Liburan ke Kota Solo Jawa Tengah, Beli Souvenir Khas Ini Ya!

Posted on
Liburan ke Kota Solo Jawa Tengah, Beli Souvenir Khas Ini Ya!
Rate this post

Jika kamu pernah atau sedang berkunjung ke Solo pasti sudah tau dong, kalo kota ini kaya akan budaya etnik dan keramahan warganya, kan? Sama seperti Jogja, kota ini selalu dirindukan untuk bisa dikunjungi kembali.

Karena banyak sekali yang bisa dinikmati dari kota ini dari wisata, kebudayaan,hingga kuliner. Jadi nggak heran kalau kota batik ini selalu diincar oleh para wisatawan domestik maupun luar negeri.

Nah jika kamu berencana berwisata ke Solo, kalau sudah puas jalan-jalan mengeksplor tempat-tempat wisata dan mencicipi kulinernya. Satu hal yang tidak boleh terlewat adalah membeli oleh-oleh khas Solo.

Solo mempunyai banyak sekali macam-macam oleh-olehnya, dari makanan, minuman, souvenir, sampai kerajinan tangan. Kuliner dan barang-barang tersebut bisa kamu bawa pulang untuk kenang-kenangan keluarga, saudara, ataupun teman-teman dirumah.

Kami akan berikan beberapa rekomendasi souvenir khas Solo yang bisa kamu pulang. Simak artikel ini sampai habis ya !

1. Kaos Khas

foto by pinterest.com

Pertama kamu bisa membeli kaos atau t-shirt khas Solo. Layaknya kota-kota yang lain, Solo juga punya Kaos yang memiliki design unik dan khas. Kamu bisa nemuin kaos-kaos ini di pusat oleh-oleh, atau di Pasar Gede.

Disana banyak pilihan kaos yang di jual, seperti bangunan ikonik khas Kota Batik hingga ungkapan khas warga lokal. Kaos khas ini bisa dijadikan oleh-oleh murah tapi tetap berkesan.

BacaJuga:  6 Rekomendasi Villa di Guci Tegal Yang Bebas Polusi Udara Mulai Rp.880.000

2. Batik Solo

foto by batikbumi.net

Batik sendiri merupakan salah satu peninggalan sejarah di Indonesia dan terbesar di Pulau Jawa. Setiap daerah di penjuru nusantara mempunyai batik khas. Dan Solo salah satunya.

Asal muasal dijuluki sebagai Kota Batik itu karena Solo merupakan salah satu penghasil Batik terbesar di Indonesia,terutama di Jawa Tengah. Batik Solo bisa kamu jadikan pilihan cinderamata . Tempat yang recommended buat cari batik murah kualitas bagus, kamu bisa ke Kampung Batik Kauman, Pasar Klewer, Kampung Batik Laweyan.

3. Barang Antik

foto by jateng.tribunnews.com

Jika kamu penggemar barang-barang antik, berkunjung ke Kota Batik adalah pilihan yang tepat. Karena di Solo banyak sekali barang-barang antik yang dijual. Kamu bisa pergi ke Pasar Triwindu, disana banyak toko yang menjual berbagai mcam barang antik.

Dari keris, gramafon, lemari-lemari antik, piring, sepeda, porselen, dan masih banyak lagi barang-barang unik dan klasik lainnya. Ada juga barang-barang peninggalan zaman dulu.

4. Dompet Batik

foto by azzaralbatik.com

Dompet batik merupakan souvenir khas Indonesia, karena terbuat dari bahan batik. Variasinya juga banyak, ada dompet batik jogja, solo, pekalongan, dan cirebon. Tapi yang paling terkenal adalah dompet batik solo.

Karena bentuknya yang cantik dan unik, dompet batik ini cocok dijadikan oleh-oleh maupun souvenir pernikahan lho. Harga nya juga cukup murah lho muali dari 12ribu saja, semakin besar dompetnya tentu makin mahal ya.

5. Wayang Kulit

foto by youtube.com

Souvenir ini sangat lekat dengan budaya Jawa, bahkan saat ini sudah mulai dikenal sampai seluruh dunia dan menjadi ciri khas nya Indonesia. Karena banyak yang menyukai, maka saat ini Wayang kulit bukan hanya dijadikan sebagai pertunjukan pagelaran, tapi menjadi souvenir juga.

Harga Wayang kulit sendiri berkisar dari 250-750ribu, tergantung ukuran dan kualitasnya. Kamu bisa mendapatkan barang ini di toko cinderamata Alun-alun Utara.

BacaJuga:  5 Pilihan Villa Terbaik di Ungaran dengan Harga Terjangkau Mulai Rp.350.000

6. Keris

foto by langitsatu.com

Mungkin banyak yang berasumsi bahwa benda ini sangat dekat dengan kesan mistis, tapi saat ini Keris sudah bukan lagi barang yang menyeramkan kok, karena banyak dijadikan sebagai souvenir. Desain nya pun cukup kekinian jadi cocok dijadikan barang souvenir atau hanya untuk pajangan.

Harganya mulai dari 75ribu sampai jutaan. Kamu bisa beli barang ini di toko cinderamata di Alun-alun Utara Kota Solo.

7. Blangkon Serengan

foto by solo.tribunnews.com

Jika berbicara baju adat Jawa, pasti Blangkon merupakan salah satu dari bagiannya. Penutup kepala ini biasanya digunakan untuk acara perkawinan, namun saat ini di keseharian juga ada yang memakainya, walaupun jumlahnya tidak banyak.

Serengan adalah salah satu daerah di Solo yang merupakan pusat pembuatan blangkon. Desain blangkon yang dibuat bukan hanya model Solo saja, tapi ada juga Sunda, Jawa Timur, dan Jogja. Harganya bervariasi, paling murah Rp 20.000, yang mahalnya Rp 60.000.

8. Miniatur Patung Dan Candi

foto by indonesiakaya.com

Solo juga mempunyai cinderamata khas lainnya yaitu berbagai miniatur seperti patung, candi, keris, sepeda. Bahan pembuatan miniatur ini juga bermacam-macam, ada yang dari kain perca, tanah liat, dan kayu.

Kerajinan tangan khas Solo ini dijual dengan harga yang cukup murah, yaitu sekitar Rp 20.000 samapi ratusan ribu. Tergantung ukuran dan jenis bahan kerajinan tersebut.

9. Kain Lurik Khas Solo

foto by tranceonlive.blogspot.com

Taukah kamu, kalau Solo punya satu kain lagi yang menjadi ciri khas Kota Bengawan ini?. Yap ! Kain Lurik namanya. Selain batik, Solo juga punya kain Lurik. Motif lurik itu sangat khas, yaitu garis-garis kecil dengan berbagai macam warna.

Kalau jaman dulu, lurik digunakan sebagai alat pamangkul tenggok (wadah anyaman bambu). Namun sekarang kain lurik banyak digunakan sebagai bahan busana. Harganya tidak beda jauh dengan batik.

BacaJuga:  10 Gambar Masjid Kauman Semarang Tempo Dulu + Letak Alamat Johar

10. Tas Lurik

foto by ilmubahasajawa.wordpress.com

Selain kain lurik, Solo juga memiliki oleh-oleh khas yang ngga boleh ketinggalan. Kalo yang ini cocok banget nih buat generasi milenial. Bisa buat kuliah, kerja atau hangout. Barang ini bisa kamu beli di pusat oleh-oleh di seluruh penjuru kota Solo. Tenang.. harganya under 100ribu kok.

Nah jadi itu dia beberapa souvenir khas Solo yang bisa kamu beli untuk dijadikan cinderamata ataupun koleksi pribadi dan tidak boleh sampai terlewat. Jangan sampai ngga beli ya !

Rental Mobil Lampung
Loading...
Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.