Stadion Jatidiri Akan Lebih Megah dari Jakabaring

Diposting pada
Stadion jatidiri semarang terbaru terkini renovasi alamat peta 2019 skyscrapercity baru comal smg agustus akan direnovasi jati diri desain berita pemalang lokasi kapan dari luar denah gambar setelah foto gelora gor instagram info kapasitas kabar kerusuhan letak luas maket new pembangunan proyek profil rancangan revitalisasi rumput saat ini tahap 2 tribun tragedi ukuran wikipedia
Stadion Jatidiri di Semarang yang merupakan kebanggaan klub sepak bola. Stadion ini di renovasi menjadi semakin megah. Foto @agustapr

Lokasi: Kelurahan Karang Rejo, Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50231
Koordinat: Klik Disini
Tarif:
Gratis
Operasional:
24 Jam
Instagram: @stadionjatidirismg

Berlibur tentunya tidak hanya tentang wisata alam atau tempat bersejarah. Mengunjungi tempat baru dan menjadi salah satu icon suatu daerah juga menjadi hal yang menyenangkan.

Ya, saat kita mendatangi tempat baru rasanya banyak sekali yang bisa kita ambil selain menghabiskan waktu libur kita. Salah satunya adalah di Stadion Jatidiri yang ada di Semarang atau yang biasa disebut Smg.

Stadion Jatidiri adalah tempat dimana markas klub kebanggaan warga Semarang ini yaitu PSIS berkumpul.

Ini adalah icon yang ada di Semarang. Tugu ini berada di dekat stadion sebagai penanda. (foto: hellosemarang.com)

Untuk artikel kali kami dari tim jejakpiknik.com akan membawa kamu ke Stadion Jatidiri untuk mengetahui apa saja yang ada di sana. Jatidiri sendiri sebenarnya dimiliki juga pada daerah lain yaitu di Pemalang dengan nama Lapangan Jatidiri Comal.

Tetapi kali ini kita akan membahas yang ada di Kota Semarang. Stadion Jatidiri sudah mengalami beberapa kali renovasi hingga tahun 2019 ini. Seperti apa suasana terbaru isi Stadion Jatidiri ini, kita akan bahas lengkap di artikel ini.

Baca Juga: 55 Tempat Wisata di Semarang Hits Terbaru Daerah Atas dan Bawah

Sejarah Stadion Jatidiri

Stadion Jatidiri dimulai untuk direnovasi dengan ditandai dengan peletakan semen oleh Gubernur Jawa Tengah. Selain itu acara ini juga didatangi oleh berbagai pejabat pemprov setempat (foto: jateng.tribunnews.com)

Sebelum memasuki bahasan tentang apa saja yang ada di Stasion Jatidiri ini lebih baik kita semua mengetahui tentang sejarah berdirinya saat dulu. Sejarah ini kami ambil dari beberapa artikel seperti Wikipedia dan skyscrapercity.

Alamat atau letak dari Stadion Jatidiri tepat berada di selatan kota Semarang yaitu Karangrejo. Menjadi markas kebanggaan klub yang ada di Semarang yaitu PSIS. Awalnya kapasitas stadion ini hanya menampung 21 ribu orang.

Tetapi mengalami revitalisasi sehingga kini bertambah hingga 60 ribu orang. Di sekitar stadion ini juga terdapat sebuah GOR atau Gedung Olah Raga, Taman, Kolam Renang dan tempat olahraga lainnya.

BacaJuga:  Baby Margaretha dan Irfan Hakim Sudah Pernah Ke Umbul Ponggok Klaten, Kamu Kapan?

Kamu Penakut??? Jangan Lihat ini: Kisah Misteri Angkernya Lawang Sewu

Pada masa pemerintah Gubernur Muhammad Ismail lah Stadion Jatidiri ini didirikan. Setelah dari masa ke mas pemerintahan Gubernur hingga saat ini Stadion Jatidiri direnovasi sampai memiliki fasilitas yang memadai.

Dulunya stadion ini direnovasi karena akan diadakan PON XVIII pada tahun 2012 di Semarang.

Semua yang ada di Stadion Jatidiri mengalami pembangunan agar menjadi lebih baik seperti ukuran yang menjadi luas, rumput, ruang ganti, tribun penonton hingga bagian luar.

Renovasi stadion Jatidiri ini dimulai dengan perbaikan di tribun. Tribun dibuat nyaman agar para penonton dan pendukung yang datang bisa duduk dengan baik dan aman. (foto: antarafoto.com)

Di tahun 2019 saat ini Stadion Jatidiri mengalami renovasi tahap ke 2. Proyek pembangunan ini memiliki desain dan rancangan yang sangat bagus maka banyak yang mengatakan bahwa stadion ini terbaik setelah Stadion Gelora Bung Karno yang ada di Jakarta.

Berita terkini hingga bulan Agustus lalu, Stadion Jatidiri masih dalam pembangunan sehingga PSIS masih belum bisa memakainya.

Panoramanya Menawan: Berenang di Umbul Sidomukti, Memandang Kota dari Atas

Terlihat renovasi yang dilakukan juga tengah sampai di papan skor. Perbaikan ini agar papan skor terlihat besar dan terlihat hingga sudut tribun penonton (foto: skyscrapercity.com)

Dilakukan renovasi lagi yaitu bukan karena tanpa sebab. Beberapa waktu sebelumnya terdapat berita dan info baru bahwa terjadi kerusuhan di Stadion Jatidiri sehingga mengakibatkan beberapa fasilitas rusak parah.

Tragedi itu dilakukan oleh para pendukung klub yang sedang bertanding. Setelah dilakukan renovasi diharapkan semua orang bisa menjaga Stadion Jatidiri dengan baik.

Pemandangan Alam yang Menakjubkan: Eksotisnya Candi Gedong Songo Dipadukan Sejarah dan Misteri

Di bagian depan Stadion Jatidiri terdapat sebuah maket yang menggambarkan isi dari Stadion Jatidiri. Maket tersebut menjadi new profil bagi para pengunjung yang datang dan ingin melihat secara keseluruhan.

Ini ada suasana yang terlihat di dalam stadion. Meski terlihat megah dan besar, di sini masih menggunakan nuansa dan adat Jawa Tengah (foto: jawapos.com)

Setelah mengalami perubahan, Stadion Jatidiri akan terlihat lebih indah. Banyak sekali yang mengambil gambar atau foto di sini. Kemudian foto tersebut kebanyakan dimasukan ke dalam social media seperti Instagram, facebook atau twitter.

Tentu saja ini bisa menjadi kebanggaan untuk warga Semarang jika stadion yang menjadi jati diri PSIS terutama Kota Semarang bisa dikenal di seluruh Indonesia.

Mari Mendayung di Danau: Rawa Pening Sebentar Lagi Jadi Wisata Kelas Dunia

Pembangunan Renovasi

Suasana saat stadion digunakan oleh klub PSIS

Pembangunan ulang dilakukan kembali Stadion Jatidiri Semarang. Meskipun pembangunan tahao 2 lalu bisa dibilang gagal karena peserta lelang banyak sekali yang tidak memenuhi syarat.

BacaJuga:  Wisata Waduk Kedung Ombo, Letak di Purwodadi, Boyolali Atau Sragen?

Tetapi bulan Agustus lalu sudah dilakukan proses perbaikan. Renovasi ini dilakuan tidak bisa sekaligus seluruhnya tetapi melalui tahap. Kurangnya anggara disebut menjadi sebab.

Serunya Wisata Malam Hari: Kawasan Simpang Lima Semarang Makanannya Enak Enak

PSIS yang saat ini masih aktif mengikuti pertandingan resmi kini juga mengalami dampak dari renovasi yaitu diungsikan ke tempat lain. Laskar Mahesa Jenar sebutan dari PSIS ini harus mencari pengganti agar tetap bisa berlatih seperti biasanya.

Nah, saat ini mereka pindah ke Stadion Kebondalem yang ada di Kendal dan Moch Soebroto di Magelang. Jadi untuk kamu penggemar PSIS bisa menyaksikan mereka berlatih di stadion tersebut.

Beberapa yang direnovasi adalah rumput, lintasan atletik, scoring board, meanikal elektrikan yang ada di stadion dan juga fasilitas yang diberikan untuk panitia pelaksana, pemain, pelatih, wasit dan terutama penonton.

Beberapa tempat yang ada di Stadion Jatidiri sudah berumur tua dan berkarat, maka dari itu harus mengalami pergantian yang baru.

Desain untuk renovasi Stadion Jatidiri (foto: widha.co.id)

Rumput yang dimiliki Stadion Jatidiri tadinya sangat tidak layak akan diganti dengan jenis Zoysia Matarella. Rumput jenis ini tentu saja memiliki kualitas yang bagus yaitu daun runcing dan rigiditas membuat aman dan nyaman para pemain yang bermain.

Pintu utama stadion juga akan berpindah ke bagian timur. Terlihat dari maket rancangan yang ada maka sangat terlihat begitu mewah dan megah nantinya jika Stadion Jatidiri ini sudah selesai.

Spot “Selfie” Terbaik: Jangan Lupa Mampir di Kota Lama Semarang

Kamu akan bisa melihat perbedaan bagaimana setelah mengalami renovasi. Para pendukung PSIS berharap pembangunan ini segera selesai agar stadion kebanggaan mereka bisa disetarakan dengan yang lain.

Pemerintah provinsi sendiri mengharapkan pembangunan yang kompleks dengan Sport Center Gelora. Pemprov berharap standar yang diberikan untuk Stadion Jatidiri bisa bertaraf Internasional.

Jalan Menuju Lokasi

Ini adalah penampakan dari pintu sebelah kanan yang akan difungsikan sebagai pintu keluar (foto: skyscrapercity.com)

Banyak sekali yang bisa kamu tempuh saat akan pergi ke Stadion Jatidiri. Terlebih jika kamu pecinta sepak bola Indonesia terutama PSIS maka sudah pasti hafal dengan peta atau rute ini.

Alternatif yang digunakan sangat banyak, bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor atau juga transportasi umum.

BacaJuga:  10 Gambar Telaga Warna Wonosobo, Harga Tiket Masuk, Rute Menuju Lokasi, Jam Buka + Hotel Villa

Untuk kendaraan pribadi tinggal melihat beberapa petunjuk yang sudah ada di jalan. Atau bisa menggunakan titik koordinat yang sudah kami beri diatas.

Ini adalah suasana saat ditaruhnya rumput yang ada di Stadion. Rumput ini tentu saja memiliki kualitas yang sangat bagus daripada sebelumnya (foto: pamboedifiles.blogspot.com)

Titik koordinat ini bisa kamu sambungkan dengan smarthphone yang ada. Ya tinggal mengunduh aplikasi GPS atau peta online maka denah atau rute secara otomatis akan muncul.

Kamu tinggal mengikuti arah yang sudah ditunjuk maka tidak lama akan sampai di Stadion Jatidir. Tenang saja tidak perlu khawatir biasanya rute ini memberikan petunjuk yang benar.

Sedangkan untuk kamu yang menggunakan angkutan umum seperti Bus maka jalur yang bisa dimulai adalah dengan Terminal Terboyo. Terminal Terboyo ini juga menerima jalur dari luar kota Semarang.

Nah setelah dari terminal kamu bisa melanjutkan dengan naik Bus Trans Semarang. Terdapat 3 koridor untuk bus Trans ini jadi kamu harus memilih yang ke 2.

Untuk arah yang berasal dari Pati, Kudus dan Demak bisa turun di Halte Sukun kemudian melanjutkan ke arah PLN Jatingaleh yang kearah Stadion Jatidiri.

Jam Buka

Papan skor yang ada di Stadion Jatidiri saat belum dilakukan renovasi (foto: ultras-pasoepati.blogspot.com)

Stadion Jatidiri yang ada di Semarang ini dibuka 24 jam untuk para pengunjung. Jadi kamu bisa datang kapan saja, meski demikian ada baiknya jika mengunjungi tempat ini di siang atau sore hari.

Berbeda pada saat pertandingan PSIS digelar tentu saja pengunjung tidak boleh masuk karena sedang dilakukan persiapan. Kamu hanya boleh masuk untuk melihat pertandingan saja.

Harga Tiket Masuk

Untuk tarif tiket masuk saat berkunjung sebenarnya tidak dipungut biaya alias gratis. Hanya saja ketika kamu ingin masuk melihat pertandingan maka harus membeli tiket masuk ya.

Untuk harga karcis pertandingannya biasanya berubah-ubah antara 50 ribu hingga 150 ribu. Harga tiket tergantung tribun mana yang kamu pilih. Jadi kapan kamu akan berkunjung ke Stadion Jatidiri?

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

3 thoughts on “Stadion Jatidiri Akan Lebih Megah dari Jakabaring

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.