10 Souvenir Khas Samarinda Ini Wajib Dibawa Pulang!

Posted on
10 Souvenir Khas Samarinda Ini Wajib Dibawa Pulang!
Rate this post

Jika kalian ingin menjelajah kota-kota di Provinsi Kalimantan Timur, wajib deh berkunjung ke Samarinda. Ibu kota dari Provinsi Kalimantan Timur ini mempunyai banyak sekali wisata dan keindahan alam yang patut dicoba.

Dari wisata alam,religi,kuliner,hingga modern. Semua tersaji lengkap di Samarinda. Kota terbesar di pulau Kalimantan ini memang sangat menarik untuk di explore.

Jadi buatlah agenda untuk pergi menyambangi Kota Samarinda ini. Kamu bisa menikmati berbagai keragamannya bersama orang-orang terdekat.

Nah setelah puas mengeksplor Samarinda, lalu adakah hal lain yang bisa dilakukan disini? Tentu ada dong, its time to hunting souvenirs ! Supaya memudahkanmu dalam memilih oleh-oleh, berikut ini kami sajikan beberapa rekomendasi Souvenir khas Samarinda !

1. Sarung Samarinda

foto by grosirsarungmurahbandung.com

Salah satu oleh-oleh khas Samarinda yang unik adalah Sarungnya. Sarung Samarinda memiliki beberapa motif favorit pilihan. Keunikannya juga terletak pada cara pembuatannya yang masing tradisional, yaitu tanpa menggunakan mesin.

Jadi, jika kamu berkunjung ke Samarinda jangan lupa untuk membeli souvenir khas ini ya. Karena kualitasnya sangat juara.

2. Anek Manik-Manik

foto by kreasiazizah.blogspot.com

Selain Sarung Samarinda, aneka manik-manik juga menjadi kesenangan para pelancong lho. Souvenir manik-manik ini memiliki macam yang variatif dari taplak meja, tempat tissue, sampai tas dan gelang.

Pembeda dengan manik-manik dari daerah lain adalah motif yang bertemakan Kalimantan Timur. Sehingga ciri khas inilah yang menjadikan manik-manik Samarinda menarik untuk dibeli.

BacaJuga:  Terbuai Indahnya Wisata di Balikpapan yang Bikin Malas Pulang

3. Miniatur Patung Lembuswana

foto by fritzwaltern.blogspot.com

Lembuswana merupakan seekor hewan yang menjadi lambang Kerajaan Kutai sampai Kesultanan Kuta Kertanegara. Karena itulah Lembuswana menjadi salah satu simbol di Provinsi Kalimantan Timur ini dengan dibuat menjadi sebuah patung.

Untuk melihat dari dekat Patung Lembuswana ini, kamu bisa membeli miniaturnya sebagai oleh-oleh. Sehingga kamu akan semakin memahami sejarah-sejarang di Indonesia.

4. Miniatur Sampek

foto by tokopedia.com

Kalimantan Timur mempunyai alat musik tradisional yang bernama Sampek. Tak mau kalah, Sampek ini dibuat juga bentuk miniaturnya lho. Sehingga jika ingin memiliki alat musik ini, kamu tidak perlu membeli wujud aslinya, beli saja miniaturnya.

Jika harga untuk satu buah Sampek asli mencapai angka jutaan, maka miniaturnya pasti lebih terjangkau. Jadi kamu tetap bisa mendapatkan souvenir unik tanpa keluar uang banyak.

5. Miniatur Rumah adat Kalimantan Timur

foto by briyudistira.wordpress.com

Diawal kami sudah bilang kan bahwa Kalimantan Timur mempunyai budaya dan seni yang sangat beragam, dari senjata, suku, tarian, sampai rumah adat. Nah lalu rumah adat Kalimantan Timur itu apasih? Namanya Lamin gengs.

Seperti halnya Sampek, rumah adat Lamin juga bisa didapatkan dalam bentuk miniatur. Kamu bisa membelinya di berbagai toko souvenir, khususnya di Samarindah, tersebar luas.

6. Kaos Khas Samarinda

foto by ofgsite.web.id

Siapa sangka kalau Samarinda mempunyai brand kaos lokal yang cukup famous. Sebut saja Aemtobe, Kaos Jukut, dan Ngeramput. Kaos-kaos dari brand lokal ini wajib kamu miliki. Karena rancangan kaos ini dibuat agar hal-hal yang berkaitan dengan Samarinda dapat tersampaikan dengan jelas.

Jika kamu ini menunjukan rasa cintamu terhadap Indonesia, mulailah dengan memakai produk-produk lokal. Jadi siapa mau punya kaos khas Samarinda ini?

7. Perisai

Perisai khas Samarinda terbilang beda dengan lainnya. Jika biasanya Perisai terbuat dari besi atau baja, alat penangkis khas Samarinda ini terbuat dari kayu ringan yang tidak mudah pecah. Keunikan dari perisai ini terletak pada desainnya, yaitu ada hiasan ukiran dan lukisannya.

BacaJuga:  Jalan-Jalan Ke Balikpapan, Jangan Lupa Beli Souvenir Khas Ini!

Tapi, saat ini alat penangkis ini bukan saja digunakan dalam peperangan lho. Sekarang Perisai ini dibuat sebagai souvenir juga, yaitu dalam bentuk replika miniatur. Jadi alat penangkis ini bisa kamu bawa pulang untuk dekorasi dirumah, gimana, tertarik?

8. Ulap Doyo

foto by beritagar.id

Samarinda juga punya kerajinan tangan asli khas Suku Dayak lho, salah satunya yaitu Ulop Doyo. Doyo sendiri adalah sebuah tanaman subur yang tumbuh di Tanjung Isuy. Kemudian disulap menjadi sebuah kain menggunakan serat daunnya.

foto by kaltim.tribunnews.com

Bentuk kerajinan Ulop Doyo ini semakin berkembang menjadi barang-barang fungsional seperti kopiah, pakaian, tas, dompet, dan hiasan dinding. Jika penasaran ingin memilikinya, beli saja !

9. Anjat

foto by tokopedia.com

Kerajinan lainnya ada yang terbuat dari rotan, salah satunya yaitu Anjat. Bentuk Anjat ini serupa dengan tas dengan dua/tiga tali. Benda ini sangat cocok untuk dijadikan souvenir karena bentuknya yang unik.

Selain itu, Anjat juga memiliki fungsi untuk menaruh barang bawaan saat berpergian. Jika sudah melihat bentuknya, pasti kamu akan tertarik untuk membeli dan memilikinya.

10. Seraong

foto by IndonesiaKaya.com

Souvenir terakhir ada Seraong. Seraong adalah sebuah Topi khas Suku Dayak yang sering digunakan warga lokal sebagai pelindung kepala dari terik matahari ketika mereka pergi berladang atau berpergian.

Seraong ini memiliki bentuk yang berbeda dari topi pada umumnya. Sehingga membuat banyak wisatawan penasaran ingin memilikinya juga. Namun ada juga yang membuat ukuran kecilnya, fungsinya hanya untuk hiasan dirumah saja.

Sudah cukupkah beberapa referensi dari kami diatas? cukup membantumu dalam menentukan pilihan oleh-oleh yang akan kamu bawa pulang? Beberapa oleh-oleh diatas juga cocok dijadikan souvenir pernikahan.

Loading...
Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.
BacaJuga:  10 Rental Sewa Mobil di Samarinda Lepas Kunci Harga Murah 2018 Matic

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.