15 Souvenir Khas Surabaya yang Menarik Untuk Diburu, Berikut Daftarnya!

Posted on
15 Souvenir Khas Surabaya yang Menarik Untuk Diburu, Berikut Daftarnya!
Rate this post

Jawa Timur memiliki banyak kota yang kerap jadi langganan berwisata oleh pelancong nusantara,salah satunya adalah Surabaya. Berkunjung ke Surbaya baik urusan kerjaan ataupun liburan memang bisa jadi kegiatan menyenangkan.

Destinasi wisata Surabaya sangat beragam dan menarik untuk dikunjungi. Untuk menutup serangkaian keperluan di Surabaya, jangan lupa membeli oleh-oleh untuk orang rumah. Membawa buah tangan saat berpergian kemanapun itu sudah menjadi tradisi dan sulit untuk dibantah.

Jika kesulitan dalam mencari rekomendasi oleh-oleh menarik khas Surabaya, kamu bisa simak rangkuman dalam artikel ini sampai tuntas. Karena kami akan membahas berbagai macam oleh-oleh khas Surabaya berupa souvenir menarik. Berikut daftarnya:

1. Kaos CakCuk

foto by jelajahsurabaya.blogspot.com

Oleh-oleh pertama nomer wahid wajib dibeli adalah Kaos Cakcuk. Cakcuk ini semacam Joger-nya Bali gitu deh guys. Tapi tetep Kaos Cakcuk memiliki ciri khas tersendiri yang ditampilkan dalam produknya.

Varian desainnya mulai dari ikon Kota Surabaya, tempat-tempat ikonik, hingga slang word (bahasa gaul yang tidak baku). Harga satu kaos Cakcuk dipatok sekitar 100ribu rupiah. lokasi toko Kaos Cakcuk ini berada di Jl. Dharmawangasa No.35, dan sekarang tersedia jug di Cafe Cak Cuk loh.

2. Kaos JulaJuli

foto by ciptaloka.com

Selain CakCuk, ternyata Surabaya punya satu brand kaos lokal lagi, yaitu JulaJuli. Kaos khas Surabaya ini memiliki corak dan model berbeda dengan Cakcuk. Kaos Jaljuli lebih menonjolkan budaya tradisional Surabaya.

Harga untuk satu Kaos JulaJuli juga lebih murah yaitu sekitar 70-100ribu rupiah. Desain klasik dan warna beraneka macam bisa kamu pilih sesuai dengan keinginanmu.

BacaJuga:  5 Tempat Sewa Motor Banyuwangi, Harga Murah Mulai Rp.75.000

3. Batik

foto by nasional.tagar.id

Salah satu Batik unggulan dari Indonesia adalah Batik Surabaya. Batik Jawa Timur ini memiliki motif lebih universal. Coraknya terdiri dari perpaduan antara budaya tradisional dengan modern. Jenis warnanya juga cerah-cerah.

Batik khas Surabaya patut kamu jadikan souvenir, kemudian dibuat menjadi berbagai macam busana,seperti baju, kemeja, dress, dan blouse.

4. Kerajinan Kulit

foto by tribunnews.com

Kerajinan kulit asal Tanggulangin memang sudah terkenal ke seluruh penjuru nusantara. Kerajinan ini bisa jadi souvenir pilihan lainnya. Produk kerajinan kulit paling favorit adalah Tas. Tas kulit ini populer karena kualitasnya serta kerapihan pengerjaannya.

Produk unggulan lain selain tas ada sandal dan sepatu. Kamu bisa beli cinderamata ini sebagai koleksi sendiri maupun hadiah untuk orang lain. Produk ini terkenal sampai mancanegara, sayang banget kalo kamu ngga punya salah satu darinya.

5. Gelas Tempurung

foto by shopee.co.id

Di Surabaya apapun bisa dimanfaatkan menjadi sebuah kerajinan cantik. Salah satunya dengan memanfaatkan limbah batok kelapa menjadi sebuah souvenir menarik berupa Gelas Tempurung.

Batok kelapa dihaluskan, kemudian dibentuk menjadi sebuah gelas lalu dicat dan dipernis sehingga menjadi sebuah cinderamata cantik. Tersedia dalam berbagai macam ukuran dan warna.

6. Oleh-oleh khas Arab

foto by tempatnongkrongasik.com

Surabaya adalah salah satu kota yang terkenal dengan tempat ziarahnya Sunan Ampel. Wali Songo tertua di Pulau Jawa yang menyebarkan Agama Islam. Karena banyak dikunjungi oleh muslim dari berbagai penjuru, sehingga membawa oleh-oleh khas Arab saat pulang berziarah adalah pilihan menarik.

Kamu bisa menemukan buah tangan ini di kawasan ziarah wali songo, disana banyak berjejer penjual cinderamata khas Arab seperti kopiah,tasbih,sajadah,sampai parfum2an.

7. Ukiran Tugu Pahlawan

Souvenir selanjutnya adalah Ukiran Tugu Pahlawan, yang merupakan salah satu ikon kota Surabaya. Ukiran Tugu Pahlawan ini memiliki eksistensi cukup tinggi.

Ukiran Tugu Pahlawan ini dibuat menggunakan kayu. Bahan kayunya ringan sehingga oleh-oleh ini tidak akan memberatkanmu ketika dibawa pulang ke Jakarta ataupun kota asalmu.

8. Miniatur Patung Buaya

foto by m.id.aliexpress.com

Kamu tentu tau landmark kota Surabaya paling lengendaris adalah Patung Buaya Putih. Iyap! Kamu bisa menjadikan patung buaya putih ini sebagai souvenir dalam bentuk miniatur keren.

BacaJuga:  Harga Tiket Masuk Surabaya North Quay SNQ, Alamat Lokasi Wisata Tanjung Perak + Foto Kapal Pesiar

Pengrajin Surabaya banyak membuat miniatur Patug Boyo putih ini dari berbagai macam bahan, ada perak,kayu,dan logam. Harga dari masing2 miniatur pun bervariasi tergantung bahannya.

9. Kerajinan Hewan Laut

foto by bisnisukm.com

Cinderamata unik lainnya berasal dari hewan laut yang diolah menjadi sebuah benda artistik. Hewan laut yang sudah mati ini kemudian biasanya dimanfaatkan bagian cangkangnya untuk dijadikan sebuah souvenir khas unik dan cantik.

Macam-macam hasil kerajinan hewan laut khas Surabaya seperti gantungan kunci,tirai,lampu lampion,pigura photo, gelang, kalung, dan lain2. Semua bisa didapatkan dengan harga elatif murah.

10. Kerajinan Anyaman Bambu

foto by surabaya.tribunnews.com

Anyaman bambu ternyata bisa dijadikan kerajinan unik dan memiliki nilai seni tinggi loh. Kerajinan anyaman bambu khas Surabaya biasanya dibentuk menjadi aneka macam perabotan rumah yang fungsional.

Seperti lampu tidur, sekat, tudung saji, bahkan ada juga yang dibuat menjadi sebuah tas. Harga dari kerajinan anyaman ini mulai dari 50ribu sampai ratusan ribu rupiah.

11. Kerajinan Eceng Gondok

foto by goodybagbsd.weebly.com

Kerajinan dari tumbuhan juga bisa dijadikan alternatif selanjutnya. Kerajinan Eceng Gondok khas Surabaya menghasilkan cinderamata amat cantik seperti tas,sandal, dan taplak meja unik.

Tampilanmu akan terlihat berbeda dengan menggunakan fashion item ini. Lebih klasik namun tetap kece. Harga untuk bisa mendapatkan souvenir ini relatif murah antara 100-200ribu rupiah.

12. Kerajinan Batu Marmer

Di Surabaya, kerajinan marmer sudah sangat menjamur. Berbagai macam produk yang dihasilkan dari kerajinan ini bahkan sudah ada yang sampai di ekspor ke luar negeri. Buah tangan berupa kerajinan marmer bisa dijadikan hiasan mejamu agar tatanannya terlihat semakin indah.

13. Kerajinan Kaca Pyrex

Selanjutnya ada kerajinan Kaca Pyrex. Biasanya kerajinan ini berbentuk perabotan rumah tangga seperti tea set, cangkir, piring, gelas, dan lain2. Kaca pyrex khas Surabaya memiliki kualitas cukup baik dengan model bermacam-macam. Untuk ide kado pernikahan kayaknya lucu juga.

BacaJuga:  Alamat Ciputra World Mall Surabaya: Ada Cafe, Salon, XXI + Restoran Tempat Makan Yang Enak

Harga kerajinan kaca pyrex ini bermacam-macam, mulai dari ratusan sampai jutaan rupiah. Sebelum membelinya pastikan kalau barangnya tidak ada yang cacat.

14. Miniatur Rumah Adat Jawa Timur

Setiap Provinsi di Indoensia pasti memiliki Rumah Adat masing-masing. Seperti rumah adat Jawa Timur yang dikenal sebagai Joglo Situbondo. Dengan membeli miniatur rumah ada Joglo Situbondo ini akan semakin menambah kecintaanmu terhadap budaya asli Nusantara.

Harga dari miniatur rumah adat ini biasanya tergantung bahan pembuatannya. Jadi pilihlah bahan yang memiliki paling ekonomis.

15. Kerajinan Daun Kering

Terakhir ada Kerajinan Daun kering yang dijual dengan harga 8ribu sampai jutaan rupiah. Kerajinan asal Ngagel Mulyo ini berhasil menembus Pasar Internasional loh. Hasil kerajinan Daun Kering berupa kotak tissue, vas bunga, tas, dan kipas. Bisa didapatkan di toko souvenir yang ada di Surabaya.

Jadi itulah beberapa souvenir khas Surabaya yang bisa kamu beli untuk dijadikan buah tangan. Bisa diberikan untuk keluarga,saudara, ataupun teman kantor. Atau ingin dijadikan sebagai koleksi sendiri juga bisa.

Souvenir khas Surabaya memang sangat banyak jenisnya, tapi daftar diatas adalah yang paling diminati dan diincar oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Cobalah untuk mencintai produk lokal, sehingga kamu akan lebih menghargai sebuah karya dan turut andil dalam melestarikan kearifannya.

Loading...
Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.