, disesuaikan dengan ukuran dan motifnya.

7. Hiasan Mobil

foto by pontianakpost.co.id

Jika berkunjung ke Pontianak pasti kamu akan menemukan ribuan kerajinan tangan yang dibuat dari manik-manik. Seperti Hiasan Mobil ini terbuat dari manik-manik dengan motif dan bentuk yang bervariasi.

Oleh-oleh ini cukup simple dan cocok untuk diberikan kepada siapapun. Hiasan ini juga multifungsi, bisa digantung di kaca spion mobil ataupun tempat lain. Harganya mulai dari 10-25ribu per buahnya.

8. Hiasan Burung

foto by tokopedia.com

Souvenir ini terbuat dari kayu dan cocok sekali digunakan sebagai hiasan ruangan di rumahmu, seperti ruang tamu ataupun kamar. Hiasan dinding ini cukup unik dan menarik karena bentuknya yang khas sekali.

Hiasan Burung ini Cuma ada di Pontianak, untuk mendapatkannya kamu harus merogoh kocek sekitar 180-210ribu rupiah per satuannya.

9. Miniatur Tugu Khatulistiwa

foto by hendripadli.esy.es

Setiap kota pasti mempunyai landmarknya masing-masing, tak terkecuali Pontianak. Landmark Pontianak adalah Tugu Khatulistiwa. Nah setiap ikon dari masing-masing kota pasti dibuat menjadi sebuah miniatur.

Miniatur Tugu Khatulistiwa bisa kamu dapatkan hanya dengan kocek 80-200ribu saja. Membeli souvenir khas ini bisa jadi pilihan yang tepat, karena belum afdol rasanya berkunjung ke Pontianak tanpa membawa pulang cinderamata ini.

BacaJuga:  10 Foto Masjid Raya Mujahidin Pontianak, Lokasi Alamat + Keunikan Bangunan

10. Mandau

foto by anehdidunia.com

Senjata tradisional khas suku Dayak adalah Mandau. Saat ini senjata ini dibuat bukan hanya untuk fungsi aslinya saja, tapi sebagai oleh-oleh khas juga. Jenis mandau nya sendiri macam-macam dengan variasi ukiran yang berbeda-beda.

Souvenir ini cocok untuk dijadikan pajangan, sehingga nuansa Pontianaknya akan terbawa dan terjaga hingga sampai dirumah. Harganya masih standar kok yaitu sekitar 80-400ribu, tergantung ukuran dan modelnya.

So gays, itu dia tadi beberapa pilihan oleh-oleh khas Pontianak berupa barang yang bisa kamu bawa dan tahan lama. Dengan harga yang tidak akan menguras dompet, kamu sudah bisa menyenangkan orang lain dengan oleh-oleh ini.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

One thought on “Cari Souvenir Khas Pontianak? Wajib Baca Ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.