Stone Garden Citatah Bandung Barat, Instagramable Banget!

Diposting pada
Foto By @salmadwinanda

Lokasi: Citatah, Padalarang, Kec. Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40554
Koordinat: Klik Disini
Tarif:
Rp.10.000 per Orang
Jam Operasional:
Senin – Minggu pukul 07.00 – 18.00 WIB
Nomer Telepon:

Harga Tiket Masuk

Untuk tiket masuk ke Stone Garden ini sendiri dikenakan biaya, tarif per orang sebesar 10 ribu rupiah.

Cukup murah kan untuk ukuran tempat wisata sekelas Taman Batu Padalarang. Untuk kamu membawa kendaraan bermotor makan harus memarkirkan kendaraan kamu agar terjaga dan aman.

Untuk biaya parkir sendiri kamu harus mengeluarkan uang sebesar 3 ribu rupiah untu roda dua dan 4 ribu rupiah untuk ronda empat. Jadi kamu tidak perlu khawatir karena kendaraan kamu sudah dijaga oleh petugas setempat.

Petunjuk Jalan ke Lokasi

Foto By @fajarrrmc

Untuk rute menuju Stone Garden sebenarnya sanga mudah dijangkau. Untuk lebih memudahkan kamu mungkin ada baiknya jika menggunakan kendaraan roda dua atau motor. Menggunakan motor mungkin akan menghindarkan kamu dari kemacetan.

Jika kamu berangkat pada hari libur atau weekend maka jangan sedih jika menemukan kendaraan dari kota lain menuju Bandung untuk berlibur.

Sebenarnya letak tempat wisata Stone Garden ini memang jauh dari pusat kota Bandung. Jika bisa dihitung diperkirakan membutuhkan waktu sekitar 1 jam.

Jika kamu mengendarai motor makan jalur yang kemungkinan kamu lewati adalah daerah Ciumbuleuit kemudian Bandung.

Nah setelah itu bisa langsung sampai di Taman Batu Padalarang. Kamu harus memarkir kendaraan kamu di tempa yang sudah disediakan.

Dari persimpangan kamu ambil arah yang bisa melewati pabrik – pabrik pasir. Sampai saat ini akses jalanan yang disediakan masih berbatu, jadi kamu harus berhati-hati.

Kami juga akan memberikan alternatif lain yang bisa kamu gunakan untuk sampai ke Stone Garden ini.

Jika kamu berangkat dari arah Kota Bandung maka harus menggunakan jalur tol Purbaleunyi yang kemudian akan menuju tol Padalarang dan mengambil arah ke Cianjur.

Kamu bisa mengambil patokan kawasan Tagog Apu saat keluar dari tol Padalarang. Lalu kamu bisa melihat ada petunjuk arah bertuliskan Goa Pawon di sebelah kanan, maka bisa mengikuti petunjuk arah tersebut.

Saat berada di persimpangan kamu ambil belokan ke kanan makan akan bertemu dengan gapura bertuliskan Gua Pawon.

Stone Garden Citatah

Saat kita berbicara tentang Bandung memang tidak akan ada habisnya. Bandung dikenal dengan Paris Van Java dimana banyak sekali model busana yang tercipta dan terjual cukup bagus.

Selain itu di Bandung juga dikenal kuliner yang begitu enak dan berbagai macam menu. Masakan khas Sunda memang tidak ada duanya.

Bandung juga dikenal dengan banyak pilihan tempat wisata. Jadi jika kamu pergi ke Bandung maka tak perlu khawatir tentang tujuan wisata yang akan kamu datangi.

Kali ini kita dari tim jejakpiknik.com akan membahas tentang salah satu objek wisata yang ada di Bandung yaitu Stone Garden. Tempat wisata ini sudah cukup lama ada yaitu sekitar tahun 2014.

Diawal tahun saat diresmikan Stone Garden Padalarang Bandung ini sudah sangat heboh dikalangan warga Bandung sendiri. Bahkan di kota-kota tetangga juga mengikuti trend tentang tempat wisata ini.

Keindahan dan Potensi

Foto By @jessicasthefanyy

Warga setempat memanggilnya Taman Batu Padalarang tetapi tempat wisata ini juga memiliki nama yang membuatnya terkenal di Indonesia yaitu Stone Garden. Jika dilihat dari namanya saja pasti kamu langsung berfikir tempat ini hanya ada batu-batu saja.

Tetapi mungkin kamu harus membuktikan sendiri bagaimana keindahan yang dimiliki taman ini sehingga hamparan luas yang ada ini memiliki nilai artistik dan seolah-olah kamu tidak merasakan berada di Padalarang, Bandung.

Yang menjadi unik adalah hamparan batu yang luas ini bukan hanya sekedar terhampar di atas permukaan yang begitu luas. Batu-batu ini terdiri dari berbagai macam ukuran mulai dari yang kecil hingga terbesar.

Yang menjadi daya tarik pengunjung adalah batu-batu ini tersusun cantik dan jika dilihat dengan seksama maka akan menyerupai formasi matematis.

Jadi jangan lupa juga untuk mengabadikan moment ini untuk berfoto karena ini bisa menjadi kenangan yang sangat bagus.

Foto By @riskajntaaaa

Susunan Batu

Batu-batu ini tentu saja tersusun secara alami, jadi tidak ada orang atau petugas khusus yang menyusun batu-batu di sini. Itu adalah cerita dari salah satu petugas yang berjaga di Stone Garden.

Konon katanya bentuk batu-batuan yang ada di Stone Garden ini tersusun secara alami disebabkan oleh Danau yang sangat luas di zaman purba dahulu.

Jadi jika kamu sedang berkunjung ke Stone Garden maka jangan segan untuk bertanya kepada petugas yang berjaga di sana tentang sejarah terjadinya Taman Batu Padalarang ini.

Nah, di sekitar Taman Batu Padalarang ini juga ada sebuah lembah yang dangkal. Lembah ini mengitari taman batu ini. Mungkin lembah ini lah yang dikatakan petugas tadi tentang adanya Danau di zaman purbakala.

Danau tersebut tidak hilang begitu saja, melainkan masih ada meskipun air yang ada sudah berkurang hingga menyebabkan kedangkalan.

Meski demikian, kamu jangan turun ke danau itu ya walaupun terbilang dangkal. Hanya cukup melihat fenomena yang indah ini kamu akan takjub akan terjadinya taman batu ini.

Salah satu susunan batuan yang membuat wisatawan terkagum adalah salah satu formasi yang benar-benar indah dan memiliki nilai seni. Susunan batu itu menjulang rapi dan membuat kesan “wah”.

Foto By @citrapurbasari06

Banyak pengunjung yang menghabiskan waktu di sini, mulai dari duduk bersantai hingga mengabadikan moment dengan foto dan selfie.

Jangan lupa untuk menyiapkan persiapan dan perlengkapan foto agar kamu tidak menyesal jika sudah sampai di Stone Garden.

Beberapa pengunjung yang datang ke Stone Garden menganggap bahwa di sini memiliki pesona dan pemandangan yang sama dengan Christmas Island yang ada di Australia.

Bahkan beberapa artikel dari media online menyebut pemandangan yang ada di sekitar Taman Batu Padalarang ini seperti di luar planet.

Ya, semua tetap kembali pada penilaian masing-masing. Kamu bisa menilai sendiri bagaimana indahnya yang ada di sini.

Foto By @rahanisasri26

Taman Batu ini berada di dataran tinggi, dapat dikatakan seperti terletak diatas sebuah bukit. Hal yang menjadi daya tarik lain yaitu ada sebuah tempat peninggalan zaman purbakala lainnya yaitu Gua Pawon.

Gua alam ini berada di sekitar Taman Batu yang juga sering didatangi oleh wisatawan yang datang. Gua Pawon sendiri dapat dikatakan merupakan sebuah bukit purbakala-nya Bandung yang masih terjaga dan dirawat dengan baik.

Di dalam Gua Pawon yang ada di Taman Batu ini terdapat beberapa peninggalan fosil atau tulang belulang manusia yang sampai saat ini masih bertahan hingga sekarang. Cerita ini kami dapatkan dari para petugas yang menjaga Taman Batu ini.

Untuk lebih jelasnya kamu bisa masuk mengunjungi goa tersebut agar bisa menjawab rasa penasaran kamu.

Meski memiliki nama gua, tempat ini tidak terlalu terlihat memiliki cerita mistis. Jadi kamu jangan takut untuk datang untuk mengunjungi Gua Pawon yang ada di Taman Batu.

Yang menakjubkan lagi, di Taman Batu ini selain menawarkan suasana yang unik karena jajaran batu yang ada ada juga yang bisa kamu nikmati lagi. Kamu bisa melihat pemandangan dari atas bukit ini yang sangat luar biasa indah.

Saat pertama kali memasuki pintu masuk di Taman Batu ini, kamu akan melewati jalanan yang akan terus menanjak.

Dikit demi sedikit saat di perjalanan kamu akan melihat satu per satu padang rumput yang indah dan mejadi permukaan saat berjalan memasuki area taman.

Dari sini lah dapat dikatakan bahwa perjalanan ketika berlibur ke Taman Batu ini bisa dibilang trekking menanjak, seolah sedang menuju ke sebuah gunung.

Foto By @rizalarif02

Jadi persiapan fisik kamu ya. Setelah kamu sampai di puncak bukitnya, kamu akan langsung takjub dengan apa yang kamu lihat. Puncak bukit ini menjadi pondasi Taman Batu di Padalarang.

Kamu juga akan disuguhkan dengan pemandangan pertanian miliki masyarakat setempat. Langit yang begitu indah akan terlihat terbuka sangat lebar dan kamu juga akan dapat melihat Gunung Masigit yang memiliki pesona keindahan sama dengan Taman Batu.

Pemandangan lain yang bisa kamu lihat yaitu pabrik pasir yang masih beroperasi hingga sekarang selain itu kegiatan truk yang berlalu lalang juga akan menjadi pemandangan kamu saat ada di Taman Batu.

Stone Garden ini berada di puncak yang memiliki ketinggian sekitar 900 meter diatas permukaan bumi sehingga kamu perlu melakukan pendakian tanjakan sejauh 1.5 kilometer. Sedangkan luasnya memiliki sekitar 2,5 hektar.

Foto By @jelajahbandung

Cukup luas kan jika kamu ingin berpuas diri mengelilingi taman yang unik ini. Kamu bisa menghabiskan waktu kamu seharian di sini dan tidak perlu untuk takut ketika malam hari tiba karena ada petugas keamanan yang menjadi area Taman Batu.

Karena kondisi jalan yang masih terjal dan licin, diharapkan kamu bisa berhati-hati jika melewati jalanan ini. Kamu juga harus menjaga stamina diri agar bisa kuat sampai diatas puncak.

Karena tentu saja kamu tidak ingin kecewa ketika sudah sampai di puncak tetapi tidak bisa merasakan indahnya pemandangan yang diberikan di sini.

Pemandangan yang mengagumkan ini harus kamu nikmati karena sudah melewati berbagai rintangan saat perjalanan.

Selain pemandangan yang mengagumkan dari tatanan batu gamping yang indah, kamu juga dapat melihat pemandangan pegunungan yang terlihat diatas puncak. Panorama pedesaan dan kota bisa kamu lihat dari atas puncak bukit Stone Garden.

Yang lebih mengagumkan lainnya, saat senja tiba kamu akan melihat suasana sunset yang sangat mempesona. Senja yang begitu indah sangat pas dijadikan untuk background foto kamu.

Foto By @hutrisaysukau

Foto-foto di bukit batu ini sudah terkenal di kalang sosial media seperti Instagram. Banyak sekali pecinta fotografi yang menggunakan objek foto di Stone Garden.

Bahkan selain di sosial media, bukit batu ini sudah dikenal melalui video-video yang tersebar di youtube.

Kamu bisa download atau melihat langsung beberapa pengunjung yang mengabadikan moment mereka saat di puncak taman batu ini.

Banyak sekali review dan komentar bagus tentang Stone Garden sehingga tempat wisata ini mudah sekali dikenal di seluruh Indonesia.

Banyak sekali wisatawan yang datang ke Stone Garden yang berasal dari luar kota seperti Jakarta, Cikampek, Jogja bahkan dari Surabaya.

Tak sedikit juga ada beberapa turis asing yang datang untuk menikmati langsung indahnya pemandangan yang ada di Stone Garden.

Meski demikian, banyak juga yang warga lokal Jawa Barat yang datang kemari. Stone Garden menjadi menambah catatan untuk tempat wisata di Jawa Barat yang wajib untuk dikunjungi.

Puncak Taman Batu Padalarang memang memiliki luas sekitar 2.5 hektar. Itu membuat kamu bisa menikmati hamparan luas taman ini. Kamu bisa leluasa menghabiskan dan menikmati karunia yang diciptakan oleh Tuhan.

Di Taman Batu ini juga terdapat fasilitas yang bisa digunakan untuk para pengunjung yang datang seperti toilet umum.

Karena begitu luasnya maka kamu bisa menempuh hingga 10 menit untuk sampai ke toilet umum ini.

Foto By @nadhasyahidah

Stone Garden ini terbilang kawasan wisata yang masih baru, maka dari itu masih banyak sekali perbaikan-perbaikan yang dibangun.

Seperti halnya toilet yang hanya tersedia satu dan masih jauh dari jangkauan pengunjung, maka pemerintah setempat harusnya membangun lagi toilet agar wisatawan yang datang lebih nyaman dan betah di sini.

Fasilitas lain yang bisa digunakan di atas bukit ini adalah warung atau tempat makan yang menyajikan berbagai macam menu masakan sunda.

Harga yang ditawarkan juga sangat murah, pas untuk kantong para backpacker yang ingin berhemat saat berlibur.

Selain menu masakan Sunda tentu saja ada banyak lagi menu yang diberikan. Fasilitas lain seperti Mushola atau tempat beribadah umat muslim juga sudah disediakan serta tempat parkir kendaraan yang begitu luas juga akan membuat kamu nyaman dan aman.

Meski berada di puncak dan merasakan terik matahari, kamu bisa berteduh di banyaknya pepohonan yang ada di bukit batu ini.

Bahkan ada gazebo yang disediakan untuk pengunjung yang ingin beristirahat saat perjalanan pendakian menuju puncak Stone Garden.

Bahkan tingginya batu yang berdiri bisa digunakan kamu untuk berteduh. Ketika kamu sudah bosan melihat-melihat yang ada di bukit tentu saja kamu bisa merasakan sejuknya hawa segar di atas puncak.

Jadi apakah sudah ditentukan kamu akan berangkat ke Stone Garden kapan? Jadi siapkan tanggal liburan kamu mulai dari sekarang ya.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.