Plesiran Ke Semarang, Jangan Lupa Beli Souvenir Barang Khas Ini!

Posted on
Plesiran Ke Semarang, Jangan Lupa Beli Souvenir Barang Khas Ini!
Rate this post

Ada rencana liburan ke Jawa Tengah?jika ada, cobalah berlibur ke Kota Semarang. Semarang adalah ibukota nya Jawa Tengah. Kota ini terkenal dengan wisata populernya yaitu Lawang Sewu.

Selain wisata tenarnya, kudapan khas Semarang juga sangat patut dicoba. Rasanya sangat khas masakan Jawa. Selain itu masyarakat lokal Semarang terkenal juga karena keramahannya.

Sama seperti Jogja dan Solo. Ketika ada turis lokal maupun mancanegara yang bertanya, mereka selalu menjawab dengan penuh sopan santun. Memang ya orang Jawa tingkat kesopanannya sangat luar biasa.

Eits tapi perlu kamu tahu, tidak sebatas wisata,kuliner,dan warganya saja yang ramah loh. Semarang memiliki segudang oleh-oleh yang patut kamu bawa pulang sebagai kenang-kenangan untuk diberikan ke orang lain maupun disimpan sendiri.

Lantas apa saja souvenir barang khas Semarang yang bisa kamu beli?Berikut ini daftarnya!

1. Batik

foto by infobatik.id

Ciri khas dari Batik Semarang terletak dari motif tugu muda, lawang sewu, dan wewe gombel nya, yang mana tidak dimiliki oleh daerah lain.

Ketenaran Batik Semarang memang tidak setara dengan batik dari daerah diatas tadi. Tapi jika kamu berkunjung ke Semarang, tidak ada salahnya untuk membeli barang ini sebagai oleh-oleh. Semakin banyak batik yang dikoleksi, kamu semakin paham ciri khas batik dari masing2 kota.

2. Souvenir Pasar Johar

foto by jagonganjoharsemarang.blogspot.com

Jika kamu mencari macam-macam souvenir khas Semarang, pergilah ke Pasar Johar. Disana banyak dijual aksesoris lengkap khas Semarang dengan harga murah. Barang-barang di Pasar Johar termasuk paling diminati oleh wisatawan domestik maupun mancanegara.

BacaJuga:  Harga Tiket Masuk Curug 7 Tujuh Bidadari Semarang Ungaran + Lokasi Map Wisata

Walaupun terbilang murah, tapi harga aksesoris disini masih bisa ditawa loh. Tapi kamu hanya boleh menawar dengan sewajarnya saja, jangan kelewatan. Letak Pasar Johar ini ada di Kelurahan Kauman, tepatnya di Pusat Kota Semarang.

3. Kaos khas

foto by souvenirkhassemarang.blogspot.com

Sudah seberapa banyak koleksi kaosmu yang berasal dari kota-kota di Indonesia? Adakah salah satunya berasal dari Semarang? Jika belum, maka kaos khas Semarang jangan sampai terlewat dari list oleh-olehmu.

Lewat kaos ini kenangan kamu saat liburan di Semarang akan terprentasikan kedalam kaos bergambar ikon-ikon ataupun tulisan kata-kata khas wong jowo. Cinderamata ini juga bisa kamu berikan kepada siapa saja, karena cocok untuk semua kalangan.

4. Miniatur Tugumuda

foto by koncone-ikikuwi-semarang.blogspot.co

Salah satu landmark Kota Semarang selain Lawang Sewu adalah Tugumuda. Ikon ini dikreasikan menjadi sebuah bentuk miniatur. Tujuannya agar wisatawan yang pernah berkunjung ke Semarang bisa mengobati kerinduannya lewat miniatur Tugumuda ini.

Hampir di semua toko souvenir atau pusat oleh-oleh jual cinderamata ini. Ataupun di kawasan lokasi wisata juga biasanya ada.

5. Totebag Kanvas

foto by bukalapak.com

Ingin oleh-oleh berupa fashion item kekinian?coba deh beli totebag canvas ini. Sama seperti namanya, tas ini dibuat menggunakan bahan canvas halus, hampir sama dengan totebag pada umumnya.

Tapi pembeda dari totebag khas Semarang ini terletak pada gambar desain dan menonjolkan suasana kota lumpia ini dengan sangat jelas.

6. Pouch

Aksesoris lain yang bisa kamu beli adalah pouch. Souvenir ini biasanya diincar oleh para muda-mudi yang akan menikah. Mereka menjadikan barang ini menjadi cinderamata pernikahannya.

Souvenir khas semarang ini bahan pembuatannya macam-macam, ada yang dari canvas, kain, kulit, sampai rajutan benang.

7. Handuk Bordir

Selanjutnya ada handuk bordir. Keunikan dari handuk bordir ini bisa dilihat dari motif bordirannya sangat khas Semarang. Souvenir ini juga banyak peminatnya, karena selain motifnya unik, bahan handuknya sangat halus.

Bahannya mudah meresap air dan tersedia dalam berbagai macam ukuran. Bahkan jika kamu mau, motifnya bisa custom loh. Jadi kamu bisa pesan sesuai dengan keinginanmu atau ingin dijadikan kado ulangthaun dan pernikahan juga bisa.

BacaJuga:  10 Homestay Murah di Baturaden Purwokerto Mulai Dari 100 Ribuan

8. Serba-serbi Gantungan Kunci

foto by aroy-life.blogspot.com

Souvenir gantungan kunci hampir tidak pernah ketinggalan di kantong belanjaan siapapun. Akseoris ini dianggap lebih praktis dan tidak memakan tempat jika dibeli dengan jumlah lumayan banyak.

Macam-macam aksesoris gantungan kunci khas Semarang yang bisa kamu beli seperti bentuk Tugumuda, Lawang Sewu, dan Warak Ngendog. Harga bervariasi mulai dari 10ribu rupiah.

9. Kaos Ikikuwi

foto by mytrip123.com

Sama seperti Jogernya Bali, Semarang juga punya Ikikuwi. Brand lokal ini paling banyak peminatnya, mulai dari kalangan anak-anak sampai orang dewasa.

Salah satu produk Ikukuwi yang banyak dibeli oleh wisatawan sebagai oleh-oleh adalah Kaosnya. Kaos Ikikuwi memiliki desain sangat unik,menarik, dan kekinian dengan tetap menyelipkan budaya khas didalamnya. Lokasi outlet Ikukuwi berada di Jl. Piere Tendean No. 12, Semarang Tengah.

10. Batik Gemawang

foto by desagemawang.wordpress.com

Batik Gemawang adalah salah satu kerajinan khas Semarang, tepatnya desa Ungaran yang ketenarannya masih tetap eksis sampai sekarang. Batik Gemawang ini dibuat secara manual alias tanpa bantuan mesin cetak ataupun printing.

Bisa dibilang Batik Gemawang ini Limited Edition, tak sembarang orang bisa mempunyainya, membuat bara wisatawa penasaran ingin memiliki cinderamata ini.

11. Batik Adisty

foto by kumparan.com

Selanjutnya ada Batik Adisty. Setiap kain batik di Semarang memiliki ciri khas masing-masing yang tergambar di motifnya. Seperti Batik Adisty ini memiliki corak khas Flora yang berada di Hutan Penggaron. Seperti bunga kasturi, lompong, pinus, dan cemara.

Tak heran jika Batik Adisty sering disebut dengan Batik Alas Penggaron, “Alas” yang berarti Hutan. Warna-warna Batik ini cukup ceria, jadi membuat siapa saja yang memakainya akan terlihat berseri-seri.

12. Kerajinan Eceng Gondok

foto by kerajinanambarawa.com

Semarang memang khas dengan akan keberagaman kerajinan tangannya. Kreatifitas warga lokal mengantarkan kota ini terkenal sampai ke luar negeri berkat karya nya. Salah satu karya kerajinan tangan khas Semarang yang wajib kamu beli adalah, Eceng Gondok.

BacaJuga:  30 Wisata Kuliner + Rumah Makan di Solo Untuk Rombongan, Malam dan Siang Hari Murah Yang Terkenal Khas

Kerajinan Eceng Gondok diolah menjadi sebuah barang fungsional seperti tas dan sepatu. Warna hijau pada tanaman ini akan berubah coklat ketika dikeringkan, membuat warna produk dari kerajinan Eceng Gondok ini terlihat sangat klasik.

13. Kerajinan Relief Kuningan

Kemudian ada kerajinan Kuningan berupa Relief. Relief Kuningan khas ini dibentuk menjadi beraneka ragam hiasan seperti kalifgrafi dan pajangan dinding.

Kamu tertarik untuk memilikinya? Pergilah ke Jl. Ambarawa Magelan K M 10, yang ada di Kecamatan Jambu, Semarang.

14. Batik Asem Tugu

Sovenir selanjutnya adalah Batik Asem Tugu. Motif dari Batik Asem tugu ini adanya corak pohon asem pada desainnya, mulai dari daun, buah, dan bunganya.

Pohon asem tersebut dipadukan dengan tugu2 yang ada di Kota Semarang. Maka jadilah Batik Asem Tugu.

15. Batik Lawang Sewu

Pilihan batik terakhir adalah Batik Lawang Sewu. Ikon kenamaan dari kota lumpia ini tak mau kalah eksis digambar kedalam kain batik.

Obyek wisata satu ini menjadi inspirasi pengrajin batik kedalam sebuah karya menakjubkan. Koleksi batik nusantaramu semakin lengkap dengan Batik Lawang Sewu ini.

Gimana ide-ide souvenir khas kota lumpia diatas?mana yang akan kamu beli untuk orang tersayangmu ataupun koleksi pribadimu?

Loading...
Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.