Wajah Baru Stasiun Jakarta Kota, Mulai Sekarang Melayani Kereta Jarak Jauh

Diposting pada
Foto by instagram.com/iamfernandoreza/

Alamat: Jalan Lada, Pinangsia, Taman Sari, Kota Jakarta Barat 11110
Map: Klik Disini
Jam Buka: 24 Jam
No. Telp:
WhatsApp: 

Harga Tiket Masuk

HTM: Gratis
Parkir Motor: Rp. 3.000
Parkir Mobil: Rp. 5.000

Stasiun Jakarta Kota (JAKK) adalah salah satu Stasiun Kereta Api terbesar yang ada dalam pengelolaan PT Kerta Api Indonesia (Persero) Daop I Jakarta. Stasiun Jakarta Kota dikenal sebagai sebutan Stasiun Beos atau Stasiun Kota yang memiliki perjalanan paling sedikit.

Dimana Stasiun Jakarta Kota ini hanya memiliki jalur perjalanan awal dan akhir saja, tidak mempunyai lanjutan lagi. Nama Asli daripada Stasiun Jakarta Kota sendiri adalah Stasiun Batavia-Benedenstad.

Foto by instagram.com/iamfernandoreza/

Keberadaan Stasiun Jakarta Kota diperdebatkan karena akan direnovasi dengan memberi penambahan fasilitas ruang komersial. Namun disamping itu Stasiun Jakarta Kota pun sudah ditetapkan sebagai salah satu Cagar Budaya di Indonesia.

Stasiun Jakarta Kota mempunyai bangunan yang masih kuno, sehingga kesan kolonial Belanda-nya masih sangat berasa. Apalagi di kawasan Kota Tua ini memang masih banyak berdiri kokoh bangunan-bangunan jaman baheula. Buat yang pengen masuk ke Stasiun Jakarta nggak perlu bayar tiket masuk, kamu hanya perlu mengeluarkan harga untuk membayar karcis parkir kendaraan saja.

Rute Menuju Lokasi

Foto by instagram.com/mohreza.s/

Stasiun Jakarta Kota beralamat di Jalan Lada, Pinangsia, Jakarta Barat. Untuk bisa menjangkau lokasi ini pun sangat mudah, sudah banyak akses transportasi umum maupun kendaraan pribadi yang bisa mengantarkanmu tiba di St. Jakarta Kota.

Jika kesulitan mengakses lokasinya, kamu bisa manfaatkan Google Maps diatas atau gunakan juga aplikasi petunjuk jalan di handphone-mu seperti Waze ataupun sejenisnya.  

Fasilitas

Foto by instagram.com/uncle_garrylommy/

Layaknya seperti Stasiun Kereta Api pada umumnya, St. Jakarta Kota ini tentu dilengkapi juga oleh beberapa fasilitas penunjang. Beberapa fasilitas penunjang yang ditawarkan oleh St. Jakarta Kota diantaranya ada mushola, area parkir, toilet, mini market, ruang tunggu, Galeri ATM, cafe dan masih banyak lagi lainnya.

Selain fasilitas-fasilitas tersebut tak sedikit juga para penumpang yang ada di St. Jakarta Kota kerap mengabadikan momen mereka melalui lensa kamera. Bangunan kuno ala Stasiun Kota ini memang menjadi ciri khas tersendiri dan jika di jepret lewat lensa kamera hasilnya cukup aesthetic lho, contohnya seperti foto diatas ini.

Layanan Kereta Jarak Jauh

Foto by instagram.com/strio_prtma0204/

Seperti yang kamu tahu, Jakarta memiliki dua Stasiun yang dijadikan sebagai tempat pemberangkatan Kereta Jarak Jauh seperti St. Pasar Senen dan St. Gambir. St. Pasar Senen memberangkatkan Kereta Kelas Ekonomi dan Bisnis sedangkan St. Gambir Kereta Eksekutif.

Karena hal tersebut kerap terjadi penumpukan pada St. Pasar Senen terutama saat hari libur lebaran. Rencana PT KAI untuk mengaktifkan kembali St. Jakarta Kota sebagai stasiun keberangkatan dan kedatangan kereta jarak jauh ternyata mulai terealisasikan.

Foto by instagram.com/sega_salas/

Hal tersebut dibuktikan terhitung sejak tanggal 29 Mei 2019 lalu, St. Jakarta Kota telah mulai beroperasi memberangkatkan kereta jarak jauh seperti KA Menoreh, KA Jayakarta Premium, dan KA Kutojaya Utara.

Sampai dengan saat ini pihak PT KAI masih terus berusaha untuk memberikan dan meningkatkan fasilitas yang ada di St. Jakarta Kota seperti penambahan ruang tunggu penumpang KA jarak jauh dengan kapasitas 1ribu orang, 2 loket pemesanan tiket go show, 2 loket pembatalan, 2 mesin Check In Counter serta Customer Service on Station.

Foto by instagram.com/mhd.imaam/

Selain itu, kini di St. Jakarta Kota sudah ada terminal baru untuk melayani penumpang dengan rute KA jarak jauh. Dengan begitu saat ini St. Jakarta Kota bukan hanya difungsikan untuk keberangkatan dan pemberhentian Commuter Line atau (KRL) saja tetapi KA jarak jauh juga.

Salah satu fungsi lain dari diaktifkannya kembali St. Jakarta Kota sebagai penyedia layanan kereta jarak jauh selain mengurangi kepadatan di St. Pasar Senen (PSE), hal ini juga akan lebih memudahkan aksesibilitas para penumpang.

Foto by instagram.com/ditharahayuu/

Bagi para penumpang yang berasal dari Bekasi ataupun Bogor dan hendak menaiki rute kereta jarak jauh tidak perlu ke St. Pasar Senen, cukup ke St. Jakarta Kota saja sehingga lebih mudah dan dekat. Dengan begitu akan meminimalisir keterlambatan kedatangan para penumpang juga.  

Namun perlu kamu ingat, St. JAKK tidak menyediakan loket reservasi untuk pemesanan tiket. Mereka hanya menyediakan loket Go Show yang mana hanya untuk melayani pembelian tiket 3 jam sebelum pada saat Hari-H keberangkatan.

Jadwal KA Dari-Ke St. JAKK

Foto by instagram.com/kelviiiin4/

1. Dari Jakarta Kota

Kereta jarak jauh pertama yang diberangkatkan dari St. Jakarta Kota ialah KA Kutojaya Utara dengan jadwal keberangkatan pukul 04.50 WIB. Rute KA Kutojaya Utara sendiri yaitu Jakarta Kota-Kutoarjo.

Kemudian kereta selanjutnya adalah Jayakarta Premium dengan rute Jakarta Kota-Surabaya Gubeng dengan waktu keberangkatan pukul 12.50 WIB. Terakhir ada KA Menoreh dengan waktu keberangkatan pukul 19.55 WIB dengan rute perjalanan Jakarta Kota-Semarang Tawang.

2. Menuju Jakarta Kota

Kereta pertama yang diberangkatkan menuju stasiun akhir Jakarta Kota ialah kereta KA Menoreh dari Semarang Tawang dengan waktu keberangkatan pukul 08.00 WIB.

Kemudian disusul dengan KA Jayakarta Premium dengan rute Surabaya Gubeng-Jakarta Kota yang diberangkatkan pukul 15.00 WIB. Terakhir ada KA Kutojaya Utara dengan rute Kutoarjo-Jakarta Kota yang mana jam keberangkatannya yaitu pukul 17.00 WIB.

Untuk detail harga tiket dari masing-masing KA diatas bisa kamu akses melalui situs booking online resmi dari KAI atau yang lainnya seperti Tiket.com dan Traveloka.

Hotel Dekat St. Jakarta Kota

Foto by instagram.com/arifb_photography/

Bukan hanya fasilitas yang terdapat di dalam stasiun saja, namun St. JAKK juga dilengkapi dengan layanan publik lainnya salah satunya seperti hotel dan penginapan. Buat kamu yang mungkin sedang bingung mencari penginapan di dekat stasiun kami punya beberapa rekomendasinya nih.

a. Reddorz Near Plus Jakarta Kota Station

Alamat: Jalan Pintu Besar Selatan, Pinangsia, Taman Sari, Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11110
Map: KlikDisini
Jam Buka: 24 Jam
No. Telp: 021 8062 9666
Harga: Rp. 146.124 

b. Airy Eco Glodok Pintu Besar Selatan

Alamat: Jl. Pintu Besar Selatan Nomor 11A, Pinangsia, Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11110
Map: KlikDisini
Jam Buka: 24 Jam
No. Telp: 0804 111 2479
Harga: Rp. 141.636 

c. Airy Eco Glodok Asemka Toko Tiga Seberang 33

Alamat: Jalan Toko Tiga Nomor 33, Glodok, Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11120
Map: KlikDisini
Jam Buka: 24 Jam
No. Telp: 0804 111 2479
Harga: Rp. 151.050

d. Teduh Hostel

Alamat: Jalan Pintu Besar Selatan Nomor 82M, Pinangsia, Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11110
Map: KlikDisini
Jam Buka: 24 Jam
No. Telp: 021 6900 939
Harga: Rp. 114.390

e. Wonderloft Hostel

Alamat: Jalan Bank Nomor 6, Pinangsia, Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11110
Map: KlikDisini
Jam Buka: 24 Jam
No. Telp: 021 2607 2218
Harga: Rp. 167.076

Untuk informasi terkait fasilitas dari masing-masing hotel tersebut bisa kamu tanyakan langsung dengan menghubungi kontak diatas ya. Kelima rekomendasi diatas sangat cocok untuk backpacker berkantong tipis sepertimu.

Itulah beberapa potret wajah baru dari Stasiun Jakarta Kota yang kini semakin terlihat cantik meskipun sisi kunonya masih terlihat namun justru menjadi daya tarik tersendiri. Kalau cuman pengen hunting foto tanpa melakukan perjalanan menggunakan kereta kamu tetap bisa memasuki area St. Jakarta Kota ini, lho.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.