Belajar dan Bermain di Suroboyo Carnival Park Surabaya, Yuk Ajak Si Buah Hati Disini 3/5 (1)

Posted on
Suroboyo carnival park tiket masuk surabaya 2017 kolam renang waterpark harga kota sby jawa timur rumah hantu dukuh menanggal 60234 indonesia adalah jam buka kidsplay memakan korban night market terusan wahana gambar berapa loker lokasi spectacular promo website voucher alamat lowongan map jalan ke ditutup dj una kecelakaan fashion desember pagi agustus angker april htm bayar hari apa saja tahun baru bulan ramadhan oktober clothing roller coaster indie city dimana diskon berita makanan cjr kuliner mainan konser kejadian event
Suroboyo Carnival (foto: adna-carissa.blogspot.co.id)

Lokasi: JL. Frontage Ahmad Yani Siwalankerto No.333, Kelurahan Dukuh Menanggal, Kecamatan Gayungan, Kota Surabaya, Jawa Timur, 60234
Map: KlikDisini
HTM: Senin – Jumat Rp.60.000, Sabtu – Minggu Rp.80.000
Buka/Tutup: Senin – Jumat 17.00 – 23.00, Sabtu – Minggu 16.00 – 23.00
Telepon: 031 – 8483131

Hadir dengan konsep pasar malam, Surabaya Carnival Park (SCP) seolah ingin mengajak pengunjung bernostalgia tentang masa kecil saat diajak orang tua berkunjung ke sebuah Pasar Malam yang dihiasi dengan berbagai permainan sederhana.

Seperti bianglala, carousel dan ombak air, dimana wahana permainan sederhana tersebut dikelilingi oleh stand-stand yang menjual baju-baju, makanan, aksesoris dan sebagainya.

Seperti itulah suasana yang dihadirkan Surabaya Carnival Park, memadukan berbagai bentuk permainan, olah raga dan sejumlah wahana hiburan dengan outlet-outlet yang menjual produk-produk fashion, kuliner, aksesoris dan souvenir.

Hanya saja, permainan dan wahana hiburan yang disuguhkan di tempat ini tidak lagi sesederhana yang kita temui saat masih kecil dulu.

Tapi dihadirkan dalam bentuk yang mewah, bertabur cahaya dan berkelas dunia, karena memang ditangani secara profesional dan dengan modal yang sangat besar.

Suroboyo Carnival Whole Area (foto: travelspromo.com)

Karena itulah, hanya dalam kurun waktu yang singkat tempat hiburan ini menjadi ikon Surabaya dan menarik minat banyak wisatawan untuk datang berkunjung.

Tidak hanya warga Surabaya dan sekitarnya saja, tapi juga tidak sedikit yang datang dari luar kota bahkan dari luar provinsi.

Terlebih pada bulan Ramadhan atau pada musim liburan, seperti libur pasca lebaran, libur Natal dan Tahun Baru, SCP penuh sesak oleh para pengunjung, sehingga untuk dapat bermain di wahana favorit terkadang harus antri sangat lama.

Sebelum menjadi magnet bagi para wisatawan, di awal pendirian SCP yang saat itu masih dikenal dengan nama Surabaya Carnival Night Market sempat mengalami sejumlah persoalan.

Mulai dari ditutup untuk sementara waktu olah Pemkot Surabaya karena belum memenuhi persyaratan Amdal lalin (Analisa Dampak Lingkungan dan Lalu Lintas).

Sampai dengan kejadian kecelakaan pada 4 Agustus 2014, yakni macetnya roller coaster secara tiba-tiba selama kurang lebih 10 menit.

Untungnya peristiwa tersebut dapat segera diatasi sehingga tidak memakan korban jiwa. Begitu juga persyaratan Amdal dan Lalin segera dapat diselesaikan.

Mulai dari memperluas lahan parkir sampai dengan memasang rambu dan lampu lalu lintas, sehingga saat ini tempat rekreasi yang berada di wilayah perbatasan antara Surabaya City dengan Kabupaten Sidoarjo tersebut memiliki lahan parkir yang lapang untuk bus dan mobil.

Wahana Roler Coaster di Suroboyo Carnival (foto: travelspromo.com)

Karena memang ditangani secara profesional, meskipun terdapat sejumlah wahana yang membuat jantung berdetak kencang, namun sampai dengan umur yang hampir menginjak 4 tahun, tidak pernah terdengar berita tentang insiden kecelakaan yang terjadi di Suroboyo Carnival Park.

Keamanan dan keselamatan yang betul-betul diperhatikan oleh pihak pengelola tempat rekreasi ini, membuat pengunjung merasa enjoy saat bermain di sejumlah wahana yang memacu adrenalin.

Begitu pula dengan kenyamanan yang dihadirkan lewat sejumlah fasilitas, membuat pengunjung SCP dari waktu ke waktu terus mengalami peningkatan.

Surabaya Carnival Selayang Pandang

Menempati area seluas 8 hektar, alamat dari Suroboyo Carnival park secara administratif berada di Jalan Frontage Ahmad Yani Siwalankerto No.333, Kelurahan Dukuh Menanggal, Kecamatan Gayungan, Kota Surabaya, Jawa Timur, 60234.

Untuk menuju ke lokasi, selain dapat menggunakan kendaraan pribadi, juga dapat memanfaatkan sarana transportasi umum.

Rute untuk menuju ke SCP dapat menyusuri jalan Waru yang menuju ke luar Kota Sby. Sesampai Bundaran Waru, tepatnya di JL. Brigjend Katamso (Pabrik Paku), belokkan kendaraan ke arah kiri dan ikuti jalan tersebut hingga melewati rel kereta api.

BacaJuga:  55 Tempat Wisata di Malang Terbaru Murah Yang Jarang Dikunjungi Malam Hari : Batu Selecta Raya Selatan Jatim Dekat Stasiun 2018

Di sana akan dapat dijumpai rambu petunjuk jalan menuju ke Suroboyo Carnival. Ikuti rambu tersebut dengan berbelok ke kiri dan menyusuri JL. Kertomenanggal.

Salah Satu Event yang Digelar di SCP (foto: suroboyocarnivalpark.com)

Setelah melewati jembatan layang terdapat papan petunjuk arah lagi yang meminta Anda untuk membelokkan kendaraan ke arah kanan.

Setelah belok kanan, ikuti terus jalan tersebut sebelum akhirnya tiba di pintu gerbang Suroboyo Carnival Park yang berada di sebelah kiri jalan. Jika masih bingung dengan petunjuk arah tesebut, aktifkan google map dan lihat gambar peta di layar smartphone.

Tempat rekreasi yang dilaunching pada 28 Juli 2014 ini awalnya bernama Suroboyo Carnival Night Market sebelum akhirnya berubah nama menjadi Suroboyo Carnival Park.

Itu sebabnya pada bulan tersebut SCP biasanya memberikan promo dalam bentuk diskon tiket atau pemberian voucher belanja bagi para pengunjung. Selain itu pada saat-saat tertentu SCP juga menggelar promo yang bekerjasama dengan pihak ketiga.

Hanya saja waktunya tidak tentu, sehingga untuk mengetahuinya selain harus datang ke lokasi, atau menghubungi customer service di nomor 031 – 8483131, juga dengan cara mengakses website resminya di https://www.suroboyocarnivalpark.com.

Bukan sesuatu yang aneh jika tampilan Suroboyo Carnival Park terkesan mewah bertabur gemerlap lampu dan wahana kelas dunia, karena taman rekreasi ini berada di bawah managemen Jatim Park Group yang sebelumnya sukses mengembangkan sejumlah destinasi wisata.

Seperti WBL (Wisata Bahari Lamongan), Jatim Park 1 dan 2, Batu Secret Zoo, BNS (Batu Night Spectacular), Eco Green Park, Museum Tubuh The Bagong Adventure, Predator Fun Park serta Museum Angkut.

Perayaan Menyambut Tahun Baru 2018 di Suroboyo Carnival Park (foto: facebook.com/suroboyocarnival)

SCP bahkan menyuguhkan wahana yang lebih lengkap dibanding masing-masing objek wisata yang berada dalam pengelolaan Jatim Park Group, karena di SCP tidak hanya dilengkapi dengan wahana permainan, tapi juga wahana edukasi, waterpark, 3-D Art dan Museum Patung Lilin.

Sebagaimana yang dapat dijumpai di De Mata Trick Eye Museum, Galeri Angkut semacam Museum Angkut, Beskop 360O berupa teather dengan bentuk setengah lingkaran dan Cinerma 4-D sampai dengan panggung hiburan.

Berbagai bentuk hiburan yang berada di satu tempat yakni di Suroboyo Carnival Park tersebut dapat dikunjungi setiap hari sejak jam 17.00 – 23.00 untuk hari Senin – Jumat.

Sedang untuk hari Sabtu, Minggu dan hari libur lainnya, jam buka dan tutup diperpanjang dari pukul 16.00 – 23.00.

Berbagai Wahana Seru Bertabur Cahaya Lampu di Surabaya Carnival

Sebanyak 50 wahana lebih di Suroboyo Carnival Park, oleh pihak pengelola dibagi menjadi 4 kategori, yang semuanya bakal memberikan keasyikan tersendiri.

Keempat kategori tersebut adalah Wahana Anak, Remaja, Keluarga dan Wahana Berbayar. Wahana Anak dikelompokkan di satu tempat sementara  ketiga wahana lainnya tersebar di berbagai sudut area.

Wahana Gondola di Suroboyo Carnival (foto: travelspromo.com)

Wahana-wahana tersebut ada yang berada di dalam ruangan alias indoor ada juga yang outdoor.

Begitu banyaknya permainan yang ada di tempat ini, membuat waktu satu hari tidak cukup untuk dapat menikmati aneka permainan gratis yang disediakan. Belum lagi permainan berbayar yang sudah barang tentu lebih mengasyikkan.

Bagi pengunjung yang membawa anak-anak, ada baiknya untuk mengajak mereka ke “Area Dolanan”. Di tempat ini terdapat sejumlah permainan ketangkasan yang dapat dimainkan dengan membayar tiket mulai dari Rp.2.500.

Beberapa permainan ketangkasan tersebut diantaranya adalah Tembak Boneka, Memancing Ikan, dan Menimbang. Ajak pula mereka untuk naik Sepur Sirkus yang menghadirkan boneka-boneka sirkus yang bentuknya lucu-lucu atau bermain gokart untuk yang menyukai balap mobil.

BacaJuga:  Harga Tiket Masuk Klenteng Sanggar Agung Surabaya, Jam Buka + Alamat Kota Sby Jawa Timur

Beberapa mainan anak yang menarik lainnya adalah Mini Jet, Frog Hoper, Dance Party, Convoy Car, Battery Car, Baby Wheel, dan masih banyak lagi yang lain.

Jangan lupa untuk membawa mereka ke berbagai wahana yang mengasah kreatifitas dan syaraf motorik yang ada di Art Class, My Body, Toddler, Ethics dan Kids Play Science yang merupakan wahana terbaru di tempat ini.

Bagi pengunjung remaja dan dewasa, sebelum menikmati permainan yang menantang, sebaiknya mengunjungi wahana yang lebih bersifat santai agar sensasinya dapat lebih dirasakan.

Beberapa permainan yang masuk dalam kategori santai dan berada di luar ruangan tersebut diantaranya adalah Avatar, Mini City, Ferrish Wheel atau Bianglala, Keliling Angkasa, Sepur-sepuran, Bumper Car, Orbiter, Perang Laser, Keliling Udara dan sejumlah permainan yang lain.

Wahana Bebek di Suroboyo Carnival (foto: travelspromo.com)

Setelah itu nikmati beragam permainan yang menguras adrenalin seperti Gondal Gandul, roller coaster yang disini diberi nama Bledek Coaster, Uber-uberan, Munyer Ser, Roda Gila, Tambang Mas Coaster, Omah Mumet dan Topan Badai atau Blue Shake.

Wahana lainnya yang tidak kalah menegangkan adalah Pendulum, Kids Kingdom, Kocar Kacir dan E-Bike. Sebelum menikmati permainan yang menantang tersebut, Anda harus yakin bahwa Anda tidak takut pada ketinggian dan tidak memiliki penyakit jantung.

Untuk yang datang bersama pasangan dan ingin menikmati suasana yang romantis, dapat memasuki Wahana Lampion KBS yang bertabur cahaya dengan perpaduan warna yang eksotis.

Permainan kaca dan cahaya juga dapat ditemui di Wahana Rumah Kinclong yang terdiri atas 15 ruangan.

Sedang untuk yang ingin menikmati suasana mistis dapat berkunjung ke rumah hantu yang dikemas dalam bentuk Pirates and Ghost Ship yang menghadirkan Kapal Bajak Laut dengan suasana angker ditambah sosok-sosok  menyeramkan.

Tidak hanya itu saja keseruan yang dihadirkan oleh Surabaya Carnival Park, namun masih banyak lagi yang lain, seperti Art & Wax House, berupa studio foto raksasa berisi patung lilin dari tokoh-tokoh terkenal di dunia serta lukisan 3-D yang saat dijadikan latar belakang foto, seolah tampak nyata.

Menariknya lagi gambar-gambar 3-D yang menempel di dinding dan lantai studio ini bentuknya unik-unik, tidak berbeda jauh dengan yang ada di De Mata Trick Eye Meseum yang ada di Yogyakarta, Bali dan juga di Surabaya.

Suguhan lain yang tidak kalah sensasional adalah Beskop 360O. Dengan membayar harga tiket masuk sebesar Rp.20.000, Anda dapat menikmati Theater dengan layar setengah melingkar dilengkapi sound sistem yang menggelegar.

Di tempat ini juga terdapat Cinema 4-D dengan harga tiket hanya Rp.15.000 yang menyuguhkan tontonan luar biasa.

Jika ingin menambah pengetahuan, tersedia Galery Angkut yang memberikan informasi berikut replika dari alat-alat transportasi, serupa dengan yang ada di Museum Angkut yang ada di Kota Batu.

Terdapat pula Galery Suroboyo yang menyajikan berbagai informasi dan pengetahuan tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan Surabaya.

Ramainya pengunjung di Suroboyo Carnival (foto: anekaharga.com)

Satu hal yang unik dari Suroboyo Carnival park adalah penggunaan Bahasa Suroboyoan untuk menamai sejumlah wahana yang ada serta untuk menyampaikan sejumlah informasi kepada pengunjung.

Seperti petunjuk keluar masuk lokasi, tidak mengunakan kata “ Keluar – Masuk” atau “Entrance dan Exit” melainkan”Mlebu – Metu”.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas di Surabaya Carnival

Untuk dapat memasuki area Suraboyo Carnival Park dan menikmati sejumlah wahana yang ada di dalamnya, terdapat dua jenis tiket yang ditawarkan oleh pihak pengelola.

Yaitu Tiket Suroboyo Carnival  dengan harga Rp.60.000 untuk weekdays dan Rp.80.000 untuk weekend serta Tiket Kidsplay seharga Rp.50.000 untuk weekdays dan Rp.60.000 untuk weekend.

BacaJuga:  10 Gambar Pantai Bama Banyuwangi di Taman Nasional Baluran Situbondo, Snorkeling, Tiket Masuk + Rute-nya

Pengunjung yang datang bersama rombongan dengan jumlah lebih dari 30 orang, berhak memperoleh 1 tiket gratis.

Harga tiket tersebut pada peak season atau musim liburan biasanya mengalami perubahan, sebagaimana pada tanggal 18 Desember 2017 – 04 Januari 2018 lalu yang memberlakukan harga tiket weekend untuk semua hari kunjungan.

Adanya jenis tiket Kidsplay karena di lokasi memang terdapat zona khusus untuk anak-anak yang terdiri atas 40 wahana, seperti Art Class, Toddler, My Body, Ethics Kids Play Science hingga kolam renang di wahana Water Park.

Antrean Pengunjung di Depan Loket Suroboyo Carnival (foto: diarysivika.com)

Karena itu terdapat tiket terusan (Surabaya Carnival + Kids Play) yang dinamakan DOMAT alias Dolan Hemat dengan harga Rp.90.000 untuk weekdays dan Rp.100.000 untuk weekend.

HTM tersebut terbilang murah karena pengunjung tidak perlu lagi membayar untuk bermain di sejumlah wahana, kecuali beberapa wahana khusus seperti Perang Laser, Gokart, E Bike, Area Dolanan dan beberapa wahana berbayar yang lain.

Selain memiliki 50 lebih wahana, Suroboyo Carnival Park juga dilengkapi dengan panggung hiburan yang diberi nama Gubernuran Dine and Show yang dapat digunakan untuk menyelenggarakan berbagai event, seperti gathering dan konser dengan kapasitas hingga 4.000 orang.

Panggung ini sudah seringkali dimanfaatkan untuk menggelar berbagai pertunjukan, seperti modern dance, magic dan sejumlah kompetisi yang melibatkan pengunjung.

Event dan Kompetisi yang kerap digelar di SCP, tidak hanya terpusat di Gubernuran Dine and Show, tapi juga memanfaatkan seluruh area objek wisata.

Beberapa kompetisi dan event yang diselenggarakan SCP sepanjang tahun 2017 yang lalu diantaranya adalah Ramadhan Vaganza, Carnivaltography, Halloween Party and Ghost Run  dan sejumlah kegiatan menarik lainnya termasuk pesta menyambut tahun baru 2018.

Suasana di Suroboyo Carnival (foto: penginapan.net)

Terdapat pula semacam museum kecil yang diberi nama “Galeri Suroboyo”. Wahana ini menghadirkan informasi tentang serba-serbi Surabaya.

Seperti tokoh asli Surabaya yang memiliki pengaruh di Indonesia, replika berbagai makanan khas Surabaya seperti Lontong Balap, Semanggi Suroboyo, Rujak Cingur, pakaian adat, ungkapan-ungkapan yang familier dicetuskan oleh masyarakat Surabaya dan berbagai hal yang terkait dengan ibukota Provinsi Jawa Timur ini.

Selama berkeliling Galeri Suroboyo, pengunjung akan ditemani lagu Theme Song dari Suroboyo Carnival yang terdengar unik di telinga.

Ada yang salah? Punya kritik dan saran? Sampaikan di kolom komentar dibawah ini ya kakak

Fasilitas sebagaimana umumnya sebuah tempat wisata dan tempat rekreasi, semua tersedia di sini, mulai dari kamar mandi dan toilet yang tersebar di beberapa titik, mushollah, counter refund, loker untuk penitipan barang, area parkir yang luas, sampai dengan kursi roda untuk peyandang disabilitas dan manula serta klinik lengkap dengan sarana tenaga kesehatannya.

Pengunjung juga dapat berbelanja berbagai macam produk fashion dan souvenir di stand-stand yang ada di dalam lokasi sebagaimana sebuah pasar malam tradisional.

Bagi yang ingin mengisi perut atau menghilangkan dahaga, cafe dan restoran dapat dijumpai di sejumlah sudut plus 3 food court dengan sajian kuliner khusus.

Ketiga food court tersebut adalah “Mlaku-mlaku nang Tunjungan” yang menyajikan masakan Jawa, “Pecinan Kembang Jepun” dengan Chinese Foodnya serta “Kampoeng Arab” yang menawarkan jenis-jenis makanan Timur Tengah.

Berapa Bintang yang Pantas Untuk Tempat Diatas?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.