10 Gambar Stasiun Jakarta Kota, Hotel Dekat Lokasi, Rute Alamat + Nomor Telepon

Posted on
Alamat stasiun jakarta kota tua hotel dekat rute utara nomor telepon gambar starbucks tempo dulu foto peta misteri lokasi map letak bandung banjir bandara soekarno hatta bogor ancol bekasi karawang dimana angker asemka tanah abang muara angke dari jarak arsitektur buka jam berapa busway beos berada di cirebon cikampek
Stasiun Jakarta Kota,, Foto: busbandara.com

Lokasi: Jalan Lada, Pinangsia, Tamansari, Kota Jakarta Barat, 11110
Map: KlikDisini
HTM: Free
Buka/Tutup: 24 jam
Telepon: –

Liburan merupakan waktu yang paling ditunggu-tunggu baik untuk anak-anak maupun para pekerja kantoran. Bagi anak-anak waktu libut merupakan kesempatan bagi mereka untuk bermain sepuasnya dan pergi liburan ke tempat wisata, namun sangking asiknya liburan banyak dari anak-anak yang lupa untuk belajar pelajaran mereka di sekolah. Nah di sini lah peran orang tua sangat di perlukan, di mana para orang tua harus pintar memilih tempat wisata yang cocok untuk anak-anak. Sehingga meskipun pada waktu liburan, tetapi anak-anak masih bisa belajar sesuatu hal baru yang belum mereka ketahui sebelumnya. Salah satunya adalah pergi ke Stasiun Kota Jakarta yang berada di kawasan kota tua.

Tentu saja anda akan bertanya-tanya mengapa pergi ke stasiun ? hal ini karena stasiun kota jakata adalah salah satu tempat wisata sejarah yang ada di Tamansari DKI Jakarta Barat Jakarta. dimana Wisata Stasiun Jakarta Kota di Tamansari DKI Jakarta Barat Jakarta adalah merupakan tempat yang ramai dikunjungi orang, bukan karena mereka ingin naik kereta melainkan merka ingin pergi berwisata. Hal tersebut karena tempat ini memiliki desain yang sangat indah dan desainnya yang khas eropa tempo dulu dapat memberikan sensasi yang berbeda untuk siapa yang datang ke stasiun.

Suasana di dalam Stasiun, foto: jakartahariini.com

Untuk anda yang berada di Jakarta khususnya berada di Jakarta Barat, sangat disayangkan jia anda tidak mengunjungi Wisata Stasiun Jakarta Kota di Tamansari DKI Jakarta Barat Jakarta yang mempunyai keindahan bangunan yang tiada duanya tersebut.

Pada saat pertama kali anda menginjakknya kaki di Stasiun Jakarta Kota, maka anda  seperti kembali ke masa lalu. Di mana seperti yang suda kami sebutkan di atas, bahwa bangunan dari stasiun ini memang cukup sederhana namun arsitektur yang dimiliki masih sangat kental dengan gaya modern ala Barat. Hal tersebut dapat dilihat pada bagian atap yang memiliki bentuk berupa lengkungan panjang dan dipasang tinggi, sehingga akan memberi kesan bahwa bangunan stasiun tersebut sangat longgar dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Selain itu, pilar-pilar yang ada di pintu masuk stasiun dan beberapa bagian di stasiun di buat sangat cantik dan karena bangunan stasiun itu sudah lama ada maka jangan heran jika stasiun ini sedikit angker.

Sejarah Stasiun Jakarta Kota

Stasiun Jakata Kota tempo dulu, foto: cintastasiunjakartakota.wordpress.com

Stasiun Jakarta Kota sendiri dibangun pada tahun 1870 diarsitekturi seorang dari Belanda yang lahir Tulungagung 1882, bernama Ir. Frans Johan Louwrens Ghijsels. Di mana pembangunan stasiun ini memerlukan waktu yang cukup lama yang selesai pada 19 Agustus 1929 dan diresmikan oleh  Gubernur Batavia saat itu, yakni Jendral jhr. A.C.D. de Graeff yang terlah berkuasa pada Hindia Belanda mulai tahun 1926 hingga 1931dan staisun tersebut baru mulai beroperasi pada 8 Oktober 1929.

Pada saat itu, Stasiun Kota ini dikenal dengan nama Bataviasche Ooster Spoorweg  Maatschapij yang bearti Kereta Api Batavia Timur. Namun, beberapa warga lebih memilih menyebutnya stasiun itu dengan nama BEOS yang merupakan singakatan dari Batavia En Oud Straken yakni sebuah perusahaan swasta Belanda yang bergerak dalam bidang angkutan kereta api di Batavia dan Jawa.

Tujuan dibangunnya stasiun BEOS sendiri yakni untuk menghubungkan Kota Batavia dengan Bekassie (Bekasi), Buitenzorg (Bogor), Parijs van Java (Bandung) dan Karavam (Karawang). Dimana memang pada saat itu Batavia memang menjadi kota bisnis eksklusif yang berkembang dengan pesat, sehinga pememerintahan belanda tidak mau melewatkan kesempatan itu begitu saja.

langit-langit stasiun, foto: kompas.com

Meskipun merupakan bangunan lama hingga kini stasiun Jakarta kota sendiri masih difungsikan sebagai stasiu, di mana dalam sehari stasiun tersebut bisa kedatangan penumpang hingga ribuan bahkan puluhan puluhan ribu orang dari berbagai daerah yang ingin berkeliling atau kerja di Jakarta. Pada tahun 1993, Gubernur DKI Jakarta membuat sebuah keputusan Gubernur No. 475 tahun 1993 yang berisi bahwa Stasiun Jakarta Kota ditetapkan sebagai cagar budaya. Meskipun telah di tetapkan menjadi bangunan cagar budaya, namun aktifitas perkerta apian masih berlangsung seperti biasa. Di mana Stasiun Jakarta Kota menjadi pemberangkatan awal dan tujuan akhir kereta api dari berbagai kota. Beberapa Kereta api yang mengawali dan mengakhiri keberangkatnnya dari Stasiun Jakarta Kota yakni Gumarang dengan tujuan Pasar Turi (Surabaya), Serayu tujuan Kroya, Gajayana tujuan Malang, Gaya Baru Malam Selatan tujuan Gubeng (Surabaya), Tegal Arum tujuan Tegal, dan Banten Express tujuan Merak. Selain kereta api biasanya, stasiun ini juga melayani keberangkatan KRL atau Commuter Line dengan tujuan Bekasi dan Depok/Bogor.

Lokasi Stasiun dan Rute Jakarta Kota

Wisata di dekat stasiun, foto: blog.gogonesia.com

Pasti anda bertanya-tanya mengenai lokasi Wisata Stasiun Jakarta Kota di Tamansari DKI Jakarta Barat Jakarta ini berada? Di mana berdasarkan apa yang tertulis di atas, lokasi Stasiun Jakarta Kota initerletak di Jalan Lada, Desa Pinangsia, Kecamatan Tamansari, Kota Jakarta Barat,DKI Jakarta, Indonesia. Untuk warga Jakarta dan sekitarnya tentu saja tidak akan kesulitan untuk mencari lokasi atau alamat dari stasiun jakarta kota ini, namun untuk para wisatawan dari luar kota pasti merasa bingung mengenai lokasi atau letak dari Wisata Stasiun Jakarta Kota di Tamansari DKI Jakarta Barat. Namun anda tidak usah merasa bingung, karena untuk anda yang menggunakan kendaraan pribadi bisa mencari alamat dan rute dari tempat wisata ini dengan mengetik nama Wisata Stasiun Jakarta Kota di Tamansari DKI Jakarta Barat ini di google maps saja. Dengan bergitu anda akan deengan mudah menemukan lokasi dan rute jalan mana yang harus anda ambil ketika menuju ke tempat wisata ini karena bantuan dari Google Maps.

Selain itu untuk anda yang menggunakan kendaraan umum, seperti angkutan umum atau busway, juga tidak perlu khawatir. Karena anda hanya tinggal mencari transportasi umum yang menuju ke kota Jakarta Barat dan anda harus turun di Terminal Bus Jakarta Barat. Setelah itu perjalanan bisa anda lanjutkan dengan menggunakan ojek menuju alamat dari Stasiun Jakarta Kota yang hanya berjarak beberapa kilo meter saja dan untuk anda yang berangkan dari  bandara soekarno hatta, bisa langsung menuju lokasi dari Stasiun Jakarta Kota dengan naik bis umum. karena masih aktif manjadi stasiun, maka untuk masuk tempat ini tidak usah membayar tiker masuk alias gratis dan buka 24 jam.

Tempat Wisata Lain di Dekat Stasiun Jakarta Kota

Museum Fatahillah, Foto: anekatempatwisata.com

Karena lokasi dari tempat wisata ini berada di dekat Kota Tua Jakarta, sehingga untuk tempat wisata lainnya yang ada di dekat stasiun jakarta kota ini sangat banyak sekali. Nah berikut adalah beberapa tempat wisata lainnya yang berada di sekitar stasiun jakata kota dan bisa anda kunjungi ketika berwisata di tempat ini.

  1. Museum Sejarah Jakarta / Museum Fatahillah

Untuk anda yang ingin meliahat dan mengetahui sejarah kita jakarta tempo dulu, bisa datang ke gedung Museum Sejarah Jakarta atau Museum Fatahillah yang merupakan ikon utama dari kawasan kota Tua Jakarta. Di mana degung Museum ini dulunya merupakan balaikota yang pertama kali didirikan pada tahun 1626 oleh Gubernur Jenderal Jan Pieterszoon Coen, namun sempat berhenti karena beberapa alasan dan baru dibangun kembali pada tahun 1707 oleh Gubernur Jenderal Joan van Hoorn.

Di masa lalu, gedung yang memiliki luas sekitar 1300 meter persegi ini pernah dijadikan sebagai markas pusat pemerintahan VOC sebelum akhirnya dipindahkan ke kawasan Weltevreden pada masa Hindia Belanda.

Ada banyak sekali koleksi yang akan dipamerkan oleh museum fatahillah ini, mulai dari replika peninggalan era Tarumanegara dan Pajajaran di Jakarta, gerabah, prasasti dan patung, mebel antik dan hasil penggalian arkeologi berupa keramik dan sebagainya yang ada di Jakarta. Perlu sedikit anda ketahui, bahwa di Museum Fatahillah ini ada sebuah ruangan bawah tanah. Di mana ruangan bawah tanah tersebut merupakan bekas penjara bawah tanah yang dulu pernah dijadikan sebagai tempat untuk menawan pahlawan Indonsesia, seperti Cut Nyak Dien dan Diponergoro.

Selain di itu, Museum Fatahillah ini juga memiliki sebuah taman yang sangat ini, dii mana taman yang terletak di depan gedung museum ini. Di taman tersebuth terdapat sebuah keran air yang konon sudah ada sejak zaman VOC dan terdapat pula sebuah Meriam yang sangat terkenal yakni Mariam Jaguar.

  1. Museum Wayang

Untuk anda yang Ingin melihat jenis-jenis wayang? Kunjungi saja Museum Wayang yang berlokasi di Jalan Pintu Besar Utama Nomor 27.Museum Wayang ini terletak tidak jauh dari Museum Fatahillah, di mana sebelum dijadikan sebuah museum seperti saat ini, bangunan tersebut merupakan sebuah gereja yang bernama De Oude Hollandsche Kerk. Baru pada tahun 1975 bangunan ini telah resmi dirubah menjadi museum wayang.

Museum Wayang, foto: kompas.com

Sama seperti namanya bahwa Museum Wayang neniliki dan memamerkan berbagai jenis serta bentuk wayang yang ada di seluruh Indonesia, baik yang terbuat dari Kulit maupun terbuat dari kayu. Koleksi wayang dari museium ini tiidak hanya wayang dari Indonesia, namun Museum Wayang juga memiliki koleksi wayang dari beberpa negara lain, seperti dari Tiongkok, Kamboja, Suriname, Thailand Kamboja, dan negara lainnya. Selain hanya melihat koleksi wayang saja, di museum ini anda juga bisa menonton pementasan wayang, di mana setiap bulannya pada minggu 2 dan 3 Museum Wayang selalu menggelar pagelaran wayang.

  1. Museum Bahari

Setelah melihat-lihat mengani sejarah Jakarta di Museum Fatahillah dan koleksi wayang di Museum Wayang, kini giliran perjalan anda bisa dilanjutkan melihat sejarah kebaharian Indonesia di Museum Bahari. Di mana museum yang yang berlokasi di seberang Pelabuhan Sunda Kelapa ini menyimpan benda yang berhubungan dengan sejarah kebaharian dan kenelayanan Indonesia mulai Sabang hingga Merauke . sebelum dijadikan museum seperti saat ini, gedung museum bahari dulunya merupakan tempat yang digunakan untuk menyimpan dan memiliki hasil bumi, seperti rempah-rempah oleh VOC. Kini gedung tersebut telah dirubah menjadi sebuah museum yang rame dikunjungi oleh para wisatawan, di mana di dalam museum bahari tersebut kita bisa melihat beraneka ragam jenis perahu tradional mulai dari zaman VOC hingga sekarang. Selain memiliki koleksi perahu, museum bahari ini juga menampilkan beraneka ragam biotan laut yang ada di perairan Indonesia dan aneka perlekapan nelayan yang digunakan oleh nelayan Nusantara.

Tempat wisata di Jakarta Barat Kota Tua, foto: tempatwisatatop.com
  1. Pelabuhan Sunda Kelapa

Tempat wisata yang dekat dengan stasiun jakarta kota yang selanjutnya adalah pelabuhan sunda kelapa, di mana pada masa Hindia-Belanda pelabuhan ini sempat menjadi pelabuhan penting dan pelabuhan ini merupakan cikal bakal terbentuknya kota Jakarta.

Kini pelabuhan Sunda kelapa telah beralih menjadi tempat wisata yang bisa dikunjungi ketika berada di stasiun jakarta kota. Para wisatawan bisa menikmati pemandangan pelabuhan sunda kelapa dari atasa Menara Syahbandar, di mana Menara tersebut dibangun sekitar tahun 1839 yang dulunya sebagai menara pemantai untuk kapal-kapal yang keluar masuk ke kota Batavia.

  1. Glodok
Jalan di sekitar stasiun, foto: tripzilla.com

Setelah capek berkeliling ke berbagai tempat wisata yang dekat dengan stasiun jakarta kota, kini saatnya kita membeli oleh-oleh khas kota tua. Anda bisa mencari oleh-oleh tersebut di daerah Glodok, di mana daerah yang merupakan perkampungan warga Tionghoa tersebut kini terlah berkembang menjadi kawawan pecinan dan pusat perdagang.

Nah itu lah beberapa tempat wisata yang ada di dekat stasiun jakarta kota, tentu saja untuk mengunjungi semua tempat wisata tersebut tidak cukup rasanya jika hanya sehari. Untuk itu anda bisa mencari hotel yang dekat staiun Jakarta kota. Ada bebera hotel murah yang bisa anda jadikan tempat menginap, seperti Woderloft Hostel, Pinangsia Hotel dan Airy Stasiun jakarta Kota Mangga Dua raya 24 Jakarta. Seluruh hotel tersebut berada di kawasan Stasiun Jakarta Kota, sehingga untuk anda yang belum puas berkeliling di Stasiaun Jakarta Kota bisa menginap di salah satu hotel tersebut.

Saran dan Tips Berwisata ke Stasiun Jakarta Kota

Wisata kota tua, foto: jakarta.go.id

Untuk anda yang ingin menikmati keindahan arsitektur Stasiun Jakarta Kota adan sedikit saran dan tips, lebih baik jangan datang pada hari-hari dan jam-jam sibuk. Hal ini karena pada hari dan jam-jam sibuk maka stasiun akan dipadati oleh calon penumpang yang ingin naik kereta api, sehingga anda yang ingin menikmati keindahan arsitektur stasiun ini akan terganggu dengan aktivitas penumpang kereta api. Selain itu jangan lupa untuk menjaga tingkah laku, seperti jangan buang sampah sembarang, mencoret-coret dinding stasiun dan lain lain. Sekian review yang bisa kami sampaikan mengenai stasiun Jakarta Kota, semoga informasi di atasa bisa menambah daftar tujuan wisata anda selanjutnya dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *