Jalan-Jalan Ke Tegal, Souvenir Khas Ini Jangan Sampai Ketinggalan!

Posted on
Jalan-Jalan Ke Tegal, Souvenir Khas Ini Jangan Sampai Ketinggalan!
Rate this post

Tegal adalah sebuah kota yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Kota pariwisata ini memiliki puluhan destinasi yang tidak kalah menarik dengan daerah lainnya. Salah satu yang paling populer adalah Rita Park, bisa dibilang wisata ini adalah dufannya Jawa Tengah.

Bergeser sedikit ke sektor lain, kuliner tegal juga sangat khas dengan citarasanya yang bermacam-macam. Selain kuliner, Tegal juga memiliki segudang oleh-oleh khas yang selalu menjadi favorit wisatawan.

Kamu sedang mampir ke Tegal dan ingin membawa oleh-oleh untuk orang dirumah? Beli oleh-oleh ini aja !

1. Poci Tanah Liat

foto by muhammadibaliqbal.blogspot.com

Jika bicara soal Tegal, satu yang paling khas adalah Poci Tanah Liatnya. Benda ini memang salah satu buah tangan paling diincar oleh para wisatawan hampir di semua toko oleh-oleh.

Poci unik ini biasa digunakan untuk wadah wedang teh. Kamu bisa menjumpainya di seluruh toko oleh-oleh di Tegal, salah satunya di daerah Mutiara Cahaya Slawi-Tegal.

2. Kaos Galgil

foto by kaos-galgil.business.site

Kota Tegal juga ngga mau kalah dengan kaos khasnya. Jika Jogja punya dagadu, Bali dengan Joger nya. Tegal memiliki Galgil sebagai produk kaos khas nya.

Kaos Galgil ini bisa kamu peroleh di beberapa pusat oleh-oleh yang tersebar di segala penjuru kota Tegal. Kaos galgil ini memiliki desain yang menampilkan tulisan dengan bahasa tegal serta plesetan dari logo2 terkenal.

BacaJuga:  6 Tempat Sewa Motor di Purwokerto, Harian Mulai Rp.65.000

3. Keramik

foto by aliexpress.com

Cinderamata khas Tegal lainnya yang patut untuk dibeli adalah keramik. Keramik khas Tegal memang terkenal dengan kualitas yang premium.

Produk keramik asli Tegal ini memiliki beberapa macam bentuk dari vas bunga, piring, guci, dan perabotan lainnya. Keramik khas Tegal mudah diperoleh di beberapa sentral oleh-oleh.

4. Kerajinan Eceng Gondok

foto by mujisela.com

Kamu tau tanaman eceng gondok kan? nah di Tegal, tumbuhan ini dibuat menjadi sebuah kerajinan tangan yang unik dan menarik lho.

Produk kerajinan Eceng Gondok ini beraneka macam seperti tas, sepatu, sandal, dompet, dan lain2. Souvenir ini tentulah cocok dijadikan buah tangan untuk teman dekat atau keluagamu.

5. Kerajinan Relief Kuningan

foto by pusatkerajinantembagakuningan.com

Selanjutnya ada kerajinan Relief Kuningan. Biasanya kerajinan ini dibuat menjadi beberapa bentuk salah satunya hiasan dinding dan meja seperti pigura kaligrafi, guci, serta vas bunga. Cocok sekali dijadikan souvenir khas Tegal.

Tak sedikit kerajinan relief kuningan ini yang di eskpor ke luar negeri lho. Berminat untuk memilikinya?

6. Kerajinan Bordir

foto by rumahkreative.id

Selanjutnya ada kerajinan Bordir yang tak kalah menarik. Kerajinan bordir khas Tegal juga dibuat sebagai hiasan di busana pakaian. Motif bordiran khas tegal memiliki ciri khas tersendiri dan hasilnya sangat rapih.

Kamu bisa membeli kerajinan bordiran ini sebagai oleh-oleh khas Tegal untuk dipadukan dengan bajumu dirumah. Sehingga bajumu akan terlihat lebih classy dan menarik.

7. Teng-tengan

foto by surabaya.tribunnews.com

Kerajinan yang satu ini memang eksis sepanjang masa. Teng-tengan adalah sebuah kerajinan khas Tegal yang masih diproduksi hingga sekarang dan kerap dijadikan oleh-oleh bagi para wisatawan.

Teng-tengan itu serupa dengan sleep lamp tapi ada gambar siluet hewan di dalam lampunya. Jika lampunya dinyalakan, maka gambar itu akan bergerak seolah-olah mengeliligi ruangan. Bisa jadi cinderamata yang unik ya?

BacaJuga:  10 Gambar Goa Jatijajar Kebumen, Harga Tiket Masuk, Lokasi Alamat, Fasilitas di Sekitar, Misteri Mistis + Rute Menuju Wisata

8. Kerajinan Kayu Antik

foto by triyandracraft.blogspot.com

Kayu antik di tegal disulap menjadi sebuah kerajinan yang menghasilkan uang. Masyarakat tegal mencoba kreatifitas mereka dengan membuat beberapa karya dari Kayu antik.

Bentuk dari kerajinan kayu antik ini biasanya seperti meja,kursi,vas bunga, asbak, tempat tissue, serta gantungan kunci.

9. Mug Tanah Liat

foto by id.aliexpress.com

Selain Poci, Tegal juga memproduksi Mug Tanah liat yang tak kalah unik. Biasanya mug tanah liat ini tersedia bersandingan dengan Pocinya. Jika mau lengkap, selain membeli Poci ada baiknya belilah juga Mug tanah liat ini.

10. Kerajinan Ukiran

foto by jateng.antaranews.com

Kerajinan khas Tegal terakhir yang bisa kamu bawa pulang adalah ukiran. Kerajinan uki ini dibuat menjadi sebuah benda2 dengan desain bertemakan alam dan sangat imajinatif. Produk ukiran ini biasanya berbentuk perabotan rumah tangga ataupun hiasan dekorasi yang inspiratif.

Jadi, jika kamu sedang jalan-jalan atau sekedar transit di Tegal, jangan lupa beli oleh-oleh khas daerah lokal diatas ini ya !

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.