10 Gambar Sungai Siak Pekanbaru, Sejarah Legenda, Lokasi Alamat, Kisah Mitos Tempo Dulu + Panjang Jembatan

Diposting pada
Sungai Siak yang ada di Pekanbaru ini sangat indah. Terlebih jika saat malam hari tiba maka lampu-lampu kota akan terlihat dengan jelas. Meski beberapa hal terdapat cerita misteri dan terjadi kejadian seperti bunuh diri (foto: Swiss-Belhotel.com)

Lokasi: Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Indonesia
Koordinat:
KlikDisini
Tarif:
Gratis
Jam Operasional:
24 Jam 0123456789
Nomor Telepon:

Tempat pariwisata di Provinsi Riau ini memang tidak perlu di ragukan lagi. Selain terdapat banyak pilihan yang bisa kita kunjungi juga memiliki potensi keindahan yang sangat bagus. Salah satu diantaranya adalah Sungai Siak.

Sungai Siak memang memiliki luas dan lebar sangat besar, serta memiliki kedalaman yang sangat dalam. Maka dari itu sungai ini dilarang untuk dilakukan aktivitas berenang. Hanya saja masih dilakukan kegiatan trasnportasi kapal besar (foto: Riau24.com)

Ya, artikel kali ini akan membahas tentang Sungai Siak yang memang sudah banyak dikenal dikenal selain warga setempat. Banyak sekali pengunjung datang ke sini juga terdiri dari berbagai kota lainnya. Pemandangan yang ditawarkan di sini tentu saja sudah tidak perlu diragukan lagi.

Di sini kamu akan dapat melihat berbagai macam informasi secara lengkap mulai dari gambar hingga rute jalan yang harus kamu lalui untuk dapat sampai ke sini.

Keindahan yang ada di Sungai Siak

Untuk dijadikan sebagai tempat berfoto di sini memang adalah tempat yang cocok untuk kamu. Background dengan jembatan yan sangat megah ini sering kali ditemui di berbaai media sosial (foto: Tribunnews.com)

Sungai Siak sudah sangat terkenal di telinga semua masyarakat. Apalagi sungai ini dikenal dengan sungai yang memiliki kedalaman paling dalam di Indonesia. Hampir sekitar 20 meter kedalamannya, tetapi saat ini semakin dangkal akibat dari pendangkalan yaitu sekitar 18 meter.

Dulu sungai ini sering kali dilalui oleh beberapa kapal-kapal besar karena terkenal dengan kedalamannya. Kapal tersebut yaitu tanker dan peti kemas yang ada di sebuah pabrik-pabrik. Pabrik tersebut biasanya dari bidang pengolahan kayu dan kertas.

Kegiatan kapal di sini masih sering kali memanfaatkan tenaga manusia untuk warga sekitar . Mereka biasanya mengangkat barang-barang yang datang dan turun dari kapal menuju tempat lain (foto: Tribunnews.com)

Karena sungai ini juga sangat luas maka dibangun juga jembatan di atasnya. Beberapa jembatan tersebut yaitu Jembatan Siak I, Jembatan Siak II, Jembatan Siak III dan yang terakhir adalah yang ke empat yang meski sampai saat ini belum selesai pembangunnya.

BacaJuga:  10 Foto Pantai Bale Bale Batam Nongsa + Jalan Menuju Lokasi Kampung Tua Bakau Serip
Di sekitar sungai ini terdapat ruang publik yang bisa dimanfaatkan untuk pengunjung datang dan beristirahat menikmati suasana di bawah jembatan ini. Terdapat tanaman dan rumput hijau menambah pemandangan indah di sini (foto: Infopublik.id)

Selain dikenal dengan pariwisatanya, di sini juga sangat dikenal dengan cerita misterinya. Konon katanya sungai ini angker. Tidak jarang terjadi tragedi seperti penemuan mayat hingga kasus bunuh diri. Terakhir kali pemberitaan menyebutkan ditemukan sesosok mayat laki-laki ditemukan di sini karena bunuh diri.

Di sekitar sungai ini terdapat hutan bakau yang ditumbuhi dengan beragam jenis tumbuhan. Dan Sungai Siak sendiri memiliki lebar kurang lebih 0 meter dengan panjang yang diperkirakan yaitu hampir 50 kilometer.

Sering kali sungai ini masuk berita baik tv lokal maupun internasional (foto: RiauViral.Com)

Beberapa masyarakat bercerita tentang misteri yang muncul di sini yaitu adanya seekor buaya berwarna putih. Meski hingga saat ini kabar ini benar atau salah. Bahkan juga tidak tahu apakah sampai saat ini buaya tersebut sudah mati atau masih hidup.

Air di sungai ini sangat tenang dan tidak kotor (foto: infopku)

Karena cerita ini lah yang membuat daya tarik pengunjung datang ke sini. Memang sebetulnya belum ada orang yang benar-benar melihat langsung tetapi berita ini memang sempat menghebihkan dunia. Beberapa kali media asing meliput tentang misteri buaya putih yang ada di Sungai Siak.

Sedikit cerita sejarah dan asal usu tentang Sungai Siak yaitu namanya. Dulu sungai ini memiliki nama Jantan. Tetapi karena pusat pemerintah pindah dan kemudian menjadi pemerintahan Siak maka dari itu nama sungai ini ikut dirubah.

Festival yang sering dilakukan sanat menarik pengunjung utnuk datang ke sini (foto: ranahriau.com)

Di sekitar sungai ini juga terdapat beberapa pilihan penginapan atau hotel. Untuk kamu yang datang dari luar kota maka bisa bermalam dan beristirahat.

Lokasi Menuju Sungai Siak

Di sekiitar sungai ini memang masih banyak sekali pemukiman yang dihuni oleh warga sekitar. Kebanyakan yang menempati rumah ini adalah pekerja kapal (foto: Transindonesia.com)

Lokasi dari Sungai Siak sendiri berada di Kota Pekanbaru Provinsi Riau. Untuk lebih tepatnya kamu bisa melihat dari titik koordinat yang sudah kami berikan diatas. Tentu saja kamu harus memiliki aplikasi tentang GPS agar bisa membaca peta yang akan muncul nanti.

BacaJuga:  10 Gambar Rumah Singgah Tuan Kadi Pekanbaru, Sejarah Legenda, Lokasi Alamat + Keunikan Benda di Dalamnya

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk ke Sungai Siak

Serin kali diadakan festival di sini seperti lomba balapan kapal atau perahu sihingga ini menimbulkan keramaian pengunjung. Bahkan warga sekitar juga sangat antusias dengan festival ini (foto: Transindonesia.com)

Sungai Siak sendiri tidak memiliki jam batas untuk dibuka dan ditutup. Seperti halnya sungai dan jembatan lainnya yang ada di daerah lain maka kamu bisa kapan saja datang ke sini.

Sama dengan jam buka, di Sungai Siak ini juga tidak dikenakan biaya tiket masuk alias gratis. Jadi kamu bisa bebas datang dengan siapa saja tanpa khawatir dengan biaya yang akan kamu keluarkan. Dengan biaya yang gratis kamu bisa menikmati pemandangan indah dan suasana yang sejuk.

Semua catatan di atas adalah data terakhir pada saat tulisan ini dibuat. Jika ada perubahan terbaru yang Kamu ketahui, silakan informasikan kepada kami pada kolom komentar di bawah ini ya. Begitu juga jika ada yang salah, punya kritik dan saran. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.